Penyebab Koneksi Internet Lambat

Dianisa.comInilah Penyebab Yang Membuat Koneksi Internet Android Serasa Lambat / Lemot. Internet merupakan sebuah media informasi dan komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna ponsel pintar dari seluruh penjuru dunia. Indonesia termasuk Negara yang turut andil dalam masalah Internet, namun sayangnya kecepatan internet di Indonesia memang terbilang buruk. Itu artinya, jika kita sebagai orang yang suka facebook-an serasa lemot itu wajar – wajar saja karena tidak semua area atau wilayah bisa secepat kilat.

Baca Juga:

Semua perangkat Android memiliki konektifitas internet yang berbeda – beda seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Nexus, Huawai, OnePlus, Smartfren Andromax, Sony Experia, Vivo, Advan, Axioo, Acer, Meizu, dan lainnya yang masih banyak lagi.

Perlu anda ketahui bahwa Smartphone atau Tablet Android (kecepatan) mengakses Internet tidak tergantung pada sinyal atau jaringan provider saja, tetapi software dan hardware lainnya juga harus turut mendukung seperti RAM, Prosesor, Aplikasi Browser, Aplikasi Sosmed, dan lainnya.

Penyebab Koneksi Internet Lemot / Lambat

Bagi anda yang mengalami Masalah Pada Koneksi Internet Android Yang Lemot dan ingin tahu penyebab dari masalah tersebut, kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa hal dari masalah tersebut. Penyebab mengenai koneksi internet yang lemot bisa bermacam – macam, dan salah satunya yang paling penting adalah area atau wilayah saat anda mengakses internet. Jika anda mengakses internet pada area hutan atau perdesaan maka anda harus sadar karena jangkauan sinyal pada daerah tersebut biasanya masih lemah, berbeda dengan area yang banyak sinyal dan tidak terhalang oleh gunung seperti perkotaan.

Untuk lebih jelas mengenai Penyebab Koneksi Internet Android Yang Lemot, simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Jaringan Internet Yang Tidak Stabil

Jaringan internet yang tidak stabil biasanya terjadi pada area perdesaan atau hutan. Lebihnya lagi jika itu terjadi pada saat setelah terjadi hujan pasti Sinyal akan naik turun tidak jelas. Area yang memang jauh dari BTS memang tidak sebaik area yang dekat dengan BTS, maka dari itu anda harus bisa memaklumi masalah tersebut.

Terlebih lagi, Indonesia banyak Gunung dan Hutan yang bisa menjadi penghalang adanya sinyal Operator. Jika memang terjadi demikian alangkah baiknya anda harus bisa memutuskan untuk memilih jaringan pada mode 3G Only atau GPRS Only. Jika pada 3G Only, pastikan area anda penuh dengan sinyal operator, sedangkan jika anda memilih GPRS Only (pilih jika sinyal operator naik turun) maka pastinya koneksi tidak secepat 3G Only.

2. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Aplikasi yang berjalan di background yang sangat sering kita temukan. Jika disebutkan sangat banyak aplikasinya, dan yang pasti semua sosial media dan messenger pasti berjalan di background seperti BBM, LINE Facebook Messenger, WeChat, WhatsApp, Path, Twitter, Instagram, dan lainnya yang masih banyal lagi.

Semua aplikasi diatas, belum terhitung aplikasi lain yang suka update seperti Game, Google Play Store, atau aplikasi lainnya. Bayangkan saja, jika misalnya 1 aplikasi membutuhkan 20 kb untuk per-menit. Jika misalnya anda punya 10 aplikasi yang berjalan di background maka anda bisa hitung sendiri konsumsi data yang dibutuhkan dari semua aplikasi tersebut.

Solusinya adalah cobalah untuk menonaktifkan beberapa aplikasi supaya tidak mengakses Internet. Gunakan aplikasi tambahan seperti Mobiwol untuk menonaktifkan aplikasi semacam itu.

Baca Juga:

3. Tumpukan File Sampah Android Yang Tidak Pernah di Hapus

Tumpukan file sampah selalu menjadi penyebab paling utama pada smartphone dan tablet Android. Tidak hanya pada koneksi internet saja, tetapi pada performa Android itu sendiri. File cache atau file sampah ada pada saat anda menjalankan semua aplikasi, baik itu berupa history, temporary, atapun yang lainnya. Solusinya tentu anda harus menghapusnya dengan aplikasi cleaner.

Aplikasi cleaner yang bisa anda gunakan seperti Clean Master, CCleaner, Cleaner, CM Booster, 1 Tap Cleaner, dan aplikasi pembersih lainnya yang masih banyak lagi. Aplikasi semacam itu bisa anda dapatkan dari Google Play Store secara gratis. Selain menggunakan aplikasi, anda bisa membersihkan file sampah secara manual, tapi pasti akan lebih ribet dan lama.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Salah Setting Jaringan

Kesalahan Setting pada jaringan membuat koneksi serasa lemot atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali. Kesalahan dalam mengatur proxy, vpn, username, password dan sebagainya akan mengakibatkan lambatnya koneksi internet pada smartphone Android anda. Jika anda tidak pernah meng-otak – atik bagian ini, maka kemungkinan bukan bagian tersebut yang membuat koneksi internet Android lemot.

5. Terserang Malware Jahat atau Virus

Malware atau Virus jahat bisa menjadi penyebab utama Android serasa berat dan lemot, terutama pada koneksi internet-nya. Kemungkinan besar, jika anda menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terpercaya. File instalasi atau file Apk bisa menjadi malware jahat jika kita tidak berhati – hati, maka dari itu alangkah lebih baiknya selalu mengunduh dan menginstall aplikasi langsung dari Google Play Store secara langsung.

Baca Juga:

6. Kemampuan Smartphone Yang Semakin Lama Semakin Menurun

Setiap perangkat tentu memiliki kelemahan dalam hal performa, terutama smartphone Android. Tidak semua perangkat bisa bertahan selama bertahun – tahun. Agar performa Smartphone Android tetap optimal dan bekerja dengan baik tentunya kita harus merawat Smartphone dengan baik dan benar pula.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Penyebab Koneksi Internet Android Yang Menurun Dan Lemot, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here