7 Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

Secara default, notifikasi atau pemberitahuan pada Windows 10 memang aktif dan sebenarnya sangat membantu para pengguna dalam melihat informasi yang dibutuhkan, baik itu informasi update sistem ataupun informasi yang berhubungan dengan data pengguna. Tapi sayangnya, beberapa pengguna merasa notifikasi sangat mengganggu pekerjaan.

Saya sendiri terkadang juga merasa bahwa notifikasi Windows sangat mengganggu, terlebih Windows saya terhubung dengan email pekerjaan dimana semua email yang masuk akan mengirimkan notifikasi melalui bilah notifikasi. Tapi disisi lain, saya juga membutuhkan notifikasi agar informasi yang masuk bisa saya dapatkan secara real-time.

Oleh karena itu, yang saya lakukan adalah dengan menonaktifkan notifikasi ketika sedang melakukan pekerjaan. Apakah bisa seperti itu? Tentu saja bisa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa ikuti petunjuk lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Cara Menghilangkan Notifikasi Windows 10

Melalui artikel ini, saya akan menunjukkan beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam menghilangkan atau mematikan notifikasi yang masuk. Ada 7 cara yang bisa anda lakukan dimana anda bisa memilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda.

1. Cara Mematikan Semua Notifikasi yang Masuk

Opsi pertama, anda bisa mematikan atau menonaktifkan semua notifikasi yang masuk melalui fitur Notifications & Actions. Dengan melakukan hal ini, maka semua notifikasi tidak akan muncul, baik itu notifikasi update, notifikasi email, aplikasi, browser, VPN, dan sebagainya. Berikut langkah-langkahnya…

Pertama, masuk pada menu Settings, dengan klik Start » kemudian pilih Settings. Atau untuk opsi lebih cepat bisa juga tekan kombinasi tombol Windows + I.

1 Masuk Menu Settings Windows 10

Selanjutnya, pilih menu System, lalu arahkan ke Notifications & Actions. Dan anda bisa matikan bagian “Get Notifications from Apps anda Others Senders”. Pastikan berada pada posisi Off.

2 Matikan Semua Notifikasi Windows 10

Dengan begitu, semua notifikasi yang masuk tidak akan ditampilkan.

2. Cara Mematikan Notifikasi pada Aplikasi

Masih pada posisi yang sama, selain menonaktifkan semua notifikasi yang masuk, anda juga bisa menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu saja. Artinya, jika anda hanya ingin menampilkan notifikasi pada aplikasi A dan tidak pada aplikasi B, maka anda bisa menonaktifkannya.

Sama seperti langkah pertama, anda perlu masuk pada fitur Notifications & Actions melalui menu Settings. Anda bisa melakukannya melalui Start Menu atau tekan Windows + I.

1 Masuk Menu Settings Windows 10

Selanjutnya, pilih System dan arahkan ke bagian Notifications & Actions. Perhatikan bagian Get Notifications from these senders. Dibagian tersebut, anda bisa nonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Misal pada Mail, maka pastikan berada pada posisi Off.

2 Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 10

Lihat Juga : 9 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop

3. Cara Mematikan Notifikasi Sementara Waktu

Ada salah satu fitur yang bisa anda manfaatkan dengan baik ketika anda fokus bekerja. Fitur tersebut bernama Focus Assist. Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa menyembunyikan notifikasi yang masuk atau melakukan priority pada aplikasi tertentu. Untuk menggunakannya, anda bisa ikuti petunjuk dibawah ini…

Melalui Menu Settings

Pertama, anda masuk pada menu Settings, klik Start Menu » Settings. Atau dengan shortcut tombol Windows + I.

1 Masuk Menu Settings Windows 10

Kemudian pilih System » Focus assist. Untuk menggunakannya, anda bisa pilih Priority only atau Alarms only. Priority only fokus list aplikasi yang ingin ditampilkan, sedangkan Alarms only fokus untuk menyembunyikan semua notifikasi, terkecuali alarm.

2 Menonaktifkan Notifikasi Sementara Windows 10

Jika anda ingin memilih Priority only, anda juga dapat melakukan kostum list dengan klik Costumize your priority list. Dibagian tersebut, anda bisa tentukan notifikasi apa saya yang ingin ditampilkan dan tidak. Hilangkan centang pada beberapa fitur yang tidak anda butuhkan.

3 Menghilangkan Notifikasi Sementara Windows 10

Melalui Menu Notifications

Selain melalui menu Settings, anda juga bisa langsung melakukannya melalui menu Notifications yang ada dibagian pojok kanan Windows 10 anda. Klik bagian tersebut, kemudian pilih Focus assist. Klik sekali untuk Priority only, klik dua kali untuk Alarms only.

4 Matikan Notifikasi saat Bekerja

4. Cara Mematikan Notifikasi Iklan, Tips, Trik Windows

Di Windows sendiri, anda juga dapat menonaktifkan notifikasi (suggestions) yang diberikan oleh Windows. Fitur ini sebenarnya berfungsi agar pengguna mendapatkan informasi penting seperti tips, trik, update, dan sebagainya. Meskipun jarang muncul, beberapa pengguna juga merasa terganggu. Berikut langkah-langkah mematikannya…

Pertama, masuk pada menu Settings terlebih dahulu, klik Start Menu » kemudian pilih Settings. Atau opsi cepat dengan menekan tombol Windows + I.

1 Masuk Menu Settings Windows 10

Selanjutnya, masuk pada bagian System, lalu pilih Notifications & Actions. Kemudian nonaktifkan bagian “Get tips, trick, and suggestions as you use Windows”. Pastikan berada pada kondisi Off.

2 Menghilangkan Notifikasi Iklan Windows 10

5. Cara Mematikan Notifikasi saat Lock Screen

Bagi anda yang tidak ingin adanya notifikasi yang muncul saat mode Lock Screen, anda juga bisa mematikannya melalui menu Notifications & Actions. Letak fiturnya sebenarnya sama seperti penjelasan diatas. Lebih jelasnya, anda bisa lihat petunjuknya dibawah ini…

Masuk pada menu Settings, kemudian pilih System. Tekan Windows + I untuk opsi lebih cepat.

1 Masuk Menu Settings Windows 10

Selanjutnya, klik menu Notifications & Actions, lalu dibagian Show notifications on the lock screen, pastikan berada pada kondisi Off.

2 Menghilangkan Notifikasi Saat Lock Screen Windows 10

Lihat Juga : 2 Cara Melihat Password WiFi Windows 10

6. Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi di Taskbar

Terkadang icon aplikasi yang ada di Taskbar juga memunculkan notifikasi. Namun anda bisa mematikannya dengan keluar dari aplikasi tersebut atau menonaktifkannya pada saat komputer Startup.

Untuk mematikannya, anda bisa klik kanan pada aplikasi di Taskbar tersebut, lalu pilih Exit atau Quit. Dengan begitu, aplikasi akan berhenti berjalan dan tidak dijalankan oleh sistem secara real-time.

1 Keluar dari Aplikasi Taskbar Windows

Selain itu, anda juga perlu menonaktifkan melalui Startup menu, agar ketika Windows dilakukan restart atau dinyalakan, aplikasi tersebut tidak muncul kembali di Taskbar. Ketikkan keyword Startup di Start menu, kemudian Enter, lalu matikan aplikasi yang tidak ingin ditampilkan di taskbar.

2 Menghilangkan Icon Aplikasi Taskbar Windows

7. Cara Menyembunyikan Notifikasi Start Menu

Selanjutnya, untuk anda yang ingin menghilangkan aplikasi yang muncul pada Start menu, anda bisa melakukannya dengan sangat mudah hanya dengan klik kanan. Berikut penjelasannya…

Klik Start Menu » kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin anda sembunyikan, lalu pilih Unpin from Start. Dengan begitu, aplikasi tersebut tidak akan muncul kembali. Jika ingin menambahkannya, anda cukup cari di Start, klik kanan lalu pilih Pin to Start.

1 Menghilangkan Aplikasi dari Start Menu Windows 10

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.