10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Jika Anda perhatikan, OPPO selaku produsen ponsel Android telah banyak menghadirkan beragam varian dan tipe ponsel dari kelas low-end hingga flagship. Untuk ponsel OPPO kelas flagship, performa dan stabilitas sistem maupun aplikasi tidak diragukan lagi, tetapi untuk ponsel kelas mid-range dan low-end, pengguna memiliki keterbatasan dalam menjalankan aplikasi maupun game. Mengingat dukungan Chipset dan memori tidak sebagus dan sebesar kelas high-end.

Meskipun demikian, setiap pengguna memiliki kebutuhan dan aktivitas yang berbeda-beda, apakah ponsel yang digunakan hanya untuk komunikasi dan membuka media sosial atau digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, Call of Duty Mobile, Fornite, dan sejenisnya. Dalam hal ini, terkadang pengguna mengalami hang dan macet saat membuka aplikasi maupun game pada ponsel OPPO. Lalu apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut? Untuk menjawabnya, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 8 Masalah OPPO dan Solusi Mengatasinya

Penyebab HP OPPO Sering Hang dan Macet

Ponsel OPPO yang sering kali mengalami hang dan macet pastinya sangat menyebalkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel OPPO mengalami masalah tersebut, seperti multitasking yang berlebihan, terlalu berlebihan dalam menggunakan ponsel, hingga terjadinya kerusakan pada komponen hardware.

  • Sistem Android yang tidak berjalan stabil – Sistem Android yang berjalan tidak stabil dapat menyebabkan fitur dan aplikasi terinstall terjadi error atau masalah. Untuk itu, jika terdapat pembaruan sistem dan aplikasi, lebih baik lakukan pembaruan agar mendapatkan peningkatan performa dan perbaikan bugs.
  • Terlalu banyak membuka aplikasi – Terlalu banyak membuka aplikasi juga berdampak pada penggunaan memori yang tinggi yang akhirnya menyebabkan ponsel terjadi hang atau macet. Hal ini sering kali terjadi pada ponsel OPPO dengan kapasitas RAM di bawah 4 GB.
  • Memori internal penuh – Penuhnya memori internal akan berdampak pada penurunan performa ponsel OPPO. Ada banyak faktor yang menyebabkan memori internal penuh, seperti menginstall aplikasi dan game dengan ukuran yang cukup besar, file sementara yang tidak pernah dibersihkan, dan simpanan file media yang begitu banyak.  
  • Terdapat bugs pada aplikasi – Apabila Anda mengalami masalah hang saat membuka aplikasi ataupun game, maka ada kemungkinan terdapat bugs pada aplikasi tersebut. Dalam kondisi tersebut, Anda harus menunggu sampai pihak developer melakukan perbaikan.
  • Virus atau malware merusak sistem – Kemungkinan lain, terdapat malware yang menyerang ponsel OPPO Anda sehingga menyebabkan ponsel terjadi hang atau macet. Malware dapat menyerang ponsel apabila Anda menginstall aplikasi dari pihak ketiga atau aplikasi hasil modifikasi (yang tidak terjamin privasi dan keamanan).
  • Spesifikasi ponsel yang tidak mumpuni – Bagaimanapun, spesifikasi ponsel menjadi alasan mengapa sebuah aplikasi ataupun game berjalan lambat dan sering kali terjadi LAG saat dimainkan. Tidak mungkin ponsel dengan RAM 2 GB dapat memainkan game PUBG dengan lancar dan stabil.
  • Komponen hardware rusak – Kemungkinan lain, bisa jadi komponen hardware mengalami kerusakan. Faktor kerusakan bisa karena umur, terbakar akibat overheat, kemasukan air, dan terjatuh. Tetapi hal ini masih belum pasti, Anda perlu melakukan pengecekan lebih dalam untuk mengetahui apakah komponen benar-benar terjadi kerusakan atau hanya masalah sistem Android yang error.
  • Kesalahan desain dari OPPO – Bisa jadi ponsel OPPO yang Anda gunakan memiliki cacat desain. Mengingat dalam beberapa kasus, ada beberapa tipe OPPO yang baru dibeli dengan pemakaian selama beberapa hari mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Mengatasi HP OPPO Sering Hang dan Macet

Dari banyaknya faktor yang menyebabkan ponsel OPPO terjadi hang dan macet, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah tersebut. Masalah seperti LAG, macet, serta munculnya pesan error saat membuka aplikasi tertentu dapat dilakukan perbaikan dengan menghapus data aplikasi dan melakukan pembaruan aplikasi. Namun hal tersebut masih belum cukup, Anda perlu perhatikan beberapa hal lain agar ponsel OPPO Anda tetap stabil dan optimal ketika digunakan.

1. Hapus data aplikasi

Menghapus Data Aplikasi OPPO
1. Menghapus data aplikasi OPPO. RUDI DIAN ARIFIN

Ketika Anda mengalami masalah macet atau LAG saat membuka aplikasi, maka ada kemungkinan terdapat masalah pada aplikasi tersebut. Tips sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus data aplikasi melalui setelan ponsel OPPO Anda. Dengan menghapus data aplikasi, maka semua preferensi aplikasi, basis data, cache, cookies, dan data login akan dihapus. Biasanya cara ini cukup efektif dalam mengatasi aplikasi yang macet atau error. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus data untuk menghapus data aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan tap Hapus.
  5. Selesai.

Apabila aplikasi yang bermasalah membutuhkan akses login, Anda tidak perlu takut bahwa akun Anda akan terhapus. Cara ini tidak akan menghapus akun apa pun, hanya menghapus data sementara pada aplikasi. Anda bisa membuka dan login kembali pada aplikasi yang Anda maksud.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

2. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Menghapus Aplikasi OPPO
2. Menghapus aplikasi OPPO. RUDI DIAN ARIFIN

Banyaknya aplikasi dan game yang Anda install berpengaruh pada performa dan stabilitas sistem Android. Apalagi dengan adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang yang dapat menguras penggunaan memori dan data internet. Untuk ponsel kelas mid-range hal ini tidak begitu berpengaruh, tetapi untuk ponsel kelas low-end penurunan performa akan sangat terasa. Untuk itu, sebaiknya hapus aplikasi atau game yang dirasa tidak dibutuhkan lagi. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus untuk menghapus aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan tap OK.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Aplikasi Android

3. Bersihkan memori internal

Pada perangkat OPPO, memori internal sangat dibutuhkan untuk instalasi sistem, aplikasi, dan simpanan untuk data-data yang bersifat sementara. Anda sebagai pengguna setidaknya menyisakan memori internal minimal 20% dari total memori yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya kelambatan akibat penuhnya memori internal. Untuk file media seperti foto, video, dokumen, dan sejenisnya sebaiknya simpan pada memori eksternal.

Apabila ponsel OPPO muncul notifikasi memori internal penuh maka sebaiknya segera bersihkan file media dan data sementara yang dirasa tidak penting dan tidak dibutuhkan lagi. Penuhnya memori internal akan berpengaruh pada performa smartphone. Lama kelamaan, Anda akan merasakan kelambatan ponsel jika data sementara tersebut tidak dibersihkan.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih PC dan HP Terbaik

4. Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Apabila terdapat pembaruan pada sistem dan aplikasi terinstall maka sebaiknya lakukan pembaruan. Melakukan pembaruan bertujuan untuk meningkatkan performa dan stabilitas ponsel OPPO Anda. Pengembang biasanya juga melakukan perbaikan pada aplikasi. Artinya, apabila terdapat bugs pada aplikasi maka bugs tersebut akan diperbaiki sehingga aplikasi lebih stabil dan optimal saat digunakan.

Perbarui ColorOS

Lakukan Pembaruan ColorOS
4. Lakukan pembaruan ColorOS. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Pembaruan Perangkat Lunak » lakukan pembaruan ColorOS jika tersedia versi baru.
  3. Gunakan koneksi WiFi agar update berjalan lancar.
  4. Selesai.

Perbarui Aplikasi dan Game

Lakukan Pembaruan Aplikasi
4. Lakukan pembaruan aplikasi dan game. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Play Store pada ponsel OPPO Anda.
  2. Masuk pada halaman Aplikasi dan Game saya.
  3. Ketuk Update semua untuk melakukan pembaruan pada semua aplikasi terinstall.
  4. Selesai.

5. Kurangi aktivitas yang berlebihan

Tips selanjutnya, jangan berlebihan dalam menggunakan ponsel OPPO. Overheat pada ponsel OPPO terjadi karena penggunaan ponsel yang berlebihan, terutama saat digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game dan menonton video. Jika dilakukan secara terus-menerus, efeknya adalah kerusakan komponen hardware. Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan.

  • Ketika ponsel terasa sangat panas, sebaiknya istirahatkan ponsel agar tidak terjadi overheat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen hardware.
  • Jangan menggunakan ponsel saat dicas, terutama untuk aktivitas berat seperti bermain game. Untuk aktivitas ringan seperti membuka media sosial, chat, dan sejenisnya tidak jadi masalah., tetapi untuk game sebaiknya jangan.
  • Menggunakan ponsel berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Anda akan merasa stres akibat berlama-lama menggunakan ponsel. Lakukan aktivitas yang lebih produktif dan bermanfaat.

6. Jangan menggunakan aplikasi MOD

Saran saya, sebaiknya hindari menggunakan aplikasi MOD (modifikasi). Meskipun aplikasi MOD memiliki segudang fitur yang tidak tersedia pada aplikasi resminya, tetapi ada kemungkinan terdapat malware pada aplikasi tersebut. Mungkin saja aplikasi tersebut telah disematkan kode yang dapat menyebabkan hang dan macet pada ponsel. Mengingat, banyak dari aplikasi MOD yang justru menggunakan sumber daya lebih besar ketimbang aplikasi resminya.

Tidak ada jaminan aplikasi MOD aman untuk digunakan. Ada indikasi SPY / mata-mata pada aplikasi MOD, hal ini tentu saja sangat mengancam privasi Anda. Yang ditakutkan adalah pencurian identitas seperti aktivitas transaksi, data login, akses ke dompet digital, dan lainnya. Pengembang juga melarang penggunaan aplikasi MOD, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan akses login.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Penutup,

Hal mendasar yang perlu Anda perhatikan adalah spesifikasi perangkat sangat berpengaruh pada performa sistem dan aplikasi. Meskipun demikian, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, ada pengguna yang menggunakan ponsel hanya untuk membuka media sosial, tetapi ada pengguna lain yang menggunakan ponsel untuk bermain game. Untuk mengurangi penurunan performa, sebaiknya bersihkan memori internal dan hapus / nonaktifkan aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan.

Apa penyebab HP OPPO sering hang dan macet?

Bugs pada sistem dan aplikasi sering kali menjadi penyebab aplikasi hang dan macet. Tetapi faktor lain seperti kompabilitas dan spesifikasi juga tak bisa dihindarkan.

Apa penyebab HP OPPO lemot?

Penumpukan file sampah dan penuhnya memori internal dapat menyebabkan ponsel OPPO lemot saat digunakan.

Apa penyebab HP OPPO restart sendiri?

Terdapat masalah pada sistem Android dan overheat pada komponen hardware.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.