10 Rekomendasi SSD Laptop Terbaik

SSD atau yang merupakan singkatan dari Solid State Driver ini merupakan salah satu alat penyimpanan yang digunakan oleh banyak orang ketika berurusan dengan data di komputer atau laptop. SSD ini adalah media penyimpanan kedua setelah menggunakan hard disk.

Berbedaan mendasar antara SSD dan hard disk adalah tingkat kecepatannya dimana SSD dibuat dengan teknologi baru yang diklaim memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih baik ketimbang hard disk biasa.

Bahkan, disaat melakukan booting pasti banyak yang menggunakan media ini. Dan kebanyakan pengguna komputer, desktop, atau laptop lebih memilih SSD sebagai pusat sistem mereka. Sedangkan hard disk hanya sebagai dukungan penyimpanan file.

Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui merek atau varian SSD yang cocok dan tentunya bagus untuk digunakan. Karena, jika salah dalam memilihnya maka kegunaanya tidak bisa kita rasakan dengan optimal. Untuk itu, kenali terlebih dahulu 10 rekomendasi SSD laptop terbaik berikut ini.

#1. Samsung Portable SSD T1

Samsung Portable SSD T1

Jika menginginkan sebuah SSD portable dengan kemampuan penyimpanan hingga 1 TB, maka Samsung Portable SSD T1 ini akan menjadi jawaban yang cocok. Dimana bentuknya sangat modern, tipis dan minimalis. Tidak membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanan media portable yang satu ini.

Bahkan, varian dari SSD ini juga bervariasi. Kamu tidak perlu membeli dengan harga yang lebih tinggi jika hanya membutuhkan penyimpanan yang lebih rendah yakni 500 dan 250 GB saja. Untuk kecepatannya sendiri sudah sangat mumpuni yakni mencapai 540 MB/s sehingga ini akan memudahkan pemindahan data yang diperlukan.

Untuk kemanan juga sudah sangat terproteksi dengan baik. Dimana media ini mengusung sistem security yang lebih canggih. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan vibration resistant dan shockproof.

Kisaran Harga : Rp. 4.500.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#2. SanDisk SSD Plus

SanDisk SSD Plus

SanDisk SSD Plus ini juga merupakan produk penyimpanan yang sangat baik dengan harga yang terjangkau. Bahkan, perangkat yang satu ini lumayan bagus dalam merespon perangkat yang terhubung, waktu shut down maupun booting. Penyimpanan data yang dilakukan juga lebih aman.

Hal ini didukung oleh adanya fitur anti getaran dan anti benturan yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Penyimpanan yang tersedia dari perangkat ini juga tergolong besar yakni 1 TB. Kecepatan menulis yang dimilikinya berkisar 310 MB/s dan kecepatan membaca mencapai 530 MB/s.

Kisaran harga : Rp. 380.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik

#3. Seagate Fast SSD

Seagate Fast SSD

Seagate Fast SSD bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem Mac 10.9 dan windows 7 serta seri terbaru diatasnya. Bahkan perangkat ini memberikan akses untuk menggunakan fitur Adobe Creative Plus. Pilihan ini akan menjadi hal terbaik yang diperlukan oleh para editor.

Kisaran harga : Rp. 3.180.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#4.  ADATA SU650 3D NAND

ADATA SU650 3D NAND

Untuk kemampuan yang disuguhkan oleh pihak ADATA pastinya sudah tidak lagi diragukan. ADATA SU650 3D NAND ini misalnya, menggunakan modul DRAM yang mengusung kinerja perangkat terbaik. Perangkat ini memberikan penawaran atas daya tahan, kecepatan, efisiensi dan stabilitas yang baik.

SSD yang satu ini bisa digunakan baik di komputer maupun di laptop. Karena telah dilengkapi dengan teknologi intelligent SLC yang akan meningkatkan kemampuan membaca mencapai 520 MB/s dan menulis mencapai 450 MB/s. bahkan, ini juga akan meminimalisir adanya kesalahan penyimpanan data yang sering terjadi.

Harga yang ditawarkan akan bervariasi sesuai dengan varian ukuran besaran penyimpanan yang dimiliki oleh perangkat ini.untuk besaran penyimpanannya sendiri terdiri dari 120 GB hingga 240 GB.

Kisaran harga : Rp. 300.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#5. LaCie Rugged Thunderbolt USB-C

LaCie Rugged Thunderbolt USB-C

Sekilas tampilan yang dimiliki oleh LaCie Rugged Thunderbolt USB-C ini sangat eyecatching. Bahkan, tidak hanya masalah penampilannya saja, SSD ini ternyata sudah diminati dikalangan pekerja dari beberapa tahun silam. Bahkan mapu bertahan ketika terjaduh dari ketinggian dan menghadapi guncangan.

Hal ini dikarenakan ketahanan, kemampuan dan kecepatan pengolahan data yang dimilikinya sangat bagus. Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur encryption AES 256-bit untuk memaksimalkan kinerjanya. Bahkan kita tidak lagi perlu repot-repot membawa kabel USB karena sudah disediakan satu set dengan perangkat tersebut.

Kisaran harga : Rp. 2.500.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik

#6. Transcend ESD400

Transcend ESD400

Walaupun perangkat SSd yang satu ini tergolong kecil, namun fungsi dan kegunaanya tetap jempolan. Desainnya yang mini dan ringan ini memang sengaja dilakukan agar lebih mudah untuk dibawa kemanapun sesuai dengan keperluan. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan port 3.0 plus UASP sehingga kecepatan proses kinerjanya jauh lebih baik.

Jika dibandingkan dengan perangkat yang masih menggunakan port 2.0 maka kecepatannya akan menjadi 10 kali lebih cepat. Dilengkapi juga dengan fitur Transcend Elite Data Management untuk perlindungan serta kemudahan dalam membackup data yang penting. Perangkat ini bisa digunakan untuk hampir semua sistem windows terkini.

Kisaran harga : Rp. 2.900.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#7. CRUCIAL BX500

CRUCIAL BX500

Perangkat berikutnya yang tak kalah baiknya dari beberapa perangkat sebelumnya adalah CRUCIAL BX500. Dengan kapasitas penyimpanan datanya yang mencapai 480 GB bisa kita beli dengan harga yang tergolong murah. Apalagi kecepatan membaca data mencapai 540 dan kecepatan menulis data mencapai 500 MB/s.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Flash NAND Micron 3D, sehingga proses booting akan menjadi lebih cepat dari biasanya. Untuk memproteksi data yang tersimpan perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur RAIN. Jadi, kamu tidak akan merasakan kehilangan data walaupun proses yang dilakukan sedang gagal.

Kisaran harga : Rp. 900.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#8. XPG SD700X

XPG SD700X

Perangkat yang satu ini juga merupakan SSD canggih dengan harga dibawah dua jutaan. Bahkan, perangkat ini sudah bisa digunakan untuk semua perangkat dengan sistem apapun. Hanya perlu melakukan format yang tepat agar bisa menggunakan perangkat ini untuk keperluan apapun nantinya.

Perangkat ini merupakan SSD external yang portable. Dimana kecepatan membacanya mencapai 420 GB per detik. Jadi, loading data akan terasa lebih cepat tanpa hambatan yang berarti. Perangkat ini juga diciptakan untuk tahan banting, tahan air serta tahan debu.

Kisaran harga : Rp. 1.800.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik

#9. Intel SSD 600p

Intel SSD 600p

Intel SSD 600p ini merupakan salah satu perangkat varian SSD kebanggan dari Intel. Perangkat ini deilengkapi dengan teknologi TLC NAND 3D. dan driver NVMe. Dengan beragam fitur terbaik tersebut membuat perangkat ini dapat membaca dan menulis data dengan cepat.

Pembaacaan data dengan kecepatan 1.570 MB/s dan penulisan mencapai 540 GB/s. Untuk masalah kapasitasnya, SSD ini memiliki 4 varian. Yang paling kecil adalah 256 GB dan 1 T untuk ukuran penyimpanan terbesar. Bahkan, kita juga bisa mendapatkan klaim garansi selama 5 tahun pemakaian.

Kisaran harga : Rp. 800.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

#10. Corsair Force LS

Corsair Force LS

Corsair Force LS ini merupakan salah satu varian SSD yang memiliki pilihan penyimpanan yang rendah. Ini biasa digunakan bagi pengguna yang hanya membutuhkan perangkat untuk melancarkan proses booting saja. Jadi, varian ini bisa digunakan dengan optimal tanpa harus menghabiskan bayak biaya untuk membelinya.

Perangkat ini menyediakan penyimpanan 60 GB di varian terendah. Bahkan perangkat ini juga memiliki respon yang baik, hemat daya dan tidak berisik jika dibandingkan dengan disk konvensional. Tapi jika ingin menggunakan versi lain dengan varian penyimpanan lebih besar maka kita bisa menggunakan varian 120 GB tentunya dengan harga lebih tinggi.

Kisaran harga : Rp. 400.000

[Tokopedia] [Lazada] [Shopee]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.