4 Cara Menghemat Baterai di HP Xiaomi, Mudah Banget!

0
500

Dianisa.com – Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone Xiaomi. Sistem dan aplikasi sangat membutuhkan peranan dari sumber daya untuk memaksimalkan setiap kinerja yang ada pada perangkat Android, termasuk Xiaomi. Dengan baterai yang dihadirkan sesuai dengan kapasitas yang ada maka dapat membantu kinerja aplikasi sesuai dengan rentan waktu atau lamanya kita menggunakannya. Yang menarik saa ini ialah, hadirnya fitur penghemat baterai menjadikan penggunaan lebih lama ketimbang yang dahulu. Lebihnya lagi, beberapa smartphone terbaru saat ini, hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar sehingga dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga :

Tips Menghemat Baterai Xiaomi

Mengingat pentingnya Konsumsi Daya Pada Smartphone, pada artikel kali ini saya akan membantu anda melakukan pengaturan dan optimasi penggunaan baterai pada smartphone Xiaomi. Karena saat ini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 4X, maka saya akan berbagi metode sesuai dengan tipe HP yang saya gunakan. Jikapun anda memiliki smartphone beda tipe, maka anda bisa menyesuaikannya. Pada intinya sama, anda bisa cek dan coba terapkan nantinya. Dan berikut Metode Menghemat Dan Optimasi Baterai Pada Smartphone Xiaomi …

1. Aktifkan Kondisi Pintar Saat Anda Tidak Aktif

Ketika anda tidak menggunakan smartphone pada rentang waktu yang cukup lama, maka sangat disayangnya apabila baterai anda cepat habis hanya karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, Wi-Fi yang terus mencari jaringan, lampu notifikasi yang terus menyala, GPS, dan lainnya. Nah, maka dari itu cobalah untuk mengaktifkan Mode Tidur sebagai alternatif hemat baterai saat anda sedang tidak aktif atau saat anda sedang tidur. Fitur MIUI ini secara pintar akan mendeteksi keberadaan anda yang tidak aktif dan pastinya akan Menghemat Penggunaan Baterai Pada Smartphone Xiaomi anda. Untuk melakukannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Aktifkan Mode Tidur Baterai Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Baterai & Performa » Kondisi Pintar » Kemudian aktifkan bagian “Mode Tidur”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Metode berikutnya yakni Aktifkan Fitur Penghemat Baterai. Bagian ini tentu sangat penting untuk memaksimalkan keinginanan anda dalam Menghemat Baterai Pada Smarphone Xiaomi. Pada bagian yang satu ini, anda dapat menghemat penggunaan baterai pada layar belakang aplikasi dan juga sinkronisasi otomatis dengan akun – akun tertentu, semisal Mi Cloud, Google Drive, atau yang lainnya. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Aktifkan Fitur Penghemat Baterai Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Baterai & Performa » Daya » Penghemat Baterai » Kemudian aktifkan bagian “Penghemat Baterai”. Apabila anda ingin Penghemat Baterai tetap aktif ketika anda mengisi daya, maka anda bisa abaikan bagian “Matikan Saat Diisi Daya”. Tetapi jika anda ingin Penghemat Baterai dimatikan saat anda mengisi Daya, maka aktifkan bagian “Matikan Saat Diisi Daya”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Hemat Baterai Pada Semua Aplikasi

Pada bagian ketiga ini adalah opsional pilihan ketika anda ingin Menghemat Baterai Pada Aplikasi – Aplikasi Tertentu ataupun sebaliknya. Jika anda tertarik untuk mencobanya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hemat Baterai Pada Aplikasi Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Baterai & Performa » Pilih Apl » Kemudian pilih “NAMA APLIKASI” » Jika anda ingin menghemat baterai maka anda bisa aktifkan bagian “Penghemat Baterai (Rekomendasi)”. Ada opsional pilihan lainnya seperti “Batasi Apl Latar Belakang”, “Batasi Aktivitas Latar Belakang”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Analisa Konsumsi Baterai

Kemudian untuk yang terakhir, cobalah untuk memanfaatkan fitur Analisa Penggunaan Baterai Pada Smartphone Xiaomi anda. Fitur tersebut biasanya akan melakukan scanning pada semua aplikasi yang boros terhadap konsumsi baterai dan menghentikannya seketika. Ada opsional pilihan dengan menambah rentan waktu atau mengoptimalkannya secara manual. Adapun untuk lebih jelasnya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Analisa Konsumsi Baterai Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Baterai & Performa » Daya » Analisa Konsumsi Baterai » Kemudian tunggu sampai proses analisa selesai. Selanjutnya, lakukan optimalisasi dengan tap “Tambahkan … ”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Itulah tips sederhana yang dapat saya berikan dalam Menghemat Penggunaan Baterai Pada Smartphone Xiaomi. Dengan melakukan metode – metode yang saya berikan, saya rasa smartphone Xiaomi anda akan lebih hemat dan lebih lama saat digunakan untuk beraktifitas.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Menghemat Konsumsi Baterai Smartphone Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait tips dan trik atau masalah pada smartphone Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here