Pengertian Internet | Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Dampaknya

Internet adalah sistem jaringan komunikasi global yang saling terhubung dengan menggunakan paket protokol (TCP/IP)

Apabila ditanya mengenai sumber informasi terbesar dunia saat ini, maka banyak orang akan menjawab Google. Namun apakah Google jawaban yang tepat? Pada dasarnya Google hanyalah sebuah mesin pencari yang menyediakan banyak Informasi, namun semua itu tidak dapat dilakukan tanpa akses dari Internet. Tidak bisa dipungkiri Internet telah menjadi suatu kebutuhan pokok manusia di zaman modern, bahkan sektor bisnis terbesar saat ini berada pada ranah internet.

Contohnya sendiri seperti Facebook, Google, Amazon, YouTube, Go-Jek, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Karena hal inilah banyak orang mulai merangkak ke ranah digital dalam membangun bisnisnya dalam banyak sektor. Lalu apa itu Internet? Kenapa sebuah jaringan komunikasi online mampu menggaet perhatian banyak orang bahkan hingga mampu menjadi sebuah sarana bisnis baru yang menjanjikan?

Lihat Juga : Pengertian E-Learning | Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Mengenal apa itu Internet?

Pengertian Internet
Definisi internet. FREEPIK.COM

Dalam definisi secara umum, Internet merupakan jaringan komunikasi global yang terkoneksi ke media elektronik untuk saling terhubung satu sama lain ke dalam satu jaringan. Dalam Internet sendiri juga terdapat beragam jenis informasi seperti Berita, Bisnis, Entertainment, Hiburan dan lain sebagainya. Melalui Internet memungkinkan para penggunanya untuk mendapatkan Informasi melalui media elektronik yang mereka gunakan seperti laptop, smartphone, tablet, PC dan sejenisnya. Selain itu, masih terdapat beraneka macam aplikasi di dalam internet yang dapat digunakan sebagai layanan informasi.

Bahkan internet memungkinkan pengguna untuk mengetahui peristiwa di suatu wilayah pada waktu yang bersamaan, meskipun pengguna berada di lokasi yang berbeda. Ditambah lagi dengan munculnya situs-situs baru, memberikan peluang kepada setiap orang untuk memanfaatkan aplikasi dari internet dalam dunia kerja dan usaha, bisa dibilang Internet hampir menjadi tulang punggung ekonomi dunia pada bidang bisnis & informasi. 

Lihat Juga : Pengertian E-Money | Sejarah, Manfaat, Jenis, dst.

Pengertian Internet menurut para ahli

Untuk pengertian lebih mendalam, para ahli memberikan pendapat dan gagasan mereka mengenai definisi dari Internet seperti berikut:

  1. Ahmadi dan Hermawan. Internet adalah komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin (2013. E-business & E-commerce. Yogyakarta Andi).
  2. Onno W. Purbo. Menjelaskan bahwa Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefisiensi sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail (dalam Prihatna, 2005).
  3. Randall & Latulipe. Mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer (dalam Nafisah, 2001).
  4. Ramdhani. Mengatakan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan (Modul Pengenalan Internet, R. Graifhan, 2003).
  5. Ned Snell. Menurutnya, internet adalah sebuah koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda (Sams Teach Yourself The Internet in 24 Hours, Second Edition (Sams Teach Yourself S.)).

Lihat Juga : Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Internet menurut sumber lain

Tidak hanya para ahli saja yang mendefinisikan Internet menurut gagasan mereka, namun sumber-sumber tepercaya pun juga demikian. Misalnya seperti beberapa sumber berikut ini :

  1. Federal Networking Council (FNC). Memberikan pendapat bahwa internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang mana secara logis terhubung dengan satu alamat unik yang didasari pada internet protocol (IP).  
  2. Kamus Oxford. Menjadi salah satu kamus internasional yang paling terpercaya sebagai panduan dalam mencari banyak Informasi. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.
  3. Wikipedia. Menjelaskan bahwa Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Internet sendiri terdiri dari banyak Jaringan yang berbeda beda sehingga dapat menyajikan banyak Informasi seperti privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal hingga pada lingkup global.    

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Perbedaan Internet, Intranet dan Extranet

Manfaat Bisnis Online
Perbedaan internet, intranet dan ekstranet. RETINAT.COM

Meskipun Internet menjadi sumber informasi digital paling dipakai di dunia, nyatanya masih ada dua jenis jaringan teknologi informasi yang dikenal hingga saat ini, yaitu intranet, dan ekstranet.

1. Intranet 

Intranet adalah jaringan teknologi informasi yang lebih sempit dan privat dibanding internet yang menghubungkan berbagai jaringan komputer dari seluruh dunia. Sedangkan intranet hanya menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu jaringan komputer tertentu. Bisa dibilang Intranet merupakan bagian dari internet namun tidak sebaliknya. Penggunaan Intranet sendiri kebanyakan dijadikan sebagai jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet. Arsitektur dari intranet berupa aplikasi web dan menggunakan protocol TCP/IP.

2. Extranet

Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet serta sistem telekomunikasi publik yang berfungsi untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada  supplier (penyalur), vendor (penjual), partner (mitra), pelanggan (klien) dan lainnya. Singkatnya extranet adalah intranet yang dapat diakses oleh beberapa orang dari luar atau dibagikan oleh lebih dari satu organisasi. Perbedaannya adalah extranet sedikit lebih luas dibanding intranet dan mampu menciptakan jaringan pribadi di mana orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan ataupun organisasi, baik internal maupun eksternal dapat saling terhubung serta bertukar informasi.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

Sejarah Internet

Sejarah Internet
Sejarah internet. IT-JURNAL.COM

Meskipun saat ini Internet telah berkembang sangat pesat dan canggih, namun pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemonstrasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX, yang mampu melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.  

Tujuan awal dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah apabila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang bila perang menjadi pecah maka dapat mudah dihancurkan.

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Perkembangan internet  

  • Tahun 1958 Amerika Serikat meluncur kan wahana luar angkasa bernama ARPA (The Advanced Research Project Agency) dengan sasarannya yaitu teknologi komputer yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta teknologi di Amerika Serikat.
  • Tahun 1961 – 1964  Sepuluh tahun kemudian, teknologi ARPA berevolusi menjadi teknologi yang lebih canggih lagi yaitu ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET didesain untuk kebutuhan militer yang mana bisa mengendalikan serangan ancaman nuklir. Seiring berjalannya waktu, ARPANET dapat digunakan untuk transfer data dalam suatu jaringan komputer.
  • Tahun 1965 – 1967 muncul sebuah teknologi yang dapat menghubungkan dua buah komputer berjarak jauh yang dikembangkan Ted Nelson. Beliau merupakan ilmuan teknologi komputer dan telekomunikasi yang meluncurkan istilah “Hypertext” dan masih kita gunakan sampai saat ini.
  • Tahun 1970 – 1972 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer dan Jaringan ini terdiri dari komputer-komputer yang digunakan untuk riset milik pemerintah AS. Jaringan APRANET, digunakan dalam pengiriman surat elektronik pertama, dicetuskan penggunaan simbol ‘@’ dalam alamat surel.
  • Tahun 1974 terdapat koalisi Bolt, Beranet dan Newman (BBN) yang kemudian menjadi kontraktor untuk ARPANET. Kemudian munculah Telenet dari ARPANET, yang mana Telenet memberikan layanan paket data untuk pertama kalinya secara publik.
  • Tahun 1976 – 1979 jaringan LAN diciptakan dan sebuah jaringan yang terdiri dari 111 komputer yang tergabung menjadi satu di dalam ARPANET.
  • Tahun 1982 – 1983 lahir bahasa komunikasi dasar protokol internet yang kemudian dikenal dengan sebutan TCP/IP diikuti dengan terciptanya sebuah Domain Name System (DNS) seperti .edu, .com, .org, .gov, .net, .mil dan .int.
  • Tahun 1991 – 1992 sebuah virus komputer mulai didistribusikan melalui internet dan data berupa audio serta video dapat didistribusikan melalui internet untuk pertama kalinya pada tahun 1992.
  • Tahun 1994 mulailah bermunculan situs penyedia email seperti Yahoo dan perusahaan berbasis online lainnya yaitu Amazon dan eBay pada 1994. Sedangkan, kemunculan Google baru terjadi pada tahun 1998
  • Tahun 2003 – 2010 menjadi awal mula penggunaan jejaring sosial. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya The facebook.com oleh Mark Zuckerberg ditahun 2003.  Awalnya Facebook hanya diciptakan untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard. Dan  semakin berkembang menjadi salah satu top media sosial dengan pengguna sekitar 2,3 miliar orang seperti sekarang.
  • Tahun 2011 – 2016 Perkembangan Facebook mencapai 400 juta pengguna aktif pada tahun 2010. Diikuti  dengan munculnya sosial media baru seperti Pinterest dan Instagram. Keduanya terus berkembang hingga mencapai 400 juta pengguna, melebihi pengguna Twitter sebesar 316 juta di pertengahan tahun 2016. Hal ini Bersama an dengan lahirnya Google Assistant, yaitu sebuah program asisten pribadi yang diaktifkan melalui perintah suara.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Komponen penyusun internet

  • E-mail menjadi komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi berupa pesan surel saat ini. Bisa dikatakan hampir semua pengguna jaringan Internet di seluruh dunia memiliki alamat E-mail untuk berbagai keperluan mereka.
  • World Wide Web (WWW) merupakan sistem server dari internet yang mendukung aplikasi “hypertext” dalam memberi akses ke beberapa protocol internet antar muka. Sekarang ini hypertext pada web telah berkembang menjadi hypermedia. Hypermedia sendiri memungkinkan pengguna untuk mengaitkan text, gambar, audio dan video di web.
  • Archie adalah alat untuk mengindeks arsip FTP dan memungkinkan pengguna mengidentifikasi file tertentu dengan lebih mudah. Archie Ini juga dianggap sebagai mesin pencari Internet pertama di dunia.
  • File Transfer Protocol (FTP) menjadi protokol yang bertugas untuk menjembatani pertukaran data di dalam komputer. Cara kerja FTP sendiri dapat Anda temukan ketika hendak mau mengunduh maupun mengunggah file, tanpa FTP aktivitas tersebut akan sulit dilakukan.
  • Shell adalah bahasa perintah interaktif dan bahasa scripting yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengontrol eksekusi sistem menggunakan script shell. Sederhananya Shell merupakan program yang menghubungkan user dengan sistem operasi (inti sistem operasi).

Lihat Juga : Pengertian Adobe Photoshop | Sejarah, Fungsi, Tools, dst.

Tujuan Internet   

Resiko Bisnis Online
Tujuan internet. ECONOMY.OKEZONE.COM

1. Mempermudah akses informasi dan komunikasi   

Seperti yang telah banyak diketahui, Internet saat ini sangat mendukung komunikasi antar manusia melalui perantara seperti media sosial, surat elektronik (email), Chat (WA), berita, dan transmisi audio ataupun video. bahkan memungkinkan seseorang untuk bekerja secara kolaboratif di banyak lokasi berbeda dalam waktu yang sama. 

2. Mempermudah aktivitas dan kinerja manusia

Google merupakan contoh nyata dari produk yang mengambangkan berbagai alat multi fungsi yang terkoneksi satu sama lain dengan akun Gmail yang pengguna miliki. Salah satu alat buatan Google yang membantu aktivitas manusia Ialah Google Maps, sebuah aplikasi kembangkan Google yang selalu tersedia kapan saja dan di mana saja untuk membimbing pengguna ke alamat tujuan yang benar. Sekarang ini pula jasa transportasi online mengandalkan Google Maps sebagai alat penunjang mata pencaharian mereka

3. Membuka dunia baru

Bila Anda melihat ke belakang setidaknya 10 tahun lalu, maka Anda akan sadar bahwasanya kita sekarang hidup pada masa di mana manusia bergantung pada media digital dan Internet. Bahkan kebutuhan paket data untuk mengakses dunia maya sekarang ini mampu membuat seseorang memprioritaskannya sebagai kebutuhan primer seperti sandang dan pangan. Meski begitu sisi positif yang ditimbulkan membuat manusia dapat hidup dengan serba cepat dan praktis.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis | Para Ahli, Sejarah, Prinsip, dst

Fungsi dan manfaat internet

Manfaat Internet
Manfaat internet. MEDIUM.COM

Adapun manfaat yang di dapat dari penggunaan Internet, misalnya kebutuhan akan telekomunikasi dan informasi jauh lebih cepat serta praktis. Selain itu, tidak sedikit yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis mereka. Berikut informasi lebih jelasnya.

  • Entertainment. Internet menyajikan akses hiburan tanpa batas. Anda dapat menonton film, video, bermain game online, mendengarkan musik, dll.
  • Belanja online. Keuntungan lain dari internet adalah belanja online, yang memungkinkan Anda dalam menemukan produk untuk dibeli tanpa harus mengunjungi toko dan membuang waktu serta tenaga Anda.
  • Informasi lokasi. Internet dapat membantu pengguna untuk menyediakan informasi hampir dalam berbagai lokasi didunia dengan bantuan teknologi GPS. Anda bahkan dapat menemukan area wisata menarik dengan rute tercepat menuju lokasi tersebut.
  • Pengetahuan dan pembelajaran. Internet memungkinkan seseorang untuk mempelajari informasi tentang topik apa pun dan memberikan jawaban untuk semua jenis pertanyaan, karena di Internet terdapat beragam informasi up-to-date dan tak ada habisnya.
  • Komunikasi instan. Dengan Internet Anda dapat mengirim sebuah informasi penting kepada siapa pun melalui email di seluruh dunia. Atau melakukan panggilan video yang memungkinkan Anda mengobrol langsung secara tatap muka.
  • Bisnis online. Jika Anda ingin menjual produk dan jasa atau menjalankan suatu bisnis, internet adalah tempat terbaik untuk menjual dan menawarkan apa yang Anda punya. Karena sekarang ini siapa pun dapat menemukan dan mengakses berbagai situs jual beli online di seluruh dunia dengan bantuan Internet.
  • Penyimpanan digital. Salah satu keuntungan terbesar dari Internet ialah mampu menawarkan Anda konektivitas antara komputer dan perangkat yang mendukung Internet untuk terhubung dengan layanan Cloud, seperti Cloud Computing.
  • Freelancer. Ada berbagai jenis layanan online yang dapat membantu Anda berkomunikasi dan bekerja lepas dengan siapa pun di seluruh dunia. Karena itulah Internet menawarkan keuntungan bagi Anda untuk bekerja secara daring. 

Lihat Juga : Pengertian Android | Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan

Dampak positif dan negatif internet

Dampak Internet
Dampak penggunaan internet. ITWA.COM.MY

Tentu saja jika dilihat dari segi manfaat yang didapatkan, Internet memang memiliki dampak positif yang luar biasa untuk menunjang produktivitas keseharian. Namun bukan berarti Internet tidak mempunyai dampak yang negatif. Berikut dampak positif dan negatif dari penggunaan Internet.

Dampak positif internet

  • Menyediakan komunikasi instan menggunakan email dan layanan pesan instan di mana pun di seluruh dunia.
  • Meningkatkan interaksi dan transaksi bisnis yang menghemat waktu Anda.
  • Anda dapat mengakses berita terbaru dari belahan dunia mana pun tanpa bergantung pada TV maupun surat kabar seperti koran.
  • Melamar pekerjaan juga menjadi lebih mudah karena sebagian besar lowongan diiklankan secara online melalui beragam situs atau web apps.
  • Pendidikan telah menerima dorongan besar karena buku dan jurnal yang tak terhitung jumlahnya tersedia secara online dan mudah diakses.

Dampak negatif internet

  • Beberapa orang tak bertanggung jawab menggunakan internet untuk meretas akun orang lain untuk tujuan kriminal. Kegiatan tersebut termasuk mencuri data atau informasi perbankan dari sang korban.
  • Banyak oknum keji yang menyalahgunakan internet untuk menyebarkan berita hoax, kebencian, dan terorisme yang membuat resah masyarakat.
  • Kecanduan sosial media; seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya yang dapat mengganggu kehidupan seseorang, baik secara pribadi maupun lingkungan.
  • Seseorang dapat dengan mudah mengakses hal ilegal maupun konten yang tidak pantas karena tersedia secara bebas di Internet.

Lihat Juga : Pengertian Windows | Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan

Kesimpulan,

Internet adalah sarana dan media dengan beragam sumber Informasi yang tidak terbatas. Akan tetapi perlu di ingat bahwa Internet dapat menjadi pedang bermata dua tergantung dengan bagaimana Anda dapat memanfaatkan internet dengan baik atau tidak. Sebagai pengguna, manusia harus memiliki kontrol dan pengetahuan dalam menggunakan Internet, tahu bagaimana mengamankan akun, mampu melakukan pengecekan suatu informasi apakah hoax atau tidak, dan harus hati-hati ketika bertransaksi secara digital.

Apa aplikasi yang sering dipakai di Internet?

Aplikasi paling populer yang sering digunakan dalam internet adalah World Wide Web (WWW), istilah lain dapat pula di sebut website.

Kapan Internet mulai digunakan secara bebas?

Tanggal 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari dimulainya Internet.

Nama dari asli internet?

ARPANET adalah nama dari awal munculnya Internet.

Siapa yang pertama kali menemukan Internet?

Robert E. Kahn & Vinton G. Cerf adalah penemu dari Internet, mereka juga lah yang menciptakan protokol TCP/IP, yaitu protokol yang digunakan untuk pertukaran data pada jaringan Internet.

Sekian ulasan singkat yang dapat penulis berikan mengenai pengertian, sejarah, manfaat, tujuan dari Internet. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih !!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.