8 Cara Mengatasi Twitter Tidak Bisa Dibuka

Twitter merupakan salah satu media sosial atau mikroblog yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, membaca, dan membalas pesan (tweet) pendek hingga 280 karakter. Di Indonesia sendiri, lebih dari 22,8% pengguna Internet Indonesia menggunakan Twitter. Berdasarkan statistik dari statcounter.com, Twitter memiliki pangsa pasar yang cukup besar dengan angka 8.79% dengan pengguna aktif harian sekitar 166 juta untuk seluruh dunia (Minggu, 4/3/2021).

Dengan pangsa pasar yang sangat besar tersebut, Twitter terus berusaha agar aplikasi dan layanannya tetap stabil dan optimal ketika digunakan. Dalam beberapa kasus, ada pengguna yang terkadang mengalami error pada saat membuka aplikasi Twitter (loading terus menerus hingga force close). Tidak hanya pada aplikasi, hal yang sama terjadi pada saat mengakses beranda Twitter melalui browser komputer/ laptop.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang/ Tidak Muncul

Twitter Tidak Bisa Dibuka di Laptop

Ada banyak faktor yang menyebabkan Twitter tidak bisa dibuka, tetapi kemungkinan terbesar karena bugs pada aplikasi Twitter atau pemblokiran dari provider/ pemerintah terkait. Faktor lain seperti koneksi internet yang tidak stabil, penumpukan file cache, dan pemblokiran dari penyedia layanan WiFi juga dapat menyebabkan aplikasi atau situs tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jika Anda membuka Twitter melalui browser komputer/ laptop, maka pastikan koneksi internet pada komputer/ laptop Anda benar-benar stabil. Karena bagaimanapun, akses Twitter akan mudah dan maksimal ketika koneksi internet stabil dan tidak lemot.

Jika Anda terhubung ke jaringan WiFi publik seperti warung, cafe, atau kampus, maka pastikan pemilik tidak melakukan pemblokiran situs atau aplikasi Twitter. Jika demikian, Anda bisa gunakan VPN untuk mengakses situs/ aplikasi. Anda bisa simak penjelasannya pada poin ketiga.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Windows

2. Kemungkinan Twitter Mengalami Down

Jika Anda merasa bahwa koneksi internet tidak terjadi masalah sama sekali, maka kemungkinan lain Twitter mengalami down. Untuk memastikannya, coba tanyakan ke teman Anda apakah bisa mengakses halaman Twitter atau tidak. Anda bisa cek kebenaran mengenai Twitter yang down melalui situs downdetector.com. Jika memang benar demikian, maka Anda hanya bisa menunggu sampai Twitter normal kembali.

3. Coba Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan teknologi konektivitas jaringan yang biasa digunakan apabila mengalami kendala ketika mengakses suatu situs atau aplikasi yang diblokir oleh pemerintah atau provider. Selain aman, VPN menyembunyikan identitas pengguna dengan enkripsi dan menyamarkan IP. Bagi Anda yang merasa bahwa akses internet ke situs atau aplikasi tertentu dilakukan pemblokiran oleh pemerintah, provider, ataupun pemilik WiFi, maka VPN dapat menjadi pilihannya.

IP komputer/ laptop Anda akan dialihkan ke negara lain (serta dilakukan enkripsi) sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses situs yang diblokir. VPN banyak tersedia dalam bentuk ekstensi maupun aplikasi, Anda bisa temukan rekomendasi VPN gratis dan terbaik di sini.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Twitter Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Bagi Anda yang mengalami masalah Twitter tidak bisa dibuka pada ponsel Android, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Update Aplikasi Twitter

Perbarui Aplikasi Twitter
1. Perbarui aplikasi Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Ada kemungkinan terdapat bugs pada aplikasi Twitter sehingga menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka atau error. Pembaruan dilakukan untuk menghilangkan bugs pada aplikasi, peningkatan performa, dan penambahan fitur dan tampilan (jika tersedia). Anda bisa buka Google Play Store untuk memperbarui aplikasi.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi Twitter.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa tap Update dan tunggu sampai proses update berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

2. Hapus Cache Aplikasi Twitter

Hapus Cache Aplikasi Twitter
2. Hapus cache aplikasi Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk membersihkan cache aplikasi. Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka atau error. Anda bisa masuk manajemen aplikasi atau kelola aplikasi untuk menghapus file cache. Atau bisa juga memanfaatkan aplikasi pembersih untuk membersihkan cache sistem dan aplikasi pada memori internal dan RAM secara menyeluruh. Untuk membersihkan cache, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Twitter.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » konfirmasi penghapusan dengan Oke.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

3. Hapus Data Aplikasi Twitter

Hapus Data Aplikasi Twitter
3. Hapus data aplikasi Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Jika dengan hapus cache masih juga tidak membuat Twitter normal, cobalah untuk menghapus data aplikasi. Dengan menghapus data, setelan aplikasi Twitter akan kembali ke posisi default dan semua file sementara seperti cache, cookies, basis data, dan sejenisnya akan dihapus. Cara ini tidak akan menghapus akun Twitter Anda, hanya menghapus log pada aplikasi. Anda bisa login kembali setelah aplikasi Twitter normal.

  • Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Twitter.
  • Pilih Hapus data » Hapus semua data » konfirmasi penghapusan dengan Oke.
  • Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Membersihkan Data Aplikasi Android

4. Install Ulang Aplikasi Twitter

Hapus Aplikasi Twitter
4. Install ulang aplikasi Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Tips berikutnya, cobalah untuk menghapus dan menginstall kembali aplikasi Twitter. Opsi ini Anda lakukan apabila aplikasi benar-benar error dan terjadi force close (keluar sendiri) saat dibuka. Untuk menghapus aplikasi, silakan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Twitter.
  3. Pilih Uninstall » konfirmasi penghapusan dengan Oke.
  4. Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, sebaiknya bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih. Setelah itu, restart ponsel Android Anda barulah install kembali aplikasi Twitter.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Aplikasi Android

5. Twitter Mengalami Down

Seperti yang saya jelaskan di atas, ada kemungkinan Twitter sedang mengalami down. Namun hal ini masih belum pasti, coba tanyakan ke teman Anda apakah mengalami masalah yang sama atau tidak. Anda juga bisa cek kebenaran mengenai Twitter yang down melalui situs downdetector.com. Jika benar demikian, Anda harus menunggu sampai Twitter normal dan dapat diakses kembali.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Sering Macet, LAG

Penutup,

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan aplikasi Twitter dapat normal dan bisa diakses kembali. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah memastikan koneksi internet benar-benar stabil. Karena jika tidak, akses beranda Twitter biasanya akan error atau terganggu.

Kenapa Twitter loading terus menerus?

Twitter yang loading secara terus menerus umumnya terjadi karena koneksi internet yang lambat atau bisa juga karena down/ gangguan.

Kenapa aplikasi Twitter terhenti/ force close?

Kemungkinan akibat bugs pada aplikasi Twitter, cobalah untuk memperbaiki dengan menghapus data aplikasi.

Apa penyebab tidak bisa masuk/ login Twitter?

Ada kemungkinan username dan password yang Anda masukkan salah. Atau cobalah untuk login Twitter menggunakan email, bukan username. Karena biasanya login menggunakan username sering kali terjadi kegagalan.

Itulah ulasan singkat mengenai tips mengatasi Twitter error dan tidak bisa dibuka, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.