6+ Cara Membersihkan Cache di HP Realme, Sekali Klik!!

Dianisa.comDemi memaksimalkan kebutuhan produktivitas setiap waktu ataupun hanya sekedar hiburan bekala dengan menginstal game – game menarik dari play store, memaksimalkan semua kinerja smartphone dapat menjadi bagian penting untuk kamu perhatikan. Spesifikasi hardware memang menjadi opsi terbaik namun perawatan dari segi software juga perlu dilakukan.

Realme hadir dengan harga terjangkau sekaligus performa dapur pacu yang mumpuni dalam semua aspek, baik dari segi sistem, UI, hingga desain yang mampu memanjakan mata konsumennya. Dalam beberapa waktu belakangan ini, Realme lebih disorot ketimbang Redmi yang juga menjadi raja dari murahnya harga smartphone.

Ada beragam pilihan tipe varian dari smartphone Realme yang dihadirkan seperti Realme C1, C2, Realme 2, 2 Pro, Realme 3, dan Realme 3 Pro. Baru baru ini juga hadir Realme X yang bisa dibilang sangat spesial, baik dari segi desain hingga dapur pacunya. Penasaran, kamu bisa mencoba untuk searching …

Fokus ke topik pembahasan, pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan lengkap terkait metode membersihkan cache pada perangkat Realme. Lebih jelas mengenai hal tersebut, kamu bisa coba baca lebih lanjut mulai dari dasar hingga langkah – langkahnya.

Membersihkan Cache Smartphone

Masalah Aplikasi Android

Apa itu Cache?

Cache atau dalam bahasa Indonesia memori singgahan merupakan tempat penyimpanan data sementara yang berfungsi untuk mempercepat suatu akses pada file – file yang sering diakses. Artinya, ketika pengguna ingin mengakses suatu file, maka dengan adanya cache proses akan lebih cepat dilakukan.

Cache bersifat sementara atau temporary yang dalam versi lebih cepat tersimpan pada CPU sementara untuk versi lebih lambat tersimpan pada memori RAM atau memori utama. Dengan adanya cache, maka tentu akan meringankan beban kerja dari sebuah processor karena adanya jalur yang dipersingkat.

Pada sebuah perangkat Android, file cache ada pada semua bagian, bisa pada sistem operasi, aplikasi, game, hingga browser web. Ketika pengguna baru mencoba membuka aplikasi tertentu, maka cache akan diproduksi dan apabila aplikasi tersebut sering dibuka maka produksi file cache pada memori utama akan meningkat.

Pentingnya Membersihkan Cache

Pentingkah membersihkan cache pada perangkat Android? File cache memang bersifat baik karena mempercepat akses suatu file, namun disisi lain file cache yang terus menumpuk akan membuat memori ram dan memori utama penuh sehingga suatu sistem atau aplikasi dapat terjadi lag saat dibuka atau dijalankan.

Selain itu, cache akan lebih maksimal atau lebih baik ketika diperbarui dengan file cache yang baru. Artinya, file cache yang lama perlu dihapus sehingga nantinya ketika pengguna membuka aplikasi maka file cache terbarukan.

Tips menghapus cache juga dapat menjadi solusi ketika terjadi masalah pada suatu sistem atau aplikasi yang error, lambat, atau bahkan tidak bisa dibuka. Dan kemudian nanti dapat dilanjutkan dengan reboot atau restart smartphone.

Dalam membersihkan cache pada perangkat Realme, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Lebih jelasnya, simak metodenya berikut ini.

#1. Melalui Manajemen Aplikasi

Yang pertama, kamu bisa mencobanya langsung melalui manajemen aplikasi. Ini bisa menjadi opsi pilihan ketika kamu hanya ingin membersihkan cache pada satu aplikasi tertentu saja.

Seperti yang saya katakan diatas, ini juga dapat menjadi opsi ketika pengguna mendapati masalah pada aplikasi tertentu dan biasanya dengan cara ini masalah error pada aplikasi dapat terselesaikan. Adapun untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi Realme

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » Penggunaan Memori » kemudian tap Hapus Cache.

#2. Menggunakan Manajer Telepon

Manajer Telepon ada pada perangkat Realme dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna dalam mengelola dan memaksimalkan kinerja smartphone, baik sistem, aplikasi, serta game yang terinstal. Tidak hanya berfungsi dalam membersihkan file cache namun juga dapat digunakan untuk scanning dan membersihkan virus yang ada.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur dan melakukan perubahan pada izin privasi pada aplikasi tertentu sehingga keamanan dan privasi akan lebih terjamin. Untuk menggunakannya, kamu bisa ikuti petunjuk dibawah ini.

Manajer Telepon Realme

  • Pertama, kamu buka aplikasi Manajer Telepon. Kemudian pilih Bersihkan Memori yang nantinya kamu akan diperlihatkan beberapa opsi dalam menghapus cache.
  • Pilih Akhiri Semua, kemudian centang aplikasi yang ingin dibersihkan dari file cache. Tap Hapus untuk membersihkannya.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Manajer Telepon, kamu bisa gunakan aplikasi dari pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store secara gratis, salah satunya CCleaner. Selain tersedia dalam versi PC atau Desktop, aplikasi bentukan dari Piriform juga tersedia dalam versi Android dengan tampilan UI yang simple dan sederhana.

Kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk membersihkan cache aplikasi, history browser dan sistem dengan lebih mudah dan cepat. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache dengan CCleaner

  • Pertama download aplikasi CCleaner dari Play Store terlebih dahulu.
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut dengan tap Analisis dan tunggu hingga proses analisis pada memori utama, baik pada sistem dan aplikasi selesai.
  • Apabila analisis telah selesai, kamu bisa tap Selesaikan Pembersihan untuk membersihkan semua file cache secara maksimal.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#4. Membersihkan Cache pada Browser

Browser menjadi salah satu aplikasi penting yang tentunya sering menjadi andalan para pengguna Android dalam mencari informasi tertentu. Terlebih para mahasiswa yang sering mencari bahan untuk tugas, entah itu via Android ataupun Dekstop.

Dan yang menarik adalah, browser sangat menguras RAM dan memori utama maka dari itu membersihkan history dan cache pnting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan CCleaner seperti langkah sebelumnya atau langsung pada aplikasi browser itu sendiri. Lihat metodenya berikut ini.

Membersihkan Histori Browser Realme

  • Disini saya menggunakan Chrome, buka aplikasi tersebut, kemudian tap icon tiga titik pada bagian pook kanan atas, kemudian pilih Histori.
  • Selanjutnya pilih Hapus Data Penjelajah, kemudian pilih Hapus Data untuk menghapus histori dan cache pada situs dan laman – laman yang pernah dibuka. Untuk opsi lebih lanjut, bisa pilih Lanjutan.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

Membersihkan History Browser

#5. Membersihkan Cache WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu Aplikasi Chat yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Tanpa iklan dan ringan digunakan pada semua perangkat Android menjadikan WhatsApp memiliki banyak pengguna.  Walau demikian, WhatsApp menjadi aplikasi banyak menguras memori internal karena semua data tersimpan ke memori, baik chat, foto, video, file, dan lainnya.

Jangan kaget apabila memori internal kamu cepat habis padahal tidak menginstal banyak aplikasi dan tidak menyimpan banyak foto ataupun video, WhatsApp lah penyebabnya. Membersihkan Cache dan data WhatsApp sangat penting untuk dilakukan. Pada smartphone Realme kamu bisa lebih mudah melakukannya, simak metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache WhatsApp Realme

  • Buka aplikasi Manajer Telepon kemudian pilih Bersihkan Memori. Opsi ini sama seperti sebelumnya, kamu tentu akan merasa mudah melakukannya.
  • Pilih Pembersih WhatsApp. Tap Bersihkan Sekarang untuk menghapus semua file sampah pada WhatsApp. Kamu juga bisa membersihkan file lainnya seperti foto, video, audio, dan juga file jika dirasa tidak dibutuhkan lagi.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#6. Membersihkan Cache FB Messenger

Selain WhatsApp, FB Messenger juga perlu untuk kamu bersihkan file sampahnya. Ini hanya berlaku buat kamu yang sering menggunakan FB Messenger sebagai kebutuhan komunikasi, chat, atau panggilan pada orang – orang tertentu. Metodenya sama seperti sebelumnya, kamu bisa gunakan fitur Manajer Telepon.

Untuk melakukannya, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Membersihkan Cache Messenger Realme

  • Buka Manajer Telepon pada perangkat Realme yang kamu miliki. Pilih Bersihkan Memori.
  • Selanjutnya, pilih FB Messenger. Kamu bisa tap Bersihkan Sekarang untuk membersihkan semua file cache yang ada. Beberapa opsi tambahan bisa kamu gunakan untuk menghapus file lainnya jika sudah tidak dibutuhkan.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

Kesimpulan

Seperti yang saya katakan di awal, pada intinya cache sangat penting dan sangat diperlukan sebuah perangkat device, baik itu komputer atau smartphone, demi mempercepat jalur atau akses suatu file. Menghapusnya tidak perlu setiap hari, cukup beberapa kali dalam sebulan.

Untuk smartphone dengan spesifikasi yang sangat mumpuni saya rasa membersihkan cache bisa dilakukan sebulan sekali, Bagaimanapun, smartphone yang lebih mahal harganya memiliki ruang internal dan RAM yang cukup besar, artinya file cache menumpuk begitu banyak pun, smartphone masih terasa kenceng saat digunakan.

Namun sebaliknya, smartphone dengan spesifikasi pas – pasan, ruang internal yang hanya cukup untuk aplikasi dan game, maka membersihkan cache harus lebih sering dilakukan. Tujuannya agar performa smartphone tetap maksimal, entah untuk bermain game atau hanya sebatas aktivitas harian.

Itulah ulasan singkat dari saya terkait cache pada smartphone dan cara membersihkannya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagi kamu yang punya tips lain dalam meningkatkan performa smartphone, atau mungkin punya pertanyaan seputar HP Realme, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.