Notifikasi Android Tidak Berbunyi dan Muncul?

Notifikasi adalah salah satu bagian terpenting yang harus ada pada smartphone atau tablet android. Fungsi dari notifikasi sendiri yaitu sebagai pemberitahuan seperti SMS, Chat, Panggilan Telepon, dan lain sebagainya. Ada 3 jenis notifikasi yang ada di Android yaitu suara, Getar, dan icon (gambar).

Pada umumnya notifikasi terdapat pada bagian atas atau bar Android. Sebagai pengguna android tentunya anda sudah tahu mengenai hal tersebut.

Tapi dibalik itu semua ternyata notifikasi android juga dapat mengalami kerusakan atau error. Para pengguna android banyak yang mengeluhkan mengenai notifikasi android yang hilang dan tidak berbunyi sama sekali.

Tidak bisa dipastikan apa faktor penyebab dari hal tersebut karena setiap pengguna android memiliki cara tersendiri dalam menggunakan smartphonenya.

Sebagai pengguna android anda harus memahami apa penyebab dari pemberitahuan yang tidak muncul tersebut, apakah hanya satu aplikasi saja atau semua aplikasi. Misalnya jika aplikasi LINE dapat memberitahukan chat masuk, invite masuk, ping masuk, kemudian aplikasi WhatsApp tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari bunyi ataupun getar.

Maka dapat dipastikan yang error hanya satu aplikasi saja yaitu Whatsapp.

Tapi jika semua aplikasi tidak memberikan notifikasi apapun, baik dari getar ataupun suara maka dapat dipastikan bahwa Notifikasi Android mengalami masalah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? berikut penjelasannya.

Lihat Juga : Aplikasi Android Tidak Bisa Di-Uninstall?

Notifikasi Tidak Berbunyi Pada Satu Aplikasi

Misalnya jika yang tidak memberikan notifikasi dari aplikasi WhatsApp. Maka anda tinggal masuk saja pada “Pengaturan”, kemudian lihat pada bagian “Notifications”. Cek bagian tersebut apakah tercentang atau tidak. Jika tidak tercentang, centang saja agar nantinya anda bisa mendapatkan notifikasi kembali.

Aktifkan Izin Pemberitahuan Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kelola Pemberitahuan » Kemudian aktfkan “Izinkan Pemberitahuan”.

Lihat Juga : Menampilkan Kembali Notifikasi Android yang Hilang

Notifikasi Semua Aplikasi Hilang & Tidak Berbunyi

Pastikan bahwa anda melakukan pengaturan notifikasi dengan benar. Periksa pada bagian suara, volume, dan getar. Kemudian lakukan reboot pada android anda.

Sebaiknya gunakan juga aplikasi clean master. Aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan performa Android anda serta dapat menghapus file cache yang terkadang juga merusak fitur – fitur di android, termasuk Notifikasi.

Akhir kata,

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, SONY, NOKIA, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Itulah ulasan singkat mengenai notifikasi andoid yang tidak berbunyi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Masalah Notifikasi Smartphone

Masalah Notifikasi Aplikasi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 64 Comment

  1. Muflih berkata:

    Terima kasih tips nya. Semoga sukses

  2. Asmi berkata:

    Hp sy advan 5060 S5E ……. mslh nya , notifikasi pesan tidak berbunyi setiap saya menerima pesan . tetapi nada panggilan masuk berbunyi…….. cr diatas sdh sy coba …….tp blm bisa . mohon bantuannya ………terima kasih

    • Dian Arifin berkata:

      Oh, setting-an untuk notifikasi pesan berbeda lagi mbak. Untuk nada pesan masuk, mbak bisa pilih opsional “Suara dan Getaran” pada bagian pengaturan HP Advan mbak..

  3. Zalma berkata:

    Saya pake hp samsung j7 2016..masalahnya sama notifikasi BBM sama WA nya ga berbunyi..tapi klo suara tlp sama SMS bunyi..smua cara udah di coba tapi tetep za ga bisa..ini kali kedua bermasalah sama notifikasi..yg pertama pernah hilang tapi ga lama bunyi lagi..mohon bantuannya ka apa perlu di bawa ke konter gtu ya??makasih

    • Dian Arifin berkata:

      Tidak perlu, lebih baik periksa dan cek pada bagian notifikasi. Atau bisa juga dengan Update Aplikasi dan Sistem jika diperlukan..

  4. Tine berkata:

    Sy pke hp android samsung j2 prime… Awal beli suara panggilan suara/video whatsapp berbunyi jg jk ada pesan WA msk berbunyi… Tp skrg tiba2 panggilan suara/video dan pesan masuk ngk berbunyi ttpi klo sy klik aplikasi WA panggilan suara/video dn pesan masuk berbunyi… Sy jd bingung pdhl bru beli hri sebin kmrn… Mksh

  5. apit berkata:

    Hp saya samsung j7 prime sama j5 prime setelah di upgrade ke os nougat notifikasi pesan tidak bunyi, padahal saklar pemberitahuan sudah saya nyalakan, mohon solusinya.

  6. Bayu fajar berkata:

    Hp sya j2 prime.. Nada pesan sya stiap afa pesan masuk ga ada suaranya hanya getar saja.. Mohon solusinya

  7. Azizah Zahra Safira berkata:

    hp saya oppo a37, saya sudah sering melakukan langkah2 di atas tetapi tetap tidak ada notifikasi yg muncul. hanya beberapa waktu aja normal lalu kembali tidak muncul. bagaimana ya? mohon bantuannya

    • Dian Arifin berkata:

      Karena keberatan atau kebanyakan aplikasi, jadi notifikasi yang dibelakang (background) sulit untuk muncul, apalagi OPPO A37 yang notabene RAM nya hanya 2GB. Saya juga mengalami hal yang sama kok mas…

  8. Alen berkata:

    Hp ku zenfone 3 max jika ada pesan sms bbm atau wa bisa bunyi tapi kalo panggilan ndak bisa bunyi baik panggilan biasa atau wa. Di pengaturan juga mau ubah nada dering tidak bunyi pilihannya. Tolong solusinya makasi?

  9. fitrah berkata:

    terima kasih infonya….

  10. Pengguna android berkata:

    Untuk teman” yg sms/ aplikasi lain yg tidak ada nada nya, lebih singkat klik pengaturan trus klik saran dan pemberitahuan trus klo di aplikasi anda contoh sms yg nggk ada nadanya trus di situ ada tulisan di blockir/bisu.. Nah bila mana ada anda nonaktifkan semua yg tercontreng disitu.. Ok semoga bermanfaat ya

  11. Andri S berkata:

    saya pake oppo f3.
    masalahnya ada di pesan whatsapp dan instagram.
    whatsaap kalo ada pesan masuk, sebelum masuk ke aplikasi whatsapp nya tidak muncul lambang whatsapp di status bar atas pojok kanan.
    sedangkan instagram, video nya tidak mau berputar padahal kuota banyak jaringan kencang, udah update aplikasi paling terbaru. kecuali pake wifi baru bisa.
    mohon untuk info dan solusinya gan, terima kasih

  12. Moch yani berkata:

    Facebook Xiaomi 4A habis pembaharuan
    Suara notifikasi group dan yang lainnya tidak bersuara

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan pengaturan mas tidak pada posisi Hening. Selain itu, pastikan juga bagian notifikasi facebook berada pada kondisi aktif. Buka Setelan > Notifikasi & Bar Status > Notifikasi aplikasi > pilih “Facebook” …

  13. jito berkata:

    saya punya samsun tapi tetap gak bisa diatur , gimana caranya?
    tolong sekali ini saya

  14. Nilan cikal berkata:

    Hp saya j7 mas tlpon chat wa nya gabisa masuk kalau tidak di buka app wa nya kenapa ya . Trus langkah2 ini aku cba tampilan notif nya sudah semua gimana ya mas

    • Dian Arifin berkata:

      Oh itu karena data seluler tidak aktif dibelakang background, artinya semua notifikasi juga tidak masuk. Pastikan mbk mengaktifkan data seluler pada aplikasi WA (dibelakang background). Mbak cari pada bagian Manajemen Aplikasi …

  15. Wirda berkata:

    Hp saya samsung j1 ace
    Saya suda ikuti semua langkah yang di atas tapi tetap saja nada pesan whatsapp saya tidak berbunyi
    Tolong bagi tau dong apa masalhanya

  16. Ana berkata:

    Terimakasih sangat bermanfaat

  17. ozi berkata:

    kok notifikasi wa ane kok getar doang y.

  18. hqim berkata:

    thnx buat yang buat artikel ini sangat membantu sekali. tadinya tdk ada pemberitahuan sama skli mulai dr chat whatsap masuk atw apl lainya tdk ada suara pemberitahuan. setelah mmbaca artikel ini masalah jd kelar n bs normL kembali lg thnx ya sy ksih bintang5..

  19. Fina berkata:

    Kak saya pake samsung galaxy J5 prime,kok notifaksi pesan saya nggak bisa berbunyi atau bergetar. jadi saya nggak tau ada jika ada pesan yang masuk. Saya setting pun nggak bisa,di update juga udah. Tapi nggk bisa

  20. Fritz berkata:

    Thax bos sangat membantu

  21. Jamaluddin kembaren berkata:

    Hp saya xiaomi note 4, Kenapa pesan masuk orderan pada aplikasi gojek driver saya tidak berbunyi padahal hp posisi dering tdk hening,tk

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan notifikasi bunyi di aktifkan pada bagian setelan Aplikasi Gojek. Atau mas bisa setting pada bagian dalam aplikasi Gojek …

  22. Bunda naura berkata:

    Notif wa saya gak bunyi kak, pdahal kalo ditelpon bunyi loh, aplikasi lain juga bunyi, pdahal udah aktif loh settingan di wa nya.. Kan aneh

  23. Lukman berkata:

    knapa ya notifikasi pesan saya gx bunyi

  24. Lukman berkata:

    tapi hp saya samsung j2 prime gan yang notifikasi pesan tidak bunyi,,,?

  25. Dewi berkata:

    Wa saya gak bsa bunyi..pdhal dah aktif smua..dah pake clean master jga ttp gak bsa bnyi…

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan Mode yang digunakan bukan mode hening loh. Cek juga bagian Notifikasi WA, pastikan memilih nadanya juga.

  26. irfan berkata:

    Makasih banyak infonya

  27. iqbal berkata:

    wa, line saya tdk bunyi tetapi sms bunyi. sy menggunakan android one versi 7.1.2
    terimakasih

  28. Ratna berkata:

    Notif pesan dan wa saya tidak bunyi, mode hp. Sudah bersuara. Sudah pakai apk clean master, pengaturan notifikasi sudah saya aktifkan. Tapi tetap tidak bunyi. Tapi kalau ada panggilan berbunyi. Itu knapa ya😭

  29. Rida Giar berkata:

    Maaf mau tanya utk hp sy vivo notif aplikasi lain bunyi semua, tp nada dering tlp tdk bunyi hanya getar saja pdhl sy cek d nada dering tlp sdh aktif n sdh trpilih nada deringnya, mode hening mati.. Bgmn ya ??

  30. Jamal berkata:

    Nada di pilihan Wa tidak ada, itu kenapa yaa? Cara memunculkan pilihan nada itu bagaimna?

  31. Jeny berkata:

    Saya udh coba cara nya tapi tetap ga ada suara. Whatsapp, line, messenger, serta sms tetap ada suara notifikasi nya.

  32. Satria meicho berkata:

    Tlg ksih tau sya admin,kok stiap sy dpt wa msuk,kok g ad suara nya dan g ada getarnya jga.tlg bantuannya,hp sy samsung A10s,tlg admin dbntu

  33. Nurul aziza berkata:

    Notifikasi hp saya plus nadanya ngga keluar sama sekali ngga ada suara ngga ada ketar.
    Padahal semua pengaturan normal kenapa ya. 🥺🥺🥺 Bingung sangat nie