4 Cara Mengatasi Nada SMS (Pesan) Tidak Bunyi di HP OPPO

0
137

Dianisa.com – Mengatasi Nada Notifikasi SMS Tidak Bunyi di HP OPPO. Pesan adalah salah satu aplikasi Messenger yang ada pada semua perangkat Android, termasuk OPPO. Walau saat ini pesan sudah jarang digunakan karena banyaknya aplikasi messenger lain yang hadir dengan fitur dan kelebihan yang unik seperti FB Messenger, BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya. Namun semua aplikasi tersebut tidak akan membuat aplikasi pesan hilang, karena aplikasi ini hadir tanpa menggunakan data internet. Nah, bagi anda yang memiliki masalah terkait aplikasi pesan, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

Mengatasi Nada SMS Tidak Bunyi

Bagi teman – teman, khususnya pengguna OPPO yang mendapati masalah pada aplikasi pesan tentunya membuat anda galau dan terganggu. Masalah mengenai Nada SMS Yang Tidak Bunyi Atau Notifikasi Yang Tidak Muncul tentu membuat aplikasi pesan tidak dapat maksimal saat digunakan. Berkirim dan menerima pesan akan kurang lengkap ketika nada tidak bunyi. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, simak Metode Sederhana Mengatasi Nada Aplikasi Pesan Tidak Bunyi Pada HP OPPO berikut ini.

1. Pastikan Kondisi HP Tidak Pada Mode Diam

Nada SMS atau Pesan tidak akan bunyi ketika anda melakukan perubahan dari mode dering ke mode diam. Karena fungsi dari mode diam yang ada pada bar notifikasi atas atau bawah adalah membuat silent semua pemberitahuan yang ada, hanya getar dan notifikasi status yang akan muncul.

2. Pastikan Nada Dering Pesan Terpilih

Selanjutnya, anda harus memastikan nada pesan yang masuk sudah terpilih bukan berada pada pilihan “Tidak Ada”. Pada perangkat OPPO, anda bisa melakukan cek bagian ini pada menu Suara dan Getaran. Dibagian tersebut, anda bisa melihat dan memilih nada yang tepat untuk setiap pesan yang masuk. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat tampilan screenshot dibawah ini.

Pilih Nada Dering Pesan OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Suara dan Getaran » Nada Dering Pesan » Kemudian pilih nada dering pesan yang ingin anda gunakan sebagai nada pemberitahuan masuk.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Pastikan Perizinan Pemberitahuan Menyala

Selanjutnya, anda juga harus memastikan perizinan pemberitahuan telah anda pilih, khususnya untuk perizinan pada Suara dan Getaraan saat andanya pesan masuk. Pada perangkat OPPO, anda bisa melihat opsional ini pada bagia Pemberitahuan dan Bilah Status. Tidak hanya pada aplikasi pesan saja, anda bisa melakukan perubahan juga pada aplikasi lain seperti WhatsApp, BBM, LINE, Instagram, dan lainnya. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Izinkan Suara dan Getaran Pemberitahuan OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Pemberitahuan dan Bilah Status » Kelola Pemberitahuan » Pilih “Pesan” » Kemudian Aktifkan “Izinkan Pemberitahuan” dan “Suara dan Getaran Pemberitahuan”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Hapus Data Aplikasi Pesan

Selanjutnya, jika semua hal diatas tidak membuat nada pesan berbunyi, hal terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus data aplikasi pesan. Data yang dihapus akan berupa basis data, file cache, history, bookmark, dan lainnya. Dengan cara ini, semua history pesan akan terhapus dan pesan akan kembali pada posisi default. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pesan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Itulah beberapa metode sederhana yang dapat anda coba lakukan dalam Menampilkan Notifikasi Pesan, Nada Pesan, dan Juga Getaran Pada HP OPPO. Jikapun nanti tidak berhasil, maka solusi lain yang bisa anda lakukan yakni mencoba mencari aplikasi pesan lain sebagai alternative seperti Hangout, Messenger, atau lainnya. Bahkan terkadang aplikasi dari pihak ketiga lebih maksimal saat digunakan dan lebih memiliki banyak fitur.

Selain itu, anda juga bisa melakukan Factory Reset atau Wipe Data OPPO via ColorOS Recovery sebagai bagian untuk mengatasi masalah tersebut. Atau bisa juga dengan melakukan Flashing.

Metode yang saya berikan dapat anda lakukan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A37, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, dan lainnya. Jika nantinya ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Nada SMS Tidak Bunyi dan Muncul di OPPO, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada perangkat OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here