10+ Cara Mengatasi Sinyal Android Yang Hilang, Bertanda X

Dianisa.com – Mengatasi Sinyal Android Hilang Bertanda X. Sinyal Android anda hilang? Bertanda X? Sudah anda ulek – ulek tapi juga tidak bisa tampil? Mengenai masalah tersebut memang sangat sulit untuk di pecahkan, saya sendiri juga pernah mengalami masalah yang sama.

Sinyal Android Yang Hilang di sebabkan oleh beberapa hal seperti lokasi yang memang tidak mencangkung sinyal, terjadinya penumpukan cache network yang menghambat Android untuk mencari sinyal, Terjadi Error Pada Sistem Android, dan Kartu SIM Telah Mati (Rusak).

Seperti yang anda ketahui bahwa sinyal Android memiliki frekuensi yang berbeda – beda, tergantung lokasi tempat anda tinggal.

Pada umumnya lokasi kota lebih leluasa dalam mencari sinyal, sedangkan lokasi pedesaan atau hutan memiliki cangkungan sinyal yang lumayan sulit karena terhalang oleh gunung dan jauh dari tower pemancar.

Masalah Smartphone

Masalah Koneksi Internet

Yang menjadi pertanyaan adalah, Di mana lokasi tempat anda tinggal saat ini? di kota atau di desa. Harap maklum jika anda tinggal di desa dan tidak memperoleh sinyal yang cukup bagus.

Untuk Mengatasi Masalah Sinyal Yang Hilang Dan Tidak Muncul, ada beberapa tips yang bisa anda coba terapkan.

Mengatasi Sinyal Android Yang Hilang

Tips yang saya berikan sangat sederhana, anda tidak perlu aplikasi tambahan atau semacamnya. Cukup dengan Mengotak – Atik Fitur Yang Tersedia Pada Android yang anda miliki.

1. Reboot Smartphone

Cara pertama yang bisa anda lakukan, cobalah untuk melakukan Reboot Pada Smartphone Android anda. Terkadang cara ini berhasil pada beberapa smartphone yang mengalami Masalah Sinyal Yang Hilang Mendadak Atau Tidak Muncul.

2. Mode Penerbangan

Jika cara pertama tidak berhasil, coba lakukan Mode Penerbangan. Aktifkan mode penerbangan anda selama beberapa detik, kemudian matikan mode penerbangan Android anda.

Hal ini dimaksudkan untuk Memancing Sinyal Android Yang Hilang.

Mode Pesawat Android

  • Buka Menu Pengaturan » Nirkabel & Jaringan » Selengkapnya… » kemudian centang pada bagian “Mode Pesawat” Selama beberapa saat (Sekitar 2 Menit). Setelah itu, anda hilangkan centang tersebut, dan secara otomatis sinyal Android akan di perbarui.

3. Hapus Cache Network

Penumpukan cache yang berlebihan dapat menghambat Android dalam mencari sinyal. Untuk itulah anda perlu Menghapusnya Dengan Menggunakan Aplikasi Clean Master.

Aplikasi tersebut sangat ampuh dalam Menghapus Cache Memori Android.

4. Matikan smartphone, Cabut Baterai dan Kartu SIM

Cobalah untuk Mematikan Smartphone Android anda, kemudian cabut baterai, Kartu SIM, dan Memori Card. Diamkan selama 30 detik agar nantinya tidak ada daya baterai yang masuk pada smartphone.

Kemudian pasang kembali dan cobalah untuk menyalakan smartphone Android anda.

5. Ganti Provider

Hal lain yang bisa anda lakukan yakni Ganti Provider SIM Card anda. Ini bisa menjadi pilihan ketika sinyal terlihat kurang bagus. Lebihnya lagi jika anda tinggal di area yang jauh dari perkotaan, perdesaan misalnya yang bisa dibilang minim sinyal.

Hal ini terjadi pada saya sendiri, saat saya pulang kampung dan provider yang saya gunakan minim sinyal yang akhirnya saya harus menyesuaikan provider sesuai dengan daerah kampung saya.

Bisa jadi juga perbaikan jaringan dari pihak provider dapat membuat sinyal anda loss atau hilang total. Atau karena pengaruh cuaca yang cukup ekstrim.

6. Tes Dengan Kartu SIM Lain

Jika anda tidak ingin membeli SIM baru, coba tes dengan kartu SIM lain. Anda bisa pinjam teman atau kekasih untuk melakukannya. Dengan begitu anda bisa tahu apakah SIM orang lain normal atau tidak.

Kalau nanti masih bermasalah, kemungkinan slot SIM rusak atau provider yang bermasalah. Tapi jika semua provider di Indonesia anda coba semua dan hasilnya tetap sama, maka bisa jadi system dan slot SIM patut untuk di curigai.

7. Cek Settingan HP (Ingat Baik – Baik)

Cobalah untuk mengingat – ingat kembali, setting apa yang sebelumnya telah anda lakukan. Pastikan sinyal yang anda pilih berada pada posisi otomatis bukan posisi manual. Hal ini sangat berpengaruh, ketika anda memilih opsi manual dan anda berpindah tempat maka kemungkinan sinyal akan terganggu bahkan hilang.

Kemudian, pastikan juga apakah sebelumnya telah melakukan setelah ke Mode LTE Only yang padahal di daerah anda tidak mendukung jaringan tersebut. Ubah ke default saja agar semuanya normal kembali.

8. Update Sistem Android

Cobalah untuk melakukan update sistem android anda ke versi terbaru. Cara ini tentu sangat baik karena stabilitas sistem akan bekerja lebih maksimal, fitur, dan keamanan juga akan lebih ditingkatkan. Bugs Pada Jaringan kemungkinan akan diperbaiki.

Dan untuk melakukannya, anda bisa lihat contoh – contohnya dibawah ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

9. Invalid IMEI

Invalid IMEI menjadi masalah yang cukup ribet untuk diatasi. IMEI merupakan nomor seri dari setiap smartphone Android dan biasanya semua perangkat Android memiliki nomor IMEI yang berbeda – beda. Tujuannya sebagai identitas dari semua perangkat smartphone di seluruh dunia.

Dan apabila IMEI anda terlihat invalid maka jaringan tidak akan tersedia sampai nomor IMEI tersedia kembali. Anda bisa temukan IMEI anda di pengaturan atau menggunakan kode dial *#06# untuk melihatnya.

Penyebab invalid IMEI bisa bermacam – macam, mungkin karena kesalahan flash, bugs pada ROM, kerusakan sistem, dan lainnya. Untuk mengatasinya, anda bisa searching terkait IMEI di google.

10. Lakukan Factory Reset

Jika 4 cara diatas tidak berhasil menyelesaikan masalah anda, cobalah untuk Melakukan Factory Reset atau Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Awal.

Cara ini memang sangat beresiko karena nantinya semua data dan aplikasi akan hilang, terkecuali jika anda menyimpan pada Memori Eksternal (Micro SD).

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Untu metode reset diatas dilakukan pada smartphone OPPO A37. Dan jika anda menggunakan tipe lain maka tentu bisa menyesuaikannya.

Akhir Kata

Apabila semua cara diatas tidak berhasil, coba cek apakah Kartu SIM anda masih bisa di pakai atau tidak. Terkadang kartu SIM yang sudah lama tidak di isi pulsa akan mati dan tidak bisa digunakan. Ganti kartu SIM Anda dengan yang baru.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Sinyal Android Yang Hilang Total, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. supiannor berkata:

    kenapa setiap saya menhidupkan hp. sinyal lama baru muncul bahkan hampir 1jam baru ada sinyal