9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Ketika berbicara mengenai aplikasi pesan instan, maka WhatsApp lah rajanya. Layanan perpesanan dari Facebook ini berhasil mendominasi pasar hampir di seluruh dunia. Dikutip dari laman seawallalife.com, sebuah laporan statistik Maret 2020 menginformasikan bahwa WhatsApp memiliki 2 milyar pengguna aktif di seluruh dunia, yang berarti meningkat 1 milyar pengguna dibandingkan Februari 2016, Senin (15/2/2021).

Hal tersebut memang tidak mengherankan, mengingat WhatsApp memiliki fitur dan kebutuhan yang ramah dengan pengguna. Komunikasi yang dienkripsi secara end-to-end dan tanpa iklan menjadi kelebihan WhatsApp. Meskipun demikian, WhatsApp tidak sepenuhnya optimal ketiga digunakan. Beberapa pengguna juga mendapati error ketika melakukan panggilan suara dan video.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima & Mengirim Gambar

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Beberapa pengguna ada yang mengalami masalah tidak bisa melakukan video call. Dalam artian bisa karena gambar yang tidak muncul, macet, masalah pada kamera, hingga sambungan yang terhubung dengan nomor lain. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penyebab yang membuat WhatsApp tidak bisa video call berikut ini.

  • Masalah perizinan kamera dan mikrofon. Untuk melakukan panggilan video, WhatsApp membutuhkan perizinan pengguna agar dapat mengakses kamera dan mikrofon. Tanpa keduanya, Anda tidak bisa melakukan panggilan sama sekali.
  • Koneksi internet yang tidak stabil. Koneksi internet yang tidak stabil menyebabkan panggilan video tersendat-sendat hingga tidak bisa terhubung sama sekali.
  • Bugs pada aplikasi WhatsApp. Kemungkinan lain, adanya bugs pada aplikasi WhatsApp, bisa pada ponsel pengguna atau dari developer (WhatsApp).
  • Nomor telah dilakukan pemblokiran. Bisa jadi nomor Anda telah dilakukan pemblokiran sehingga tidak bisa melakukan panggilan video ke nomor yang Anda inginkan.
  • Dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Telegram Connecting Terus Menerus

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa video call, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memastikan koneksi internet benar-benar stabil, melakukan perizinan kamera dan mikrofon Android, menghapus cache aplikasi, hingga memperbarui aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pastikan koneksi internet stabil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa koneksi internet pada ponsel Android Anda benar-benar lancar. Ini khusus untuk Anda yang mengalami masalah ketika panggilan video tersendat-sendat atau yang loading secara terus-menerus. Untuk memastikan koneksi internet lancar, Anda bisa cek kecepatan internet melalui situs fast.com/id/. Panggilan video akan terasa stabil ketika internet minimal memiliki kecepatan 1MB.

  • Apabila Anda memiliki masalah dengan jaringan internet, Anda bisa matikan data internet selama beberapa saat kemudian nyalakan kembali.
  • Anda juga dapat mengaktifkan mode pesawat terbang (airplane mode) selama beberapa saat untuk memperbarui sinyal pada ponsel.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung Internet

2. Cek perizinan aplikasi WhatsApp

Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp
2. Cek perizinan aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selain koneksi internet, Anda juga perlu memastikan perizinan pada kamera dan mikrofon aktif (enable). Kedua komponen tersebut sangat penting untuk di aktifkan, tanpa kamera dan mikrofon pengguna tidak bisa melakukan panggilan sama sekali. Meskipun dalam keadaan aktif, WhatsApp tidak akan memata-matai Anda sebagai pengguna. Tidak hanya pada WhatsApp, aplikasi serupa lain juga terkadang membutuhkan kamera dan mikrofon.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp, terlihat info aplikasi.
  3. Pilih Izin untuk melihat semua info perizinan aplikasi.
  4. Pastikan semua perizinan akses telah aktif.
  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Berbunyi

3. Hapus cache aplikasi WhatsApp

Hapus Cache WhatsApp Android
3. Hapus cache aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, coba dengan menghapus cache WhatsApp yang bisa dapat Anda lakukan melalui manajemen aplikasi. Cara ini terkadang efektif dalam mengatasi WhatsApp yang bermasalah. Fungsi cache sebenarnya sangat membantu pengguna dalam mempercepat akses ke setiap aplikasi terinstall. Meskipun demikian, dalam beberapa kasus cache tetap perlu di bersihkan dana akan diganti oleh file cache yang baru. Untuk menghapus cache WhatsApp, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Tap Hapus Tembolok untuk membersihkan cache WhatsApp.
  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Selain menghapus cache secara manual, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pembersih, yang mana akan mempercepat Anda dalam membersihkan cache memori secara menyeluruh. Tidak hanya pada aplikasi WhatsApp, namun juga sistem dan aplikasi lain.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

4. Pastikan nomor Anda tidak diblokir

Tips berikutnya adalah memastikan nomor Anda tidak diblokir oleh kontak yang ingin Anda hubungi. Memang cukup susah untuk memastikannya, namun jika beberapa hal di bawah ini terjadi pada kontak terkait, maka kemungkinan Anda telah diblokir.

  • Biasanya kontak yang memblokir Anda tidak memiliki foto profil (Anda tidak memiliki izin untuk melihat foto profilnya).
  • Bio (status pengguna) biasanya juga tidak terlihat sama sekali.
  • Ketika di chat (kirim pesan) hanya centang satu.

Hal ini memang bersifat tidak pasti, Anda perlu memastikannya kembali dengan mengirim pesan.

5. Update aplikasi WhatsApp

Update WhatsApp ke versi terbaru
5. Coba update aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Update aplikasi juga merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi WhatsApp tidak bisa video call. Dengan melakukan update, bugs akan diperbaiki dan aplikasi akan lebih stabil ketika digunakan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

6. WhatsApp mengalami gangguan

Kemungkinan lain, masalah terjadi pada server WhatsApp, dalam artian WhatsApp sedang mengalami gangguan (maintenance). Gangguan bisa untuk satu negara, satu wilayah, atau bahkan seluruh dunia. Untuk memastikannya, Anda bisa temukan berita atau informasi yang membahas mengenai WhatsApp yang mengalami gangguan hari ini.

Melalui halaman downdetector.id, Anda dapat mengetahui apakah WhatsApp terjadi masalah atau tidak. Apabila benar-benar terjadi masalah, Anda harus menunggu sampai WhatsApp normal kembali.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow Orang lain

Penutup,

Masalah WhatsApp yang tidak bisa melakukan video call memang sangat merepotkan. Yang paling sering terjadi adalah WhatsApp mengalami masalah dengan panggilan lain padahal tidak melakukan panggilan sama sekali. Untuk mengatasinya, pengguna perlu menunggu selama beberapa waktu sampai masalah tersebut hilang dan normal kembali.

Apa penyebab WhatsApp tidak bisa video call?

Opini penulis terjadi karena bugs pada aplikasi WhatsApp.

Bagaimana mengatasi WhatsApp tidak bisa video call?

Coba dengan membersihkan cache dan update aplikasi.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai aplikasi WhatsApp, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.