10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Pengguna aktif komputer pasti tidak asing dengan Windows. Windows merupakan sistem operasi dari Microsoft yang paling…

Pengguna aktif komputer pasti tidak asing dengan Windows. Windows merupakan sistem operasi dari Microsoft yang paling banyak digunakan hingga saat ini, baik untuk laptop maupun PC. Meskipun demikian, banyak dari pengguna komputer yang hanya sekadar menggunakan saja tanpa mengetahui seluk-beluk Windows itu sendiri.

Pengguna Windows mendominasi pasar teknologi komputer, tidak diragukan lagi, dari anak muda hingga tua, bahkan perusahaan memanfaatkan sistem operasi ini untuk pekerjaan mereka. Perkembangan Windows terus mengalami perubahan hingga saat ini. Semua ini karena banyaknya pengguna Windows yang terus bertambah, serta versi dan fungsi Windows terus di sempurnakan oleh pengembang demi kenyamanan pengguna.

Meskipun demikian, Windows tetap memiliki kelebihan dan kekurangan bagi penggunanya. Langsung saja untuk mengetahui lebih dalam mengenai Windows, silakan simak ulasannya berikut ini!

Lihat Juga : 11 Contoh Hardware, Software, dan Brainware Komputer

Apa itu Windows?

Kelebihan dan Kekurangan Windows
Sumber Gambar : Unsplash.com

Microsoft Windows atau disebut sebagai Windows adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphic User Interface) yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini memungkinkan pengguna komputer untuk menyimpan file, menjalankan perangkat lunak, bermain game, menonton video, mengedit foto digital, maupun terhubung ke Internet untuk browsing, mengirim email, dan lain-lain.

Microsoft Windows pertama kali diperkenalkan dengan versi 1.0 pada 10 November 1983 hingga dirilis pada tahun 1985 yaitu Windows Graphic Environment. Sistem operasi Windows berevolusi dari MS-DOS yaitu sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Untuk kenyamanan dan kemudahan pengguna, Windows di bangun dengan antarmuka pengguna grafis atau GUI, yang memungkinkan pekerjaan dan program di dalamnya dapat dijalankan secara bersamaan. Akhirnya diperkenalkanlah Windows 1.0. Selanjutnya Windows dirilis terus menerus hingga belasan kali versi baru, termasuk Windows 10 yang pengguna gunakan saat ini.

Lihat Juga : Apa itu Device Manager? Pengertian dan Fungsi Device Manager

Kelebihan Microsoft Windows

Sebagai sistem operasi dengan basis pengguna yang sangat besar tentunya Windows memiliki banyak kelebihan. Kemudahan dan kompabilitas dengan beragam program atau aplikasi menjadi alasan kenapa Windows menjadi pilihan bagi banyak pengguna. Untuk gaming khususnya, Windows adalah sistem yang paling mendukung ketimbang sistem operasi lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan sistem operasi Windows, simak penjelasannya berikut ini.

1. Mudah Digunakan

Sistem operasi Windows sangat user friendly atau mudah digunakan. Hal ini yang membuat sistem operasi Windows banyak diminati dan digunakan di semua kalangan. Antarmuka grafis yang dimiliki membuat pengguna mudah mengoperasikan Microsoft Windows. Fitur-fitur dan beragam tools yang disediakan Windows didesain cukup interaktif dan fleksibel, membuat pengguna nyaman berlama-lama menggunakan sistem operasi ini. Umumnya Windows sangat familiar untuk digunakan bagi pengguna awam hingga yang mahir komputer, untuk mengasah skill di bidang komputer.

2. Pilihan Software Beragam

Pada Microsoft Windows, pengguna tidak sulit untuk memulai pekerjaan dengan beragam perangkat lunak. Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan banyak pilihan software atau aplikasi. Hal ini menjadi alasan Windows dapat mendominasi pasar dunia untuk pengguna perangkat komputer maupun laptop. Sebut saja software untuk pekerjaan umum atau perkantoran meliputi; Microsoft Office dan Office 365.

Software bawaan Windows ini menyediakan program Word, spreadsheet atau Excel, PowerPoint, dan lain sebagainya. Selain itu, Windows memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik pada aplikasi pemutar audio, dan mengedit gambar, juga mendukung beragam aplikasi di dalamnya. Bahkan ada aplikasi seperti Windows PowerShell, ini memungkinkan untuk mengotomatisasi dan membuat manajemen konfigurasi berbasis pemrograman berorientasi objek.

3. Dukungan Hardware

Dalam hal perangkat lunak, Windows memberikan dukungan pada beragam aplikasi. Untuk hal lain, Windows juga memudahkan pengguna komputer untuk menggunakan maupun mencari hardware pada versi sistem. Hampir setiap produsen perangkat keras, terus mengembangkan dan mendukung Windows. Dukungan tersebut meliputi pembaruan komponen dan periferalnya. Pengguna Windows dapat dengan mudah mencari produsen RAM, VGA Card, CPU, keyboard, mouse, dan segala macamnya.

4. Fitur Plug & Play

Fitur Plug & Play memungkinkan perangkat keras atau hardware pengguna komputer dapat terdeteksi secara otomatis. Perangkat keras yang terhubung pada sistem operasi Windows dapat secara langsung ter-install pada sistem, jadi pengguna akan dimudahkan. Fitur ini memberikan kenyamanan dan pemasangan dari perangkat keras seperti; keyboard, mouse, webcam, speaker, perangkat seluler, dan masih banyak lagi.

5. Kompatibilitas

Windows memiliki versi yang beragam dari sistem lawas hingga yang terbaru atau mutakhir. Dalam hal ini Windows memberikan kompatibilitas bagi pengguna jika ingin membuka program versi lama. Program-program seperti game, program editor, dan utilitas versi lama akan tetap dapat digunakan pada Windows terbaru, khususnya untuk Windows 10.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip Windows

Kekurangan Microsoft Windows

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Windows juga tak luput dari kekurangannya. Windows adalah sistem operasi yang banyak memakan sumber daya komputer sehingga tak heran apabila pengguna Windows mengeluh dengan komputer atau laptopnya yang sering kali lemot bahkan hang. Beberapa program juga sering kali macet, error, bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kekurangan Windows, simak penjelasannya berikut ini.

1. Tidak Open Source

Untuk memecahkan permasalahan yang terjadi pada sistem operasi Windows, cukup sulit bagi pengguna. Windows merupakan lisensi close source dan tidak terbuka untuk umum seperti halnya Linux. Di mana pengguna tidak memiliki akses penuh terhadap sistem Windows, karena Microsoft sebagai pengembang yang dapat mengaksesnya. Jadi ketika ada bugs pada sistem ini, pengguna harus menunggu pihak Microsoft untuk memperbaikinya. Namun ketika Anda memiliki masalah tertentu pada program ter-install, Microsoft menyediakan forum dan blog untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

2. Harga Tinggi

Pengguna komputer yang menggunakan Microsoft Windows tidak dapat menggunakannya secara gratis. Microsoft Corporation mengeluarkan semua produknya dengan lisensi berbayar yang harus pengguna beli sebelum dapat mengoperasikannya. Meskipun pengguna dapat menginstall Windows tanpa ada masalah lisensi sama sekali, tetapi beberapa fitur tidak dapat di operasikan dan Windows tidak optimal ketika digunakan.

3. Rentan Terkena Virus

Dalam hal serangan virus, sistem Windows cukup rentan, menurut rumor banyak pengguna Windows yang terkena serangan peretas. Mulai dari pembobolan sistem data dari para Hackers licik, dan lain sebagainya. Namun, hal ini dapat dicegah dengan melindungi data-data pengguna dengan anti malware atau software antivirus. Windows sendiri juga telah menyediakan software antivirus bawaan bernama Windows Security. Tetapi bagi pengguna yang merasa kurang puas dengan Windows Security, pengguna dapat memasang software antivirus dari pihak ketiga seperti AVG, Avast, Avira, dan lain sebagainya.

4. Sumber Daya Tinggi

Sumber daya yang dibutuhkan Windows disarankan mumpuni. Pengguna yang meng-install sistem operasi Windows harus menyediakan komputer atau laptop dengan kapasitas RAM yang tinggi, kecukupan ruang Hard Drive, juga dukungan kartu grafis (Graphic Card) yang bagus. Hal ini dilakukan agar memaksimalkan fungsi dengan banyaknya fitur yang di berikan oleh Windows. Kondisi ini tentunya berbeda dengan sistem operasi Linux yang tidak membutuhkan sumber daya yang besar, contohnya seperti Ubuntu, CentOS, Linux Mint, dan lainnya.

Lihat Juga : Apa itu Overclock? Memahami Overclock, Keuntungan, dan Risikonya

Kesimpulan,

Windows merupakan sistem operasi milik Microsoft yang dapat digunakan oleh pengguna komputer maupun laptop dengan sistem antarmuka GUI. Fungsi utama sistem operasi Windows tidak lain adalah sebagai penghubung antara hardware dengan software komputer agar dapat di gunakan pengguna sebagaimana mestinya. Windows menyediakan beragam versi hingga saat ini, mulai dari Windows 1.0 hingga Windows 10.

Siapakah pengembang pertama Windows?

Bill Gates dan Paul Allen adalah pengembang pertama Windows.

Bagaimana menggunakan sistem operasi Windows dengan aman?

Untuk melindungi sistem maupun data komputer dari serangan peretas, virus dan lain-lain, pengguna di haruskan untuk memiliki software antivirus atau anti malware. Hal ini agar sistem bekerja optimal dan menjaga program maupun data dari kerusakan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Windows, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…