Notifikasi Android Tidak Berbunyi? Ini Dia Solusinya

1
1225

Dianisa.comSolusi Dan Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Berbunyi. Notifikasi adalah salah satu bagian terpenting yang harus ada pada smartphone atau tablet android. Fungsi dari notifikasi sendiri yaitu sebagai pemberitahuan seperti SMS, Chat, Panggilan Telepon, dan lain sebagainya. Ada 3 jenis notifikasi yang ada di Android yaitu Suara, Getar, dan Icon (Gambar). Pada umumnya notifikasi terdapat pada bagian atas atau bar Android. Sebagai pengguna android tentunya anda sudah tahu mengenai hal tersebut.

Baca Juga :

Tapi dibalik itu semua ternyata notifikasi Android juga dapat mengalami kerusakan atau error. Para pengguna android banyak yang mengeluhkan mengenai notifikasi Android yang hilang dan tidak berbunyi sama sekali. Tidak bisa dipastikan apa faktor penyebab dari hal tersebut karena setiap pengguna android memiliki cara tersendiri dalam menggunakan smartphonenya.

Sebagai pengguna android anda harus memahami apa penyebab dari pemberitahuan yang tidak muncul tersebut, apakah hanya satu aplikasi saja atau semua aplikasi. Misalnya jika aplikasi BBM dapat memberitahukan Chat masuk, Invite Masuk, Ping masuk, kemudian aplikasi Whatsapp tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari bunyi ataupun getar. Maka dapat dipastikan yang error hanya satu aplikasi saja yaitu Whatsapp.

Tapi jika semua aplikasi tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari getar ataupun suara maka dapat dipastikan bahwa Notifikasi Android mengalami masalah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Mengatasi Notifikasi Tidak Berbunyi Pada Satu Aplikasi

Misalnya jika yang tidak memberikan Notifikasi dari Aplikasi BBM. Maka anda tinggal masuk saja pada “Pengaturan”, kemudian lihat pada bagian “Notifications”. Cek bagian tersebut apakah tercentang atau tidak. Jika tidak tercentang, centang saja agar nantinya anda bisa mendapatkan notifikasi kembali.

Aktifkan Izin Pemberitahuan Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kelola Pemberitahuan » Kemudian aktfkan “Izinkan Pemberitahuan”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Notifikasi Semua Aplikasi Hilang dan Tidak Berbunyi

Pastikan bahwa anda melakukan pengaturan Notifikasi dengan benar. Periksa pada bagian suara, volume, dan getar. Kemudian lakukan reboot pada android anda.

Sebaiknya gunakan juga Aplikasi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan performa Android anda serta dapat menghapus file cache yang terkadang juga merusak fitur – fitur di android, termasuk Notifikasi.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Notifikasi Android Yang Tidak Berbunyi Dan Tidak Muncul, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

ARTIKEL TERKAIT :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here