4+ Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang & Tidak Muncul

Dianisa.com – Mengatasi Keyboard Android Yang Hilang, Macet, dan Error. Keyboard merupakan salah satu fitur atau alat yang memiliki peran penting pada smartphone dan tablet Android. Jika keyboard android mengalami error atau macet tentunya akan menghambat pengguna dalam mengetikkan pesan pada Aplikasi Messenger seperti BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, dan lainnya.

Kita tahu bahwa keyboard atau papan ketik di Android memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan aktifitas tertentu, seperti misalnya anda sedang ingin mencari sesuatu di Google Penelusuran, tentunya anda membuhkan keyboard untuk mengetik kata kunci sesuai dengan apa yang anda cari tersebut.

Jika keyboard android error atau hilang secara tiba – tiba pastinya akan membuat anda bingung, dan risau.

Masalah Keyboard Android Yang Error atau Hilang hal tersebut memang bisa terjadi pada semua perangkat Android. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Masalah Smartphone

Mengatasi Keyboard Hilang

Setiap smartphone memang memiliki masalah keyboard yang berbeda – beda, mulai dari muncul pesan error “Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti” dan ada juga yang hilang secara tiba – tiba. Ada beberapa metode yang bisa anda coba dalam mengatasi keyboard hilang tersebut.

Lebih jelasnya, silahkan anda simak metode dan langkah – langkahnya berikut ini.

1. Hentikan & Hapus Data Keyboard

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghentikan dan menghapus data keyboard. Cara ini akan menghapus pengaturan dan cache Aplikasi Keyboard bawaan tersebut. Tenang saja, cara ini terbilang sangat ampuh dalam mengatasi keyboard android yang hilang.

Setelah anda Menghapus Data Keyboard Android, semua pengaturan keyboard akan kembali pada posisi default.

Hapus Data Keyboard

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

2. Restart Smartphone

Apabila metode pertama tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka cobalah untuk melakukan reboot ulang smartphone. Dengan cara ini biasanya masalah hilang dan keyboard dapat normal kembali.

Jikapun masih bermasalah, cobalah metode berikutnya dengan mengunduh aplikasi keyboard yang baru

3. Unduh Aplikasi Keyboard Lain di Play Store

Jika cara pertama tidak berhasil Mengatasi Keyboard Yang Hilang Atau Tidak Muncul, maka lakukan dengan cara kedua yakni mengunduh aplikasi Keyboard di Google Play Store.

Ada banyak Aplikasi Keyboard di Play Store yang semuanya bisa anda unduh secara gratis dan aman. Anda tinggal ketikkan kata kunci “Keyboard” di Play Store dan anda bisa temukan dan pilih keyboard yang anda inginkan.

Akhir Kata

Itulah beberapa metode yang bisa anda lakukan dalam Mengatasi Keyboard Android Yang Macet, Error, Atau Hilang. Sebagai tambahan, jika nantinya cara diatas juga tidak berhasil mengatasi keyboard android yang hilang maka terpaksa anda harus melakukan Factory Reset.

Metode diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Honor, Infinix, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Cara tersebut akan membuat Keyboard kembali ke pengaturan pabrik. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (31)