19 Aplikasi Desain Grafis PC & Mac Terbaik

Apakah anda adalah salah seorang dari banyaknya orang yang menyukai dan ingin mendalami desain grafis? Jika iya, maka anda akan membutuhkan sebuah senjata untuk melakukannya, dan senjata itu adalah software desain grafis.

Software desain grafis adalah sebuah software yang memiliki fungsi utama sebagai pembuat serta editor gambar desain grafis. Keberadaan software ini pun sangat banyak di internet, anda hanya perlu memilih salah satu untuk dijadikan partner.

Tentu saja, software-software itu tidaklah sama. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk anda yang tidak mengetahui perbedaan di antara software-software itu anda beruntung sampai di ulasan ini.

Melalui artikel ini, saya akan memberitahu anda tentang rekomendasi software-software desain grafis terbaik yang dapat anda gunakan di komputer atau laptop anda. Dan berikut daftarnya…

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

#1. Adobe Photoshop CC

Adobe Photoshop CC

Siapa yang tidak mengenal software yang satu ini, software yang sudah melegenda dalam dunia editing foto. Siapa lagi kalau bukan Adobe Photoshop, atau yang lebih dikenal dengan Photoshop.

Software ini merupakan software yang dikembangkan oleh Adobe sebagai software photo editor, namun dalam versi terbarunya software ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah klip video.

Meskipun software ini memiliki tugas utama sebagai photo editor, Photoshop juga dapat digunakan sebagai software untuk membuat ilustrasi atau desain grafis. Software ini pertama kali diluncurkan pada Februari tahun 1990, dan sejak saat itu sudah banyak sekali karya luar biasa yang telah dihasilkan melalui software ini.

Dan tentu saja, itu semua berkat penggunanya yang dapat menggunakan semua fitur dan tools-nya dengan sangat baik. Pada akhirnya software yang satu ini hanya menyediakan apa yang anda butuhkan seorang photographer, photo editing, manipulation, dan lainnya.

Software ini sudah sangat pantas untuk anda pertimbangkan sebagai partner anda dalam mengerjakan project atau sekedar belajar dasar-dasar dari desain grafis dan edit foto.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Adobe Illustrator CC

Adobe Illustrator CC

Masih dalam keluarga yang sama dengan Photoshop, software yang satu ini adalah software yang lebih condong ke pembuatan desain grafis atau ilustrasi gambar dibanding Photoshop.  Dialah Adobe Illustrator, software yang dikembangkan oleh Adobe dan diluncurkan pertama kali para Maret 1987, sedikit lebih tua dibanding Photoshop.

Sama hebatnya dengan Photoshop, Adobe Illustrator juga telah membuat banyak karya yang luar biasa, dan tentu saja itu berkat para artist yang dapat menggunakan software ini dengan maksimal. Dengan banyak fitur dan tools yang tersedia, software ini akan membantu anda dalam menggambar atau mengedit karya anda.

Warna yang lengkap, dukungan plug-in yang beragam, dan dukungan forum yang besar menjadi alasan lain yang akan membuat anda mempertimbangkan software yang satu ini sebagai partner dalam belajar illustrasi atau mengerjakan project.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Adobe InDesign CC

Adobe InDesign CC
image resouce : atformation.fr

Masih satu anggota keluarga dengan dua software sebelumnya, yang tergabung dalam kesatuan yang bernama Creative Cloud. Adobe InDesign merupakan software yang dikembangkan oleh Adobe dan diluncurkan pertama kali pada Agustus 1999.

Berbeda dengan dua software sebelumnya, Adobe InDesign ini merupakan software yang dikembangkan sebagai software untuk bidang penerbitan. Adobe InDesign biasa digunakan untuk membuat poster, majalah, koran, buku, dan brosur.

Dengan adanya fitur-fitur seperti yang ada di InDesign, dan kemampuan dalam pengolahan teks yang sangat mudah digunakan, anda akan diberikan kemudahan saat mengerjakan projet penerbitan.

Software yang satu ini akan sangat cocok untuk anda yang bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan penerbit atau ingin membuat terbitan anda sendiri, berupa poster, majalah, koran atau apapun itu. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software yang satu ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

 Lihat Juga : 13 Aplikasi PDF Reader PC & Mac Terbaik

#4. Corel Draw Graphic Suite

CorelDRAW Graphic Suite
Sumber Image : elevenia.co.id

Merupakan software yang biasanya digunakan sebagai pengganti Adobe illustrator, CorelDRAW merupakan software yang dikembangkan oleh Corel yang memiliki fungsi utama sebagai software desain gambar ilustrasi, software ini diluncurkan pertama kali pada Januari 1989, dua tahun setelah peluncuran Adobe Illustrator yang pertama kali.

Seperti yang saya bilang, software ini merupakan software yang digunakan sebagai alat untuk membantu para artist membuat karya mereka. Dengan fitur-fitur beragam yang dihadirkan, anda akan dimudahkan dalam pembuatan ilustrasi. CorelDRAW  ini juga sudah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan di Indonesia, dan menjadi standarnya.

Untuk anda yang suka menggambar namun tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menggunakan Adobe Illustrator, anda bisa mempertimbangkan software yang satu ini sebagai penggantinya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. PaintShop Pro by Corel

PaintShop Pro by Corel
image source : petapixel.com

Masih dalam keluarga Corel, software yang satu ini adalah adik dari software sebelumnya, CorelDRAW. PaintShop merupakan software yang kembangkan oleh Corel sebagai software photo editor seperti Adobe Photoshop, software ini diluncurkan pertama kali pada Agustus 1999, satu tahun setelah peluncuran CorelDRAW.

Berbeda dengan CorelDRAW yang digunakan untuk menggambar ilustrasi, PaintShop  ini lebih fokus untuk menjadi software editor seperti Adobe Photoshop. Beberapa ulasan mengatakan kalau software yang satu ini merupakan software alternatif untuk menggantikan Photoshop.

Kemampuan software ini juga patut diapresiasi, terutama dalam pengoperasiannya yang terbilang lebih mudah dibanding Photoshop. Untuk anda yang ingin merasakan pengalaman menggunakan Photoshop namun tidak bisa menggunakannya, anda bisa mencoba software yang satu ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Inkscape

Inkscape
Sumber Image : GitHub

Sama halnya dengan CorelDRAW, software yang satu ini juga merupakan software yang bekerja dalam bidang gambar-menggambar. Dialah Inkscape, software hasil kembangan The Inkscape Team  yang ditujukan untuk para artist yang ingin mencoba gambar digital. Software ini pertama kali diluncurkan pada November 2003.

Bagian terbaik dari software yang satu ini adalah bagian pemasarannya. Jika software lain biasanya dipasarkan sebagai produk jual, software yang satu ini tidak. Inkscape merupakan software FSF (Free Software Foundation) yang membuat semua orang dapat menggunakanya secara gratis. Tidak hanya itu, software ini juga dapat dibongkar dan dipelajari, anda juga dapat mengubahnya jika anda menginginkan.

Selain dari itu, software ini cukup sederhana, sama halnya seperti software desain grafis lainnya. Kelebihan lain yang dimiliki Inkscape adalah memiliki versi portable.

Jika anda sedang mencari software desain grafis yang gratis dan mudah digunakan, Inkscape adalah rekomendasinya, selain karena gratis dan mudah, software ini juga ringan digunakan.

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. Sketch

Sketch
Sumber Image : g2.com

Cukup berbeda dengan software sebelum-sebelumnya, software yang satu ini merupakan software yang dikhususkan untuk para pengguna MacOS. Sketch merupakan software desain grafis yang dapat anda gunakan di komputer atau laptop yang menggunakan Mac sebagai operation system-nya.

Sketch ini bisa anda dapatkan dengan membelinya di situs resminya dengan harga $99 atau sekitar Rp.1.400.000,00. Memang terbilang sangat mahal, namun jika mengingat harga MacOS yang juga mahal ini menjadi sedikit masuk akal.

Kelebihan dari sofware yang satu adalah kinerja dan performanya yang sangat ringan dan lancar. Sketch memiliki banyak fitur yang berguna, salah satunya adalah fitur Artboard Presetyang akan sangat berguna jika anda bekerja menggunakan Artboard.

Untuk anda yang menggunakan MacOS, sangat saya sarankan untuk lebih memilih software yang dikhususkan untuk MacOS saja dibanding software lainnya. Hal ini karena software yang hanya dikhususkan untuk MacOS pasti menarik dan pengalaman yang dihadirkan akan sangat mengesankan.

Dalam hal warna, MacOS juaranya…

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Clip Studio Paint

Clip Studio Paint
image source : clipstudio.net

Clip Studio Paint merupakan software desain grafis lainnya yang dapat digunakan sebagai partner dalam pekerjaan anda. Software ini dikembangkan oleh Celcys dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2001. Di Jepang software yang satu ini lebih dikenal dengan nama クリスタ “kurisuta”.  

Clip Studio Paint ini sangat cocok untuk anda yang suka menggambar komik, ilustrasi, atau konsep art. Berkat dukungan fitur-fitur yang dimilikinya, anda bisa membuat gambar lebih indah lagi. Software yang satu ini juga sangat fleksibel dalam proses menggambar, anda bisa menggunakan mouse ataupun menggunakan pentab dalam proses menggambarnya.

Tidak hanya itu, Clip Studio Paint  ini juga memiliki pewarnaan yang lengkap. Hal ini akan sangat membantu anda untuk membuat gambar tampak lebih hidup. Clip Studio Paint juga sangat kompatibel dengan banyak format, baik untuk impor ataupun export-nya.

Untuk anda yang suka membuat komik atau ilustrasi, software yang satu sangat boleh anda pertimbangkan untuk menjadi partner dalam pekerjaan anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

 Lihat Juga : 9 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

#10. Pixlr

Pixlr Web App
image source : techradar.com

Pixlr merupakan salah satu software yang dapat anda gunakan untuk menggambar desain grafis dari banyaknya software desain grafis di luar sana. Yang membedakan software yang satu ini dengan software yang lainnya adalah pada bagian “keberadaannya”.

Jika software lainnya harus anda pasang terlebih dahulu dalam perangkat, maka Pixlr tidak perlu melakukannya. Software ini merupakan web app yang dapat anda gunakan hanya dengan menekan tautan yang menuju ke situsnya.

Untuk anda yang baru belajar, software ini sangat recommended, selain karena gratis dan tidak perlu diinstal, Pixlr juga memiliki UI yang mudah untuk digunakan, tools-nya pun cukup lengkap untuk standar dasar. Di sini anda juga dapat menggunakan efek-efek keren yang sudah disediakan.

Dengan adanya Pixlr anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang, mengosongkan memori, hanya untuk belajar. Anda bisa menggunakan Pixlr sebagai langkah awal untuk memasuki dunia desain grafis.

[Web App]

#11. GIMP

GIMP
image source : visualmodo.com

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan nama GIMP merupakan salah satu software yang dikembangkan untuk membuat gambar digital di sebuah perangkat. Software ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1996.

GIMP merupakan salah satu dari beberapa software desain grafis yang bersifat open-source, yang artinya software ini dipasarkan secara gratis, siapapun boleh menggunakannya, mempelajarinya, ataupun mengubahnya.

Software ini akan sangat cocok untuk anda yang ingin berhemat. Selain karena gratis, software ini juga sangat mampu dijalankan komputer atau laptop dengan spesifikasi low-end.

[Windows] [Mac] [Linux]

#12. Canva

Canva
Sumber Image : fastcompany.com

Merupakan software yang dapat anda gunakan tanpa harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Canva adalah software yang berbasis Web App yang dapat siapapun gunakan dengan masuk ke situsnya.

Layaknya software lain, Canva juga memiliki fitur-fitur yang akan membantu anda, fiturnya pun terbilang lengkap untuk penggunaan standar. Yang terpenting dari software ini adalah tampilan UI-nya yang sangat bersahabat, hal ini akan membuat anda menjadi lebih mudah mempelajarinya.

Sama halnya dengan Web App yang lain, software yang satu ini juga sangat bergantung pada koneksi internet, jadi jika anda ingin menggunakannya pastikan koneksi internet anda stabil untuk mendapatkan kinerja yang baik.

[Web App]

#13. Autodesk SketchBook

Autodesk SketchBook
image source : sketchbook.com

Autodesk SketchBook merupakan software desain grafis lain yang dapat anda gunakan sebagai partner dalam menggambar di perangkat komputer atau laptop anda. Software ini merupakan software yang dikembangkan oleh Autodesk Inc yang ditujukan untuk para artits yang ingin menggambar di komputer atau laptop.

Pada awalnya software ini merupakan software yang diperjual belikan di pasaran, namun sekarang software ini telah dipasarkan secara gratis, untuk alasannya sendiri penulis kurang mengetahuinya.

Dengan menggunakan Autodesk SketchBook, anda akan dapat menggambar konsep art, visual desain, ilustrasi, dan berbagai gambar lainnya di perangkat anda. Ditambah dengan banyaknya fitur-fitur yang disediakan, anda dipastikan dapat membuat gambar menjadi lebih indah lagi.

[Windows] [Mac] [Linux]

 Lihat Juga : 30 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

#14. Gravit Designer

Gravit Designer
Sumber Image : bettertechtips.com

Gravit Designer  merupakan software desain grafis yang memiliki dukungan OS yang sangat banyak, mulai di Windows, MacOS, Linux, Web App, dan ChromeOS, bahkan sebagai plug-in dalam browser Chrome itu sendiri.

Software ini dapat anda gunakan untuk menggambar berbagai jenis gambar di perangkat komputer atau laptop anda, mulai dari icon, ilustrasi, desain aplikasi, dan berbagai gambar lainnya.

Ukurannya pun terbilang ringan untuk jenis software desain grafis, meskipun begitu software ini tetap menjaga fitur-fiturnya agar selalu bisa membantu anda dalam memperindah dan mempercantik karya.

Tidak hanya itu, software ini juga menyediakan template gratis yang dapat anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan anda.

Namun kekurangan dari software yang satu ini adalah, ia tidak bisa membaca file yang dibuat beberapa software grafis desain lain, seperti file .ai, .crd, dan .eps.

[Windows] [Mac] [Linux] [Chrome OS] [Browser]

#15. Autodesk 3ds Max

Autodesk 3ds Max
image resouce : autodesk.net

Seperti namanya, software yang satu ini memiliki fungsi untuk 3D modeling. Autodesk 3ds Max merupakan software desain grafis yang biasanya digunakan untuk mendesain game, dan beberapa visualisasi lain.

Software ini merupakan bagian dari Autodesk Collection yang dibuat oleh Autodesk Inc. Dengan menggunakan software yang satu ini anda akan dapat membuat gambar visualisasi untuk film, TV show, game, dan bahkan game VR.

Software ini juga dapat anda gunakan untuk kebutuhan infrastruktur, desain bangunan, konstruksi, pengembangan produk, dan juga untuk merencanakan sektor manufaktur.

[Windows] [Mac] [Linux]

#16. Onshape

Onshape
image resouce : onshape.com

Onshape merupakan software desain grafis yang mengutamakan desain untuk 3D CAD, manajemen data, dan kolaborasi langsung. Software ini ditujukan untuk para desainer, engineer, dan manufacturer untuk membantu pekerjaan mereka.

Dengan menggunakan software Onshape, anda akan bisa melakukan 3D modeling dan juga menggambar secara 2D. Software ini akan sangat cocok untuk anda yang pekerjaan menggambar 3D modeling, seperti menggambar model 3D dari suatu mesin atau alat yang akan dibuat.

Untuk kebutuhan pembelajaran software ini bisa didapatkan secara gratis, namun untuk kepentingan komersial, profesional, atau yang lainnya software ini dihargai dengan $1.000/tahun atau sekitar Rp.14.000.000,00/tahun.

[Windows] [Mac] [Linux]

#17. Xara Designer Pro

Xara Designer
Sumber Image : Steam

Xara Designer Pro merupakan software yang akan menjadi solusi untuk anda yang mencari software desain grafis untuk mendesain web atau untuk kebutuhan dokumen. Software ini juga mempunyai add-on cloud yang akan membantu anda saat mengedit atau berbagi file dengan menggunakan perangkat yang berbeda.

Software ini mempunyai performa yang ringan yang akan sangat kompatibel dengan perangkat berspesifikasi low-end, kinerjanya saat melakukan rendering, editing, dan saat pengerjaan juga sangat cepat. Tidak hanya itu, software ini juga memiliki tampilan UI yang simpel.

Xara Designer Pro juga memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah fitur 3D yang akan membantu anda saat ingin membuat visualisasi 3D. Selain itu, software ini juga memiliki kemampuan Zoom yang sangat hebat, dapat melakukan zoom hingga 25.000%.

Bagi anda yang bekerja sebagai desainer web, software ini sangat saya rekomendasikan. Dengan menggunakan software ini anda tidak perlu lagi memasang berbagai macam software untuk kebutuhan desain web, karena software ini sudah menyediakan semuanya.

Mulai dari photo editing, ilustrasi, vector rendering, web desain,  semua ada di Xara Designer Pro.

[Windows] [Mac] [Linux]

#18. Adobe XD

Adobe XD

Adobe Experience Design, atau yang sering disebut dengan Adobe XD merupakan software desain grafis yang memiliki fungsi utama sebagai software desain aplikasi mobile dan desain web.

Software ini memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Sketch. Dengan mengadopsi fitur-fitur yang ada di kakak-kakaknya software ini menjadi pelengkap software lainnya.

Dan yang kerennya software ini memiliki sebuah fitur yang bernama build in sharing  yang akan merekam semua langkah saat anda mengerjakan project, dan membagikannya di creative cloud agar semua orang dapat melihatnya dan dapat mempelajarinya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#19. Figma

Figma
image resouce : toptal.io

Figma merupakan software yang memiliki fungsi utama mirip dengan Adobe XD, Gravit Designer, Sketch, dan software desain grafis lain yang serupa. Software ini merupakan software yang berjalan dengan koneksi internet, awalnya software ini adalah software yang berbasis web app.

Meskipun anda mengunduhnya, Figma akan tetap harus berjalan dengan koneksi internet.

Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap, cocok untuk anda yang bekerja sebagai desainer aplikasi Mobile. Dengan fitur-fitur yang disediakan, Figma  mampu mempermudah pekerjaan anda dan dapat meningkatkan kualitas desain anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.