Download Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan sebuah peramban web gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation
InfoKeterangan
DeveloperMozilla Foundation
Version96.0
File size53.4 MB
LicenseFreeware

Mozilla Firefox atau biasa dikenal dengan sebutan ‘Firefox’ merupakan sebuah peramban web gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan ratusan sukarelawan. Browser ini pertama kali di perkenalkan pada 23 September 2002 dengan nama Phoenix. Puncak pertumbuhan pengguna Mozilla Firefox terjadi pada November 2009, mengalahkan Internet Explorer. Namun penggunanya mengalami penurunan setelah Google Chrome rilis. Pada Desember 2021, menurut StatCounter, Firefox memiliki pangsa pasar 3,91% menjadikannya browser web paling populer keempat setelah Google Chrome (63,8%), Safari (19,6%), dan Microsoft Edge (3,99%).

Dalam perkembangannya, Firefox terus melakukan peningkatan dan perbaikan; dengan menghadirkan beragam fitur dan layanan yang memudahkan pengguna untuk browsing atau mencari informasi di internet. Sekarang, Firefox telah tersedia untuk beberapa sistem operasi populer, di antaranya: Linux, MacOS, Windows, Android, dan iOS. Firefox juga telah memiliki dukungan lebih dari 97 bahasa di dunia. Pada tahun 2017, Firefox juga mulai mengembangkan Firefox Quantum dengan mengutamakan privasi dan performa yang lebih cepat.

Lihat Juga : Download Microsoft Edge

Fitur Mozilla Firefox

Dalam edisi desktop, Firefox hadir dengan beragam fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan penjelajahan; seperti mode layar penuh, pemeriksaan ejaan, bookmark, pengelola unduhan, manajemen profil pengguna, penjelajahan pribadi, ekspor bookmark, mode offline, take screenshot, sinkronisasi, kustomisasi tampilan, ekstensi, tema, dan masih banyak lagi. Lebih lanjut, Anda bisa simak beberapa fitur utama Mozilla Firefox berikut ini.

1. Dukungan tema dan ekstensi

Firefox juga memberikan dukungan penuh untuk mengubah tampilan browser menjadi lebih elegan, dengan menyediakan tema dan add-ons yang beragam. Melalui halaman Add-ons and themes (CTRL + Shift + A), Anda bisa temukan beragam tema default dari Firefox. Jika Anda merasa tidak puas dengan tema default, Anda bisa klik Find more themes untuk melihat daftar tema Firefox lainnya. Ekstensi juga demikian, Anda bisa buka halaman Add-ons Firefox untuk mencari dan mengunduh ekstensi yang Anda butuh kan.

Ekstensi Firefox dibagi dalam banyak kategori, di antaranya: Appearance, Bookmarks, Download Management, Feeds, News & Blogging, Games & Entertainment, Language Support, Photos, Music & Videos, Privacy & Security, Search Tools, Shopping, Social & Communication, Web Development, dan masih banyak lagi. Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan situs web yang menampilkan banyak iklan, Firefox menyediakan ekstensi AdBlocker, yang berguna untuk memblokir setiap iklan yang mengganggu. Atau jika Anda ingin mengakses situs web yang diblokir oleh ISP atau pemerintah, Anda bisa install VPN. Ada banyak sekali ekstensi VPN gratis dan premium yang bisa Anda jadikan pilihan.

2. Kustomisasi lebih bebas

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan kustomisasi tampilan Firefox sesuai dengan preferensi Anda. Melalui halaman menu Settings » Language and Appearance, Anda bisa ubah banyak hal, seperti ukuran dan jenis font, warna, zoom (memperbesar dan memperkecil layar), bahasa (display dan spelling), spelling, dan masih banyak lagi. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengubah tipe Search Bar dan Default Search Engine sesuai keinginan Anda.

3. Private browsing mode

Ada kalanya ketika tengah menjelajah internet, kita tidak ingin riwayat penelusuran browser diketahui orang lain. Dalam hal ini, Firefox menyediakan fitur ‘Private browsing mode’ yang mampu membatasi browser dan situs web untuk menyimpan riwayat browser, cache, cookies, dan aktivitas Anda di internet. Fitur ini akan mencegah situs web yang melakukan pelacakan dengan bantuan ‘Tracking Protection’. Untuk mengakses fitur ini cukup mudah, Anda bisa klik ikon tiga garis [menu] yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih New private windows. Atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + P (akses cepat private browsing mode).

4. Take screenshot

Fitur menarik dari Mozilla Firefox, yang tidak ada pada browser lain secara default adalah ‘Take Screenshot’. Ini adalah fitur bawaan Firefox yang berfungsi untuk menangkap halaman website. Terdapat beberapa opsi hasil tangkapan halaman yang bisa Anda pilih, secara visible, full screen, atau secara bebas (pada bagian / posisi yang diinginkan saja). Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu menginstall ekstensi atau plugin tambahan. Cukup klik kanan pada halaman yang ingin Anda screenshot, lalu klik ‘Take Screenshot’. Selanjutnya, Anda bisa drag kursor Anda atau memilih opsi screenshot (full screen atau visible) untuk mengambil gambar. Klik ‘Download’ untuk menyimpan gambar di laptop / PC Anda.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Screenshot PC & Mac Terbaik

5. Privasi dan keamanan

Firefox juga menghadirkan fitur ‘Privacy & Security’ dengan kustomisasi proteksi dan performa yang dapat di sesuaikan. Firefox juga menggunakan teknologi ‘Enhanced Tracking Protection’ yang mampu melindungi privasi Anda saat menjelajah dengan memblokir pelacak yang mengikuti Anda secara online untuk mengumpulkan informasi tentang kebiasaan dan minat penjelajahan Anda tanpa merusak fungsionalitas situs. Ini juga mencangkup perlindungan terhadap skrip berbahaya, seperti malware yang menguras baterai Anda.

Terdapat tiga opsi proteksi keamanan yang bisa Anda jadikan pilihan, di antaranya: Standard, Strict, dan Custom (pilih jenis tracking dan skrip yang ingin diblokir). Secara default, Firefox menerapkan proteksi Standard. Jika Anda ingin mendapatkan proteksi yang lebih kuat, Anda bisa memilih Strict dengan risiko beberapa situs atau konten dapat mengalami kerusakan.

6. Sinkronisasi

Sinkronisasi bertujuan untuk menyimpan data-data browser Anda ke Cloud dan mengintegrasikannya ke perangkat lain secara real-time. Selain lebih aman, sinkronisasi juga memudahkan pengguna untuk mengakses data-data browser, seperti bookmarks, open tabs, add-ons, dan setelan browser dari perangkat mana pun. Pada browser Firefox, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan login dan verifikasi menggunakan email aktif. Setelah sinkronisasi aktif (ON), Anda bisa hubungkan atau kirimkan halaman yang Anda buka ke perangkat lain yang Anda miliki; bisa smartphone, tablet, atau PC. Pastikan perangkat lain tersebut juga terinstall Firefox dan login menggunakan email yang sama.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Memalsukan GPS Android Tanpa Mock Location & Root

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur lokasi palsu di perangkat Android
  2. Download XAMPP Terbaru

    Berikut link download XAMPP terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  3. Download CPU-Z Terbaru

    Berikut link download CPU-Z terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit