9+ Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka di HP Android

140

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Dan Error. Facebook adalah aplikasi sosial media dengan penggunanya yang mencapai jutaan bahkan sampai milyaran users. Di tahun 2016 mark membuat beberapa fitur unik pada facebook seperti misalnya fitur Smile Emoticon yang dapat difungsikan sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan kita pada status, foto, atau video yang diunggah pengguna lain.

Menjamurnya pengguna facebook di Indonesia ternyata juga menjamur pula beberapa masalah pada aplikasi facebook android. Yap, kita tahu bahwa selain di akses pada aplikasi Browser, tim facebook juga menydiakan aplikasi bernama facebook dan Facebook Lite.

Nah, Aplikasi Facebook tersebutlah yang terkadang sering error, macet, atau Tidak Bisa Dibuka.

Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka? Pada umumnya aplikasi seperti facebook mengalami error pasti muncul pesan pop up bertuliskan Sayangnya Facebook Lite Telah Berhenti” atau Unfortunately Facebook Has Stopped. Pesan yang muncul tersebut biasanya akan membuat Aplikasi Berhenti Secara Tiba – Tiba atau bahkan Tidak Bisa Dibuka sama sekali.

Masalah Smartphone

Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Penyebab umum mengenai Aplikasi Facebook Yang Error yakni karena Penumpukan Cache atau Memori RAM yang sudah penuh. Pengaruhnya tidak hanya pada aplikasi facebook, tetapi bisa juga pada aplikasi lain seperti Instagram, BBM, Line, Skype, WhatsApp, dan lainnya.

Untuk mengatasinya silahkan ikuti metode dan langkah – langkahnya berikut ini.

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan, cobalah untuk restart smartphone. Dengan cara ini tentu sangat dimungkinkan aplikasi dapat normal kembali. Catatannya, ketika masalah terjadi hanya karena RAM penuh atau lag saja.

Namun jika nantinya masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas Smartphone

Coba cek juga bagian konektivitas, apakah data internet di hp android anda bisa digunakan atau tidak. Tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Play Store, atau yang lainnya. Jika lancar – lancar saja, maka dapat dipastikan hanya Facebook yang bermasalah.

Namun jika tidak lancar atau loading terus – menerus, maka pastikan paket data anda masih tersedia. Dan juga anda manfaatkan fitur mode pesawat terbang untuk mencari jaringan baru.

3. Gunakan VPN Apabila di Take Down Pemerintah

Saat ini memang sedang ramai terkait media sosial yang diblokir oleh pemerintah untuk sementara waktu. Pengguna tidak bisa mengirim atau melihat video dan foto yang ada, hanya text yang bisa dilihat. Sebenarnya cara ini tidaklah efekfif, karena bagaimanapun media sosial telah menjadi kebutuhan penting untuk masyarakat Indonesia, khususnya untuk bisnis online atau UKM kecil – kecilan.

Solusi yang bisa dilakukan ialah, gunakan VPN yang fungsinya meredirect IP ponsel kita ke luar negeri, tergantung dari server VPN itu sendiri, bisa Singapura, India, Belanda, Amerika, atau yang lainnya. Ada banyak Aplikasi VPN yang bisa anda gunakan, cari saja di Google Play Store.

Untuk yang gratisan memang terkadang sedikit lambat sementara untuk yang berbayar sudah pasti terasa cepat.

4. Hapus File Cache Android

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghapus Cache Aplikasi. Sebenarnya file cache itu sangat baik untuk meningkatkan performa Android, cache akan sangat berguna saat anda membuka aplikasi tertentu, contohnya saja facebook.

Namun penumpukan cache yang terlalu berlebih juga berdampak tidak baik. Untuk Menghapus File Cache Android, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

5. Paksa Berhenti & Hapus Data Facebook

Jika metode pertama tidak berhasil maka cobalah dengan metode kedua yakni dengan Menghentikan Aplikasi Secara Paksa dan Menghapus Data Dari Aplikasi tersebut. Menghapus data akan menghilangkan data login, basis data, cache, history, setelan, dan lainnya secara permanen.

Untuk Menghapus Data Aplikasi Facebook silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

6. Update Aplikasi Facebook

Metode ketiga yakni dengan Memperbarui Aplikasi Facebook Ke Versi Terbaru. Selain mendapat fitur terbaru, aplikasi facebook juga akan bersih dari error atau kerusakan tertentu. Untuk update aplikasi facebook, anda bisa langsung update dari Google Play Store.

Update Facebook
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Facebook” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

7. Install Ulang Aplikasi Facebook

Jika metode ketiga tidak berhasil maka terpaksa anda harus Menghapus Aplikasi Facebook dan menggantinya dengan aplikasi facebook yang baru. Hapus aplikasi facebook, bersihkan cache, restart android, dan barulah anda download aplikasi facebook langsung dari Google Play Store secara gratis.

Untuk Mencopot Aplikasi Facebook, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

Tidak Bisa Buka Facebook di Browser Android

Masalah Facebook tidak bisa dibuka memang tergantung pada kasusnya, mungkin karena koneksi yang lambat, server facebook yang down, atau memag di take down oleh pemerintah. Seperti yang saya katakan diatas, anda bisa gunakan VPN apabila sampai saat ini masih di take down.

Atau tunggu selama beberapa hari sampai nantinya facebook dapat normal kembali.

Tidak Bisa Buka Facebook di Browser PC

Apabila anda mencoba membuka facebook di Browser PC namun tetap tidak bisa dibuka atau loading terus – menerus bisa jadi karena server Facebook yang bermasalah, koneksi internet yang memang lambat, atau memang di take down oleh pemerintah.

Apabila masalahnya karena Take Down, sekali lagi, anda bisa gunakan Ekstensi VPN di browser PC anda. Untuk Firefox, rekomendasi dari saya bisa gunakan Browsec VPN.

Sementara untuk yang menggunakan Chrome, bisa gunakan ZenMATE VPN.

Akhir Kata

Agar nantinya Aplikasi Facebook Tidak Terjadi Error lagi, alangkah lebih baiknya anda install Aplikasi Pembersih seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, Go Speed, 1 Tap Cleaner, dan lainnya. Aplikasi semacam itu mampu meningkatkan performa Android agar dapat bekerja lebih ringan dan lebih cepat.

Metode yang saya berikan dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti SAMSUNG Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

140 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here