9 Cara Update Aplikasi Android

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbarui aplikasi Android; melalui Google Play Store, toko…

Pembaruan pada aplikasi terinstall di HP Android sangat penting untuk Anda lakukan. Ini diperlukan untuk menjaga, supaya aplikasi tetap stabil dan untuk mendapatkan akses ke semua fitur terbaru. Namun, sebagian pengguna merasa update aplikasi tidak penting atau tidak diperlukan. Alasannya sering kali karena update aplikasi menyebabkan memori internal cepat penuh dan menguras data internet. Padahal sebenarnya update aplikasi diperlukan untuk meminimalisir masalah pada aplikasi; seperti bugs atau error pada versi sebelumnya, peningkatan keamanan, performa, dan sebagainya.

Sementara masalah memori internal yang cepat penuh juga tidak selalu disebabkan oleh update aplikasi. Hampir 95 persen aplikasi yang ada di Google Play Store hanya mengirimkan perubahan kecil pada aplikasi, sehingga ini tidak akan mempengaruhi memori internal HP Anda. Perubahan kecil tersebut berkaitan dengan perbaikan bugs dan penambahan fitur (jika ada). Selain itu, apabila Anda memiliki keterbatasan data internet, Anda bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi publik untuk pembaruan; seperti kampus, kantor, warung kopi, cafe, dan sebagainya.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Windows 10 Error Setelah Update

Mengapa aplikasi harus di update?

Ada banyak manfaat jika Anda memutuskan untuk memperbarui aplikasi-aplikasi terinstall di HP Anda. Pengembang berusaha untuk melakukan perbaikan bugs dan menghadirkan beragam fitur-fitur baru. Hal ini dilakukan supaya pengguna merasa puas saat menggunakan aplikasi; tidak ada fitur yang macet, lag, tidak lemot, dll. Berikut beberapa poin penting mengapa Anda harus memperbarui aplikasi Android:

  • Meminimalisir masalah pada aplikasi Android.
  • Perbaikan bugs dan peningkatan performa pada aplikasi.
  • Peningkatan kerentanan keamanan pada aplikasi.
  • Penambahan fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya.
  • Perubahan antarmuka yang lebih modern dan kekinian (mengikuti tren desain saat ini).
  • dll…

Jika Anda ingin meminimalisir masalah pada aplikasi dan tidak ingin ketinggalan fitur atau tren baru di dalam aplikasi, maka saya sangat menyarankan untuk memperbarui aplikasi secara rutin. Bagi sebagian pengguna Android yang masih awam, mungkin masih bingung cara memperbarui aplikasi Android. Untuk itu, simak dan ikuti panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Update Google Play Store

Cara update aplikasi Android

Untuk memperbarui aplikasi Android, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa memilih cara manual; kedua, Anda bisa memilih pembaruan otomatis; ketiga, Anda bisa update aplikasi dari toko aplikasi lain; dan yang keempat, Anda bisa memilih mengunduh versi terbaru aplikasi dari situs downloader pihak ketiga. Jika Anda tidak mau repot harus update secara manual, Anda bisa mengaturnya secara otomatis; yang telah saya jelaskan pada poin kedua.

Update aplikasi secara manual

Update Instagram Google Play Store
Update aplikasi via Google Play Store. RUDI DIAN ARIFIN

Cara pertama, Anda bisa memperbarui aplikasi secara manual langsung dari Google Play Store. Tapi sebelum itu, pastikan koneksi internet di HP Anda benar-benar stabil dan lancar, supaya update aplikasi tidak berhenti di tengah jalan dan menghindari kesalahan setelah update aplikasi. Simak dan ikuti langkah-langkah update aplikasi di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka Google Play Store di HP Android Anda.
  2. Ketuk ikon profil Google Anda di pojok kanan atas.
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih Kelola aplikasi & perangkat.
  4. Lanjutkan dengan memilih Lihat detail.
  5. Gulir ke bawah, temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda update.
  6. Ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  7. Jika sudah, Anda bisa keluar dari Google Play Store.
  8. Selesai.

Update aplikasi secara otomatis

Atur pembaruan otomatis Google Play Store
Update aplikasi Android secara otomatis. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda tidak mau repot untuk memperbarui aplikasi secara manual, Anda bisa mengatur supaya update dijalankan secara otomatis. Google Play Store menyediakan tiga opsi dalam preferensi update otomatis aplikasi, yaitu melalui jaringan apa pun (data dan Wi-Fi), melalui jaringan Wi-Fi saja, dan juga jangan update otomatis aplikasi.

  1. Buka Google Play Store di HP Android Anda.
  2. Ketuk ikon profil Google Anda di pojok kanan atas » pilih Setelan.
  3. Lalu pilih Preferensi jaringan » Update otomatis jaringan.
  4. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih; Melalui jaringan apa pun atau Melalui Wi-Fi saja.
  5. Jika Anda memiliki sambungan internet tanpa batas (unlimited), maka saya sarankan untuk memilih Melalui jaringan apa pun.
  6. Tetapi jika Anda memiliki sambungan internet terbatas, dan ingin lebih hemat, maka pilih Melalui Wi-Fi saja.
  7. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  8. Jika sudah, Anda bisa keluar dari Google Play Store.
  9. Selesai.

Update aplikasi dari toko aplikasi bawaan ponsel

Update aplikasi dari Galaxy Store
Update aplikasi dari toko aplikasi bawaan ponsel. RUDI DIAN ARIFIN

Beberapa merek ponsel Android seperti Xiaomi, OPPO, Samsung, dan juga Huawei telah menghadirkan toko aplikasinya sendiri. Ini bisa Anda jadikan alternatif apabila Google Play Store di HP Anda mengalami masalah atau proses update tidak mau berjalan.

  1. Pertama, Anda bisa buka toko aplikasi di HP Android Anda.
  2. Masuk ke halaman profil pada toko aplikasi.
  3. Pilih Pembaruan » temukan dan pilih aplikasi yang Anda inginkan.
  4. Ketuk Update untuk memperbarui aplikasi.
  5. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  6. Jika sudah, Anda bisa keluar dari toko aplikasi tersebut.
  7. Selesai.

Update aplikasi tanpa Google Play Store

Unduh APK Instagram dari Situs Pihak Ketiga
Update aplikasi tanpa Google Play Store. RUDI DIAN ARIFIN

Terakhir, Anda bisa memperbarui aplikasi tanpa Google Play Store ataupun toko aplikasi bawaan ponsel. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda bisa mengunduh file APK versi terbaru dari aplikasi yang ingin Anda perbarui. Ada beberapa situs populer yang bisa Anda jadikan rujukan; seperti apkmirror.com, apkpure.com, apkcombo.com, dll. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, silakan akses halaman download APK berikut ini.
  2. Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda download.
  3. Setelah itu, silakan pilih versi terbaru.
  4. Khusus untuk APK Pure biasanya yang utama sudah versi terbaru.
  5. Jadi, Anda tinggal ketuk Unduh APK untuk mengunduh aplikasi.
  6. Setelah mengunduh aplikasi, Anda bisa install APK tersebut di HP Android Anda.
  7. Selesai.

Untuk menginstall APK, Anda tidak perlu menghapus aplikasi yang lama. Anda bisa langsung install, maka aplikasi yang lama akan ditimpa dengan aplikasi yang baru.

*Catatan: Karena APK tersebut di unduh dari situs downloader pihak ketiga, maka Anda perlu melakukan perizinan akses, supaya APK bisa di install di HP Anda.

Lihat Juga : 7 Cara Update OS Android

Mengatasi aplikasi yang tidak bisa di update

Beberapa pengguna mungkin mendapati masalah saat memperbarui aplikasi Android; update tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jika ini terjadi pada HP Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Muat ulang perangkat – Mungkin saja service sistem atau aplikasi di HP Anda tidak berjalan baik. Jadi, Anda perlu mematikan HP dan menyalakannya kembali untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
  • Pastikan koneksi internet stabil dan lancar – Sebelum melakukan pembaruan, cek kondisi jaringan di HP Anda. Jika Anda memiliki masalah koneksi internet, coba nonaktifkan Wi-Fi atau data internet HP Anda lalu sambungkan kembali.
  • Pastikan memori internal tidak penuh – Jika Google Play Store di HP Anda menampilkan pesan memori tidak cukup, itu artinya Anda harus mengurangi beban aplikasi dan data. Setidaknya, sisakan 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas penyimpanan internal HP Anda.  
  • Perbaiki kesalahan yang muncul di Google Play Store – Bagi Anda yang mungkin mendapati kode kesalahan Google Play Store, seperti 495, 505, 506, 509, 905, dst, Anda harus perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa memperbaikinya dengan menghapus data aplikasi Google Play Store dari manajemen aplikasi. Cara ini akan mengembalikan aplikasi ke setelan awal.

Selain beberapa poin di atas, ada faktor lain yang membuat HP Anda tidak bisa mendapatkan pembaruan;

  • RAM HP hanya 1 GB.
  • OS Android masih KitKat 4.4.

Jika Anda masih menggunakan HP seri lama, mungkin sudah saatnya untuk upgrade ke HP seri baru; dengan dukungan spesifikasi dan OS yang lebih baik.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Update

Penutup,

Saya rasa penjelasan serta panduan memperbarui aplikasi di HP Android di atas sangat mudah untuk Anda lakukan. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android, seperti OPPO, VIVO, Realme, Xiaomi, Samsung, SONY, NOKIA, dan lainnya. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah update aplikasi memakan memori internal?

Update aplikasi akan memakan memori internal dengan jumlah yang kecil. Namun, update aplikasi tidak akan menyebabkan memori internal penuh, karena rata-rata update aplikasi hanya membawa sejumlah perbaikan kecil.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum update aplikasi?

Sebelum melakukan pembaruan, pastikan koneksi internet di HP Anda benar-benar stabil dan lancar.

Mengapa setiap download aplikasi di Google Play Store selalu terjadi kesalahan?

Anda bisa memperbaiki kesalahan di Google Play Store dengan menghapus data aplikasi melalui manajemen aplikasi. Ini dilakukan untuk mengembalikan aplikasi ke setelan awal; sehingga diharapkan Google Play Store bisa kembali normal dan lebih stabil saat dijalankan.


Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 20 Cara Menggunakan Laptop

    Di bawah ini tersedia sejumlah cara menggunakan laptop untuk pemula beserta tips dan perawatannya
  2. Teknik Komputer Jaringan – Sejarah, Penerapan, Fungsi, dan Peluang Kerja

    TKJ merupakan salah satu jurusan yang mempelajari informasi tentang komputer dan komponen di dalamnya
  3. 120 Shortcut Adobe Photoshop Lengkap

    Berikut kumpulan tombol shortcut keyboard Adobe Photoshop terbaru dan lengkap saat ini