13 Software Pemutar Video PC & Mac Terbaik

Jika Anda sedang mencari software pemutar video untuk komputer dan laptop, maka ulasan kali ini bisa membantu Anda. Tak dapat dipungkiri lagi, kalau menonton video, berjenis apapun, sudah menjadi kebiasaan orang-orang termasuk saya disetiap waktu luang.

Untuk menonton video sendiri, kita perlu memiliki software yang mampu membaca format video seperti .MP4, .MKV, .AVI, dan lainnya. Software seperti itu sangat beragam dan banyak tersedia diluar sana. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk mempermudah Anda menemukan software pemutar video terbaik yang cocok untuk Anda, penulis telah merangkumkan 13 software video player terbaik yang bisa jadi pilihan untuk anda semuanya.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

Aplikasi Pemutar Video PC & Mac Terbaik

Jika membicarakan Video Player, yang terlintas di pikiran penulis sudah pasti VLC, MPC-HC, dan GOM Player. Namun di ulasan kali ini, penulis tidak hanya akan membahas tiga software itu. Masih banyak software video player yang sangat bagus untuk Anda coba. Dan berikut daftarnya…

1. VLC Media Player

VLC Media Player

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan software Video Player yang satu ini. Software hasil kembangan VideoLAN ini memang sudah populer sejak lama. Semua kepopulerannya itu berkat kemampuannya yang luar biasa.

VLC Media Player ini mampu memutar hampir seluruh format video, seperti .MP4, .MKV, .AVI, .WEBM, dan berbagai jenis format video lainnya. Tidak hanya video, VLC Media Player juga dapat memutar berbagai format audio seperti .MP3, .FLAC, .WMA, dan format audio lainnya.

Selain kemampuannya dalam memutar media, VLC Media Player ini juga memanjakan mata penggunanya dengan tampilannya yang sederhana. Anda juga bisa menggunakan software ini di berbagai perangkat seperti Windows, MacOS, dan Linux.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Media Player Classic

Media Player Classic

Merupakan saingan dari VLC Media Player, dan merupakan software yang termasuk dalam kategori Video Player terbaik dan terpopuler. Software yang dikembangkan oleh Gabest ini merupakan software legendaris yang sudah ada sejak 16 tahun yang lalu.

Media Player Classic – Home Cinema atau yang biasa disingkat sebagai MPC-HC ini merupakan software Video Player yang sangat powerfull. MPC-HC ini tidak hanya bisa memutar video, namun juga bisa memutar media lain seperti audio. Dukungan format yang dimiliki pun sangat luas, Anda tidak perlu takut format video atau audio yang anda miliki tidak terbaca.

Dengan tampilan user interface yang sederhana namun tetap menarik, Penulis yakin Anda pasti akan tetap nyaman meskipun harus memandangi MPC-HC ini pada waktu yang lama. Sayangnya, tidak seperti VLC Media Player yang mendukung beberapa perangkat OS, MPC-HC ini hanya bisa digunakan di perangkat berbasis Windows.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Perekam Layar PC & Mac Terbaik

3. GOM Player

GOM Player Plus

Merupakan salah satu dari banyak software Video Player terpopuler, software hasil kembangan Gretech Corporation ini merupakan software yang sudah ada sejak tahun 2003 silam.

GOM Player hadir dengan kemampuan membaca banyak format, tidak hanya format video, namun juga format audio seperti .WAV, .MP3, dan format audio lain. Selain memiliki kemampuan dalam membaca banyak format video dan audio, GOM Player ini juga memiliki tampilan yang menarik, Anda bahkan bisa mengubah temanya menjadi tema yang Anda inginkan.

Fitur yang dihadirkan pun sangat beragam, mulai dari screenshot, pengaturan kecepatan, sampai fitur untuk menambah efek pada audio dan video yang diputar.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. KM Player

KM Player

Berikutnya adalah KM Player, software yang satu ini memiliki kemampuan untuk membaca berbagai format Video seperti MPEG4, AVI, WMV, MKV, OGM dan berbagai format video lain.

KM Player bisa anda dapatkan dengan gratis, dan software ini mendukung perangkat Windows dan MacOS. Selain dapat digunakan sebagai Media Player, KM Player ini juga dapat digunakan untuk rendering, processing, dan decoding.

Untuk fitur sendiri, anda tidak perlu ragu karena KM Player mempunyai berbagai macam fitur berguna. Beberapa diantaranya adalah Quick Menu Tool untuk mengatur Video dan Audio, selain itu Anda juga bisa menggunakan fitur VR mode untuk video yang mendukung.

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. MediaMonkey

Media Monkey
image source : neowin.net

Masih dengan software Video Player, di urutan kelima ini ada software yang dikembangkan oleh Ventis Media Inc. MediaMonkey ini merupakan software yang dapat anda gunakan sebagai Video Player dengan bebas di perangkat Windows.

Layaknya Video Player lain, MediaMonkey ini dapat memutar berbagai macam format video, seperti .MP4, .MKV, .WEB, .3GB, dan berbagai format lainnya. Selain itu MediaMonkey ini juga dapat anda gunakan sebagai Audio Player.

Anda juga dapat menambahkan berbagai plugin untuk menambah kemampuan software yang satu ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

6. Movies & TV

Movie & TV

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 mungkin Anda sudah tahu mengenai software yang satu ini. Movies & TV, merupakan software bawaan pada perangkat Windows 10. Mungkin banyak yang meremehkan software yang satu ini karena merupakan software bawaan, namun Movies & TV ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memutar video.

Dengan menggunakan Movies & TV Anda bisa memutar video dengan berbagai format, seperti .MP4, .MKV, .WEBM, .AVI, dan format video lainnya. Software ini juga terintegrasi dengan Photos, jadi anda bisa melakukan pengeditan dasar seperti trim, draw, take screenshot,  creat slow motion.

Disisi lain, Movies & TV  juga memiliki fitur yang berguna seperti maju 30 detik, mundur 30 detik, miniview, play as 360 video, dan lain-lain.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Pot Player

Pot Player

Selanjutnya adalah Pot Player, merupakan salah satu software video player terbaik yang dapat Anda coba. Terutama untuk Anda yang suka melihat Drama Asia, kenapa? Karena Pot Player terintegrasi dengan situs Viki yang menyajikan berbagai judul Drama Asia.

Selain dari itu, software yang satu ini juga dapat memutar berbagai format video. Seperti .MP4, .MKV, .AVI, .WEB, dan berbagai format video lain. Tidak hanya itu, Pot Player juga menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan, seperti video output 360 derajat, pixel shader, 3D Mode, hingga menonton Blu-Ray.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. 5K Player

5K Player

Dengan tampilan yang simpel dan sederhana, 5K Player akan memudahkan Anda untuk memutar video-video yang Anda miliki. 5K Player juga memiliki banyak dukungan format video, seperti .MKV, .MP4, .WEBM, .AVI, .FLV, dan berbagai format video lainnya.

Selain menjadi Video Player, 5K Player ini juga dapat digunakan untuk mengunduh video dari berbagai situs platform video. Anda juga dapat mengubahnya menjadi Audio jika Anda menginginkannya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 14 Aplikasi Burning CD & DVD PC & Laptop Terbaik

9. DivX Player

DivX Player

Layaknya software-software sebelumnya, software yang berikutnya ini juga merupakan software Video Player yang dapat membaca berbagai macam format video, dia adalah DivX Player.

Tidak hanya video, DivX Player juga memungkinkan Anda untuk memutar Audio atau melihat gambar dari sini. DivX Player juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memutar video, bisa dilihat dari pemutaran video 4Knya.

Selain itu, DivX Player juga memiliki fitur spesial, Trick Play. Dengan fitur ini Anda bisa melompat ke adegan favorit Anda dalam sekejap.

[Windows] [MacOS] [Linux]

10. QuickTime Player

QuickTime Player

Merupakan software yang dikembangkan oleh Apple, QuickTime Player ini pada dasarnya hanya dapat digunakan di perangkat berbasis MacOS. Namun Apple juga menyediakan versi windowsnya dengan catatan, software ini tidak didukung Apple.

QuickTime Player juga memiliki berbagai fitur yang menarik, beberapa diantaranya adalah fitur merekam video yang diputar, menggabungkan beberapa klip, konversi video, dan fitur-fitur lainnya. Anda juga dapat mengunggah hasil klip anda ke situs media sosial, seperti Facebook dan YouTube.

[Windows] [MacOS] [Linux]

11. SM Player

SM Player

Tidak hanya bekerja sebagai Video Player, SM Player ini juga dapat diguanakan sebagai Audio Player. Dukungan format yang dimilikinya pun sangat banyak, Anda tidak perlu ragu format video atau audio yang Anda miliki tidak terbaca disini.

Tidak hanya itu, SM Player ini dapat Anda gunakan juga sebagai software streaming dari beberapa Platform Video seperti YouTube. Anda hanya perlu memasukkan URL videonya ke SM Player.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

12. ACG Player

ACG Player

Untuk software yang satu ini, sayangnya hanya dapat digunakan untuk perangkat dengan Windows 10. Jadi untuk Anda yang tidak menggunakannya Anda bisa melewati bagian ini. ACG Player merupakan software Video Player lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memutar berbagai macam format video, seperti .MP4, .MKV, .FLV, .3GB, dan lain-lain.

Yang keren dari ACG Player ini, Anda bisa menambahkan visual effect kedalam video yang Anda putar. Tidak hanya itu, anda juga bisa menonton stream video dari software ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

13. Windows Media Player

Windows Media Player

Yang terakhir adalah software dari Microsoft yang juga merupakan software Video Player bawaan dari Windows. Windows Media Player merupakan software yang mungkin diketahui oleh seluruh pengguna komputer dan laptop.

Dengan menggunakan Windows Media Player ini, Anda dapat melihat dan memutar berbagai media yang anda miliki di penyimpanan Anda. Mulai dari Video, Audio, hingga Gambar. Format yang didukung pun sangat beragam, meskipun tidak lengkap, namun Anda bisa memutar semua media dengan format umum.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.