7+ Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima & Mengirim Gambar

Dianisa.comWhatsApp menjadi salah satu aplikasi sosial messenger dengan pertumbuhan pengguna yang sangat signifikan, dalam sebulan pengguna aktif dapat mencapai 1,5 Milyar lebih dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini menjadi dasar bahwa kebutuhan akan informasi dan komunikasi menjadi sangat penting, terlebih era industry 4.0 yang inginkan semua serba cepat dan instan.

Pengguna smartphone yang meningkat dari tahun ke tahun juga menjadi alasan banyaknya aktivitas pada aplikasi WhatsApp. Tidak hanya sekedar chat, pengguna WhatsApp dapat saling berkomunikasi lebih jauh, seperti diskusi seputar kehidupan sehari – hari, entah itu keluarga, kerjaan, kampus, atau mungkin hal – hal penting lainnya, berbagi foto, video, audio, serta melakukan panggilan telepon dan video.

Ke depan, WhatsApp mungkin akan hadirkan fitur yang tidak hanya sedekar komunikasi namun juga membantu kehidupan sehari – hari kita, mungkin saja berhubungan dengan bisnis atau transaksi keuangan.

Bicara mengenai aplikasi WhatsApp, kali ini penulis akan berbagi solusi terkait masalah pada aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim dan menerima gambar. Beberapa pengguna mengeluh terkait gambar tidak bisa dilihat atau hanya berwarna hitam. Apa penyebabnya, simak ulasannya berikut ini.

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Aplikasi Android

Penyebab WhatsApp Tidak Dapat Mengirim & Menerima Gambar

Sebelum kita masuk pada metode mengatasi masalah pada aplikasi WhatsApp, coba perhatikan terlebih dahulu beberapa penyebab berikut ini. Satu diantaranya mungkin saja terjadi pada aplikasi WhatsApp di HP kamu.

  • Koneksi Internet Yang Bermasalah. Masalah akses internet yang lambat atau tidak stabil tentu dapat membuat WhatsApp berjalan kurang optimal. Lakukan pengecekan jaringan untuk masalah ini, gunakan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk memancing sinyal.
  • Kesalahan Pada Setelan Tanggal dan Waktu. Pengaturan tanggal dan waktu yang salah atau tidak sesuai dengan waktu sekarang dapat membuat aplikasi WhatsApp bermasalah, berkirim pesan, video, gambar, dan melakukan panggilan dapat terjadi kegagalan.
  • Tidak Cukup Ruang Pada Memori Internal. Karena semua penyimpanan WhatsApp masuk pada memori internal, maka kamu perlu pastikan memori internal mencukupi.
  • Setelan Kartu SD Berada pada Mode Read-Only. Apabila pengaturan memori internal dan eksternal berada pada mode Read-Only (mungkin pada foldernya), maka dapat dipastikan tidak akan bisa menerima gambar. Harus ada mode Write agar bisa menambahkan gambar baru, tidak hanya melihat atau membaca saja.
  • WhatsApp Mengalami Gangguan. Kemungkinan lain, bisa jadi saat ini WhatsApp mengalami gangguna pada server (maintenance). Atau bisa juga aplikasi WhatsApp di HP kamu memang bermasalah.

Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim & Menerima Gambar

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, kini saatnya kamu mencoba beberapa solusi yang saya berikan. Dan berikut solusinya …

#1. Cek Setelan Tanggal dan Waktu

Seperti yang saya jelaskan pada point sebelumnya, kamu perlu cek bagian pengaturan tanggal dan waktu, pastikan berada pada opsi otomatis. Jika tidak, maka kemungkinan tanggal dan waktu tidak akan sesuai dengan waktu sekarang. Dan efeknya, biasanya beberapa aplikasi tidak bisa digunakan, termasuk aplikasi WhatsApp.

Sebagai contohnya, kamu bisa lihat metode pengecekan pada screenshot serta langkah – langkahnya dibawah ini.

Setting Tanggal dan Waktu

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Tanggal dan Waktu » pastikan bagian Atur Tanggal dan Waktu berada pada posisi aktif.

#2. Cek Konektivitas Internet

Akses Internet yang lambat atau tidak stabil tentu akan menghambat segala aktivitas harian kamu, tidak hanya pada WhatsApp, namun juga aplikasi lain yang juga terhubung dengan internet, entah itu game online, transaksi keuangan, bisnis online, streaming video, ataupun hal lainnya.

So, kamu perlu melakukan pengecekan lebih lanjut terkait hal ini. Mungkin karena SIM Card dari provider yang kamu gunakan lambat pada jam – jam tertentu, atau karena smartphone yang kurang maksimal dalam menangkan sinyal. Coba manfaatkan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk mencari dan mendpatkan sinyal baru.

Kamu juga bisa baca lebih lanjut terkait permasalahan jaringan pada artikel berikut.

Masalah Koneksi Internet

#3. Bersihkan Memori Internal

Space memori internal yang kecil atau sudah terkurang habis karena aplikasi, foto, video, dokumen, dan file – file lainnya tentunya dapat membuat WhatsApp tidak bisa menerima kiriman gambar baru dari teman ataupun grup. Bahkan dibeberapa keadaan juga membuat status teman tidak bisa dibuka.

Untuk masalah ini, kamu perlu menghapus atau memindahkan file – file yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan. Jika tidak ingin dihapus, pindahkan saja ke memori eksternal dengan ukuran yang lebih besar atau ke PC Dekstop.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan basis data WhatsApp dengan masuk pada folder atau menggunakan fitur Manajer Telepon.

Masuk Pada Folder WhatsApp

Hapus Basis Data WhatsApp

  • Masuk pada menu File Manajer » Penyimpanan Internal » cari WhatsApp » Media » kemudian hapus folder yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi, khususnya bagian WhatsApp Images.

Gunakan Manajer Telepon

Membersihkan Cache WhatsApp Realme

  • Buka Manajer Telepon yang ada di HP android kamu, kemudian pilih Bersihkan Memori. Kemudian tap Pembersih WhatsApp.
  • Untuk membersihkan semua basis data WhatsApp tinggal tap Bersihkan Sekarang. Selain itu, kamu juga bisa memilih data mana yang ingin dihapus, baik foto, video, audio, suara, ataupun file lain.
  • Selesai.

#4. Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Untuk smartphone android keluaran terbaru saat ini, perizinan pada aplikasi harus dilakukan secara manual, biasanya muncul pop up perizinan tertentru. Adapun untuk WhatsApp, coba lakukan pengecekan pada bagian perizinan, pastikan semuanya enable atau aktif.

Yang terpenting pada bagian penyimpanan, jika ini tidak di izinkan, maka semua gambar yang dikirim oleh teman tidak akan bisa dibuka atau bahkan tidak bisa didownload. Pengecekan pada perangkat Android bisa berbeda – beda, kamu perlu menyesuaikannya.

Perizinan Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » pilih WhatsApp » Izin » kemudian pastikan semuanya bagian dalam keadaan aktif, khususnya bagian Kamera, Kontak, Mikrofon, Penyimpanan, dan Ponsel.

#5. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, cobalah untuk menghapus data aplikasi apabila semua metode diatas tidak membuat WhatsApp normal kembali. Metode ini akan membuat WhatsApp kembali pada posisi default dan semua data yang bersifat sementara akan terhapus, termasuk basis data, cache, serta data login.

Jika tidak ingin kehilangan semuanya, kamu bisa lakukan backup semua data chat ke akun Google. Untuk menggunakan WhatsApp, kamu perlu melakukan verifikasi ulang nomor telepon yang kamu miliki.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

#6. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Instal ulang juga dapat menjadi solusi apabila metode hapus data tidak membuat normal kembali. Kemungkinan, aplikasi WhatsApp mengalami corrupt data atau kesalahan – salahan yang sulit untuk kita pahami. Lakukan penghapusan aplikasi kemudian install kembali aplikasi WhatsApp langsung dari Play Store.

Dan untuk hasil yang lebih optimal, gunakan juga aplikasi cleaner untuk membersihkan cache pada memori dan RAM.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari WhatsApp » Kemudian tap Hapus Instalasi.

#7. WhatsApp Mengalami Gangguan

Kemungkinan lain, bisa jadi aplikasi WhatsApp saat ini mengalami gangguan atau masalah pada server. Untuk masalah semacam ini, biasanya banyak beredar berita – berita terkait WhatsApp down. Dan yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu hingga WhatsApp normal kembali.

Selain itu, pihak pemerintah Indonesia juga dapat melakukan take down pada aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu pada beberapa kondisi. Jika memang betul pemerintah yang melakukannya, coba gunakan Aplikasi VPN agar IP smartphone kamu di alihkan ke luar negeri sehingga dapat digunakan untuk membuka WhatsApp tanpa ketahuan pihak pemerintah Indonesia.

Kesimpulan,

Itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan terkait penyebab WhatsApp tidak bisa menerima dan mengirim gambar serta solusi mengatasinya. Masalah WhatsApp memang jarang terjadi, jikapun terjadi kebanyakan karena human error atau masalah koneksi internet.

Jika dari kamu punya pertanyaan seputar aplikasi WhatsApp atau mungkin punya tips lebih terkait solusi dari permasalahan WhatsApp diatas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)