Notifikasi Android Hilang dan Tidak Berbunyi

Dianisa.comSolusi Dan Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Berbunyi. Notifikasi adalah salah satu bagian terpenting yang harus ada pada smartphone atau tablet android. Fungsi dari notifikasi sendiri yaitu sebagai pemberitahuan seperti SMS, Chat, Panggilan Telepon, dan lain sebagainya. Ada 3 jenis notifikasi yang ada di Android yaitu Suara, Getar, dan Icon (Gambar). Pada umumnya notifikasi terdapat pada bagian atas atau bar Android. Sebagai pengguna android tentunya anda sudah tahu mengenai hal tersebut.

Baca Juga :

Tapi dibalik itu semua ternyata notifikasi Android juga dapat mengalami kerusakan atau error. Para pengguna android banyak yang mengeluhkan mengenai notifikasi Android yang hilang dan tidak berbunyi sama sekali. Tidak bisa dipastikan apa faktor penyebab dari hal tersebut karena setiap pengguna android memiliki cara tersendiri dalam menggunakan smartphonenya.

Sebagai pengguna android anda harus memahami apa penyebab dari pemberitahuan yang tidak muncul tersebut, apakah hanya satu aplikasi saja atau semua aplikasi. Misalnya jika aplikasi BBM dapat memberitahukan Chat masuk, Invite Masuk, Ping masuk, kemudian aplikasi Whatsapp tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari bunyi ataupun getar. Maka dapat dipastikan yang error hanya satu aplikasi saja yaitu Whatsapp.

Tapi jika semua aplikasi tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari getar ataupun suara maka dapat dipastikan bahwa Notifikasi Android mengalami masalah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Mengatasi Notifikasi Tidak Berbunyi Pada Satu Aplikasi

Misalnya jika yang tidak memberikan Notifikasi dari Aplikasi BBM. Maka anda tinggal masuk saja pada “Pengaturan”, kemudian lihat pada bagian “Notifications”. Cek bagian tersebut apakah tercentang atau tidak. Jika tidak tercentang, centang saja agar nantinya anda bisa mendapatkan notifikasi kembali.

Aktifkan Izin Pemberitahuan Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kelola Pemberitahuan » Kemudian aktfkan “Izinkan Pemberitahuan”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Notifikasi Semua Aplikasi Hilang dan Tidak Berbunyi

Pastikan bahwa anda melakukan pengaturan Notifikasi dengan benar. Periksa pada bagian suara, volume, dan getar. Kemudian lakukan reboot pada android anda.

Sebaiknya gunakan juga Aplikasi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan performa Android anda serta dapat menghapus file cache yang terkadang juga merusak fitur – fitur di android, termasuk Notifikasi.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Notifikasi Android Yang Tidak Berbunyi Dan Tidak Muncul, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

ARTIKEL TERKAIT :

33 KOMENTAR

  1. Hp sy advan 5060 S5E ……. mslh nya , notifikasi pesan tidak berbunyi setiap saya menerima pesan . tetapi nada panggilan masuk berbunyi…….. cr diatas sdh sy coba …….tp blm bisa . mohon bantuannya ………terima kasih

  2. Saya pake hp samsung j7 2016..masalahnya sama notifikasi BBM sama WA nya ga berbunyi..tapi klo suara tlp sama SMS bunyi..smua cara udah di coba tapi tetep za ga bisa..ini kali kedua bermasalah sama notifikasi..yg pertama pernah hilang tapi ga lama bunyi lagi..mohon bantuannya ka apa perlu di bawa ke konter gtu ya??makasih

  3. Sy pke hp android samsung j2 prime… Awal beli suara panggilan suara/video whatsapp berbunyi jg jk ada pesan WA msk berbunyi… Tp skrg tiba2 panggilan suara/video dan pesan masuk ngk berbunyi ttpi klo sy klik aplikasi WA panggilan suara/video dn pesan masuk berbunyi… Sy jd bingung pdhl bru beli hri sebin kmrn… Mksh

  4. Hp saya samsung j7 prime sama j5 prime setelah di upgrade ke os nougat notifikasi pesan tidak bunyi, padahal saklar pemberitahuan sudah saya nyalakan, mohon solusinya.

  5. hp saya oppo a37, saya sudah sering melakukan langkah2 di atas tetapi tetap tidak ada notifikasi yg muncul. hanya beberapa waktu aja normal lalu kembali tidak muncul. bagaimana ya? mohon bantuannya

    • Karena keberatan atau kebanyakan aplikasi, jadi notifikasi yang dibelakang (background) sulit untuk muncul, apalagi OPPO A37 yang notabene RAM nya hanya 2GB. Saya juga mengalami hal yang sama kok mas…

  6. Hp ku zenfone 3 max jika ada pesan sms bbm atau wa bisa bunyi tapi kalo panggilan ndak bisa bunyi baik panggilan biasa atau wa. Di pengaturan juga mau ubah nada dering tidak bunyi pilihannya. Tolong solusinya makasi?

  7. Untuk teman” yg sms/ aplikasi lain yg tidak ada nada nya, lebih singkat klik pengaturan trus klik saran dan pemberitahuan trus klo di aplikasi anda contoh sms yg nggk ada nadanya trus di situ ada tulisan di blockir/bisu.. Nah bila mana ada anda nonaktifkan semua yg tercontreng disitu.. Ok semoga bermanfaat ya

  8. saya pake oppo f3.
    masalahnya ada di pesan whatsapp dan instagram.
    whatsaap kalo ada pesan masuk, sebelum masuk ke aplikasi whatsapp nya tidak muncul lambang whatsapp di status bar atas pojok kanan.
    sedangkan instagram, video nya tidak mau berputar padahal kuota banyak jaringan kencang, udah update aplikasi paling terbaru. kecuali pake wifi baru bisa.
    mohon untuk info dan solusinya gan, terima kasih

    • Pastikan pengaturan mas tidak pada posisi Hening. Selain itu, pastikan juga bagian notifikasi facebook berada pada kondisi aktif. Buka Setelan > Notifikasi & Bar Status > Notifikasi aplikasi > pilih “Facebook” …

  9. Hp saya j7 mas tlpon chat wa nya gabisa masuk kalau tidak di buka app wa nya kenapa ya . Trus langkah2 ini aku cba tampilan notif nya sudah semua gimana ya mas

    • Oh itu karena data seluler tidak aktif dibelakang background, artinya semua notifikasi juga tidak masuk. Pastikan mbk mengaktifkan data seluler pada aplikasi WA (dibelakang background). Mbak cari pada bagian Manajemen Aplikasi …

  10. Hp saya samsung j1 ace
    Saya suda ikuti semua langkah yang di atas tapi tetap saja nada pesan whatsapp saya tidak berbunyi
    Tolong bagi tau dong apa masalhanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here