10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang, Bertanda X

Sinyal Android Anda hilang? bertanda X? tidak ada layanan? panggilan darurat saja? Sudah Anda otak atik…

Sinyal Android Anda hilang? bertanda X? tidak ada layanan? panggilan darurat saja? Sudah Anda otak atik juga tidak bisa tampil? Masalah tersebut memang sangat sulit untuk di pecahkan, saya sendiri juga pernah mengalami masalah yang sama. Sinyal Android yang hilang di sebabkan oleh beberapa hal seperti lokasi yang tidak mencangkung sinyal, terjadinya penumpukan cache network yang menghambat Android untuk mencari sinyal, terjadi error pada sistem Android, dan kartu SIM telah mati (rusak).

Sinyal Android memiliki frekuensi yang berbeda-beda, tergantung lokasi tempat Anda tinggal. Perkotaan merupakan lokasi terbaik untuk mendapatkan sinyal, sedangkan lokasi pedesaan atau hutan memiliki cakupan sinyal yang lumayan sulit karena terhalang oleh gunung dan jauh dari Tower BTS / pemancar. Yang menjadi pertanyaan adalah, di mana lokasi tempat Anda tinggal saat ini? di kota atau di desa. Harap maklum jika Anda tinggal di desa dan tidak memperoleh sinyal yang cukup bagus.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Penyebab sinyal Android hilang / bertanda X

Untuk mengatasi masalah sinyal yang hilang dan tidak muncul, ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan. Tapi sebelum itu, simak beberapa faktor yang menyebab sinyal Android hilang berikut ini.

  • Provider sedang dalam perbaikan (maintenance) – Kemungkinan provider sedang dalam perbaikan atau perawatan (maintenance) sehingga jaringan sedikit terganggu. Umumnya kendala jaringan karena maintenance terjadi pada malam hari (antara jam 00.00 sampai jam 03.00 pagi). Tetapi tidak menutup kemungkinan perbaikan juga dilakukan pada siang hari. Anda hanya bisa menunggu sampai jaringan normal dan stabil kembali.
  • Di luar jangkauan area jaringan – Anda berada di wilayah atau tempat yang tidak mencakup jaringan provider. Kondisi semacam ini lebih sering terjadi pada area perdesaan atau area terpencil yang jauh dari Tower BTS (pemancar sinyal provider).
  • Cuaca buruk – Faktor cuaca juga dapat mempengaruhi konektivitas jaringan provider. Apalagi di sertai angin dan petir yang justru menyebabkan gangguan sinyal. Hal ini beralasan karena jaringan seluler menggunakan frekuensi radio yang sangat sensitif dengan cuaca.
  • Masalah sistem dan aplikasi – Bugs pada sistem dan aplikasi juga dapat menyebabkan konektivitas jaringan terganggu. Kondisi ini pernah saya alami sendiri. Setiap kali mengaktifkan GPS, sinyal 4G selalu hilang timbul.
  • Kerusakan komponen – Kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen jaringan. Terutama di bagian slot SIM Card dan penangkap sinyal. Tetapi kerusakan tersebut masih belum pasti, Anda perlu datang ke Service Center atau tanyakan ke Service HP terdekat untuk memastikannya.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Timbul

Mengatasi sinyal Android hilang

Untuk mengatasi sinyal Android yang hilang / tidak muncul, Anda bisa mencoba beberapa tips yang saja jelasnya di bawah ini. Tips yang saya berikan sangat sederhana, Anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukannya. Cukup dengan mengotak atik fitur yang tersedia pada ponsel Android yang Anda gunakan.

1. Gunakan mode pesawat terbang

Aktifkan Mode Pesawat Terbang Android
1. Gunakan mode pesawat terbang. RUDI DIAN ARIFIN

Mode pesawat terbang digunakan ketika ingin melakukan penerbangan dengan pesawat terbang. Tujuannya mode pesawat terbang di aktifkan agar tidak mengganggu komunikasi pesawat. Dari fungsinya tersebut, Anda bisa memanfaatkan mode pesawat terbang untuk memancing / memuat ulang sinyal Android. Coba gunakan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk menonaktifkan semua konektivitas jaringan (sinyal, Bluetooth, GPS, Wi-Fi, Hotspot) selama beberapa saat.  Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi sinyal Android yang hilang / tidak muncul.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Pengaturan Jaringan & Nirkabel » aktifkan Modus Pesawat.
  3. Tunggu selama beberapa saat. Setelah itu, matikan Modus Pesawat.
  4. Lihat apakah sinyal normal kembali normal atau tidak.
  5. Selesai.

2. Ganti Provider

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan yakni coba ganti provider SIM Card Anda. Ini bisa menjadi pilihan ketika sinyal terlihat kurang bagus. Lebihnya lagi jika Anda tinggal di area yang jauh dari perkotaan, perdesaan misalnya yang bisa dibilang minim sinyal. Hal ini terjadi pada saya sendiri, saat saya pulang kampung dan provider yang saya gunakan minim sinyal, akhirnya saya harus menyesuaikan provider sesuai dengan daerah kampung saya. Bisa jadi perbaikan jaringan dari pihak provider dapat membuat sinyal Anda loss atau hilang total. Atau karena pengaruh cuaca yang cukup ekstrem.

3. Cek settingan HP (ingat baik-baik)

Aktifkan Jaringan 4G Android
3. Cek setelan jaringan Android. RUDI DIAN ARIFIN

Cobalah untuk mengingat – ingat kembali, perubahan apa yang sebelumnya telah Anda lakukan. Pastikan sinyal yang Anda pilih berada pada posisi otomatis bukan posisi manual. Hal ini sangat berpengaruh, ketika Anda memilih opsi manual dan Anda berpindah tempat maka kemungkinan sinyal akan terganggu bahkan hilang. Pastikan juga apakah sebelumnya telah melakukan setelah ke mode LTE only padahal di daerah Anda tidak mendukung jaringan tersebut. Ubah ke default saja agar semuanya normal kembali.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Pengaturan Jaringan & Nirkabel » Jaringan Seluler.
  3. Pastikan Aktifkan 4G dalam keadaan aktif (enable) serta Jenis jaringan yang dipilih sudah LTE/WCDMA/GSM otomatis.
  4. Selesai.

4. Tes dengan kartu SIM lain

Jika Anda tidak ingin membeli SIM baru, coba tes dengan kartu SIM lain. Anda bisa pinjam teman atau kekasih untuk melakukannya. Dengan begitu Anda bisa tahu apakah SIM orang lain normal atau tidak. Apabila SIM orang lain juga bermasalah, kemungkinan slot SIM rusak. Tetapi jika SIM orang lain normal tanpa ada masalah sama sekali, maka kemungkinan SIM Anda rusak, mati, atau provider mengalami gangguan.

Coba cek apakah kartu SIM Anda masih bisa di pakai atau tidak. Terkadang kartu SIM yang sudah lama yang tidak di isi pulsa akan mati dan tidak bisa digunakan. Ganti kartu SIM Anda dengan yang baru atau lakukan pembaruan dengan mengaktifkan SIM Anda kembali ke layanan provider di tempat tinggal Anda.

5. Update sistem Android

Update Sistem Android
5. Update sistem Android. RUDI DIAN ARIFIN

Cobalah untuk update sistem Android Anda ke versi terbaru. Cara ini sangat disarankan karena stabilitas sistem akan bekerja lebih optimal, fitur, dan keamanan juga akan lebih ditingkatkan, serta bugs pada jaringan kemungkinan akan diperbaiki. Opsi update sistem hanya dapat Anda lakukan jika tersedia versi terbaru sistem Android. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Android Anda.
  6. Selesai.

6. Lakukan Factory Reset

Factory Reset Android
6. Factory Reset Android. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila semua tips di atas tidak membantu, cobalah untuk melakukan Factory Reset ponsel Android Anda. Mungkin saja terdapat bugs pada sistem Android yang menyebabkan sinyal hilang / tidak muncul. Dengan melakukan Factory Reset, semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen serta setelan dan aplikasi akan dikembalikan ke posisi awal. Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Pindahkan data-data penting yang ada di memori internal ke memori eksternal atau komputer.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Hard Reset Android

7. Invalid IMEI

Invalid IMEI menjadi masalah yang cukup ribet untuk diatasi. IMEI merupakan nomor seri / identitas yang terdapat pada perangkat Android. Semua perangkat Android memiliki nomor IMEI yang berbeda – beda. Tujuannya sebagai identitas dari semua smartphone di seluruh dunia. Dan apabila IMEI Anda terlihat invalid maka jaringan tidak akan tersedia sampai nomor IMEI tersedia kembali. Anda bisa temukan IMEI Anda di pengaturan atau menggunakan kode dial *#06# untuk melihatnya.

Penyebab invalid IMEI bisa bermacam – macam, mungkin karena kesalahan Flashing, bugs pada ROM, kerusakan sistem, dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa searching terkait IMEI di Google atau YouTube.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca

Penutup,

Dengan mencoba semua tips di atas, diharapkan sinyal Android yang hilang dapat muncul kembali. Jika pun nantinya masih bermasalah, datanglah ke Service HP atau Service Center (resmi) untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan yang lebih baik. Terkadang masalah yang disebabkan oleh kerusakan komponen tidak dapat diperbaiki sendiri dan harus dilakukan oleh teknisi atau orang yang lebih ahli.

Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Realme, Asus, VIVO, Huawei, Xiaomi, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa sinyal Android hilang timbul?

Sinyal Android yang hilang timbul dapat disebabkan karena kualitas sinyal yang buruk atau kemungkinan lain terdapat bugs pada sistem dan aplikasi terinstall.

Mengapa data internet aktif tapi tidak terhubung ke internet?

Ada banyak faktor yang menyebabkan akses internet gagal seperti halaman atau aplikasi di blokir oleh provider / pemerintah, paket data atau masa aktif kartu telah habis, dan adanya gangguan jaringan.

Mengapa kartu SIM tidak ada layanan?

Masalah SIM Card yang bertuliskan tidak ada layanan bisa disebabkan karena SIM rusak, tidak terbaca, dan gangguan pada provider.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

  1. Apa itu Bitmap?

    Bitmap merupakan susunan dari pixel – pixel yang membentuk sebuah gambar / informasi.
  2. Spesifikasi PC / Laptop Untuk eFootball PES 2021

    eFootball PES 2021 adalah salah satu seri game liga pertandingan sepak bola yang dirilis Konami sejak…
  3. Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

    Multimedia adalah media teknologi dengan sistem integrasi antara suara, teks, animasi, audio dan video dengan bantuan…