12 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Aplikasi atau software adalah bagian terpenting yang ada pada smartphone atupun tablet android. Ada 2 jenis aplikasi yang ada di Android yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan.

Aplikasi bawaan merupakan aplikasi yang langsung ada pada smartphone Android itu sendiri seperti galeri, musik player dan lainnya.

Sedangkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi yang kita tambahkan sendiri sesuai dengan keinginan kita, seperti aplikasi seperti WhatsApp, FB Messenger, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Apa penyebab aplikasi android saya tidak bisa dibuka? Pertanyaan seperti ini sering kali hadir dari pengguna android yang sering kali mengeluhkan aplikasinya tidak bisa dibuka sama sekali.

Terkadang muncul pesan seperti sayangnya, aplikasi telah berhenti, “aplikasi tidak menanggapi”, aplikasi terus berhenti, “aplikasi terhenti”, “force close, not enough memory”, “not responding”, “com.android.process telah berhenti”, dan lainnya.

Pesan semacam itu pertanda bahwa aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak bisa dibuka dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Penyababnya bisa bermacam – macam mulai dari cache file yang tidak pernah dihapus, memori android penuh, atau terjadinya bugs pada aplikasi itu sendiri, dan lainnya.

Sebagai penguna android yang gaptek tentunya anda pasti bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan solusi jitu yang mungkin saja bisa mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Tersambung Internet

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Setiap pengguna android memiliki kerusakan aplikasi yang berbeda – beda, baik itu aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan mulai dari menghapus cache android, mengganti dengan versi lain, hapus data aplikasi, dan menghentikan aplikasi secara paksa.

#1. Restart Smartphone

Untuk metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan restart atau reboot smartphone. Metode ini memang bersifat tidak pasti, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Siapa tahu nantinya aplikasi yang bermasalah tersebut dapat normal kembali.

#2. Menghapus Cache Memori

Cara pertama yang paling gampang yakni dengan menghapus cache memori. Apa Itu cache memori? Cache memori adalah salah satu file sementara yang apabila tidak di lakukan penghapusan secara berkala, maka lama – kelamaan akan terus menumpuk pada memori android itu sendiri.

Cara menghapus cache memori yakni dengan memanfaatkan aplikasi clean master. Aplikasi tersebut dapat menghapus cache dan file sementara lainnya hanya dengan satu klik saja.

Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari NAMA APLIKASI » Kemudian tap Hapus Cache.

#3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Fitur clear data dan force stop ada pada semua versi OS Android. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi kembali pada posisi default.

Dan semua data sementara pada aplikasi tersebut akan hilang seperi basis data, cache memori, bookmark, history, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya menghapus data aplikasi saja.

Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » NAMA APLIKASI » Kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

#4. Update Aplikasi

Banyaknya bugs terjadi mungkin karena aplikasi tersebut memang belum fiks atau belum maksimal saat digunakan. Biasanya sebuah aplikasi memang perlu dilakukan update, hal ini untuk menghilangkan bugs atau kekurangan dari aplikasi tersebut.

Seorang Developers biasanya berusaha untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi tersebut. Dan bagi anda yang belum melakukan update pada aplikasi, anda bisa lakukan melalui Google Play Store.

#5. Ganti Dengan Versi Lain

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara manual melalui file Apk, dan ternyata tidak bisa dibuka, itu artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang anda miliki.

Sebaiknya hapus aplikasi tersebut, dan ganti dengan aplikasi versi dibawahnya. Untuk menghapus aplikasi android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari NAMA APLIKASI » Kemudian tap Hapus Instalasi.

#6. Bisa Jadi Aplikasi Tidak Kompatible

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah, pastikan aplikasi tersebut benar – benar support atau kompatible dengan device yang anda gunakan. Karena biasanya, ketika aplikasi tidak kompatible maka kemungkinan akan sering terjadi error, bahkan pada beberapa kasus terjadi force close dengan sendirinya.

Salah satu contohnya adalah Samsung Music yang merupakan aplikasi pemutar musik unggulan dari Samsung. Meskipun aplikasi tersebut ada di Google Play, bukan berarti kompatibel dengan semua perangkat Android, aplikasi tersebut hanya dapat digunakan oleh pengguna device Samsung.

Lihat Juga : 14 Cara Mengatasi HP Android Lag & Macet

#7. Aplikasi Masih Dalam versi Beta

Kemungkinan lain, aplikasi yang anda unduh masih dalam tahap pengembangan atau belum jadi sepenuhnya (versi beta). Ini artinya, aplikasi masih dalam tahap uji coba pada pengguna Android. Jadi, maklum saja jika sering terjadi error pada aplikasi atau tidak bisa digunakan.

Di Google Play sendiri, biasanya developer memberikan informasi bahwasannya aplikasi masih dalam tahap pengembangan (versi beta). Informasi ini biasanya ada pada judul atau deskripsi aplikasi.

Hal semacam ini memang jarang terjadi, namun alasan ini tetap menjadi acuan kedepannya untuk lebih jeli dalam menginstal aplikasi.

#8. Developer Aplikasi Tidak Melakukan Pembaruan

Mengingat OS Android yang selalu update dan upgrade dari waktu ke waktu, hal ini tentu terjadi perubahan kode dan pegaturan dari sistem itu sendiri, terkadang beberapa aplikasi tidak support ketika diinstal pada OS terbaru, Oreo atau Pie misalnya.

Pengalaman pribadi, saya pernah menginstal aplikasi dari Google Play dan ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dibuka atau dijalankan. Informasinya, OS tidak didukung padahal OS nya terbaru.

Ini artinya, developer sudah tidak melakukan pembaruan pada aplikasi itu sendiri sehingga tidak berjalan maksimal pada OS terbaru. Dan bisanya, dibawah deskripsi Google Play tertulis tanggal informasi pembaruan atau versi aplikasi yang menunjukkan kapan aplikasi dilakukan perbaikan.

#9. Update OS Android

Kemudian opsi lain yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, coba lakukan pembaruan pada OS Android yang anda gunakan. Siapa tahu dengan melakukan hal ini, aplikasi yang bermasalah tersebut dapat normal kembali.

Hal ini hanya dapat anda lakukan ketika pembaruan sistem tersedia, jika tidak maka anda bisa abaikan metode ini.

Update OS Android
  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Karena metode diatas dilakukan pada HP OPPO, maka sistemnya adalah ColorOS. Jika anda menggunakan smartphone lain, anda bisa menyesuaikannya.

#10. Factory Reset HP Android

Kemudian untuk metode lain yakni bisa dengan factory reset smartphone. Metode ini sebenarnya tidak dianjurkan karena aplikasi lain-pun juga ikut terhapus. Cobalah beberapa metode lain yang mungkin yang mungkin lebih baik dan lebih maksimal.

Adapun jika memang terpaksa melakukan factory reset, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP Realme

#11. Hard Reset Smartphone

Selain factory reset, ada metode hard reset yang dapat dilakukan melalui menu Recovery Mode. Opsi ini dapat menjadi pilihan dimana pengguna Android dapat melakukan reset smartphone secara lebih maksimal. Tapi sebelum melakukannya, pastikan anda melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki.

Dan setiap smartphone memiliki metode reset yang berbeda – beda, dibawah ini saya memberikan contoh melakukan reset pada HP OPPO. Simak langkah – langkahnya ….

  1. Pertama, pastikan daya baterai smartphone anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal, sediakan 30% untuk melakukan Hard Reset agar proses reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery Mode OPPO dengen menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda akan dihadapkan pada menu recovery mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, anda bisa pilih Wipe Data / Factory Reset. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih YES.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa melakukan reboot atau restart pada smartphone OPPO anda. Ikuti petunjuk login gmail berikutnya agar anda bisa menggunakan smartphone anda kembali.
  6. Selesai.

#12. Flashing …

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah flashing atau install ulang sistem Android. Jika menurut anda, aplikasi yang anda inginkan memang penting dan dirasa harus dilakukan flashing maka silahkan ambil tindakan ini.

Anda perlu mempersiapkan bahan dan alat dalam melakukan flashing seperti firmware, software flashing, USB, dan tools – tools lainnya. Karena situs kami tidak menyediakan banyak metode flashing, maka lebih baik anda searching terkait metode ini sesuai dengan tipe smartphone yang anda gunakan.

Akhir Kata,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya. Saya merasa bahwa metode yang diberikan belum bisa di katakan berhasil 100%.

Namun tidak ada salahnya untuk di coba, karena metode di atas adalah metode paling umum yang di gunakan untuk mengatasi aplikasi error, macet, bermasalah, dan lainnya.

Jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan atau ingin menambahkan tips dan trik lain mengenai pengalaman dalam mengatasi masalah pada aplikasi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 72 Comment

  1. Lela berkata:

    Aplikasi “file manager” d’android sy sdah lama tdk bsa trbuka tips 1,2 d’ats sdah sy lakukn. N tmbh lagi aplikasi bawaan “telepon” tdk bsa terbuka smua pnggiln tdk ad yg muncul n tdk bsa smpn no.
    #mohon solusinya

    • Dian Arifin berkata:

      Masalahnya kok banyak banget ya mbak, mungkin lebih baik dilakukan flashing mbak atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Aplikasi bawaan memang susah diperbaiki…

  2. Nur berkata:

    Maaf numpang tanya, ko hp saya hbis di perbarui tpi ko malah aplikasinya gk bsa di buka semuanya ya
    Mhon pencerahannya, hp saya lenovo A2010

  3. adhi berkata:

    gan hp ane ga bsa buat nelpon,nrima telfon, bahkan aktfin data internet aja ga bsa, ngecek plsa ga bsa, tpi buat sms bsa, minta solusi gan, trmaksh