Apa itu IMEI? Mengenal IMEI dan Fungsinya pada Smartphone

Membeli barang elektronik seperti smartphone sudah bukan hal yang mustahil lagi bagi setiap orang di masa…

Membeli barang elektronik seperti smartphone sudah bukan hal yang mustahil lagi bagi setiap orang di masa kini. Apalagi dengan adanya fitur dan harga yang bervariasi, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Ditambah lagi dengan maraknya sistem gratis ongkir yang tersebar pada hampir seluruh platform online shop seperti Shopee dan Tokopedia, turut menambah pemerataan pasar penjualan smartphone di Indonesia.

Tentunya dalam membeli smartphone, kita sebagai pembeli pastinya akan memperhatikan beberapa hal seperti harga, spesifikasi, kualitas, merek dan yang tidak kalah penting ijin resminya. Bagaimana tidak? Apabila Anda membeli suatu barang elektronik seperti ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar pada negara pembeli, maka perusahaan cabang yang ada di negara tersebut tidak akan mau menanggung biaya garansi jika terjadi kerusakan pada smartphone tersebut.

Dari sini kita akan membahas lebih dalam mengenai IMEI. Apa itu IMEI? Mengapa IMEI begitu penting? Bagaimana cara mengecek IMEI? Semua akan kita bahas melalui artikel berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu PowerShell? Pengertian, Fitur, dan Perintah Dasarnya

Apa itu IMEI?  

Apa itu IMEI
Sumber Gambar : techno.okezone.com

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berjumlah 15 digit yang mana berfungsi nomor keamanan ponsel. Fungsi dari IMEI sendiri ialah untuk menyimpan Informasi dasar mengenai smartphone Anda. Informasinya sendiri meliputi pembahasan secara mendalam tentang merek, model, dan spesifikasi perangkat yang dirujuknya. Jadi apabila terjadi suatu masalah dengan ponsel Anda, operator dapat melihat apa yang seharusnya dapat dilakukan perangkat ponsel jika kerusakan sistem terjadi.  

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, seperti apakah IMEI dan nomor seri pada laptop itu memiliki fungsi sama?  Ya, pada dasarnya IMEI memiliki fungsi yang sama dengan nomor seri. Mengingat keduanya merupakan nomor unik yang ditautkan ke perangkat keras.

Namun yang membedakan antara keduanya adalah nomor seri itu dibuat oleh pabrikan, sedangkan nomor IMEI dibuat dan diterbitkan oleh GSMA (Groupe Speciale Mobile Association). Di mana GSMA merupakan sebuah organisasi internasional yang mengawasi operator jaringan seluler. GSMA bertugas dalam memberi setiap produsen perangkat seluler sejumlah nomor yang akan digunakan untuk IMEI pada ponsel/smartphone yang mereka produksi.

Lihat Juga : Pengertian dan Perbedaan GUI dan CLI Lengkap

Fungsi Nomor IMEI Pada Smartphone

Fungsi IMEI
Sumber Gambar : buybackboss.com

Nomor IMEI diberikan ke semua telepon yang beroperasi pada jaringan GSM (Sistem Global untuk Komunikasi Seluler). Karena itulah nomor IMEI sangat membantu dalam beberapa hal, terutama jika ponsel Anda dicuri. IMEI akan berfungsi sebagai alat untuk melacak perangkat Anda yang telah hilang atau dicuri. Untuk melacak perangkat Android atau iPhone yang hilang dengan nomor IMEI, buka pelacak IMEI dari situs iStaunch. Kemudian masukkan 15 digit nomor IMEI pada kotak pencarian lalu tap tombol Lacak. Selanjutnya Anda akan menemukan lokasi langsung dari ponsel yang hilang tersebut melalui Google Map.

Bahkan berita baiknya, semua operator di seluruh dunia berupaya dalam membatasi pembagian dan penyebaran informasi IMEI yang telah masuk daftar hitam (Blacklisted IMEI). Tujuannya yaitu untuk mencegah pencurian smartphone dan perangkat GSM agar tidak dijual di negara lain. Jadi ketika Anda kehilangan ponsel dan melaporkannya, maka ponsel yang Anda cari tidak memungkinkan untuk hilang pada jarak yang lebih jauh.

Lihat Juga : Pengertian Linux | Sejarah, Jenis, Kelebihan, Kekurangan

Cara Mengecek Nomor IMEI   

Cek Nomor IMEI
Sumber Gambar : indiatoday.in

Terlepas dari informasi dasar mengenai IMEI, terdapat beberapa cara untuk Anda yang ingin melakukan cek nomor IMEI. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah – langkah berikut ini.

Cek IMEI di HP Android  

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Setelah masuk ke dalam pengaturan carilah “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”.
  3. Kemudian pilih menu Status, untuk melihat informasi perangkat » Gulir ke bawah hingga menemukan nomor IMEI.
  4. Selesai.

Cek IMEI di iOS (iPhone)

  1. Pada menu utama carilah ikon Pengaturan.
  2. Setelah masuk ke dalam pilihan setting tekan Umum.
  3. Masuk dan tekan lagi pilihan Mengenai.
  4. Gulir layar iPhone Anda ke bawah, untuk menemukan nomor IMEI iPhone Anda.
  5. Selesai.

Catatan: Apabila Anda masih menyimpan box/ kotak dari perangkat ponsel yang Anda beli maka Anda dapat langsung mengecek nomor IMEI yang tertera pada box tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Cara Melacak Ponsel dengan IMEI  

Mungkin selama ini kita hanya mengenal IMEI sebagai nomor serial tanpa tahu lebih dalam mengenai manfaatnya, IMEI dapat digunakan sebagai nomor identitas yang berfungsi dalam memberikan informasi terkini mengenai kondisi ponsel secara mendetail. Tentunya dengan informasi tersebut apabila terjadi suatu masalah yang terjadi pada ponsel Anda, teknisi operator dapat terbantu dengan nomor IMEI tersebut.

Misalnya saja seperti melacak lokasi dari device ponsel Anda ketika sulit ditemukan atau hilang. Namun opsi ini hanya bisa dipakai dengan melibatkan pihak ketiga yaitu operator seluler serta pihak berwenang. Bahkan proses pencarian menggunakan IMEI juga tidak berlangsung secara cepat dan butuh proses yang cukup panjang.

Cara Melacak Ponsel via Find My Phone

Perlu Anda ingat bahwasanya melacak lokasi ponsel melalui Google Find my Phone membutuhkan beberapa kualifikasi. Seperti halnya ponsel Anda yang hilang harus dalam keadaan aktif mode GPS serta data selulernya. Apabila hal tersebut terpenuhi maka Anda dapat menggunakan fitur Google Find My Phone.

Google Find My Phone
Menggunakan layanan Google Find MyPhone. AGUNG WIJAYA
  1. Buka perangkat lain untuk membuka Google Find My Phone, Anda dapat membukanya melalui ponsel teman Anda atau melalui komputer/laptop.
  2. Masukan 15 digit nomor IMEI dari ponsel yang ingin Anda cari. Biasanya Anda tidak perlu mengisi nomor IMEI lagi apabila akun Google Anda telah di sinkronisasi dengan ponsel yang mau dicari.
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi berupa tanda seru apabila ponsel Anda telah ditemukan lokasinya. Ketuk tanda seru tersebut.
  4. Anda nanti akan di tunjukan lokasi terkini mengenai ponsel yang dicari melalui Google Maps. Dan di sini Anda juga diberi dua opsi untuk dipilih.
  5. Ketuk opsi dering apabila lokasi ponsel Anda dekat atau memiliki kemungkinan untuk dijangkau. Nantinya ponsel Anda akan terus berdering selama 5 menit meskipun diatur pada mode diam.
  6. Apabila ponsel Anda tidak memungkinkan untuk diambil dan ada data privasi di dalamnya. Anda dapat memilih opsi Hapus Perangkat atau Erase Device untuk menghapus seluruh data penting pada ponsel yang hilang. 
  7. Selesai.

Cara Melacak Ponsel Dengan Mengirim Email

Menghubungi Operator Seluler
Mengirim email Customer Service operator seluler. AGUNG WIJAYA
  1. Buka browser Anda melalui perangkat lain atau Anda dapat membuka Aplikasi Gmail pada ponsel teman Anda.
  2. Ketuk tambah Email baru » kemudian isi bagian penerima dengan alamat Customer Service operator seluler perangkat Anda.
  3. Isi keterangan mengenai “mengapa dan bagaimana ponsel Anda bisa hilang, serta informasi pendukung lain dalam menemukan lokasi ponsel Anda”.
  4. Tekan kirim dan tunggu balasan Email dari operator seluler.
  5. Selesai.

Catatan: Apabila Email Anda tidak kunjung dibalas, Anda dapat langsung datang ke kantor cabang operator seluler terdekat untuk meminta bantuan mengenai masalah ponsel Anda.

Lihat Juga : Pengertian Windows | Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan

Kesimpulan,

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya nomor IMEI itu penting, sehingga disarankan bagi Anda untuk selalu menyimpannya. Dengan begitu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda dapat langsung bertindak dengan cepat. Disarankan juga bagi Anda untuk selalu menyimpan data yang ada di ponsel Anda ke dalam Google Drive, karena apabila terjadi sesuatu dengan ponsel Anda data penting yang tersimpan di dalamnya akan tetap aman.

Kenapa ada nomor IMEI 1 dan IMEI 2?

Hal seperti Ini hanya dapat Anda jumpai apabila ponsel yang dimiliki bertipe dual sim atau double slot. Karena IMEI akan memberikan nomor identitas pada masing-masing slot card, apabila ponsel Anda berjenis slot tunggal maka IMEI yang ditemui juga hanya satu saja.

Kenapa IMEI saya tidak terdaftar?

Bisa jadi masalah ini muncul karena Anda membeli smartphone secara daring, karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua toko online menjual produk keluaran resmi dari produsen kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Bagaimana cara mendaftarkan IMEI?

1. Siapkan ponsel atau komputer Anda, kemudian buka browser Anda.
2. Bukalah situs beacukai.go.id
3. Kemudian Anda isi formulir pendaftaran secara lengkap.
4. Apabila Anda telah mengisinya dengan benar, maka nantinya Anda akan diberikan Registration ID beserta QR Code.
5. Setelah itu bawalah perangkat ponsel Anda menuju pos pemeriksa bea cukai untuk mendapatkan persetujuan melalui Registration ID beserta QR Code yang Anda dapat tadi.
6. Setelah disetujui nantinya Anda akan mendapatkan nomor IMEI yang telah resmi terdaftar di Indonesia.
7. Selesai.

Bagaimana cara mengecek IMEI yang sudah terdaftar?

1. Siapkan ponsel atau komputer Anda, kemudian buka browser Anda
2. Bukalah situs kemenperin.go.id
3. Isilah kolom pencarian dengan 15 digit nomor IMEI Anda.
4. Apabila nomor IMEI Anda telah terdaftar maka akan muncul keterangan IMEI telah terdaftar. Apabila belum maka Anda dapat mendaftarkannya melalui cara di atas.
5. Selesai.

Sekian ulasan singkat mengenai apa itu IMEI beserta beserta fungsi dan kegunaannya. Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Apabila Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang IMEI. Penggunaan dan manfaat IMEI akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.