7 Perbedaan CPU dan GPU pada Komputer

Anda pasti sering mendengar istilah CPU dan GPU dalam dunia komputer. Namun terkadang terbesit di benak kita sebuah pertanyaan, tentang apa yang dimaksud dari CPU sama GPU? Apakah keduanya juga merujuk pada hal yang sama? Kedua benda tersebut memiliki istilah yang berbeda, misalnya saja CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit sedangkan GPU merupakan Graphic Processing Unit.

Dari istilah keduanya kita tahu bahwasanya CPU dan GPU merujuk kepada dua benda dengan fungsi yang berbeda, meskipun memiliki jenis yang sama yaitu Processor. Yang membedakan keduanya ialah fungsi utama mereka diciptakan, di mana CPU lebih memfokuskan kinerjanya pada pemrosesan instruksi input / output pada komputer. Sedangkan GPU lebih kepada akselerasi untuk me-render grafis output pada komputer. Perbedaan antara CPU dan GPU tidak berhenti sampai di situ saja, untuk penjelasan lengkapnya silakan simak materi di bawah ini.

Lihat Juga : 5 Perbedaan Sandisk Extreme dan Extreme Pro

Mengenal apa itu CPU dan GPU?

Perbedaan CPU dan GPU
Sumber Gambar : Unsplash.com

Selain dikenal sebagai Central Processing Unit, CPU juga memiliki nama lain yaitu Microprocessor yang memiliki tugas dalam melakukan semua fungsi utama sebuah komputer. Cara kerjanya sendiri yaitu, pengguna memberikan perintah melalui perangkat input kemudian instruksi / perintah tersebut disalurkan menuju CPU. Nantinya CPU akan memberikan output sesuai instruksi yang diminta oleh pengguna. CPU sendiri biasanya terpasang pada soket yang terletak pada motherboard, dalam pemasangannya sendiri CPU akan diberikan gel pendingin dengan fungsi dalam menyerap panas yang dihasilkan dari kinerja CPU.

Sedangkan Graphic Processing Unit atau disingkat GPU sangat dikenal oleh pengguna komputer karena kemampuannya dalam mengakselerasi grafis dalam game. Padahal awalnya GPU dirancang untuk pemrosesan paralel dalam berbagai aplikasi, termasuk rendering grafis dan video. Bahkan sekarang ini GPU menjadi lebih populer untuk digunakan dalam produksi kreatif (CGI) dan pembuatan kecerdasan buatan (AI).

Agar tidak salah paham, GPU dan Graphics Card memiliki sebuah perbedaan tipis. Anda dapat mengibaratkannya sebagai Motherboard dengan slot CPU di dalamnya begitu pula dengan GPU pada Graphics Card. Dengan adanya papan Graphic Card GPU dapat bekerja secara menyeluruh dengan sistem dan dapat menyediakan asimilasi kinerja yang baik dengan CPU.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Membrane

Perbedaan CPU dan GPU pada komputer

Meskipun CPU dan GPU memiliki kinerja yang serupa bukan berarti keduanya itu sama. Memang kedua benda itu berbasis pada mikroprosesor, akan tetapi memiliki arsitektur yang sama sekali berbeda dengan fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Poin menonjol dari perbedaan keduanya sebagai berikut:

1. Perbedaan kinerja dan efektivitas antara CPU dan GPU

CPU didesain sebagai mesin pengolah instruksi yang kuat, sehingga mampu memproses berbagai beban kerja yang dibutuhkan oleh komputer. Misalnya saja seperti melakukan berbagai tugas dalam komputer secara bersamaan, contohnya browsing sambil mendengarkan musik sekaligus transfer data dari komputer ke flash disk. Hal ini dapat dilakukan oleh CPU, karena arsitekturnya dibuat untuk menekankan jumlah inti yang lebih kecil pada tugas individu agar dapat menyelesaikan tugas dengan cepat. Faktor inilah yang membuatnya secara unik cocok untuk menjalankan beban kerja seperti komputasi hingga menjalankan database.   

Sedangkan GPU lebih condong pada sistem yang mengolah akselerasi tugas untuk me-render grafis 3 dimensi. Misalnya saja ketika Anda tengah bermain game 3D, setiap tampilan yang dihasilkan pada layar monitor pengguna merupakan hasil dari proses render yang dilakukan secara terus menerus oleh GPU melalui kartu grafis komputer. Sehingga pemain dapat merasakan visual dan grafis terbaik ketika memainkan game yang mereka nikmati. Selain itu saat ini GPU telah berkembang untuk menjadi prosesor paralel bertujuan dalam menjalankan jumlah beban kerja deep learning dan artificial intelligence (AI). Bahkan kinerja GPU dimanfaatkan para miner untuk menambang Cryptocurrency. 

2. Perbedaan arsitektur fisik antara CPU dengan GPU

Apabila diterangkansecara fisik, CPU adalah susunan elektronika yang terintegrasi dan tercetak pada piringan persegi berbahan silikon, atau lebih tepatnya sebuah microchip. Sementara itu GPU memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan CPU. Yaitu komponen elektronik yang terdiri dari logam dan silikon dalam bentuk microchip. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah core atau inti yang dimiliki GPU terlampau banyak dibandingkan dengan CPU.

Lihat Juga : 13 Fungsi dan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari

Tabel perbandingan antara CPU dan GPU

Supaya Anda lebih mudah dalam mencerna perbedaan CPU dengan GPU, berikut ini saya sertakan tabel perbandingan yang menjabarkan informasi mengenai kedua komponen tersebut secara lebih transparan:

CPUGPU
Central Processing UnitGraphics Processing Unit
Fokus pada Latency rendahFokus pada Throughput tinggi
Bagus dalam memproses instruksi serialBagus dalam memproses instruksi paralel
Memiliki sedikit core yang kuatMemiliki banyak core yang lemah
Set instruksi lebih beragamHanya beberapa set instruksi optimal
Memiliki kecepatan efektifKecepatan yang tersedia mampu melampaui CPU
Konsumsi memori tinggiKonsumsi memori rendah

Apabila anda tidak mengetahui beberapa istilah yang terdapat pada tabel perbandingan di atas, silakan simak informasinya di bawah ini.

  • Latency – Dalam jaringan komputer, latency adalah ekspresi dari berapa banyak waktu yang dibutuhkan paket data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain.
  • Throughput – Merupakan bandwidth aktual, diukur dalam satuan waktu tertentu dan dalam kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk mentransfer file dengan ukuran tertentu.
  • Core – Dalam dunia komputer, core merupakan inti dari CPU yang membantu dalam mengontrol jalannya data. Jadi semakin banyak / tinggi core maka akan semakin stabil kinerja sebuah komputer.

Lihat Juga : 5 Fungsi dan manfaat sistem operasi secara umum

Poin dalam memahami perbedaan CPU dan GPU

Selain tabel perbandingan di atas, ada pun beberapa poin penting yang perlu Anda pahami terkait perbedaan CPU dan GPU pada komputer. Simak penjelasannya pada poin berikut ini.

  1. Dalam manajemen kinerja CPU, prioritas diberikan pada latensi rendah. Yang artinya pemrosesan data dengan efektivitas waktu lebih sedikit didahulukan. Sedangkan GPU lebih condong dalam mengoptimalkan throughput, yang mana jumlah perhitungan dilakukan, dalam interval waktu tinggi atau sebanyak mungkin.
  2. CPU mampu memberikan hasil yang efektif ketika memproses instruksi / perintah secara serial. Sedangkan GPU lebih efektif dalam memproses instruksi / perintah secara paralel.
  3. CPU dibangun dan terdiri dari sedikit core yang kuat. Sedangkan GPU terdiri dari sejumlah besar core yang lemah.
  4. GPU dapat mencapai kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan CPU karena pemrosesan paralelnya sangat besar.
  5. CPU membutuhkan lebih banyak beban memori untuk diproses sementara secara komparatif. Akan tetapi GPU membutuhkan lebih sedikit beban memori untuk memproses.

Lihat Juga : 9 Fungsi dan manfaat web browser

Penutup,

Sebagai seorang pengguna komputer, pastinya Anda sudah sangat akrab dengan istilah CPU dan GPU. Keduanya merupakan elemen vital dari komputer, terutama bagi Anda yang berkecimpung di dunia games dan desain. Dengan adanya sebuah GPU, kinerja CPU menjadi lebih ringan, karena pemrosesan data dalam mengakselerasi grafis komputer telah ditangani oleh perangkat individu yang terpisah yaitu GPU. Sehingga komputer dapat berjalan lebih optimal, dan pengguna dapat menikmati perangkat yang mereka jalankan. Tanpa harus menanggung risiko kerusakan hardware akibat overheat dikarenakan banyaknya antrean data untuk diproses.

Apa pengertian Core pada komputer?

Dalam dunia komputer, core merupakan inti dari CPU yang membantu dalam mengontrol jalanya data. Jadi semakin banyak/tinggi core maka akan semakin stabil kinerja sebuah komputer.

Apa itu APU?

APU atau Accelerated Processing Unit merupakan mikroprocesesor gabungan antara CPU dan GPU yang dipisahkan oleh sirkuit tersendiri dalam komputer. Tujuan dibuatnya APU sendiri yaitu untuk menghemat biaya agar pengguna tidak perlu membeli GPU tersendiri ketika membeli sebuah komputer.

Apakah GPU memang diperlukan komputer?

Sebuah PC dapat berjalan tanpa GPU tersendiri, namun hal tersebut kembali bergantung pada jenis prosesor yang terpasang pada PC yang digunakan.

Bagaimana cara kerja CPU?

CPU mengambil instruksi dari program atau aplikasi untuk melakukan kalkulasi. Proses ini dipecah menjadi tiga tahap utama yaitu Fetch, Decode, Execute. CPU mengambil instruksi dari RAM kemudian men-dekode apa yang pengguna instruksikan. Dan dilanjutkan dengan mengeksekusi instruksi tersebut melalui bagian CPU yang relevan. Lalu instruksi tersebut dilanjutkan menuju perangkat output komputer.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.