Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses situs web

Munculnya teknologi internet memudahkan umat manusia dalam berinteraksi dan bersosialisasi; saling terhubung satu sama lain tanpa dibatasi jarak dan waktu. Hanya dalam kurun waktu 20 tahun, internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan umat manusia. Tidak hanya sekedar mengirim dan menerima informasi, internet telah menjadi jembatan dalam banyak hal, mulai dari bisnis, ekonomi, perbankan, hiburan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengakses informasi di internet, pengguna membutuhkan perangkat lunak khusus, salah satunya adalah web browser. Adanya Web Browser memungkinkan pengguna untuk mengakses suatu website atau blog dengan mudah dan cepat. Meskipun saat ini tersedia beragam aplikasi, namun browser tetap menjadi bagian paling penting. Ingin tahu lebih jauh mengenai pengertian Web Browser beserta fungsi dan cara kerjanya, simak penjelasannya berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser Adalah
Sumber Gambar : robuart | DepositPhotos.com

Menurut Wikipedia, Browser Web (dikenal dengan sebutan Browser) adalah perangkat lunak untuk mengakses informasi pada situs World Wide Web. World Wide Web (WWW) adalah peramban web browser pertama yang didirikan pada tahun 1994 dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee untuk CERN (The European Organization for Nuclear Research tahun 1954).

Browser juga dapat diartikan sebagai media untuk penelusuran situs. Banyak juga yang menyimpulkan bahwa browser menjadi perangkat lunak utama dalam hal mengakses dan memberikan informasi. Pada laman Wikipedia, tahun 2020 data pangsa penggunaan web browser telah mencapai 4,9 miliar pengguna.

Hingga saat ini telah banyak web browser yang tersedia di pasaran. Google Chrome (milik Google LLC.) merupakan browser web yang paling banyak digunakan dengan persentase pasar global 63% pada semua perangkat, kemudian diikuti oleh browser Safari (browser web grafis milik Apple), browser terkenal lainnya seperti Firefox dan pengembangan terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Edge.

Ragam web browser tersebut memudahkan pengguna dalam mengakses informasi di internet. Web browser juga dapat digunakan untuk membuka media sosial seperti, Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, Linkedln, dan masih banyak lagi. Web Browser dapat digunakan pada berbagai perangkat multimedia seperti Laptop, PC/ Komputer, Tablet, dan Smartphone.

Lihat Juga : Pengertian Marketplace | Manfaat, Jenis, Contoh, dst.

Pengertian web browser menurut para ahli

  1. Wikipedia, Web Browser dapat diartikan sebagai penjelajah web, peramban web, atau penelusur web (dalam bahasa Inggris: Web Browser) merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari internet (Wikipedia, diakses 03 Februari 2021).
  2. KBBI, Web merupakan sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan (Kamus Bahasa Indonesia edisi elektronik. Pusat Bahasa, 2008).
  3. Kamus Oxford (English), Web Browser merupakan program komputer yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau membaca dokumen di Word Wide Web (Oxford Advanced Learner’s Dictionary, diakses 03 Februari 2021).
  4. Kamus Oxford (American English), Web browser merupakan program komputer yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau membaca dokumen di Internet (Oxford Advanced American Dictionary, diakses 03 Februari 2021).
  5. Winarno dan Utomo, Web Browser merupakan alat yang digunakan untuk melihat halaman web (Winarno dan Utomo dalam Prayitno & Safitri, 2015:2).
  6. Irawan, Web Browser merupakan program yang digunakan pada jaringan internet untuk mengakses informasi, berbagi, berkomunikasi, dan sebagainya (Irawan, 2011:3).
  7. Sibero, Web Browser merupakan program perangkat lunak yang digunakan untuk mengambil dan menyajikan sumber informasi web (Sibero, 2013:12).
  8. Arief, Web Browser merupakan program yang berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen web dalam format HTML (Arief, 2011:19).
  9. Ali Zaki, Web Browser merupakan program yang dapat digunakan untuk mengakses suatu website yang dijalankan melalui komputer yang memiliki jaringan internet.
  10. Suwanto Raharjo, Web Browser adalah salah satu layanan internet yang banyak digunakan ketimbang layanan internet lainnya.
  11. Lia Kuswayatno, Web Browser merupakan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuka suatu situs atau website dengan cara menuliskan alamat situs yang ingin dituju melalui kontak address (alamat).

Lihat Juga : Pengertian Bisnis Online | Definisi, Manfaat, Jenis, Keunggulan

Cara kerja web browser

Cara Kerja Web Browser
Sumber Gambar : barsrsind | DepositPhotos.com

Berikut alur kerja yang dilakukan web browser dalam menampilkan informasi suatu laman atau website.

  1. User memasukkan alamat situs atau URL (Uniform Resource Locator) di bilah browser. Misalnya, dianisa.com.
  2. Browser menerima permintaan user dan mengunduh halaman URL tersebut kemudian merendernya ke DNS Server.
  3. Hasil yang didapat adalah alamat IP dari perintah yang diketik oleh user. Browser web akan mengakses server dengan IP yang didapat dari DNS Server berupa www.dianisa.com.
  4. Server akan merespons dengan memberikan data halaman dari www.dianisa.com dalam bentuk HTML, bisa juga file CSS, JS, dan lainnya.
  5. Terakhir, konten yang diminta user akan ditampilkan oleh web browser.
  6. Selesai.

Alur ini hanya menjelaskan secara mendasar suatu laman diakses oleh pengguna. Tidak menjelaskan secara keseluruhan proses detail setiap website atau laman. Proses pengambilan informasi suatu website yang ingin ditampilkan pada browser dapat berbeda-beda, tergantung dari teknologi server dan permintaan data yang dibutuhkan.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis | Para Ahli, Sejarah, Prinsip, dst.

Fungsi dan manfaat web browser

Fungsi dan Manfaat Web Browser
Tampilan Browser Google Chrome. RUDI DIAN ARIFIN

Tujuan Browser Web yang paling utama adalah untuk mengambil sumber informasi dari Web dan menampilkannya pada perangkat pengguna. Halaman Web Browser biasanya berisi hyperlink yang banyak mengarah ke halaman dan sumber lainnya. Setiap tautan berisi URL, ketika diklik maka browser akan menavigasikan ke sumber halaman baru. Berikut ini macam-macam fungsi yang dapat dilakukan dari browser web:

1. Mengakses halaman website

Fungsi browser yang paling utama yaitu membantu pengguna dalam membuka alamat yang sedang diakses dari suatu laman atau website. Pada pengaturan default, setiap browser biasanya tersedia mesin pencari (search engine) sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi sesuatu kebutuhan dan keinginan.

2. Proses verifikasi keamanan website

Web Browser memberi fasilitas bagi pengguna dalam melakukan verifikasi, hal ini berguna untuk memastikan laman yang di kunjungi aman dan tidak berbahaya bagi perangkat. Browser modern saat ini juga sering kali memberikan notifikasi kepada pengguna bahwa situs tidak aman (tidak tersedia protokol keamanan HTTPS). Namun pengguna masih memungkinkan untuk mengakses situs dengan mengabaikan protokol keamanan tersebut.

3. Mempermudah penelusuran informasi dari internet

Umumnya, pengguna suka sekali menelusuri informasi dari internet. Dengan Web Browser, kata kunci yang ditulis akan diarahkan menuju laman atau situs menyesuaikan kata kunci pencarian. Fungsi browser dimaksudkan sebagai jembatan, sedangkan kendaraan yang digunakan adalah mesin pencari (search engine) untuk mempermudah proses pencarian.

4. Membuka file dengan ekstensi khusus

Web Browser memiliki fungsi untuk membaca dan membuka file dengan ekstensi khusus, yang paling umum adalah PDF. Selain itu, programmer atau developer juga memanfaatkan Web Browser untuk meng-compile program yang telah dibuat. Macam-macam file ekstensi yang dapat dibuka Web Browser di antaranya, HTML, CSS, JS, PHP (dengan meng koneksikan ke Web Server), dan beragam ekstensi lainnya.

5. Mendukung permintaan data pengguna

Dengan Web Browser, pengguna dapat melakukan permintaan data (requesting supporting data item) dari internet. Alamat web dari internet selalu dapat diakses menggunakan Web Browser. Dengan browser pengguna juga dapat menyimpan file dokumen, gambar, video, dan lainnya dengan cara download.

6. Menyimpan data (bookmark)

Ketika pengguna sudah nyaman dan sering melakukan browsing pada suatu web atau laman pencarian, mungkin berpikir untuk mengingat halaman tersebut untuk penelusuran di kemudian hari. Dengan Web Browser Anda dapat menyimpan data (alamat situs) dengan fitur bookmark. Fitur bookmark pada Web Browser yang berfungsi untuk mengingat atau mengelola situs favorit yang ingin disimpan.

7. Mendukung search engine (mesin pencari)

Search Engine merupakan alat pencarian pada halaman Web Browser. Adanya Search Engine dapat memudahkan pengguna dalam mencari atau menemukan informasi berdasarkan kata kunci secara lebih mudah dan cepat. Pengguna tidak harus mengetikan alamat situs pada address bar di Web Browser, cukup ketik kata kunci umum atau domain utama dari suatu situs. Contohnya penggunaan Google Search Engine dan Bing Search Engine.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Contoh web browser yang banyak digunakan

Contoh Web Browser
Tampilan Browser Microsoft Edge. RUDI DIAN ARIFIN

1. Google Chrome

Google Chrome adalah penjelajah web lintas platform yang dikembangkan Google LLC. Yang rilis pada tanggal 2 September 2008 untuk sistem operasi  Microsoft Windows, setelahnya dikembangkan ke Linux, Mac OS, iOS, dan juga Android. Dari data pangsa pasar November 2020, Chrome mencapai 70% pemakaian di seluruh dunia. Dengan keberhasilannya, pihak Google memperluas merek browser ini dengan pengembangan produk Chrome OS, Chromecast, Chromebook, Chromebit, Chromebox, dan Chromebase.

Dilihat dari sisi antarmuka Chrome memiliki tampilan yang minimalis dengan reputasi kinerja browser yang sangat baik. Selain itu, Chrome juga mempermudah sinkronisasi bookmark dan pengaturan lainnya ke perangkat pengguna dengan Akun Google yang dipilih. Dalam segi keamanan, Chrome juga memberikan pembaruan untuk phising dan malware. Pengguna juga dapat memasang beragam ekstensi menarik dari Chrome Webstore sesuai kebutuhan dan keinginan.

Lihat Juga : 7 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Google Chrome

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation. Mozilla menjadi salah satu browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet sampai saat ini. Pada tahun 2002 Mozilla Foundation merancang browser ini dengan nama Phoenix, kemudian diganti menjadi Mozilla Firefox.

Versi 1.0 Firefox dirilis pada 9 November 2004, menjadi salah satu perangkat lunak open source. Browser Mozilla Firefox dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti, Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Salah satu fitur populer Mozilla Firefox adalah adanya pemblokir pop-up di dalamnya dan juga pengembangan fungsionalitas tambahan atau extension.

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache dan Cookies Mozilla Firefox

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan browser yang dikembangkan oleh Microsoft di bawah nama kode Project Spartan pengganti Internet Explorer. Microsoft Edge dirancang sebagai peramban web yang ringan dan baku pada sistem operasi Windows. Selain untuk sistem Windows, browser ini juga tersedia untuk Android dan iOS.

Microsoft Edge menggunakan mesin layout baru yang dikenal dengan EdgeHTML, dari cabang Trident. Selain itu, Edge juga membuka integrasi dengan platform daring Microsoft, yaitu integrasi dengan asisten digital Cortana (Sarana kontrol suara; fungsi pencarian dinamis dan informasi pribadi mengenai bilah alamat). Pengguna juga dapat membuat anotasi ke halaman web untuk disimpan dan dibagikan ke OneDrive.

Selain hal tersebut, Microsoft Edge juga memberikan fasilitas browsing secara intuitif seperti browser web lain, dengan dibekali performa yang lebih cepat dan lebih baik ketimbang versi sebelumnya (Internet Explorer).

Lihat Juga : 5 Cara Membersihkan History Pencarian Microsoft Edge

4. Opera

Opera merupakan browser web berbasis multi-platform keluaran Opera Software. Opera memiliki perbedaan karakteristik dari browser lain, bisa dilihat melalui antarmuka, fungsionalitas, dan juga fiturnya. Awal dirilis pada tanggal 10 April 1995, menjadikan Opera browser tertua yang dikembangkan hingga saat ini.

Opera juga membuka dukungan pada plug-in berbasis Chromium sejak tahun 2013; itulah yang membedakan Opera dengan browser lain. Browser ini juga mendukung beberapa sistem operasi seperti Microsoft Windows, Android, iOS, Mac OS, dan Linux. Untuk versi seluler mereka mengembangkan Opera dalam tiga versi yaitu: Opera Mini, Opera Touch, dan Opera.

Lihat Juga : Pengertian E-Learning beserta Jenis, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan

Kesimpulan,

Web Browser atau Browser merupakan program perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses situs dan melakukan penelusuran. Browser dapat diartikan sebagai jembatan antara pengguna dengan jaringan internet. Memungkinkan manusia untuk saling terhubung dan berkomunikasi melalui situs-situs yang diakses. Contoh browser yang paling banyak dikenal masyarakat yakni, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Microsoft Edge, dan masih banyak lagi.

Apa itu Web Browser?

Web Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses suatu situs atau laman web di internet.

Apa fungsi dan manfaat Web Browser?

Untuk mengakses, mengambil, dan menerima informasi di internet dengan memanfaatkan mesin pencari (search engine).

Apa contoh Web Browser?

Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, Opera, UC Browser, dan lain sebagainya.

Apakah Google Chrome termasuk web browser?

Benar, Google Chrome termasuk dalam program web browser yang paling banyak digunakan saat ini.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.