4 Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi di HP Android

0
13485

Dianisa.com – Mengatasi Nada Pemberitahuan WhatsApp Tidak Bunyi di HP Android. Untuk dapat memaksimalkan penggunaan perangkat Android, khususnya pada aplikasi messenger, tentunya sebagian pengguna lebih suka ada notifikasi nada pada setiap pesan masuk. Ini sebagai penanda lebih selain adanya getar dan juga lampu notifikasi. Adapun jika bagian ini bermasalah, maka tentunya anda merasa kurang maksimal atau kurang dalam menjalankan setiap aktivitas berkirim pesan singkat pada aplikasi WhatsApp.

Baca Juga :

Penyebab dari masalah tersebut tentu dapat bermacam – macam, bisa karena salah setting, belum terpilihnya nada, belum melakukan perizinan, file sampah, atau banyaknya bugs pada aplikasi tersebut. Dari penyebab – penyebab tersebut, anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan perizinan serta pemiliihan nada. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Memperbaiki Nada Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Bunyi di HP Android. Nada notifikasi yang bermasalah kebanyakan karena salah setting atau perizinan yang kurang maksimal. Nah, untuk mengatasinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini . . . .

1. Pastikan Smartphone Tidak Pada Mode Diam

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan dalam mengatasi nada yang tidak bunyi adalah memastikan bahwa mode yang anda gunakan bukan mode diam atau hening tetapi mode dering. Fungsi dari mode hening sendiri adalah membuat semua notifikasi nyala dan masuk tanpa nada, hanya getar dan pop-up saja. Nah, jika anda ingin notifikasi nada berbunyi, khususnya pada aplikasi WhatsApp, maka mode yang anda gunakan adalah mode dering.

2. Pastikan Nada WhatsApp Telah Terpilih

Selanjutnya, anda juga perlu memastikan bahwa anda telah melakukan setelan pada Notifikasi WhatsApp. Anda bisa melihat opsional ini pada bagian dalam aplikasi WhatsApp. Jika pilihannya “Tidak Ada” maka jelas saja nada tidak akan bunyi sama sekali. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkah dalam memilih nada pesan masuk pada aplikasi WhatsApp berikut ini.

Memilih Nada Notifikasi WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp » Notifikasi » Nada Notifikasi » kemudian anda pilih nada notifikasi pesan masuk sesuai kesukaan anda.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Pastikan Perizinan Notifikasi Aktif/ Menyala

Selanjutnya, anda juga perlu melakukan perizinan pada aplikasi WhatsApp agar notifikasi dapat berjalan maksimal. Setiap smartphone biasanya sudah otomatis dalam melakukan perizinan, namun untuk lebih baiknya, anda perlu melakukan pengecekan. Opsional ini ada pada bagian Pemberitahuan dan Bilang Status untuk perangkat OPPO. Namun jika anda menggunakan smartphone lain, maka anda bisa menyesuaikannya. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Perizinan Pemberitahuan WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Pemberitahuan dan Bilah Status » Kelola Pemberitahuan » Pilih “WhatsApp” » Kemudian Aktifkan “Izinkan Pemberitahuan” dan “Suara dan Getaran Pemberitahuan”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Bersihkan Data Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya apabila semua metode diatas tidak berhasil mengatasi permasalahan anda, maka solusi terakhir yang dapat anda coba lakukan yakni dengan menghapus data aplikasi WhatsApp. Menghapus data disini dimaksudkan untuk mengembalikan WhatsApp ke posisi default. Semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti history, cache, bookmark, basis data, dan lainnya. Untuk lebih amannya, anda bisa melakukan backup agar semua pesan diterima dan dikirim dapat anda kembalikan lagi. Dan untuk menghapus data, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan adanya metode diatas, diharapkan masalah mengenai Nada Pesan WhatsApp Yang Tidak Berbunyi dapat berbunyi kembali. Saya sebagai penulis juga tidak dapat menjamin akan berhasil, karena setiap perangkat memiliki masalah yang berbeda – beda. Namun ini dapat dijadikan acuan dalam mengatasi setiap permasalah notifikasi pada aplikasi WhatsApp.

Metode diatas dapat anda coba terapkan pada semua perangkat Android seperti OPPO, Lenovo, ASUS Zenfone, HTC, LG, Motorola, ZTE, ADVAN, ACER, VIVO, Xiaomi, SAMSUNG, Huawei, Honor, Smartfren, Infinix, OnePlus, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Memperbaiki Nada Pesan Masuk Whatsapp Tidak Bunyi di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada aplikasi WhatsApp, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here