10 Cara Mengatasi HP OPPO Bootloop

Bootloop menjadi salah satu masalah serius yang membuat pengguna merasa frustrasi karena ponsel hanya booting sampai ke logo (stuck di logo), sehingga pengguna tidak bisa menggunakan ponsel untuk beraktivitas. OPPO F9 merupakan salah satu seri ponsel OPPO yang sering mengalami masalah ini. Menurut saya, ini terjadi bukan karena kesalahan pengguna tetapi karena cacat produk dari pihak pengembang atau pabrikan. Pengalaman dari beberapa pengguna yang baru membeli ponsel OPPO F9, masalah bootloop muncul setelah pemakaian ponsel selama 1 sampai 2 mingguan.

Penyebabnya lebih sering terjadi karena kerusakan komponen eMMC atau mainboard, dan biaya service yang dikeluarkan tidak murah. Menurut laman resmi OPPO, pihak OPPO menyarankan untuk melakukan Wipe Data ketika terjadi bootloop pada ponsel. Sayangnya, cara ini tidak selalu efektif untuk mengatasi masalah bootloop. Untuk memahami lebih jauh masalah bootloop pada ponsel OPPO, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa Pola / PIN HP OPPO

Penyebab HP OPPO Bootloop

Sebelum ke pembahasan penyebab bootloop pada ponsel, Anda harus memahami bahwa masalah bootloop terbagi menjadi tiga jenis, yakni bootloop ringan, bootloop sedang, dan bootloop berat. Ketiganya memiliki risiko kerusakan yang berbeda-beda, Anda bisa simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

  • Bootloop ringan – HP OPPO masih bisa nyala dan masih bisa masuk ke menu utama, tetapi hanya sebentar lalu restart lagi.
  • Bootloop sedang – Saat dinyalakan, HP hanya mentok di logo OPPO / Android, namun masih bisa masuk ke menu Recovery Mode / ColorOS Recovery.
  • Bootloop berat – Saat dinyalakan, HP mentok di logo OPPO / Android dan tidak bisa masuk ke menu Recovery Mode / ColorOS Recovery.

Secara umum, bootloop dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu kesalahan perangkat lunak (OS Android) dan perangkat keras (komponen eMMC atau mainboard). Dalam hal ini, faktor kesalahan pengguna atau ‘human error’ juga tidak dapat dihindarkan, pengguna yang suka mengunduh atau menginstall aplikasi dari pihak ketiga (yang tidak menjamin keamanan perangkat) memiliki risiko mengalami bootloop pada perangkat.

Hal ini beralasan karena aplikasi yang di unduh dari pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) tidak menjamin bebas virus dan malware, sehingga risiko pencurian data dan kerusakan sistem lebih tinggi. Selain itu, faktor lain seperti bugs pada sistem, akses root pada ponsel, serta penggunaan Custom ROM juga dapat menyebabkan ponsel bootloop, Anda bisa simak beberapa poin penyebab bootloop pada ponsel OPPO berikut ini.

  • Bugs pada sistem Android – Kemungkinan terdapat bugs pada sistem Android (ColorOS), sehingga menyebabkan ponsel mengalami bootloop. Hal ini dapat terjadi apabila sistem yang digunakan masih dalam versi beta atau flashing OS hasil modifikasi (Custom ROM).
  • HP telah dilakukan root – Akses rooting sering kali dilakukan oleh sebagian pengguna OPPO untuk mendapatkan fitur dan kustomisasi yang lebih luas. Tetapi hal ini juga sangat berisiko, pihak OPPO sendiri tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan karena proses rooting tersebut.
  • Penggunaan Custom ROM – Penggunaan Custom ROM memang diperbolehkan, mengingat OS Android merupakan sistem operasi open source, yang mana pengembang atau ‘developer’ yang memiliki kemampuan untuk memodifikasi sistem dan UI (user interface) diizinkan untuk mengubah kode sistem dan fitur sesuai kebutuhan. Tetapi jika Custom ROM yang digunakan bermasalah, maka risiko kerusakan sistem seperti bootloop serta aplikasi tidak bisa dibuka juga dapat terjadi.
  • Kerusakan komponen eMMC – eMMC (Embedded MultiMediaCard) merupakan memori internal yang terdapat pada smartphone dan tablet Android, termasuk OPPO. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyimpan data smartphone; seperti sistem, aplikasi, firmware, data pengguna, dan lain sebagainya. Jika komponen ini terjadi kerusakan, biasanya ponsel akan sering mengalami bootloop atau gagal masuk ColorOS Recovery.  
  • dll.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO

Mengatasi HP OPPO Bootloop

Untuk mengatasi HP OPPO yang bootloop, Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis bootloop yang sedang terjadi, apakah itu bootloop ringan, bootloop sedang, atau bootloop berat. Simak dan ikuti beberapa tips mengatasi bootloop HP OPPO berikut ini.

Restart HP OPPO

Tips pertama, Anda bisa mencoba me-restart HP OPPO Anda. Mungkin kelihatannya sederhana, tetapi cara ini cukup efektif dalam mengatasi HP OPPO yang ngehang atau stuck di logo (bootloop ringan). Tetapi ada perbedaan metode antara HP OPPO seri lama dengan seri terbaru. Untuk HP OPPO seri lama (yang belum menggunakan baterai taman), disarankan untuk melepas komponen terhubung seperti kartu SD, kartu SIM, dan baterai. Agar lebih mudah, Anda bisa simak panduannya di bawah ini.

HP OPPO seri lama

  1. Apabila HP masih dalam keadaan bootloop atau menyala, silakan matikan terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, lepaskan beberapa komponen terhubung, seperti kartu SD, kartu SIM, dan baterai.
  3. Diamkan selama 2 sampai 3 menit, kemudian pasang kembali komponen tersebut.
  4. Nyalakan kembali HP OPPO dan lihat apakah masih mengalami bootloop atau tidak.
  5. Selesai.

HP OPPO seri terbaru

  1. Apabila HP masih dalam keadaan bootloop atau menyala, silakan matikan terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, lepaskan beberapa komponen terhubung, seperti kartu SD dan kartu SIM.
  3. Diamkan selama 2 sampai 3 menit, kemudian pasang kembali komponen tersebut.
  4. Setelah itu, nyalakan kembali HP OPPO dan lihat apakah masih mengalami bootloop atau tidak.
  5. Selesai.

Wipe data lewat ColorOS Recovery

Hard Reset HP OPPO. YouTube | Hardreset.info

Jika bootloop yang Anda adalah jenis bootloop sedang, mungkin tips pertama tidak akan membantu. Cobalah untuk melakukan Hard Reset / Wipe Data melalui Recovery Mode / ColorOS Recovery. Tapi perlu diperhatikan bahwa melakukan Hard Reset akan mengembalikan sistem dan aplikasi ke setelan awal / pabrikan serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan daya baterai HP OPPO Anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Setidaknya, sediakan 50% untuk melakukan Hard Reset agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery OPPO dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  5. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih Format Data » OK.
  6. Jika dibutuhkan, Anda bisa memasukkan pola kunci / PIN.
  7. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  8. Jika sudah, Anda bisa melakukan Reboot atau restart HP OPPO Anda.
  9. Ikuti petunjuk daftar / login Gmail agar Anda bisa menggunakan HP Anda kembali.
  10. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Dalam melakukan Hard Reset / Wipe Data, setiap ponsel OPPO memiliki metode serta tampilan ColorOS Recovery yang berbeda-beda, hal ini dapat dilihat dari generasi dari ponsel tersebut. Misalnya saja, OPPO A37 keluaran 2016 tentu saja memiliki perbedaan tampilan dengan OPPO Reno 6 yang keluar tahun 2021. Namun yang pasti, Wipe Data pada menu ColorOS Recovery di semua varian dan tipe HP OPPO memiliki fungsi yang sama, yakni mengembalikan sistem Android ke setelan awal / pabrikan.

Apabila setelah melakukan Hard Reset bootloop masih terjadi, sebaiknya lakukan flashing atau install ulang sistem Android. Anda bisa simak penjelasan dan panduannya di bawah ini.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP OPPO

Flashing ulang HP OPPO

Seperti yang saya katakan di atas, apabila Hard Reset masih tidak membuahkan hasil sama sekali, cobalah untuk melakukan Flashing HP OPPO. Cara ini juga banyak dilakukan oleh pengguna OPPO ketika mengalami masalah pada sistem Android, seperti bootloop, hang, macet, dan sebagainya. Untuk melakukannya, Anda harus mengunduh ROM / firmware sesuai dengan tipe perangkat yang Anda gunakan. Lebih jelasnya, simak panduan beserta langkah-langkahnya di bawah ini.

Hal penting yang perlu Anda lakukan

  • Download Firmware OPPO di sini (pilih Firmware sesuai dengan tipe perangkat yang Anda gunakan).
  • Pindahkan ROM / Firmware yang Anda download ke memori eksternal / MicroSD, dan pastikan ROM ditempatkan di luar folder, bukan di dalam folder.
  • Pastikan daya baterai HP OPPO Anda mencukupi untuk melakukan Flashing. Setidaknya, sediakan 50% untuk melakukan Flashing agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.

Flashing HP OPPO via ColorOS Recovery

  1. Pertama, masuk menu ColorOS Recovery OPPO dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  2. Jika ada opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  3. Selanjutnya, pilih Install From storages devices » pilih From SDCard.
  4. Pilih ROM / Firmware yang telah Anda download.
  5. Ketuk Yes untuk konfirmasi.
  6. Tunggu sampai proses install sistem selesai dan berhasil dilakukan.
  7. Selesai.

Flashing HP OPPO via PC

Flashing HP OPPO via PC. YOUTUBE | YUDI IBR86

Selain Flashing via ColorOS Recovery, alternatif lain yang bisa Anda lakukan yakni Flashing lewat PC menggunakan software tambahan. Cara ini hanya efektif dilakukan pada HP OPPO yang menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon. Untuk bahan serta panduannya bisa Anda simak pada video tutorial di atas.

Lihat Juga : Download Firmware OPPO Semua Tipe Lengkap

Service HP OPPO Anda

Apabila metode flashing masih tidak membuahkan hasil, atau bahkan HP OPPO Anda tidak bisa masuk ke menu ColorOS Recovery sama sekali, maka kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen eMMC atau mainboard (mesin utama) HP OPPO Anda. Jika yang rusak adalah komponen perangkat keras, perbaikan yang dilakukan mungkin akan sedikit merepotkan, sebaiknya bawa ke konter atau Service Center OPPO untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Lalu berapa biaya perbaikan untuk penggantian komponen tersebut? Untuk biaya perbaikannya sendiri tergantung dari tipe HP serta komponen mana yang mengalami kerusakan. Apabila yang rusak eMMC-nya, biaya perbaikan mungkin bisa ratusan ribu, sedangkan apabila yang rusak mainboard-nya, maka biaya perbaikan bisa ratusan bahkan jutaan (tergantung tipe HP-nya). Untuk informasi mengenai harga komponen dan biaya perbaikan, Anda bisa tanyakan ke pihak Service Center OPPO.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati / Restart Sendiri

Penutup,

Dengan beberapa tips di atas, diharapkan masalah HP OPPO yang bootloop dapat teratasi dengan baik. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP OPPO seperti OPPO A37, OPPO A53, OPPO A3s, OPPO A15, OPPO A11K, OPPO A15S, OPPO A33, OPPO A32, OPPO A1K, OPPO A12, OPPO A5S, OPPO A71, OPPO F1, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, OPPO F11, dan tipe HP OPPO lainnya. Jika ada sedikit perbedaan tampilan atau langkah-langkah, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Berapa biaya perbaikan HP OPPO yang bootloop apabila yang rusak adalah mainboard-nya?

Seperti yang saya katakan di atas, harga komponen serta biaya perbaikan mainboard yang rusak bisa ratusan bahkan jutaan rupiah.

Apakah Wipe Data akan menghapus semua data pada perangkat?

Tentu saja, Wipe Data akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal.

Apakah ada solusi lain dalam mengatasi bootloop tanpa menghapus data?

Belum ada, untuk mengatasi HP yang bootloop harus dengan Wipe Data, Flashing, atau penggantian komponen yang rusak.

Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.