4 Cara Mengatasi Nada SMS (Pesan) Tidak Bunyi di HP Xiaomi

0
117

Dianisa.com – Mengatasi Nada SMS Masuk Tidak Bunyi Pada HP Xiaomi. Seperti yang kita tahu bahwa Aplikasi Pesan merupakan aplikasi pertama yang dulunya paling banyak digunakan dan pasti ada pada semua ponsel, baik yang jadul ataupun ponsel terbaru saat ini. Walau jarang digunakan oleh pengguna, aplikasi pesan tetap digunakan karena terjamin privasi dan keamanannya. Lebihnya lagi, aplikasi pesan tidak membutuhkan data internet, cukup butuh pulsa biasa. Dan bahkan sampai saat ini, pihak dari bank masih tetap menggunakan layanan pesan atau SMS sebagai media transaksi para nasabahnya.

Baca Juga :

Mengatasi Nada Pesan Masuk Xiaomi Tidak Bunyi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi Nada Notifikasi SMS Masuk Xiaomi Tidak Bunyi. Masalah nada sms tidak berbunyi sebenarnya tidak terlalu masalah, karena intinya kita masih tahu adanya pesan yang masuk melalui bar notifikasi atas atau getaran. Namun sebagian pengguna Xiaomi tentunya tidak terbiasa dan serasa kurang maksimal jika ada notifikasi masuk tetapi tidak ada nada yang berbunyi. Penyebab dari masalah tersebut bisa bermacam – macam, bisa jadi karena tidak memilihnya nada SMS, posisi smartphone berada pada mode diam atau hening, tidak adanya izin pada nada SMS. Untuk solusinya, anda bisa ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Pastikan Smartphone Tidak Pada Mode Hening

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan adalah memastikan bahwa anda tidak memilih mode hening ketika anda ingin semua notifikasi berbunyi, khususnya pada aplikasi pesan. Jika anda memilih mode dering maka semua notifikasi akan berdiring, namun jika anda memilih mode hening atau diam, maka semua notifikasi hanya akan tampil berupa getaran, pop-up, dan juga bar notifikasi saja.

2. Pastikan Nada Notifikasi Masuk Telah Terpilih

Selanjutnya, anda juga harus memilih nada notifikasi setiap ada pemberitahuan masuk, khususnya pada aplikasi pesan. Untuk memilih nada pemberitahuan masuk pada HP Xiaomi, anda bisa melakukannya pada menu Getaran dan Suara. Menariknya lagi, anda juga bisa memilih nada notifikasi dari file musik atau audio yang anda miliki. Dan untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Memilih Nada Dering Pesan Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Suara & Getaran » Suara Notifikasi Bawaan » Kemudian pilih nada dering kesukaan anda.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Pastikan Perizinan Notifikasi Getar dan Suara Telah Aktif

Kemudian untuk metode berikutnya, pastikan semua setelan notifikasi pada aplikasi pesan berada pada posisi aktif. Karena bagaimanapun jika bagian ini tidak anda aktifkan, maka notifikasi akan muncul tanpa suara, getaran, dan lampu notifikasi. Pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIUI 9) yang saya miliki, bagian ini ada pada Aplikasi Terinstall, kemudian pilih Notifikasi. Dengan mengaktifkan bagian ini, maka tentunya nada notifikasi pesan dapat berbunyi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Nyalakan Perizinan Pemberitahuan SMS Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Pesan” » Selanjutnya tap “Notifikasi” » kemudian Aktifkan bagian “Suara”, “Getaran”, dan “Lampu Notifikasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Pesan Xiaomi

Hal terakhir yang dapat anda lakukan ketika semua cara telah anda coba dan tidak berhasil, maka anda bisa mencoba membersihkan cache dan menghapus data aplikasi pesan. Menghapus data yang dimaksud disini berupa basis data, cache, history, bookmark, dan lainnya. Dengan melakukan ini, semua pesan akan terhapus dan aplikasi pesan akan kembali pada posisi default. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Semua Data Pesan Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Pesan” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Untuk menghindari terjadinya error pada aplikasi terinstall, khususnya pada perangkat Xiaomi. Cobalah untuk menginstall dan menggunakan aplikasi Cleaner semacam Clean Master, CCleaner, CM Security, Aplikasi Keamanan dan lainnya. Aplikasi tersebut dapat membantu anda membersihkan file cache dan mengoptimalkan semua aplikasi yang terinstal.

Sedikit tambahan apabila metode yang saya berikan tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka solusi lain yang dapat anda lakukan yakni melakukan Factory Reset pada HP Xiaomi anda melalui Mi Recovery. Atau bisa juga dengan melakukan Flashing dengan Mi Flash Tools.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi Note 5A, Redmi Note 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Nada Pemberitahuan Masuk SMS Tidak Bunyi di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tambahkan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here