12 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Ada Notifikasi Pesan Masuk

Terkadang para pengguna WhatsApp merasa bingung karena aplikasi mereka tidak memunculkan notifikasi adanya pesan masuk seperti…

Terkadang para pengguna WhatsApp merasa bingung karena aplikasi mereka tidak memunculkan notifikasi adanya pesan masuk seperti halnya aplikasi WhatsApp. Hanya saja, pengguna akan tahu pesan itu ada di saat pengguna tersebut membuka aplikasi WhatsApp. Sebenarnya, Notifikasi sangat-lah penting, baik itu SMS, WA, Messenger, Instagram, Signal, dan lainnya.

Jika notifikasi tidak muncul, maka tentu saja hal tersebut membuat para pengguna kesulitan dalam berkomunikasi, terutama melalui chatting. Ada banyak hal yang membuat notifikasi tidak muncul/ tidak bunyi. Untuk lebih jelasnya, simak penyebab dan solusinya berikut ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Notifikasi WhatsApp yang tidak muncul biasanya di sebabkan karena dua hal, bisa karena pengguna belum melakukan pengaturan pada notifikasi atau karena aplikasi WhatsApp tersebut terjadi masalah.

  • Smartphone dalam mode diam. Ketika smartphone dalam keadaan diam (silent) maka dipastikan semua notifikasi juga diam (tidak bersuara)/ tidak berbunyi. Tapi biasanya pesan WhatsApp tetap muncul di bar notifikasi. Untuk itu, Anda perlu pastikan kembali apakah ponsel dalam keadaan diam/ getar/ dering.
  • Setelan Notifikasi WhatsApp tidak aktif. Kemungkinan lain, setelan notifikasi pada aplikasi WhatsApp tidak aktif (disable). Anda bisa cek kembali melalui aplikasi WhatsApp atau Pengaturan notifikasi Android.
  • WhatsApp tidak berjalan di latar belakang. Bisa jadi aplikasi WhatsApp tidak berjalan di latar belakang, entah karena menggunakan penghemat data, daya, atau karena memori RAM dan internal yang tidak mencukupi.
  • Memori RAM penuh. Memori RAM yang penuh menyebabkan semua aplikasi terinstall berjalan kurang maksimal, termasuk notifikasi WhatsApp. Umumnya terjadi pada ponsel dengan RAM di bawah 3 GB.
  • Dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Google Drive Error, Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi WhatsApp Tidak Ada Notifikasi Masuk

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pastikan ponsel tidak dalam mode diam

Jika Anda memiliki masalah dengan notifikasi nada dering WhatsApp. Coba pastikan kembali bahwa ponsel Anda tidak dalam mode hening/ diam/ silent. Jika ini terjadi maka dapat pastikan semua notifikasi tidak akan dering, termasuk panggilan telepon, SMS, dan sejenisnya. Jika Anda telah memastikan bahwa mode yang Anda gunakan bukan mode diam/ hening, coba ikuti tips selanjutnya.

2. Cek Setelan Notifikasi WhatsApp

Cek Setelan Notifikasi WhatsApp
2. Pastikan setelan notifikasi WhatsApp telah di atur. RUDI DIAN ARIFIN

Tips berikutnya, Anda bisa coba melakukan pengecekan pada notifikasi WhatsApp. Cara ini Anda lakukan langsung pada Aplikasi WhatsApp. Bisa jadi Anda belum melakukan pengaturan Aplikasi WhatsApp, bisa pada bagian nada, pop up, getar, atau yang lainnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp »tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Notifikasi.
  3. Pada bagian ini, Anda perlu cek semua fitur yang ingin di aktif.
  4. Notifikasi apa yang Anda inginkan seperti Nada Notifikasi, Getar, Notifikasi pop-up, Lampu, Grup, dan lainnya.
  5. Atur sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatasi Nada Dering Tidak Berbunyi di OPPO

3. Cek perizinan notifikasi WhatsApp

Izinkan Pemberitahuan WhatsApp
3. Pastikan perizinan notifikasi WhatsApp telah aktif. RUDI DIAN ARIFIN

Pada bagian yang satu ini juga terbilang sangat penting. Jika ada tidak mengizinkan Android untuk menampilkan Notifikasi maka sampai kapan pun WhatsApp juga tidak terlihat ada pemberitahuan pesan masuk. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk pada setelan Notifikasi Android. Setiap ponsel memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan ponsel yang Anda gunakan.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi »temukan dan pilih WhatsApp.
  3. Pilih Notifikasi »aktifkan bagian Izinkan Notifikasi.
  4. Selesai.

Selain perizinan notifikasi, cek juga bagian perizinan notifikasi pesan.

Izinkan Notifikasi Pesan WhatsApp
3. Cek juga perizinan notifikasi nada dering, getar, pop-up, dan lainnya. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada fitur Notifikasi WhatsApp » pilih Notifikasi Pesan.
  2. Pastikan bagian Izinkan NotifikasiNada Dering, dan Getar dalam keadaan aktif.
  3. Selesai.

Selesai melakukan perubahan di atas, coba restart ponsel Android Anda. Setelah itu, minta teman untuk mengirim pesan ke Anda untuk melakukan testing apakah muncul notifikasi dan nada dering WhatsApp.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Bunyi & Muncul

4. Update WhatsApp ke versi terbaru

Update WhatsApp ke versi terbaru
4. Coba update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. RUDI DIAN ARIFIN

Selain mendapatkan fitur dan perubahan antarmuka WhatsApp. Update juga memperbaiki error/ bugs pada aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa kunjungi Google Play Store, lalu temukan aplikasi WhatsApp.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

5. Coba Hapus Data Aplikasi

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
5. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Metode berikutnya, Anda bisa mencoba untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi WhatsApp. Metode yang satu ini akan mengembalikan WhatsApp pada kondisi default. Menghapus data aplikasi akan membersihkan file yang bersifat sementara seperti basis data, file cache, history, bookmark, chat, dan lainnya. Untuk itu, Anda bisa lakukan backup chat WhatsApp terlebih dahulu.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

6. WhatsApp Tidak Berjalan di Latar Belakang

Hal lain yang menjadi perhatian bagi para pengguna WhatsApp ialah, kemungkinan WhatsApp tidak berjalan di background atau latar belakang. Ini tentu akan menghambat notifikasi yang masuk atau notifikasi akan baru masuk ketika pengguna membuka Aplikasi. Ini banyak terjadi pada smartphone dengan memori RAM yang cukup terbatas, sekitar 3 GB ke bawah. Atau kemungkinan pengguna menggunakan Fitur Hemat Daya sehingga Notifikasi WhatsApp terhambat.

Tidak hanya pada WhatsApp, masalah tidak mau berjalan di belakang layar juga terjadi pada aplikasi LINE. Solusinya, pastikan memori RAM selalu lega dan tutup aplikasi lain yang sekiranya tidak digunakan.

7. Coba dengan membersihkan cache

Seperti yang saya katakana pada point sebelumnya, apabila masalah terjadi karena memori RAM yang terbatas, dan akhirnya membuat WhatsApp tidak berjalan di latar belakang. Gunakan Aplikasi Keamanan atau mungkin aplikasi pembersih yang terinstal di HP Android Anda untuk membersihkan cache, cookies, dan juga history lainnya. Dengan cara ini diharapkan WhatsApp tetap memunculkan pesan notifikasi walaupun space memori RAM sangat terbatas.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

8. Pastikan koneksi internet tetap lancar

Tidak hanya pada memori RAM saja yang perlu Anda perhatikan, koneksi internet yang maksimal tentu menjadi bagian terpenting yang harus Anda perhatikan pula. Karena bagaimanapun, WhatsApp membutuhkan koneksi Internet yang cukup stabil. Jika pun koneksi internet melambat, maka Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp namun pasti akan ada jedanya saat menerima pesan notifikasi atau panggilan.

Masalah Koneksi Internet

Penutup,

Dengan adanya beberapa tips di atas, semoga aplikasi WhatsApp Anda bisa normal kembali. Tips di atas bisa Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan mengenai Aplikasi WhatsApp, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Notifikasi Android

Discussion | 21 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Caca berkata:

    Latar belakang tuh di mananya ya ka?

  2. Dwirahayu berkata:

    Di wa saya masuk notifikasi di layar belakang tp pas buka aplikasi wa nya, pesan tidak muncul, itu kenapa yah?

  3. nikma berkata:

    Terimakasihh banyak sangat membantu saya

  4. Eva frisca berkata:

    Saya punya hp vivo y71 saya mau tanya kenapa Nada notifikasi hp jd nada dering whatshap, apa sebabnya mohon bantuannya utk mengatasinya makasih ya

    • Dian Arifin berkata:

      Coba cek juga bagian Notifikasi WhatsApp, mbak bisa setting nada khusus untuk WhatsApp. Dan kemungkinan untuk yang nada HP itu bersifat global jadi semuanya ngikut.

  5. sri ayu lestari berkata:

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. terima kasih kak, artikelnya sangat membantu sekali, kemarin smartphone saya bermasalah di notifikasi pesan dan whatsup. akhirnya setelah melakukan prosedur sesuai dengan arahan kakak di artikel ini, masalah itu sudah teratasi. barakallahu fik.

  6. rida berkata:

    Makasih bget… Infonya.. Bner2 bermanfaat.. Akhirnya wa saya kmbali normal..
    Smoga smakin brkembang terus blog nyaa..??

  7. RINA SIAGIAN berkata:

    THANKS, SANGAT MEMBANTU

  8. Fitri berkata:

    Maaf ya.. Sy udah cek semua tetep normal tp kok masih g mau bunyi ya padahal klo ada yg tlfn bunyi.. Tp klo ada chat whatsapp gmau bunyi atau pun getar..

  9. Muhamad Iqbal DM berkata:

    Makasih banyak bro

  10. Tarisa berkata:

    Saya sudah pake ke 3 metode tapi masih belum ada pemberitahuan juga kira salah nya di mana ya?

  11. jon berkata:

    Saya pake metode 2, good, sangat membantu

  12. Muhammad Eky Firmansyah berkata:

    Terimakasih artikel sangat membantu?

  13. Novia berkata:

    Terimakasih, artikel sangat bermanfaat?

  14. LUKAS berkata:

    Terimakasih
    Aplikasi whatsapp saya sudah bisa atau sudah ada notifikasinya… artikel bermanfaat

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih