Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Muncul di Xiaomi

Masalah notifikasi atau pemberitahuan memang kerap terjadi pada para pengguna Android, termasuk Xiaomi. Opsi pengaturan notifikasi pada smartphone yang begitu beragam membuat sebagian pengguna kebingungan, termasuk anda yang mungkin saat ini sedang mengalami hal yang sama.

Notifikasi secara real-time menjadi sangat penting dimana para pengguna akan merasa lebih mudah dan terbantu dalam melihat informasi yang masuk, entah itu chat, panggilan masuk, stories teman, dan lainnya.

Melalui artikel ini, penulis akan membantu anda menangani masalah yang terjadi pada notifikasi Xiaomi yang tidak berbunyi dan muncul. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah, pastikan nada dering dan prioritas aplikasi telah terpilih.

Lihat Juga : Mengatasi Nada Pesan Xiaomi Tidak Bunyi & Muncul

Mengatasi Masalah Notifikasi Xiaomi

Solusi yang penulis berikan dibawah ini cukup sederhana dan mudah untuk anda lakukan, bisa pada MIUI 7, 8, 9, 10, atau yang paling tinggi saat ini.  Lebih jelasnya, mari simak beberapa metodenya berikut ini.

#1. Pastikan Smartphone Tidak Dalam Mode Hening

Hal mendasar pertama yang perlu anda perhatikan adalah, pastikan smartphone tidak dalam mode hening atau diam. Terkadang sebagian pengguna lupa bahwa ia memilih mode hening, sehingga sampai kapan-pun notifikasi tidak akan bunyi.

Untuk pengguna yang memang tidak ingin notifikasi bunyi, it’s ok … tapi untuk pengguna yang ingin notifikasi bunyi, maka hindari memilih mode ini.

#2. Pastikan Nada Notifikasi Terpilih

Selain mode pilihan, pastikan nada notifikasi juga telah terpilih, … jangan sampai opsi pilihannya tidak ada, harus ada nada yang dipilih apabila ingin notifikasi berbunyi. Untuk melakukannya, anda bisa masuk bagian setelan suara notifikasi bawaan.

Memilih Nada Dering Pesan Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Suara & Getaran » Suara Notifikasi Bawaan » Kemudian pilih nada dering kesukaan anda.

#3. Pastikan Perizinan Getar dan Suara Aktif

Selanjutnya, pastikan perizinan getar dan suara aktif dimana bagian ini sangat penting untuk diperhatikan. Untuk melakukannya, ada bisa masuk pada setelan aplikasi terinstal atau bawaan sesuai dengan notifikasi aplikasi yang diinginkan.

Lebih jelasnya, anda bisa lihat screenshot beserta langkah-langkahnya dibawah ini.

Perizinan Getar dan Suara Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstal » Nama Aplikasi » Notifikasi » lalu pastikan bagian Suara, Getaran, dan Lampu Indikator menyala atau aktif.

Lihat Juga : Mengubah Setelan Volume, Suara & Getaran HP

#4. Cek Bagian Perizinan Layar Kunci

Selanjutnya, pastikan perizinan layar kunci aktif, jikalau anda ingin menampilkan notifikasi mengambang atau mode layar kunci. Hal ini akan memungkinkan smartphone untuk tetap menampilkan notifikasi masuk, tidak hanya di bar notifikasi tetapi juga mengambang pada layar kunci.

Beberapa aplikasi umum yang biasa diaktifkan yakni aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, atau sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Perizinan Layar Kunci Aplikasi Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstal » Nama Aplikasi » Perizinan lainnya » kemudian pastikan bagian tampil di Layar Kunci aktif atau menyala agar notifikasi tampil ketika mode smartphone terkunci.

#5. Prioritaskan Notifikasi Pada Aplikasi

Bagian prioritas notifikasi aplikasi juga sangat penting untuk diperhatikan, dimana ada beberapa aplikasi yang memang tidak menampilkan notifikasinya ketika tidak dilakukan pengaturan terlebih dahulu.

Untuk melakukannya, anda bisa masuk pada bagian setelan notifikasi aplikasi yang nantinya akan terlihat beberapa aplikasi yang notifikasi disembunyikan. Simak melalui screenshot dibawah ini.

Prioritaskan Notifikasi Aplikasi Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Notifikasi & bar Status » Notifikasi Aplikasi » dan kemudian dibawahnya terlihat beberapa aplikasi yang disembunyikan notifikasinya. Pilih Aplikasi yang anda inginkan, kemudian tap Tampil Notifikasi.

#6. Bersihkan Cache & Data Aplikasi

Hal terakhir yang bisa anda lakukan, ketika semua perubahan notifikasi telah anda jalankan dan tidak membuahkan hasil, coba bersihkan cache dan data aplikasi. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan beberapa bugs atau error pada aplikasi tertentu.

Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan aplikasi keamanan atau langsung pada manajemen aplikasi.

Hapus Data Aplikasi Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Nama Aplikasi » Selanjutnya tap Hapus Data » kemudian pilih Hapus Semua Data.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Dan itulah beberapa metode sederhana yang bisa anda lakukan, semoga berhasil dalam mengatasi notifikasi yang tidak bunyi dan muncul. Penulis tidak menjamin metode yang diberikan benar-benar sukses, namun disini penulis berusaha menghadirkan metode terbaik bagi para pengguna Xiaomi.

Kerusakan atau kesalahaan error pada aplikasi Xiaomi bukan menjadi tanggung jawab penulis.  Jika anda ingin berdiskusi atau bertanya lebih lanjut seputar perangkat yang anda gunakan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. KRIS berkata:

    Kalo punyaku nada dering tiba2 ilang, aku kira hoki rusak, sampai aku beli hp lagi dng merk yg sama, tapi tetap permasalahan sama terjadi, knp ya kak?