10 Cara Menampilkan Notifikasi Android yang Hilang / Tidak Muncul

Notifikasi merupakan suatu pemberitahuan penting yang harus ada pada semua jenis smartphone. Tanpa adanya notifikasi kita…

Notifikasi merupakan suatu pemberitahuan penting yang harus ada pada semua jenis smartphone. Tanpa adanya notifikasi kita tidak akan bisa melihat pemberitahuan yang masuk seperti pesan, panggilan telepon (miss call), email masuk, dan pemberitahuan lainnya. Di saat teman, keluarga, atau saudara Anda mengirim pesan (SMS), dan tidak muncul pada status bar notifikasi maka Anda tidak akan tahu sebelum membuka aplikasi pesan atau SMS secara langsung.

Sebenarnya notifikasi tidak hanya memberikan informasi tentang pesan atau chat masuk, tetapi juga memberikan pemberitahuan mengenai musik yang diputar, informasi kesalahan pada ponsel Android, pembaharuan aplikasi, serta peringatan adanya virus yang menginfeksi Android dengan tanda “WARNING”. Permasalahan mengenai notifikasi yang tidak muncul mungkin dikarenakan terjadi kesalahan dalam memencet tombol atau memang sengaja mematikan notifikasi dan lupa cara untuk mengembalikannya.

Lihat Juga : 19 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Penyebab Notifikasi Android Hilang

Sebagai pengguna Android, sudah seharusnya memahami permasalahan notifikasi yang hilang atau tidak muncul. Kasusnya seperti; aplikasi Instagram dapat menampilkan notifikasi pada bar notifikasi, sedangkan aplikasi WhatsApp tidak dapat menampilkan notifikasi apa pun. Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi? Ada kemungkinan terdapat kesalahan pada pengaturan notifikasi. Namun, untuk memahami lebih dalam, Anda bisa simak beberapa poin penyebab notifikasi Android hilang berikut ini.

  • Tidak sengaja mematikan fitur notifikasi – Mungkin saja secara tidak sengaja atau kelupaan Anda telah mematikan fitur notifikasi tetapi lupa belum mengaktifkannya kembali.
  • Setelan notifikasi pada aplikasi tidak aktif – Kemungkinan setelan notifikasi berada pada posisi off (tidak aktif). Anda perlu cek fitur notifikasi pada aplikasi untuk memastikannya.
  • Aplikasi tidak berjalan di latar belakang – Fitur hemat data, hemat baterai, serta memori RAM penuh dapat menyebabkan aplikasi tidak berjalan di latar belakang. Hal inilah yang terkadang menyebabkan notifikasi sedikit terganggu.
  • Memori RAM penuh – Multitasking yang berlebihan sampai menyebabkan memori RAM penuh, dapat menyebabkan notifikasi tidak muncul. Kondisi ini lebih sering terjadi pada ponsel low-end dengan kapasitas RAM di bawah 3GB.
  • Memori internal penuh – Penyimpanan internal yang penuh dapat menyebabkan kinerja sistem dan aplikasi sedikit terganggu. Cobalah untuk membersihkan file berkas seperti file dokumen, foto, video audio, serta file cache agar sistem dan aplikasi dapat berjalan stabil.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Android Tidak Muncul

Mengatasi Notifikasi Android Hilang

Bagi kebanyakan pengguna akan merasa kesulitan, ketika melihat perangkatnya tidak dapat menampilkan notifikasi apa pun dari aplikasi. Setelah memahami poin penyebab di atas, saatnya Anda melakukan perbaikan untuk memulihkan notifikasi Android. Untuk itu, berikut cara atau tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan notifikasi pada ponsel Android.

1. Pastikan kembali perizinan notifikasi aktif / menyala

Aktifkan perizinan notifikasi Android
1. Pastikan perizinan aplikasi telah aktif. RUDI DIAN ARIFIN

Tips pertama, pastikan perizinan notifikasi sudah dalam keadaan aktif (enable). Mungkin saja secara tidak sengaja Anda telah menonaktifkan fitur notifikasi sehingga membuat notifikasi hilang. Anda bisa cek kembali fitur notifikasi melalui manajemen aplikasi atau kelola aplikasi.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Notifikasi & bar status » Notifikasi aplikasi.
  3. Pastikan notifikasi pada aplikasi telah aktif (enable).

Selain perizinan notifikasi, cek juga bagian nada dering dan getar. Pastikan bagian tersebut juga sudah aktif.

Aktifkan perizinan nada notifikasi Android
1. Pastikan perizinan nada dering dan getar telah aktif. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Selanjutnya, ketuk aplikasi untuk masuk ke setelan notifikasi lanjutan.
  2. Pastikan bagian Izinkan suara dan Izinkan getaran dalam keadaan aktif.
  3. Selesai.

2. Cek juga perizinan notifikasi lainnya

Tidak cukup hanya mengecek perizinan notifikasi pada sistem dan aplikasi, Anda juga perlu cek bagian lain yang mungkin saja menyebabkan notifikasi bermasalah. Jika Anda ingin notifikasi berbunyi, maka cek juga pada setelan nada dering dan getar default pada setelan Suara & getaran. Selain itu, cek juga pilihan nada pada aplikasi, misal pada aplikasi WhatsApp.

Atur nada dering Android

Pilih nada notifikasi Android
2. Atur nada dering Android. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Suara & getaran » Notifikasi.
  3. Selanjutnya Anda bisa pilih nada notifikasi yang Anda inginkan.
  4. Anda juga bisa kostum nada notifikasi dari musik atau nada yang Anda miliki.
  5. Selesai.

Atur nada dering WhatsApp

Cek Setelan Notifikasi WhatsApp
2. Atur nada dering WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  3. Pilih Setelan » Notifikasi.
  4. Pada bagian ini, Anda perlu cek semua fitur yang ingin di aktif.
  5. Notifikasi apa yang Anda inginkan seperti Nada Notifikasi, Getar, Notifikasi pop-up, Lampu, Grup, dan lainnya.
  6. Untuk mengatur nada notifikasi, Anda bisa pilih Nada notifikasi.
  7. Pilih nada pada ponsel Android Anda.
  8. Ketuk Centang untuk Apply.
  9. Atur sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  10. Selesai.

Sebagian aplikasi mungkin tidak menyediakan pilihan nada dering, sehingga aplikasi akan menyesuaikan nada dering default pada sistem Android. Contohnya seperti Google Chrome, Gojek, Twitter, YouTube, dan aplikasi lain tidak menyediakan pilihan nada notifikasi. Anda hanya bisa mengatur perizinan suara pada aplikasi tersebut, bukan nada notifikasi.

3. Pastikan koneksi internet stabil

Untuk mendapatkan notifikasi secara real-time, maka pastikan koneksi internal Anda benar-benar stabil. Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan notifikasi telat masuk atau bahkan tidak masuk sama sekali. Anda bisa cek kecepatan internet Anda menggunakan aplikasi speed test yang banyak tersedia di internet. Jika koneksi internat Anda tidak stabil, artikel di bawah ini mungkin dapat membantu masalah Anda.

Masalah koneksi internet

Selain kecepatan internet, pastikan juga aplikasi tidak dilakukan pembatasan data internet dan penghemat baterai. Banyak pengguna Android yang membuktikan bahwa fitur tersebut menyebabkan notifikasi tidak lagi prioritas serta terjadi penurunan performa pada ponsel. Untuk masalah ini, Anda bisa simak penjelasannya pada poin keempat.

4. Pastikan aplikasi berjalan di latar belakang

Pastikan aplikasi berjalan di latar belakang, ini dilakukan supaya aplikasi mendapatkan notifikasi secara real-time. Hindari untuk menggunakan fitur hemat data internet dan hemat baterai. Fitur tersebut sebenarnya efektif dalam menghemat data internet dan baterai supaya tidak cepat habis.Tetapi banyak pengguna Android yang mengatakan bahwa fitur tersebut membuat notifikasi pada aplikasi tidak lagi prioritas.

Meskipun pada Android versi terbaru ini tidak berpengaruh, namun akan lebih baik jika Anda mengkhususkan aplikasi pilihan untuk tidak menggunakan fitur tersebut. Ini dilakukan untuk menghindari masalah notifikasi yang tidak diinginkan. Anda bisa cek pada setelan aplikasi untuk memastikan apakah fitur hemat data dan hemat baterai dalam kondisi aktif atau tidak.

Pastikan aplikasi tidak menggunakan penghemat data internet

Matikan fitur batasi penggunaan data aplikasi
4. Matikan fitur penghemat data internet pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Pastikan fitur Batasi penggunaan data dalam keadaan mati atau nonaktif.
  4. Selesai.

Pastikan aplikasi tidak menggunakan penghemat baterai

Matikan fitur penghemat baterai aplikasi
4. Matikan fitur penghemat baterai pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Pastikan fitur Penghemat baterai dalam keadaan mati atau nonaktif.
  4. Selesai.

Fitur hemat data dan hemat baterai adalah satu hal, Anda juga perlu cek konsumsi RAM pada ponsel Anda. Banyak pengguna Android yang tidak menyadari bahwa RAM penuh dapat menyebabkan notifikasi hilang atau tidak muncul, kondisi ini banyak terjadi pada pengguna ponsel kelas low-end dan mid-range dengan kapasitas RAM di bawah 3GB.

Apabila ponsel yang Anda gunakan memiliki kapasitas RAM di bawah 3GB, sebaiknya hindari untuk membuka banyak aplikasi secara bermasalah. Selain itu, usahakan untuk selalu membersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih bawaan serta menutup aplikasi yang sekiranya tidak digunakan. Jika Anda ingin memahami lebih jauh mengenai RAM penuh, Anda bisa simak ulasannya di sini.

5. Lakukan pembaruan aplikasi

Perbarui Aplikasi Android
5. Update aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, lakukan pembaruan pada aplikasi, mungkin saja terdapat bugs pada aplikasi sehingga menyebabkan notifikasi hilang atau tidak muncul. Pembaruan aplikasi diharapkan dapat memperbaiki masalah pada aplikasi, sehingga aplikasi dapat berjalan lebih stabil dan optimal. Anda bisa kunjungi Google Play Store untuk memperbarui aplikasi.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi yang sedang terjadi masalah tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

6. Bersihkan file cache sistem dan aplikasi

Terkadang penumpukan file cache pada sistem dan aplikasi juga dapat menyebabkan masalah pada notifikasi. Di satu sisi file cache mempercepat pengguna dalam menjalankan aplikasi, tapi disisi lain, file cache yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan memori penuh sampai akhirnya aplikasi mengalami masalah, seperti force close, muncul pesan error, macet, hang, hingga notifikasi yang tidak real-time. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih.

Hapus file cache pada aplikasi

Hapus Cache Aplikasi Android
6. Hapus file cache pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Bersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Android
6. Bersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 13 Cara Membersihkan Cache di HP Android

7. Coba hapus data aplikasi

Hapus Data Aplikasi Android
7. Hapus data aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila membersihkan cache masih tidak membantu, mungkin Anda perlu menghapus data aplikasi. Menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke setelan awal (default), data aplikasi seperti basis data, cache, cookies, histori penelusuran, data login, serta data sementara lainnya akan dihapus. Ini merupakan cara paling efektif dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

8. Hindari untuk membuka banyak aplikasi

Memori RAM memiliki pengaruh yang sangat besar pada kinerja ponsel Android. Setidaknya ponsel Android akan berjalan stabil dengan kapasitas RAM minimal 4GB. Faktor ini dilihat dari perkembangan sistem dan aplikasi yang terus melakukan peningkatan fitur dan performa. Terutama untuk Anda yang suka bermain game, ponsel dengan memori RAM berkapasitas 4GB sangat direkomendasikan.

Jika ponsel Android Anda memiliki kapasitas RAM kecil di bawah 3GB, sebaiknya jangan terlalu banyak membuka aplikasi. Ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang terganggu apabila Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Beberapa service sistem dan aplikasi seperti data internet dan push notifikasi akan berjalan lebih lambat.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Penutup,

Apabila semua tips di atas tetap tidak membantu, sebaiknya lakukan reset ponsel Android atau Flashing ulang sistem Android, semoga dengan cara tersebut notifikasi pada ponsel Anda bisa muncul kembali. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, OnePlus, Huawei, NOKIA, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa tiba-tiba notifikasi di HP hilang?

Kesalahan konfigurasi pada fitur notifikasi dapat menyebabkan notifikasi hilang / tidak muncul.

Apakah mudah mengembalikan notifikasi pada Android?

Cukup mudah, Anda bisa masuk ke fitur notifikasi untuk mengembalikan notifikasi yang hilang.

Mengapa notifikasi tidak juga muncul padahal izin notifikasi sudah diaktifkan?

Cek lagi secara detail, kemungkinan ada bagian yang belum di aktifkan. Hindari untuk mengaktifkan fitur hemat baterai dan hemat data internet supaya notifikasi tetap ditampilkan.

Mengapa pesan WhatsApp saya baru masuk hanya ketika membuka aplikasi?

Pesan WhatsApp yang baru masuk ketika aplikasi dibuka terjadi karena memori RAM penuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa simak penjelasan dan solusi mengatasinya di sini.

Apakah pengguna dapat menyembunyikan salah satu notifikasi dari Aplikasi?

Tentu saja, Anda bisa matikan notifikasi pada aplikasi tertentu melalui fitur pemberitahuan dan notifikasi.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah notifikasi Android, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Masalah Android

Masalah Notifikasi Android

Discussion | 33 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Merdianapintodasilva berkata:

    Memperbaiki Stts Bar Tiba Tiba Hilang

  2. Lili ramdani berkata:

    Klo di hp realme c 12 gimana caranya untuk menyalakan notifikasi nya

  3. Danu berkata:

    Mas , notifikasi instagram saya gk sengaja kehapus cara mengembalikan nya gimana, hp saya realme c2

  4. Wulan berkata:

    Sy sdah coba sprt yg mas contohkan tp ttp gk bisa instagramny, hp saya vivo y17

  5. Dila berkata:

    Hp saya vivo s1, kmrn ga sengaja notif joox kepencet blokir.. Jdi skrg gada notifnya trs gabisa gnti lagu lwt layar atas.. Apa bisa di buka blokirnya? Thx

  6. Putri cahya dewi berkata:

    Pemberitahuan panggilan tak terjawab dan pesan saya tidak muncul bagaimana caranya ya?

  7. Hendra dahlan berkata:

    Saya punya hp smarfreen adromax A.di status bar nya tidak bisa ditarik ke bawah..gmna ya crnya.. Trim ksihh

  8. septian berkata:

    Mas saya tidak sengaja tekan lama pada Bar di atas dan pilih abaikan pesan seperti ini, dan mengembalikannya bagaimana ya mas, hp saya zte a5

    • Dian Arifin berkata:

      Masuk pada bagian Notifikasi, kemudian pastikan untuk pesan yang mas pilih tersebut notifikasinya berada pada posisi menyala kembali.

  9. Vebrilya berkata:

    Mbk, tempat saya
    Kalo ada pemberitahuan masuk, baik itu wa, line, email dan yg lain²nya..
    Gk bunyi nadanya ya?? Padahal saya sudah menghidupkan notifikas pada semua aplikasi tsb?

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan setelan berada pada posisi dering, bukan berada pada posisi hening atau diam. Lihat pada bar notifikasi atas …

  10. Sukma berkata:

    HP saya xiaomi redmi 2 sejak sya reset notifikasi smuanya ga muncul dipop up sperti sbelumnya pdhal dsettgan notfksi sdh nyala smua…smpah dan cache jg sdah dbersihkan

  11. Moch Yani berkata:

    Hape saya xiomi
    Pengaturan pemberitahuan udah benar tapi suara notifikasi Facebook kok nggak ada ya
    Tolong bantuannya, makasih

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan mode-nya tidak hening, dan pastikan juga mode suara aktif (termasuk pada aplikasi facebook) atau volume penuh.

  12. Dila berkata:

    Hp saya samsung j5, pop ups yg di top of the screennya ga pernah muncul setiap lg download di browser/playstore. Itu gmna yaaa. Plss dijawab, makasih?

  13. Priska berkata:

    Ternyata gampang bgt ya…trims mas…artikelnya sangat membantu

  14. hari berkata:

    Kalo untuk vivo y53 mas? Tiba-tiba notifikasi bbm ndak bisa muncul

  15. Muhammad Kurniawan Herdika berkata:

    Terima kasih begitu saya buka artikel ini langsung bisa notifikasinya ekali lagi terima kasih

  16. ahmad berkata:

    Kok tetep enggak bisa ya kak , untuk menampilkan unduhan di playsote

  17. Ririn Tri P berkata:

    Klo samaung j5 prime lewat apa ya?

  18. AE90 berkata:

    untuk samsung c9 pro bagaimana ya bro kalo sedang mendengarkan music (soundcloud/musixmatch) notifikasi dari wa/line tidak memberhentikan sejenak musik yang sedang didengarkan? tolong pencerahannya dikarenakan cukup mengganggu, tks…

    • Dian Arifin berkata:

      Ini maksudnya bagaimana ya mas, saya kurang paham. Maksud mas Notifikasi dari WhatsApp dan LINE berhenti gitu ya? Cukup Mudah mas, tinggal matikan Data untuk WhatsApp dan LINE saja.

  19. Felix berkata:

    sy pake lenovo p1 dengan android 6.0, kenapa notifikasi seperti angka 1,2, dst tidak muncul pada icon app seperti FB, WA, line tapi hanya muncul pada notifikasi tray kiri atas saja

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih