10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Memori internal pada smartphone OPPO memiliki peran yang sangat penting. Selain digunakan sebagai instalasi sistem dan aplikasi, memori internal dibutuhkan untuk menyimpan segala macam berkas seperti dokumen, foto, video, audio, games, dan simpanan file-file sementara semacam cache dan cookies. OPPO selaku produsen smartphone telah banyak menghadirkan varian dan tipe ponsel dengan kapasitas memori internal (ROM) yang cukup beragam mulai dari 32GB, 64GB, 128GB, dan yang paling besar 256GB.

Kebutuhan akan memori internal saat ini terbilang sangat tinggi, banyak pengguna terutama anak muda merasa tidak lagi cukup dengan ruang penyimpanan sebesar 32GB. Hal ini terjadi lantaran banyaknya aplikasi dan game yang terus melakukan pembaruan dan penambahan fitur. Terlebih dengan banyaknya informasi yang masuk melalui WhatsApp seperti foto, video, audio, dokumen, dan sejenisnya menyebabkan memori penyimpanan cepat habis.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, dan LAG

Penyebab Memori Penuh di HP OPPO

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan memori internal penuh / cepat habis mulai dari penumpukan file sampah, instalasi aplikasi dan game yang berlebihan, unduhan file offline YouTube yang begitu banyak, sampai dengan file WhatsApp yang tidak pernah dibersihkan. OPPO akan memberikan notifikasi ketika memori internal tidak cukup untuk menyimpan file baru. Berikut beberapa poin penting yang menyebabkan memori internal OPPO penuh.

  • File sampah yang tidak pernah dibersihkan – Penumpukan file sampah yang berlebih dapat membuat memori internal penuh yang dampaknya juga membuat smartphone terasa lambat saat digunakan.
  • File WhatsApp yang tidak pernah dibersihkan – Kiriman file media WhatsApp dari teman, grup, dan komunitas yang begitu banyak juga menyebabkan memori cepat habis. Maka dari itu, lakukan pemantauan aktivitas penggunaan data penyimpanan melalui Setelan aplikasi WhatsApp.
  • Unduhan file offline YouTube yang sangat banyak – Bagi Anda yang merasa memiliki unduhan offline video YouTube, sebaiknya lakukan pembatasan agar tidak menyebabkan memori internal penuh. Lebihnya lagi video dengan resolusi di atas 360p memiliki ukuran yang relatif besar.
  • Memasang aplikasi ataupun game dengan ukuran yang relatif besar – Aplikasi dan game juga menjadi penyebab penuhnya memori internal, utamanya game yang memiliki ukuran di atas 1GB sampai 4GB.
  • Tidak menggunakan memori eksternal (SD Card) – Alasan lain adalah tidak memanfaatkan slot Micro SD untuk meningkatkan memori penyimpanan. Padahal ponsel OPPO menyediakan slot Micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB.
  • Tidak memanfaatkan layanan cloud storage – Banyak dari pengguna tidak memanfaatkan layanan cloud storage sebagai alternatif dalam menyimpan file berkas. Padahal layanan cloud storage memudahkan pengguna dalam mengakses berkas di mana pun dan kapan pun saat sedang dibutuhkan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Selain terbatas dalam menyimpan file baru, memori internal penuh juga berpengaruh pada penurunan performa. Lama kelamaan, pengguna akan mengalami kelambatan dalam memproses data yang ada di dalam memori internal. Tidak ada lagi ruang untuk sistem dan aplikasi untuk memproses dan menyimpan data sementara. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Bersihkan file junk dan cache

Cobalah untuk membersihkan file junk (sampah), cache, cookies, dan sejenisnya agar tidak membuat memori internal penuh. File cache yang diproduksi oleh sistem dan aplikasi sebenarnya membantu pengguna agar lebih cepat dalam membuka atau menjalankan aplikasi. Tetapi file cache tersebut tetap harus dibersihkan agar nantinya diganti dengan file cache yang baru.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga. Selain membersihkan file cache, bersihkan juga data-data kiriman pada aplikasi WhatsApp. Data kiriman WhatsApp yang begitu banyak juga membuat memori internal penuh. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti beberapa metodenya berikut ini.

Gunakan aplikasi pembersih

Bersihkan Cache OPPO
1. Bersihkan file sementara menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Bersihkan & Percepatan » tunggu sampai proses pemindaian cache selesai dilakukan.
  3. Ketuk Bersihkan.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Pembersih Android & iOS Terbaik

Hapus data WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp
1. Bersihkan data sementara WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada ponsel OPPO Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.
  3. Pilih Penyimpanan dan data » Kelola penyimpanan.
  4. Selanjutnya pilih chat dan media yang ingin Anda hapus.
  5. Selesai.

Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Matikan unduh data otomatis WhatsApp data otomatis WhatsApp
1. Matikan unduhan otomatis WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Masuk pada menu Setelan WhatsApp » Penyimpanan dan data.
  2. Pada bagian Unduh otomatis media, ubah bagian Saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi, dan saat roaming.
  3. Hilangkan centang pada foto, video, audio, dan dokumen.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Hemat Data Saat Menggunakan WhatsApp

2. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Menghapus Aplikasi OPPO
2. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, sebaiknya hapus aplikasi ataupun game yang dirasa tidak diperlukan lagi. Terutama untuk game dengan ukuran yang cukup besar. Mengingat game sering kali lebih cepat menghabiskan penyimpanan internal ketimbang file berkas seperti dokumen, foto, video, dan sejenisnya. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus untuk menghapus aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan tap OK.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Aplikasi Android

3. Gunakan memori eksternal (SD Card)

Saran saya, tambahkan memori eksternal (SD Card) pada ponsel OPPO Anda. Meskipun SD Card tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan atau memindahkan aplikasi, tetapi Anda masih bisa gunakan untuk menyimpan file media seperti foto, video, audio, dokumen, dan sejenisnya. Anda tidak perlu lagi menyimpan semua berkas di memori internal, gunakan memori internal hanya untuk instalasi sistem, aplikasi, dan simpanan data sementara.

Ponsel OPPO kelas low-end saat ini seperti OPPO A11k, A15, A12, A31, A33,  dan masih banyak lagi menyediakan slot Micro SD dengan maksimal kapasitas mencapai 256GB. Artinya, Anda masih memiliki banyak ruang apabila ingin memperluas media penyimpanan.

Saya tidak memiliki cukup dana untuk membeli kartu SD, lalu apa solusinya? Tenang saja, Anda bisa memindahkan berkas tersebut ke komputer/ laptop. Atau bisa juga memanfaatkan layanan cloud storage seperti Google Drive untuk menghemat media penyimpanan internal. Simak penjelasannya pada poin ketiga dan keempat.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi RAM Android Penuh

4. Pindahkan berkas dan aplikasi ke memori eksternal

Seperti yang saya jelaskan pada poin sebelumnya, apabila Anda telah memiliki kartu SD, Anda bisa memindahkan file media dari memori internal ke memori eksternal (SD Card). Tetapi jika itu masih belum cukup, Anda bisa memindahkannya ke komputer/ laptop yang Anda miliki. Apa pun caranya, setidaknya sisanya 20% dari kapasitas memori internal Anda. Anda tidak bisa melegakan ruang penyimpanan jika tidak menghapus atau memindahkannya.

5. Gunakan layanan cloud storage

Tidak ada dana untuk membeli kartu SD, Anda bisa manfaatkan layanan cloud storage (penyimpanan awan) gratis, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box, dan lainnya. Layanan tersebut cukup efektif untuk menyimpan file media yang membebani memori internal Anda. Google Drive adalah yang paling saya rekomendasikan saat ini. Selain tersedia secara langsung pada ponsel Android (bloatware), Anda bisa mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk satu akun.

Untuk mengunggahnya, Anda membutuhkan data internet yang cukup. Manfaatkan layanan WiFi untuk mengunggah semua file media tersebut ke cloud storage.

Lihat Juga : Mengenal Google Drive beserta Fitur dan Cara Menggunakannya

6. Reset ponsel OPPO

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel ke setelan awal / pabrikan. Cara ini akan membersihkan semua data pada ponsel OPPO Anda. Anda dua cara dalam melakukan reset ponsel OPPO, melalui menu Pengaturan dan Recovery Mode / ColorOS Recovery. Sebelum melakukannya, sebaiknya backup data penting yang Anda miliki. Pindahkan data-data penting Anda ke memori eksternal atau komputer.

Factory Reset OPPO

Reset HP OPPO
6. Factory Reset HP OPPO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan » Buat cadangan dan reset.
  3. Pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik » Hapus semua isi & pengaturan.
  4. Konfirmasi reset ponsel OPPO ke setelan pabrik.
  5. Selesai.

Hard Reset OPPO

  1. Pertama, pastikan ponsel OPPO Anda dalam keadaan off atau mati.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO.
  3. Setelah muncul logo OPPO, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka Anda akan masuk pada menu ColorOS Recovery.
  4. Untuk bahasa, pilih Bahasa Inggris » lanjutkan dengan memilih Wipe Data » konfirmasi dengan Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos).
  5. Tunggu selama beberapa saat sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Tekan Reboot untuk restart ponsel OPPO.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Kamera Depan OPPO Tidak Berfungsi

Penutup,

Munculnya pesan notifikasi “memori internal penuh”, “memori internal tidak cukup”, atau “memori internal hampir habis” memang sangat menyebalkan. Tetapi dengan beberapa tips di atas, setidaknya Anda bisa melegakan memori internal. Bagaimanapun, kapasitas memori internal bisa cepat habis jika tidak ditambah dengan memori eksternal. Berikut beberapa poin penting untuk melegakan memori internal:

  • Bersihkan file sementara menggunakan aplikasi pembersih.
  • Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  • Hindari menyimpan video offline YouTube apabila Anda merasa memori internal Anda tidak cukup.
  • Gunakan memori eksternal yang dapat mencukupi kebutuhan Anda.
  • Manfaatkan layanan cloud storage gratis.
Apa penyebab memori internal cepat habis?

Ada banyak faktor yang menyebabkan memori internal penuh seperti instalasi aplikasi dan game dengan ukuran yang relatif besar, penumpukan file sampah, dan simpanan file media. Hal ini juga bergantung pada kebiasaan pengguna, setiap pengguna memiliki kebiasaan dan aktivitas yang berbeda-beda.

Apakah aplikasi bawaan tidak bisa dihapus untuk melegakan memori internal?

Aplikasi bawaan (bloatware) tidak bisa diharus ataupun dipindahkan ke memori eksternal.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.