6 Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang & Tidak Muncul

Kita tahu bahwa keyboard atau papan ketik di Android memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas, misalnya ketika ingin mencari sesuatu di Google Penelusuran, Anda membutuhkan keyboard untuk mengetik kata kunci sesuai dengan apa yang Anda cari tersebut.  Jika keyboard Android mengalami error atau macet tentunya menghambat pengguna dalam mengetikkan teks atau pesan pada aplikasi messenger seperti LINE, WhatsApp, Facebook, dan lainnya.

Jika keyboard Android terjadi error atau hilang secara tiba-tiba pastinya akan membuat Anda bingung dan risau. Apalagi jika ponsel dalam kondisi yang benar-benar sangat dibutuhkan. Masalah keyboard Android yang error atau hilang memang dapat terjadi pada semua perangkat Android. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Setiap pengguna memiliki kendala error pada aplikasi keyboard yang berbeda-beda, mulai dari munculnya pesan error, macet, tidak respons, hilang, atau tidak muncul. Ada kemungkinan masalah keyboard yang hilang terjadi karena service sistem dan aplikasi tidak berjalan dengan baik. Atau bisa juga karena bugs pada aplikasi keyboard dan penumpukan file sampah. Dari beberapa kemungkinan tersebut, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Restart Ponsel Android

Ada kemungkinan sistem Android dan aplikasi terinstall yang tidak berjalan dengan baik menyebabkan keyboard hilang atau tidak muncul. Dan dengan me-restart atau me-reboot ponsel Android, diharapkan sistem dan aplikasi terinstall dapat berjalan degan baik kembali. Tips ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi keyboard macet atau tidak muncul saat sedang ingin mengetik. Jika-pun nantinya masih bermasalah, Anda bisa coba tips selanjutnya dengan update aplikasi keyboard.

2. Update Aplikasi Keyboard

Update Gboard Android
2. Update aplikasi keyboard Android. RUDI DIAN ARIFIN

Jika dengan me-restart ponsel Android juga tidak membuat keyboard normal kembali, cobalah untuk memperbarui aplikasi. Ada kemungkinan terdapat bugs pada aplikasi keyboard, dan biasanya perbaikan dilakukan dengan update aplikasi. Tidak hanya perbaikan, memperbarui aplikasi juga mendapatkan peningkatan performa, stabilitas, dan fitur. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga garis yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  4. Tap Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

3. Hapus Data Aplikasi Keyboard

Hapus Data Gboard
3. Hapus data aplikasi keyboard. RUDI DIAN ARIFIN

Selain update, Anda juga bisa mencoba menghapus data aplikasi keyboard. Cara ini juga cukup efektif dalam mengatasi aplikasi error pada ponsel Android. Tidak hanya pada aplikasi keyboard, Anda bisa mencoba menghapus data aplikasi jika dikemudian hari terjadi error pada aplikasi lain. Dengan menghapus data aplikasi, maka semua preferensi aplikasi, basis data, cache, dan data sementara lainnya akan terhapus. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  3. Pilih Hapus data » konfirmasi dengan Hapus semua data.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Lain

Jika semua tips di atas tidak juga membuat keyboard normal kembali, saatnya untuk mencoba aplikasi keyboard lain. Anda bisa temukan dan unduh beragam aplikasi keyboard gratis di Google Play Store maupun market store Android lainnya. Jika Anda saat ini mengalami masalah pada aplikasi Gboard, maka alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Microsoft SwiftKey. Aplikasi tersebut memiliki kemiripan tampilan dan fungsionalitas yang sama dengan Gboard. Jika Anda ingin melihat rekomendasi aplikasi keyboard lainnya, Anda bisa cek daftarnya di sini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Gboard Error, Tidak Muncul di HP Xiaomi

5. Reset Ponsel Android

Jika Anda mengalami masalah keyboard tidak muncul dalam kondisi ponsel terkunci dengan PIN atau kata sandi, maka tentunya Anda tidak bisa masuk ke beranda ponsel. Dalam hal ini, Anda juga tidak bisa masuk menu Pengaturan untuk menghapus data aplikasi ataupun menginstall aplikasi keyboard yang baru. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik dengan melakukan Hard Reset melalui Recovery Mode.

Setiap ponsel Android memiliki metode yang berbeda-beda dalam melakukan Hard Reset. Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini sesuai dengan tipe ponsel yang Anda gunakan.

Hard Reset Android

Penutup,

Dengan adanya beberapa tips di atas, diharapkan masalah keyboard Android yang tidak muncul dapat teratasi. Yang merepotkan adalah ketika ponsel Android dalam keadaan terkunci dengan PIN yang mana Anda tidak bisa mengetikkan PIN tersebut. Mau tidak mau, solusinya harus dengan Hard Reset ponsel Android.

Apakah menghapus data aplikasi akan menghapus data ponsel?

Tentu saja tidak, data yang terhapus hanya data pada aplikasi keyboard.

Bagaimana jika ponsel Android dalam keadaan terkunci?

Jika ponsel dalam keadaan terkunci, terpaksa Anda harus melakukan Hard Reset ponsel Android.

Bagaimana mengatasi Gboard telah berhenti?

Anda bisa coba dengan menghapus data aplikasi Gboard. Anda bisa temukan tips mengatasi Gboard error di sini.

Itulah beberapa tips mengatasi keyboard Android yang hilang atau tidak muncul, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Tips Keyboard Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 43 Comment

  1. Budi Eko berkata:

    Terima kasih banyak. Sangat membantu, saya berhasil mengatasi masalah keyboard gak muncul di HP dgn metode pertama.

  2. Rini berkata:

    Tanya bos,keyboard saya tidak ada emoticon sama sekali di semua aplikasi selain whatsapp dan ini sudah berlaku lebih dari 3 tahun,baru muncul beberapa bulan sekarang hilang lagi.gimana cara betulin?apa ada kemungkinan emoticon keyboard saya di blokir kominfo?

  3. Adi berkata:

    Bikin tutorial yg bener bro.bagaimana cara download aplikasi di playstore orang keyboardnya aja kagak muncul….yg bener aja

  4. Irvan berkata:

    Bro, klo masalahnya HPku gboard nya tidak muncul ketika mau buka kata sandi. Gimana bro solusinya ? Udah di force close, restart, masih sama aja keyboardnya tidak muncul.

  5. eko prayitno berkata:

    terimakasih atas penjelasannya sy dari halmahera utara ingin menenyakan terkait hp xiaomi readmi 5A gboardnya error mau di reset minta kode fasword dari xiomi ngetik juga ga bisa mana mungkin ada solusi,yg sy ingin tanyakan bagaimana melalui PC harus dengan aplikasi apa yg bagus,mohon penjelasannya,terimakasih

  6. Sasha berkata:

    Kalo hp nye ke lock terus keyboard nya gak muncul gimana,udah di restart tapi masih gak bisa2

  7. adam berkata:

    makasih sudah membantu

  8. Budis berkata:

    Tolong kirim cara mengatur keyboar donk,,, beserta gambarnya gitu,,, soal nya saya g paham soal hp android, hp saya keyboarnya tdk muncul,, oppo neo 7,

  9. Bonita dewi berkata:

    Kak versi apk tuh gimana yakk

  10. Kartika berkata:

    Waaaaah, makasih infonya sangat membantu

  11. Nurfitriana berkata:

    Jika hp nya ke lock ,terus di tekan tombol keyboard yg muncul malah rekaman (yg menunggu hasil)bukan papan ketik.gimana ya ?

  12. afrasha berkata:

    kalau hpnya ke lock bagaimana? sedangkan buat buka password butuh keyboardnya kan.. (selain di reset hpnya, karna tdk mau data2nya hilang) dan saya pun sudah restart hpnye bbrp kali bahkan sudah didiemin mati semaleman

  13. Raja saidi berkata:

    Keren2. Sangat membantu saya terima kasih gan. Skrg keyboard saya sudah membaik lagi

  14. Muhammad yusuf berkata:

    Cara 2 aneh banget kak kan nggak bsa buka keyboard gmna ngekiknya
    Sama mau nanya klo nggak muncul sama sekali kak g mna tuh trs ga ada aplikasinya dpengaturan udah cba downlod masih nggak bsa

    • Dian Arifin berkata:

      Download versi apk mas, download-nya pake komputer terus dipindah ke HP. Ada banyak aplikasi keyboard versi Apk (bukan dari play store).

    • xna berkata:

      Download aplikasi keyboard di PlayStore. Untuk mengetik, coba pilih dengan Voice, sebutkan “Keyboard” secara jelas dan akan terdeteksi, lalu download dan instal. Setelah selesai, keyboard kembali muncul

  15. Dimas berkata:

    ka keyboard ku kan sengaja di nonaktifkan, nah pas udh di nonaktifkan teh, sm saya kepencet kematiin di sleep, nah pas mu ketik buat buka password kan saya passwordnya pake pin, gak ada keyboardnya jadi gimana yak kak solusinya?

    • Dian Arifin berkata:

      Solusinya harus hard Reset mas..

    • Muhammad yusuf berkata:

      Solusinya mbak power off Fin hpnya trs tekan tombol volume up dan tombol power off secara bersamaan resikonya semua ap data terhapus semua
      Saya bukan pemilik web inih tpi klo cmn gituhmah ngerti jadi saya jawab pertanyaan Anda semoga berhasil

  16. Santika berkata:

    Kak minta solusi dong ,hp android ku terkunci dan pake pin,tapi ketika mau ngetik buat buka pin nya ,ga muncul keyboardnya,gimana ya ?

  17. yunus berkata:

    kak minta solusi dong,,keyboard hilang di hp oppo qu,,tapi di setelan qu gak di temukan keyboard aosp nya,terus gimana cara mau hapu cache kalo gak ada begitu.. udah reset ke pengaturan pabrik tp masih tetep gak keluar keyboard nya.

    • Dian Arifin berkata:

      Nama keyboardnya pasti berbeda mas. kalau udah di reset tapi masih ngak bisa, solusi terakhirnya ya dengan flashing mas. Download Firmware langsung pada situs resmi OPPO.

  18. Dawey berkata:

    Gimana mo donlod di playstore,ngetik aja kaga bisa

  19. Diana berkata:

    Selamat pagi kak,
    Saya mau tanya ne, pada saat saya ketik harus berulang-ulang baru muncul , kemudian kalau saya sdh ketik nanti tulisannya tidak sesuai atau tulisannya ke tulisan yg lain. Kira2 itu touchscreennya rusak atau keyboardnya kak??? Thx

    • Dian Arifin berkata:

      Itu keyboarnya aja mungkin, Hapus Data aplikasi keyboard, atau ganti dengan versi keyboard lain, dari Google misalnya. Kalau masih seperti itu, lakukan Hard Reset atau factory reset aja mbak …

  20. itharahma berkata:

    thanks kak, awalnya udah takut aja ndak bisa pake keyboard tapi alhamdulillah sekarang udah normal