6 Cara Mengatasi “Maaf, Pesan Telah Berhenti” di HP OPPO

0
102

Dianisa.com – Mengatasi “Maaf, Pesan Telah Berhenti” di HP OPPO. Pesan adalah salah satu Aplikasi Bawaan yang pastinya ada pada semua perangkat Android, termasuk OPPO. Sebelum maraknya aplikasi Sosial & Messenger, aplikasi Perpesanan cukup diandalkan, bahkan banyak operator menawarkan banyak gratisan SMS untuk lebih memaksimalkan layanan aplikasi pesan ini. Tapi karena berkembangnya jaman, pesan sudah mulai jarang digunakan, hanya pada waktu tertentu saat pengguna menggunakan aplikasi perpesanan.

Baca Juga :

Mengatasi Pesan Telah Berhenti di OPPO

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai masalah pesan error pada aplikasi perpesanan yang bertuliskan “Maaf, Pesan Telah Berhenti”, “Sayangnya, Pesan #Telah Berhenti, “Sayangnya, Pesan Tidak Menanggapi” dan pesan error lainnya. Masalah aplikasi perpesanan tersebut terjadi karena banyak hal, bisa karena virus, file cache yang menumpuk pada RAM dan Internal, bugs pada sistem, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, simak ulasan lengkap dari metode yang saya berikan berikut ini.

1. Restart Smartphone

Restart smartphone OPPO adalah solusi pertama yang bisa anda lakukan dalam mengatasi masalah pesan error pada aplikasi perpesanan. Anda bisa matikan smartphone, cabut SIM Card dan SD Card lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu aktifkan kembali smartphone anda ….

2. Hapus Cache Pesan OPPO

Metode selanjutnya yakni membersihkan file cache aplikasi perpesanan. Tumpukan file cache yang banyak pada RAM dan Internal membuat aplikasi pesan terjadi error dan macet. Anda bisa gunakan cara manual atau bisa dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga agar lebih maksimal dalam membersihkan file cache pada aplikasi perpesanan. Beberapa aplikasi rekomendasi untuk membersihkan file cache seperti Clean Master, CCleaner, CM Security, dan lainnya. Dan untuk membersihkan file cache, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pesan” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Hapus Data Pesan OPPO

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba menghapus data Aplikasi Perpesanan. Menghapus data disini dimaksudkan untuk mengembalikan aplikasi pesan pada posisi default. Artinya, semua data seperti basis data, data login, history, bookmark, dan lainnya akan terhapus. Biasanya cara ini cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi yang sering memunculkan pesan error atau semacamnya. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pesan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Unroot Jika Sebelumnya Pernah Root

Dan bagi anda yang pernah melakukan akses ROOT pada HP OPPO anda, sebaiknya untuk sekarang ini anda Unroot agar semua aplikasi pada perangkat OPPO anda dapat normal kembali. Keuntungan dari akses ROOT sendiri memang pengguna dapat mengakses semua hal yang ada pada perangkat OPPO, namun kelemahannya, bisa jadi ada beberapa aplikasi terjadi masalah dan akhirnya tidak dapat digunakan.

5. Gunakan Aplikasi Perpesanan Lain

Sebenarnya, jika anda melakukan pencarian di Google Play Store ada banyak sekali aplikasi perpesanan. Anda bisa memilih salah satu dari banyaknya aplikasi Perpesanan ketika aplikasi pesan di HP OPPO anda terjadi masalah atau tidak bisa digunakan. Lebihnya lagi, biasanya aplikasi perpesanan dari pihak ketiga lebih banyak fitur dan keunggulannya. Maka dari itu, coba cari sekarang juga …

Baca Juga :

6. Factory Reset Smartphone

Dan untuk yang terakhir yang bisa anda lakukan yakni Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan. Dengan cara ini, maka semua aplikasi bawaan akan kembali pada posisi default layaknya membeli smartphone OPPO baru. Tapi sebelum melakukannya, pastikan anda melakukan backup pada semua data penting yang tersimpan di Internal dan Eksternal Android anda. Dan untuk melakukan Factory Reset smartphone, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan adanya Metode Mengatasi Masalah “Maaf, Pesan Telah Berhenti” di HP OPPO diatas, semoga masalah dapat teratasi dengan baik dan aplikasi perpesanan dapat digunakan seperti biasanya. Jikalau misalnya masalah tidak juga teratasi, maka solusi lain yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan Flashing. Anda harus mengunduh Firmware sesuai dengan tipe OPPO yang anda miliki.

Metode yang saya berikan dapat anda lakukan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A37, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, dan lainnya. Jika nantinya ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Maaf, Pesan Telah Berhenti” di HP OPPO Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan atau tambahkan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here