13 Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Bunyi dan Muncul

Notifikasi merupakan fitur pemberitahuan yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi atau pesan masuk secara…

Notifikasi merupakan fitur pemberitahuan yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi atau pesan masuk secara real-time. Umumnya notifikasi terdapat pada bagian atas / bar notifikasi Android. Ada empat jenis notifikasi pada ponsel Android, yakni suara, getar, ikon, dan teks. Notifikasi tersedia pada sistem dan aplikasi terinstall; seperti pesan, panggilan, media sosial, marketplace, dan lainnya. Informasi yang ditampilkan tergantung dari fitur dan kebutuhan pengguna.

Bicara mengenai notifikasi Android, banyak pengguna Android yang mengeluhkan masalah notifikasi yang tidak muncul dan tidak bunyi. Kondisi tersebut membuat pengguna tidak bisa mendapatkan informasi masuk secara real-time. Ini tentu membuat pengguna terganggu, mengingat banyak aktivitas membutuhkan notifikasi real-time. Misalnya seperti Driver Gojek yang harus mendapatkan notifikasi real-time supaya lebih cepat dan tanggap dalam mengambil orderan.

Lihat Juga : 8 Cara Mematikan Notifikasi Instagram

Penyebab Notifikasi Tidak Bunyi dan Muncul

Sebagai pengguna Anda harus memahami masalah dari pemberitahuan yang tidak muncul tersebut, apakah masalah notifikasi terjadi pada satu aplikasi atau semua aplikasi. Misalnya aplikasi LINE dapat menampilkan chat masuk, invite masuk, ping masuk, sedangkan aplikasi WhatsApp tidak dapat menampilkan notifikasi apa pun, baik dari bunyi maupun getar. Maka dapat dipastikan yang bermasalah hanya pada satu aplikasi, bukan semua aplikasi.

Tetapi apabila aplikasi LINE, WhatsApp, serta aplikasi lain juga tidak dapat menampilkan notifikasi maka ada kemungkinan terdapat kesalahan pengaturan notifikasi Android. Untuk memahami lebih jauh, Anda bisa simak beberapa poin penyebab notifikasi tidak muncul berikut ini.

  • Ponsel dalam keadaan diam / hening – Tanpa Anda sadari mungkin saja ponsel Android Anda berada dalam mode diam.
  • Setelan notifikasi tidak aktif – Coba cek setelan notifikasi aplikasi, pastikan sudah aktif / menyala.
  • Nada notifikasi tidak dipilih – Pastikan juga nada notifikasi pada sistem dan aplikasi sudah Anda pilih atau atur.
  • Aplikasi tidak berjalan di latar belakang – Mungkin saja Anda telah mengaktifkan fitur penghemat data internet dan penghemat baterai pada aplikasi sehingga menyebabkan aplikasi tidak berjalan di latar belakang.
  • Memori RAM penuh – Banyak pengguna Android yang tidak menyadari bahwa memori RAM penuh juga dapat menyebabkan notifikasi tidak muncul. RAM penuh dapat membuat service sistem dan aplikasi berjalan lebih lambat.
  • Memori internal penuh – Penyimpanan internal yang penuh juga dapat menyebabkan kinerja sistem dan aplikasi sedikit terganggu.Cobalah untuk mengosongkan memori internal agar sistem dan aplikasi dapat berjalan stabil.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi dan Muncul di HP Samsung

Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi dan Muncul

Setelah mengetahui beberapa poin penyebab di atas, saatnya melakukan perubahan dan perbaikan supaya notifikasi dapat bunyi dan muncul kembali. Simak dan ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan HP tidak dalam mode diam

Matikan mode hening Android
1. Pastikan HP tidak dalam mode hening. RUDI DIAN ARIFIN

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan ponsel Android berada dalam mode dering bukan mode diam / hening. Karena jika ponsel berada dalam mode diam maka notifikasi yang masuk tidak akan berbunyi. Notifikasi hanya berupa getar, nyala lampu indikator, pop up, serta bar notifikasi.

Kondisi ini juga menyesuaikan setelan ponsel Android Anda. Ada beberapa merek ponsel Android yang dapat di atur untuk tetap berbunyi meskipun berada dalam mode diam. Tetapi secara umum, memilih mode diam membuat notifikasi tidak berbunyi. Untuk itulah saya sarankan jika Anda ingin nada notifikasi berbunyi, maka pastikan telah memilih mode dering.

2 Pastikan perizinan notifikasi aplikasi aktif / menyala

Aktifkan perizinan notifikasi Android
2. Pastikan perizinan notifikasi aplikasi aktif. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, coba pastikan kembali perizinan notifikasi aplikasi sudah aktif (enable). Ini dilakukan karena mungkin saja secara tidak sengaja Anda telah mematikan fitur notifikasi sehingga menyebabkan notifikasi tidak berbunyi dan muncul. Anda bisa masuk ke manajemen aplikasi atau kelola aplikasi untuk memastikannya.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Notifikasi & bar status » Notifikasi aplikasi.
  3. Pastikan notifikasi pada aplikasi telah aktif (enable).

Selain perizinan notifikasi, cek juga bagian nada dering dan getar. Pastikan bagian tersebut juga sudah aktif.

Aktifkan perizinan nada notifikasi Android
2. Pastikan perizinan nada dering dan getar juga aktif. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Selanjutnya, ketuk aplikasi untuk masuk ke setelan notifikasi lanjutan.
  2. Pastikan bagian Izinkan suara dan Izinkan getaran dalam keadaan aktif.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Notifikasi OPPO Tidak Berbunyi dan Muncul

3. Pastikan nada notifikasi sudah dipilih

Selain perizinan, pastikan juga nada notifikasi aplikasi sudah dipilih. Pada aplikasi WhatsApp misalnya, setelan nada notifikasi belum diatur atau “tidak ada” yang artinya notifikasi WhatsApp tidak akan bunyi apabila Anda tidak mengaturnya sendiri. Setiap aplikasi memiliki setelan nada notifikasi yang berbeda-beda. Jadi belum tentu sama dengan aplikasi WhatsApp.

Atur nada dering Android

Pilih nada notifikasi Android
3. Atur nada dering Android. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Suara & getaran » Notifikasi.
  3. Selanjutnya Anda bisa pilih nada notifikasi yang Anda inginkan.
  4. Anda juga bisa kostum nada notifikasi dari musik atau nada yang Anda miliki.
  5. Selesai.

Atur nada dering WhatsApp

Cek Setelan Notifikasi WhatsApp
3. Atur nada dering WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  3. Pilih Setelan » Notifikasi.
  4. Pada bagian ini, Anda perlu cek semua fitur yang ingin di aktif.
  5. Notifikasi apa yang Anda inginkan seperti Nada Notifikasi, Getar, Notifikasi pop-up, Lampu, Grup, dan lainnya.
  6. Untuk mengatur nada notifikasi, Anda bisa pilih Nada notifikasi.
  7. Pilih nada pada ponsel Android Anda.
  8. Ketuk Centang untuk Apply.
  9. Atur sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  10. Selesai.

Terkadang beberapa aplikasi tidak menyediakan pilihan nada notifikasi. Sehingga aplikasi akan menyesuaikan nada dering dari sistem Android yang telah Anda pilih. Contohnya seperti Google Chrome, Gojek, Twitter, YouTube, dan aplikasi lain tidak menyediakan pilihan nada notifikasi. Anda hanya bisa mengatur perizinan suara pada aplikasi tersebut, bukan nada notifikasi.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Selanjutnya Anda juga perlu perhatikan koneksi internet pada ponsel Android Anda. Khususnya pada aplikasi yang membutuhkan data internet seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, dan aplikasi lain. Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan notifikasi telat atau bahkan tidak muncul sama sekali. Anda bisa tes koneksi internet dengan membuka aplikasi streaming video atau media sosial.

Selain itu, pastikan aplikasi yang Anda gunakan tidak dilakukan pembatasan data internet dan penghemat baterai. Hal ini beralasan karena kedua fitur tersebut membuat notifikasi pada aplikasi tidak lagi prioritas. Meskipun fitur tersebut cukup efektif dalam menghemat data internet dan daya baterai, tetapi beberapa fungsi tidak dapat berjalan optimal. Anda bisa simak penjelasannya pada poin kelima.

Masalah koneksi internet

5. Pastikan aplikasi berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan merespons notifikasi masuk lebih cepat (real-time). Oleh karena itu, jangan gunakan fitur penghemat data internet dan penghemat baterai. Jika Anda menggunakan kedua fitur tersebut, notifikasi aplikasi tidak lagi prioritas. Anda mungkin akan tetap menerima pesan masuk, tetapi saat Anda membuka aplikasi tersebut.

Pastikan aplikasi tidak menggunakan penghemat data internet

Matikan fitur batasi penggunaan data aplikasi
5. Matikan fitur penghemat data pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Pastikan fitur Batasi penggunaan data dalam keadaan mati atau nonaktif.
  4. Selesai.

Pastikan aplikasi tidak menggunakan penghemat baterai

Matikan fitur penghemat baterai aplikasi
5. Matikan fitur penghemat daya baterai pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Pastikan fitur Penghemat baterai dalam keadaan mati atau nonaktif.
  4. Selesai.

Selain itu, faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah konsumsi RAM pada ponsel. Dari beberapa kasus yang saya temukan, masalah notifikasi yang tidak muncul lebih banyak terjadi pada ponsel low-end dan mid-range dengan kapasitas RAM di bawah 3GB. Hal ini beralasan karena RAM kecil dapat membuat service sistem dan aplikasi di latar belakang berjalan lebih lama.

Bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan kapasitas RAM di bawah 3GB, sebaiknya hindari untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan jika Anda tidak ingin mengalami masalah notifikasi.

6. Bersihkan cache aplikasi dan sistem

Tips selanjutnya, sebaiknya bersihkan file cache pada sistem serta aplikasi yang bermasalah tersebut. Biasanya masalah pada aplikasi dapat berkurang setelah Anda membersihkan file cache. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa melakukannya secara manual serta menggunakan aplikasi pembersih bawaan.

Hapus cache aplikasi

Hapus Cache Aplikasi Android
6. Hapus file cache pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Android
6. Bersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Selain aplikasi pembersih bawaan, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pembersih pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store, seperti Clean Master, CCleaner, AVG Cleaner, Avast Cleanup, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

7. Lakukan pembaruan aplikasi

Perbarui Aplikasi Android
7. Update aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Mungkin saja aplikasi yang Anda gunakan terdapat bugs di dalamnya sehingga menyebabkan notifikasi bermasalah. Update aplikasi diharapkan dapat memperbaiki bugs pada aplikasi sehingga aplikasi dapat berjalan lebih stabil dan optimal. Anda bisa kunjungi Google Play Store atau toko aplikasi lain untuk memperbarui aplikasi.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi yang sedang terjadi masalah tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

8. Coba hapus data aplikasi

Hapus Data Aplikasi Android
8. Hapus data aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Hapus data aplikasi juga termasuk cara paling efektif dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah. Cara ini akan mengembalikan aplikasi ke setelan default seperti baru di install. Data aplikasi yang dihapus berupa cache, cookies, basis data, histori penelusuran, data login, serta data sementara lainnya. Untuk menghapus data aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

9. Hindari untuk membuka banyak aplikasi

Memori RAM memiliki pengaruh yang sangat besar pada kinerja ponsel Android. Setidaknya ponsel Android akan berjalan stabil dengan kapasitas RAM minimal 4GB. Faktor ini dilihat dari perkembangan sistem dan aplikasi yang terus melakukan peningkatan fitur dan performa. Terutama untuk Anda yang suka bermain game maka RAM 4GB adalah pilihan terbaik.

Jika ponsel Android Anda memiliki kapasitas RAM kecil di bawah 3GB, sebaiknya jangan terlalu banyak membuka aplikasi. Ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang terganggu apabila Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Beberapa service sistem dan aplikasi seperti data internet dan push notifikasi akan berjalan lebih lambat.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di HP Android

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah notifikasi yang tidak bunyi dan muncul dapat teratasi dengan baik. Beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan perizinan notifikasi dalam keadaan aktif serta ponsel tidak di atur dalam mode diam / hening. Selain itu, hindari penggunaan fitur pembatasan data internet dan penghemat baterai pada aplikasi.

Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Xiaomi, ASUS, VIVO, NOKIA, dan lainnya. Jika ada perbedaan tampilan dan langkah-langkah, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Apa penyebab notifikasi tidak muncul padahal fitur notifikasi dalam keadaan aktif?

Meskipun perizinan notifikasi sudah aktif, bukan berarti notifikasi pasti berbunyi dan muncul. Ada beberapa bagian dan faktor lain yang perlu Anda perhatikan, seperti koneksi internet, memori RAM, serta setelan notifikasi pada aplikasi.

Kenapa chat WhatsApp baru masuk hanya ketika membuka aplikasi?

Chat WhatsApp yang baru masuk hanya ketika membuka aplikasi terjadi karena aplikasi tidak berjalan di latar belakang. Pastikan fitur penghemat data internet dan penghemat baterai dalam keadaan mati. Selain itu, hindari untuk menjalankan banyak aplikasi agar memori RAM tidak penuh.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah Notifikasi Android

Masalah Notifikasi Aplikasi

Discussion | 74 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Amel berkata:

    Terima kasih, penjelasannya lengkap dan detail.

  2. Bilqis neyza permana berkata:

    Notifikasi suara pd nada dering dan media serta kamera tidak berfungsi

  3. Wawan budianto berkata:

    Sy pake hp Xiaomi redmi 4a permasalahanya kalau ada panggilan masuk nada dering ga bunyi,getar juga ga bisa,padahal setelan dering

  4. Leksi berkata:

    Hp sy realme c2.notifikasi pesan sama chat di WA cma getar.tapi kalu von sm vc bunyi.pas di buka notifikasi pesan,izinkan notifikasinya tidak bisa di tekan

  5. Reyhan zaelani berkata:

    Nada dering semuanya bermasalah, sama Vidio status wa bermasalah mullu download untuk memperbaiki

  6. Inda berkata:

    Kak maaf saya pake HP oppo a3s, notifikasi semua aplikasi WA telpon ig SMS itu gk muncul gimna ya kak,

  7. Nurul aziza berkata:

    Notifikasi hp saya plus nadanya ngga keluar sama sekali ngga ada suara ngga ada ketar.
    Padahal semua pengaturan normal kenapa ya. 🥺🥺🥺 Bingung sangat nie

  8. Satria meicho berkata:

    Tlg ksih tau sya admin,kok stiap sy dpt wa msuk,kok g ad suara nya dan g ada getarnya jga.tlg bantuannya,hp sy samsung A10s,tlg admin dbntu

  9. Jeny berkata:

    Saya udh coba cara nya tapi tetap ga ada suara. Whatsapp, line, messenger, serta sms tetap ada suara notifikasi nya.

  10. Jamal berkata:

    Nada di pilihan Wa tidak ada, itu kenapa yaa? Cara memunculkan pilihan nada itu bagaimna?

  11. Rida Giar berkata:

    Maaf mau tanya utk hp sy vivo notif aplikasi lain bunyi semua, tp nada dering tlp tdk bunyi hanya getar saja pdhl sy cek d nada dering tlp sdh aktif n sdh trpilih nada deringnya, mode hening mati.. Bgmn ya ??

  12. Ratna berkata:

    Notif pesan dan wa saya tidak bunyi, mode hp. Sudah bersuara. Sudah pakai apk clean master, pengaturan notifikasi sudah saya aktifkan. Tapi tetap tidak bunyi. Tapi kalau ada panggilan berbunyi. Itu knapa ya😭

  13. iqbal berkata:

    wa, line saya tdk bunyi tetapi sms bunyi. sy menggunakan android one versi 7.1.2
    terimakasih

  14. irfan berkata:

    Makasih banyak infonya

  15. Dewi berkata:

    Wa saya gak bsa bunyi..pdhal dah aktif smua..dah pake clean master jga ttp gak bsa bnyi…

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan Mode yang digunakan bukan mode hening loh. Cek juga bagian Notifikasi WA, pastikan memilih nadanya juga.

  16. Lukman berkata:

    tapi hp saya samsung j2 prime gan yang notifikasi pesan tidak bunyi,,,?

  17. Lukman berkata:

    knapa ya notifikasi pesan saya gx bunyi

  18. Bunda naura berkata:

    Notif wa saya gak bunyi kak, pdahal kalo ditelpon bunyi loh, aplikasi lain juga bunyi, pdahal udah aktif loh settingan di wa nya.. Kan aneh

  19. Jamaluddin kembaren berkata:

    Hp saya xiaomi note 4, Kenapa pesan masuk orderan pada aplikasi gojek driver saya tidak berbunyi padahal hp posisi dering tdk hening,tk

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan notifikasi bunyi di aktifkan pada bagian setelan Aplikasi Gojek. Atau mas bisa setting pada bagian dalam aplikasi Gojek …

  20. Fritz berkata:

    Thax bos sangat membantu

  21. Fina berkata:

    Kak saya pake samsung galaxy J5 prime,kok notifaksi pesan saya nggak bisa berbunyi atau bergetar. jadi saya nggak tau ada jika ada pesan yang masuk. Saya setting pun nggak bisa,di update juga udah. Tapi nggk bisa

  22. hqim berkata:

    thnx buat yang buat artikel ini sangat membantu sekali. tadinya tdk ada pemberitahuan sama skli mulai dr chat whatsap masuk atw apl lainya tdk ada suara pemberitahuan. setelah mmbaca artikel ini masalah jd kelar n bs normL kembali lg thnx ya sy ksih bintang5..

  23. ozi berkata:

    kok notifikasi wa ane kok getar doang y.

  24. Ana berkata:

    Terimakasih sangat bermanfaat

  25. Wirda berkata:

    Hp saya samsung j1 ace
    Saya suda ikuti semua langkah yang di atas tapi tetap saja nada pesan whatsapp saya tidak berbunyi
    Tolong bagi tau dong apa masalhanya

  26. Nilan cikal berkata:

    Hp saya j7 mas tlpon chat wa nya gabisa masuk kalau tidak di buka app wa nya kenapa ya . Trus langkah2 ini aku cba tampilan notif nya sudah semua gimana ya mas

    • Dian Arifin berkata:

      Oh itu karena data seluler tidak aktif dibelakang background, artinya semua notifikasi juga tidak masuk. Pastikan mbk mengaktifkan data seluler pada aplikasi WA (dibelakang background). Mbak cari pada bagian Manajemen Aplikasi …

  27. jito berkata:

    saya punya samsun tapi tetap gak bisa diatur , gimana caranya?
    tolong sekali ini saya

  28. Moch yani berkata:

    Facebook Xiaomi 4A habis pembaharuan
    Suara notifikasi group dan yang lainnya tidak bersuara

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan pengaturan mas tidak pada posisi Hening. Selain itu, pastikan juga bagian notifikasi facebook berada pada kondisi aktif. Buka Setelan > Notifikasi & Bar Status > Notifikasi aplikasi > pilih “Facebook” …

  29. Andri S berkata:

    saya pake oppo f3.
    masalahnya ada di pesan whatsapp dan instagram.
    whatsaap kalo ada pesan masuk, sebelum masuk ke aplikasi whatsapp nya tidak muncul lambang whatsapp di status bar atas pojok kanan.
    sedangkan instagram, video nya tidak mau berputar padahal kuota banyak jaringan kencang, udah update aplikasi paling terbaru. kecuali pake wifi baru bisa.
    mohon untuk info dan solusinya gan, terima kasih

  30. Pengguna android berkata:

    Untuk teman” yg sms/ aplikasi lain yg tidak ada nada nya, lebih singkat klik pengaturan trus klik saran dan pemberitahuan trus klo di aplikasi anda contoh sms yg nggk ada nadanya trus di situ ada tulisan di blockir/bisu.. Nah bila mana ada anda nonaktifkan semua yg tercontreng disitu.. Ok semoga bermanfaat ya

  31. fitrah berkata:

    terima kasih infonya….

  32. Alen berkata:

    Hp ku zenfone 3 max jika ada pesan sms bbm atau wa bisa bunyi tapi kalo panggilan ndak bisa bunyi baik panggilan biasa atau wa. Di pengaturan juga mau ubah nada dering tidak bunyi pilihannya. Tolong solusinya makasi?

  33. Azizah Zahra Safira berkata:

    hp saya oppo a37, saya sudah sering melakukan langkah2 di atas tetapi tetap tidak ada notifikasi yg muncul. hanya beberapa waktu aja normal lalu kembali tidak muncul. bagaimana ya? mohon bantuannya

    • Dian Arifin berkata:

      Karena keberatan atau kebanyakan aplikasi, jadi notifikasi yang dibelakang (background) sulit untuk muncul, apalagi OPPO A37 yang notabene RAM nya hanya 2GB. Saya juga mengalami hal yang sama kok mas…

  34. Bayu fajar berkata:

    Hp sya j2 prime.. Nada pesan sya stiap afa pesan masuk ga ada suaranya hanya getar saja.. Mohon solusinya

  35. apit berkata:

    Hp saya samsung j7 prime sama j5 prime setelah di upgrade ke os nougat notifikasi pesan tidak bunyi, padahal saklar pemberitahuan sudah saya nyalakan, mohon solusinya.

  36. Tine berkata:

    Sy pke hp android samsung j2 prime… Awal beli suara panggilan suara/video whatsapp berbunyi jg jk ada pesan WA msk berbunyi… Tp skrg tiba2 panggilan suara/video dan pesan masuk ngk berbunyi ttpi klo sy klik aplikasi WA panggilan suara/video dn pesan masuk berbunyi… Sy jd bingung pdhl bru beli hri sebin kmrn… Mksh

  37. Zalma berkata:

    Saya pake hp samsung j7 2016..masalahnya sama notifikasi BBM sama WA nya ga berbunyi..tapi klo suara tlp sama SMS bunyi..smua cara udah di coba tapi tetep za ga bisa..ini kali kedua bermasalah sama notifikasi..yg pertama pernah hilang tapi ga lama bunyi lagi..mohon bantuannya ka apa perlu di bawa ke konter gtu ya??makasih

    • Dian Arifin berkata:

      Tidak perlu, lebih baik periksa dan cek pada bagian notifikasi. Atau bisa juga dengan Update Aplikasi dan Sistem jika diperlukan..

  38. Asmi berkata:

    Hp sy advan 5060 S5E ……. mslh nya , notifikasi pesan tidak berbunyi setiap saya menerima pesan . tetapi nada panggilan masuk berbunyi…….. cr diatas sdh sy coba …….tp blm bisa . mohon bantuannya ………terima kasih

    • Dian Arifin berkata:

      Oh, setting-an untuk notifikasi pesan berbeda lagi mbak. Untuk nada pesan masuk, mbak bisa pilih opsional “Suara dan Getaran” pada bagian pengaturan HP Advan mbak..

  39. Muflih berkata:

    Terima kasih tips nya. Semoga sukses

    • Nur hadiawan berkata:

      Di HP saya realme 5i notifikasi hening nadanya sama sekali tidak berbunyi disaat menerima SMS messenger maupun Wa..
      Mohon sulusinya…

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih