8 Cara Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka

Windows Defender merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft. Di mana berfungsi untuk melindungi sistem operasi Windows dari serangan virus atau malware. Selain itu software ini bisa dikatakan memiliki peranan dan fungsi yang sama seperti aplikasi antivirus lainnya. Hanya saja Windows Defender terinstall langsung pada sistem operasi Windows.

Terdapat banyak sekali layanan yang dapat Anda gunakan di dalam Windows Defender. Misalnya melakukan pemindaian virus secara berkala, mengunintall aplikasi yang bermasalah, hingga melindungi Anda ketika mengakses situs atau link yang berbahaya di web browser. Jadi tidak menutup kemungkinan, apabila banyak pengguna komputer yang bergantung pada Windows Defender untuk menjaga perangkat komputer/laptop dari kejahatan cyber.

Melihat kegunaannya tersebut, memang Windows Defender mempunyai segudang manfaat bagi penggunanya. Namun apa jadinya, jika Windows Defender yang Anda gunakan mengalami beberapa masalah atau gagal fungsi. Misalnya seperti Windows Defender tidak bisa dibuka atau diakses. Tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan ketika Anda mengalaminya bukan.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya beberapa keterangan error saat membuka Windows Defender. Misalnya seperti “Windows Defender is turned off by group policy” atau “Windows Defender has been turned off and isn’t monitoring your computer”. Untuk mengatasi permasalahan Windows Defender tidak bisa dibuka ini, dapat Anda simak kelanjutannya berikut ini.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

Penyebab Windows Defender Tidak Bisa Dibuka

Adapun beberapa alasan mengapa Windows Defender mengalami gagal fungsi, misalnya karena faktor sistem yang bermasalah, terdapat beberapa service yang bertabrakan, hingga perangkat terkena serangan virus atau malware. Mengenai penjelasan lebih lengkapnya, silakan simak poin berikut ini.

  • Sistem bermasalah. Apabila sistem perangkat Anda mengalami gagal fungsi, maka tidak mengherankan jika ada beberapa komponen di dalamnya juga ikut bermasalah termasuk Windows Defender. Hal ini memanglah wajar, mengingat peranan sistem sangat berpengaruh terhadap kinerja program atau aplikasi.
  • Service mengalami crash. Bisa jadi penyebab utama dari Windows Defender yang tidak bisa dibuka ini dikarenakan oleh service sistem yang mengalami crash atau tidak berjalan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya keterangan not responding pada beberapa program, sehingga tidak bisa dipungkiri akan berdampak ke program lainnya.
  • Adanya aplikasi antivirus yang bermasalah. Kita tidak bisa menutup kemungkinan, bahwa aplikasi antivirus juga memiliki potensi yang berbahaya pada perangkat komputer/laptop. Terlebih lagi jika Anda mengunduh aplikasinya dari sumber yang tidak dikenali. Mungkin saja aplikasi tersebut juga bisa memegang kendali penuh atas perangkat Anda, Jadi disarankan lebih berhati – hati dalam menginstall Antivirus.
  • Terkena serangan virus/malware. Semua pengguna komputer telah mengetahui, virus atau malware sendiri mampu mengubah hingga menghapus file yang terdapat di dalam sistem. Akibatnya beberapa file menjadi korup atau bermasalah.
  • Dan sebagainya…

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

Mengatasi Windows Defender Tidak Bisa Dibuka

Terdapat beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki Windows Defender yang tidak bisa dibuka ini. Misalnya dengan restart perangkat, uninstall aplikasi antivirus, restart security center hingga menggunakan perintah scanning dengan CMD (Command Prompt). Melalui artikel ini saya menggunakan Windows 10 sebagai bahan utama untuk memperbaikinya. Apabila Anda memiliki permasalahan yang sama, tetapi menggunakan sistem operasi yang lebih rendah, silakan melakukan sedikit penyesuaian terhadap metode yang digunakan. Berikut tips dan penjelasannya:

1. Restart Laptop/ Komputer Anda

Restart komputer anda
1. Melakukan restart komputer. WAHYU SETIA BINTARA

Metode pertama dalam mengatasi permasalahan Windows Defender yang tidak bisa dibuka ini adalah dengan me-restart komputer/laptop. Memang metode ini bersifat sederhana, namun faktanya banyak permasalahan Windows yang dapat teratasi dengan baik. Hanya saja, metode ini berlaku ketika masalah tersebut disebabkan oleh service sistem yang crash atau tidak berjalan.

Selain itu, dengan melakukan restart perangkat juga dapat berfungsi untuk memastikan “Apakah terdapat pembaruan sistem yang tertunda atau tidaknya”. Seperti yang kita tahu, bahwa untuk melakukan restart sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara yang ada. Apabila dengan metode ini menghasilkan perubahan apa pun, maka silakan lanjut ke metode kedua.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

2. Menghapus Aplikasi Antivirus

Uninstall Antivirus
2. Hapus aplikasi antivirus pihak ketiga. WAHYU SETIA BINTARA

Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwasanya terdapat kemungkinan jika aplikasi antivirus yang menyebabkan Windows Defender tidak bisa dibuka. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi, apabila Anda menggunakan antivirus dari sumber yang tidak dikenali. Untuk itu disarankan Anda melakukan uninstall aplikasi antivirus dengan cara seperti berikut ini.

  1. Pertama, klik Start menu » Settings » Apps.
  2. Kemudian pilih tab App & Features.
  3. Cari dan pilih aplikasi Antivirus » klik Uninstall » klik Uninstall lagi untuk konfirmasi penghapusan aplikasi.
  4. Ikuti proses penghapusan aplikasi.
  5. Selesai.

Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk uninstal sebuah aplikasi atau program pada Windows. Jadi Anda bisa menggunakan cara lain yang dirasa mudah untuk dilakukan dan tidak harus mengacu pada satu metode di atas.

3. Restart Security Center Service

Restart Security Center
3. Restart layanan Security Center. WAHYU SETIA BINTARA

Metode selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada layanan Security Center. Dari hasil pencarian yang telah saya lakukan di beberapa situs, mereka beranggapan metode ini mungkin dapat mengatasi Windows Defender yang tidak bisa dibuka. Untuk melakukannya, dapat Anda simak poin di bawah ini.

  1. Pertama, buka Task Manager.
  2. Kemudian pilih tab Services, cari dan klik kanan Security Center » pilih Restart.
  3. Jika sudah, lakukan cek “Apakah masalah tersebut teratasi dengan baik atau tidak”
  4. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi File Exe Tidak Bisa Dibuka Windows 

4. Menjalankan Perintah Command Prompt

Mungkin saja penyebab dari Windows Defender yang bermasalah ini berasal dari file sistem yang rusak atau hilang pada perangkat Anda. Maka dari itu anda bisa menggunakan beberapa perintah di dalam Command Prompt untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Misalnya dengan menjalankan perintah System File Checker atau DISM. Ke dua perintah ini dapat dikatakan memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk memperbaiki kerusakan dalam file sistem. Silakan ikut langkah berikut untuk menjalankan perintah.

4. Scan Windows dengan CMD. WAHYU SETIA BINTARA
sfc /scannow
  1. Pertama, klik Start menu Windows pada Taskbar.
  2. Kemudian lakukan scroll ke bawah untuk mencari Windows System.
  3. Jika sudah, klik kanan Command Prompt » More » Run as administrator.
  4. Selanjutnya ketik perintah: sfc /scannow » tekan Enter.
  5. Tunggu prosesnya hingga 100%.
  6. Setelah itu silakan restart perangkat Anda untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Apabila dengan menjalankan pemindaian SFC masih tidak memperbaiki permasalahan. Anda dapat menggunakan perintah DISM. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

Jalankan Perintah DISM
4. Scan Windows dengan perintah DISM. WAHYU SETIA BINTARA
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  1. Pertama, masuk dan jalankan Command Prompt sebagai Administrator.
  2. Selanjutnya ketik perintah: DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth » tekan Enter.
  3. Tunggu proses beberapa saat.
  4. Setelah itu silakan restart perangkat Anda untuk melihat hasilnya.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Microsoft Office Has Stopped Working

5. Mengaktifkan Windows Defender

Terkadang masalah Windows Defender yang tidak bisa dibuka ini dikarenakan memang layanan tersebut dalam keadaan Turn off. Dalam kondisi seperti ini, hanya bisa dinyalakan kembali melalui pengaturan Group Policy. Untuk mengubahnya dapat Anda lakukan beberapa langkah berikut ini.

STEP 1: Langkah pertama, silakan buka jendela Group Policy Editor.

Buka Group Policy Editor
1. Mengakses Group Policy Editor. WAHYU SETIA BINTARA
  • Tekan Windows + R pada Keyboard.
  • Kemudian ketik gpedit.msc di kolom pencarian Run » tekan Enter/OK.

STEP 2: Setelah itu, masuk ke dalam menu direktori Windows Defender.

Direktori Windows Defender
2. Menuju directory Windows Defender Antivirus. WAHYU SETIA BINTARA
Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender
  • Klik menu direktori Administrative Templates di panel sebelah kiri.
  • Lalu dilanjut dengan memilih Windows Components » klik Windows Defender / Windows Defender Antivirus.
  • Jika sudah, lihat panel sebelah kanan. Lalu klik dua kali Turn off Windows Defender Antivirus.

STEP 3: Ubah pengaturan Windows Defender

Ubah Pengaturan Windows Defender
3. Menguah pengaturan Windows Defender. WAHYU SETIA BINTARA
  • Setelah itu, klik Not Configured pada pilihan menu yang tersedia » klik Apply » OK.
  • Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Photos Tidak Bisa Dibuka Windows

Penutup,

Windows Defender yang mengalami gagal fungsi atau bermasalah memang tidak mengenakan. Pasalnya software tersebut merupakan aplikasi antivirus bawaan dari Windows sendiri. Dengan kata lain, jika Windows Defender mengalami error, maka perangkat Anda tidak mendapat perlindungan secara maksimal. Meskipun permasalahan ini jarang terjadi, namun ketika Anda mengalaminya pasti akan merasa kebingungan. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya file sistem korup, adanya aplikasi antivirus yang bermasalah, hingga terkena virus atau malware.

Apa itu Windows Defender?

Windows Defender merupakan aplikasi antivirus yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows.

Apakah Windows Defender perlu diaktifkan setiap saat?

Tergantung penggunanya, namun akan lebih baik diaktifkan saja. Mengingat Windows Defender akan melindungi perangkat Anda dari serangan virus atau malware.

Mengapa Windows Defender tidak bisa dijalankan?

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan Windows Defender bermasalah. Misalnya seperti file sistem korup, terdapat service yang bertabrakan, atau mungkin terkena virus.

Sekian ulasan singkat untuk mengatasi windows defender tidak bisa dibuka pada Windows 10, semoga dengan salah satu metode yang saya berikan, dapat memperbaiki permasalahan tersebut. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau tanggapan yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.