9 Cara Mengatasi Avast Error, Tidak Bisa Dibuka

Avast merupakan salah satu program Antivirus pihak ketika yang dirancang untuk menganalisis dan mendeteksi program-program berbahaya yang kemungkinan menyerang sistem. Dalam prosesnya, Avast melakukan analisis dan mendeteksi semua aktivitas aneh secara real-time. Dalam beberapa hari atau minggu, Avast selalu melakukan update terhadap virus-virus yang berkembang di seluruh dunia.

Tujuannya agar pengguna selalu aman dan nyaman ketika melakukan aktivitas apapun di depan layar komputer. Sayangnya, beberapa pengguna Avast banyak mendapat keluhan mengenai program yang error dan tidak bisa digunakan. Dalam beberapa kasus, pengguna Avast mendapati error pada program, seperti;

  • Muncul pesan error “UI failed to load”, “System Unsecured”, dan “You’re not protected”, dan lainnya.
  • Terkadang software menutup kembali ketika dibuka.
  • Proteksi Perilaku tidak dapat digunakan.
  • dll…

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & Mac Terbaik

Cara Mengatasi Avast Tidak Bisa Dibuka

Semua masalah tersebut terjadi pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Dari beragam informasi yang penulis dapatkan, penyebabnya bisa bermacam-macam, dari Antivirus yang tidak up to date, program yang corrupt (rusak), virus yang merusak Antivirus, hingga sistem Windows yang bermasalah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa solusi sederhana yang bisa anda lakukan;

1. Setting Remote Device Service ke Automatic

1 UI Failed to Load Avast Windows

Langkah pertama, coba lakukan sedikit perubahan pada bagian Remote Device Service melalui fitur services.msc. Dari beberapa informasi yang penulis dapatkan, error mengenai tulisanUI failed to load” dapat diperbaiki melalui perubahan dibagian tersebut. Jikapun nanti masih terjadi masalah, anda bisa coba beberapa solusi berikutnya.

2 Remote Desktop Service Windows
  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke fitur Run di Windows anda, klik Start ketikkan Run dan Enter. Atau bisa dengan shortcut keyboard Windows + R.
  2. Lalu, masukkan perintah services.msc dan klik OK.
  3. Kemudian temukan fitur Remote Desktop Service, klik kanan » lalu pilih Properties.
  4. Dibagian Startup type, ubah pengaturannya menjadi Automatic.
  5. Lakukan Apply dan klik OK.
  6. Coba restart komputer dan buka kembali program Avast anda.
  7. Selesai.

2. Bersihkan Cache dengan CCleaner

Berikutnya, cobalah untuk membersihkan file sampah, temporary, cache, dan cookies yang masih melekat di komputer anda. Dengan melakukan hal ini, harapannya semua bugs yang ada pada Antivirus Avast hilang dan program dapat berjalan dengan normal. Tidak harus CCleaner, anda juga dapat menggunakan program pembersih lain seperti AVG TuneUp, Disk Cleanup, dan sebagainya.

Alasan memilih CCleaner karena program tersebut gratis. Jika belum memilikinya, silahkan download CCleaner terlebih dahulu. Simak cara penggunaanya berikut ini;

Bersihkan Cache dengan CCleaner Windows
  1. Langkah pertama setelah instalasi, buka program tersebut dan anda akan melihat tampilan awal program CCleaner.
  2. Masuk ke fitur Costum Clean, kemudian centang program-program yang perlu dibersihkan sampah, cache, cookies, registry serta file temporary lainnya.
  3. Klik Run Cleaner untuk melakukan pembersihan dan tunggu sampai proses cleaning selesai.
  4. Setelah itu, restart komputer dan buka kembali program Avast.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Membersihkan Cache di Windows

3. Pastikan untuk tidak menggunakan 2 Antivirus

Banyak dari para pengguna komputer tidak memahami bahwa user hanya diperkenankan menginstall 1 program Antivirus, tidak lebih. Untuk Windows 10 sendiri telah dibekali dengan Windows Security (Windows Defender). Kemudian anda install Avast maka Windows Defender tersebut akan terhubung atau tergantikan dengan Avast, sehingga Windows Defender tidak berfungsi.

Nah, maka dari itu anda cukup menginstall 1 Antivirus tambahan selain dari Windows Defender. Jadi, ketika anda menginstall Avast lalu Avira misalnya, maka kemungkinan ini akan terjadi bentrok, error, hingga tidak berfunsgi dengan baik.

Walaupun dalam penggunaan mungkin normal tapi hal ini tidak diperkenankan. Cukup gunakan 1 saja yang menurut anda terbaik.

4. Lakukan End Task Avast

Solusi berikutnya yakni dengan menghentikan proses Avast (end task) yang sedang berjalan di background. Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan fitur Task Manager. Dengan cara ini biasanya membuat bugs hilang dan program dapat normal kembali. Berikut langkah-langkahnya;

Lakukan End Task Avast Windows
  1. Klik Start menu, lalu ketikkan Task Manager dan Enter. Atau bisa juga dengan kombinasi shortcut; CTRL + Shift + Esc.
  2. Kemudian anda akan melihat tampilan Task Manager.
  3. Silahkan End Task pada semua proses yang terjadi pada program Avast.

Setelah melakukan hal tersebut, program Avast akan tertutup dan berhenti berjalan, baik di antarmuka ataupun background. Silahkan buka kembali program Avast, dan lihat hasilnya.

5. Perbarui Program Avast

Opsi lain adalah dengan memperbarui atau update program Avast ke versi yang paling baru (up to date) saat ini. Dengan update harapannya semua bugs dan kerusakan pada program dapat diperbaiki dan bisa normal kembali. Berikut langkah-langkahnya;

Update Program Avast Windows
  1. Buka program Avast yang terinstall di Windows anda.
  2. Klik Menu yang ada dibagian kanan atas.
  3. Klik Settings » General, lalu klik Update.
  4. Lakukan pengecekan dengan klik Check for Updates.
  5. Jika tersedia versi terbaru, silahkan perbarui.
  6. Selesai.

NOTE: metode ini hanya dapat dilakukan untuk user yang masih bisa masuk ke fitur Setting Avast seperti yang terlihat pada gambar.

Lihat Juga : 15 Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

6. Coba Repair Avast

Selain opsi Update, anda juga bisa mencoba melakukan repair atau perbaikan. Fungsi dari fitur ini adalah memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada program Antivirus, karena bisa jadi file program yang corrupt atau hilang membuat Avast tidak dapat berjalan secara normal.

Repair Avast Windows

Untuk melakukannya, silahkan buka program Avast anda dan masuk ke fitur Settings » General » lalu klik Troubleshooting. Dibagian tersebut, anda klik Repair App untuk melakukan perbaikan. Jika muncul pop up, konfirmasi dengan OK.

NOTE: Proses repair akan berjalan cukup lama dan anda bisa menunggu sampai proses tersebut selesai dilakukan.

7. Install Ulang Avast

Terakhir adalah reinstall atau hapus dan install kembali program Avast anda. Jika sebelumnya anda pernah melakukan instalasi bukan dari situs resminya Avast, maka kemungkinan program tersebut memang bermasalah dan perlu diganti dengan program yang baru. Untuk melakukannya, silahkan masuk ke fitur Add or Remove Program.

Uninstall Antivirus Windows 10
  1. Buka Start menu di Windows anda, search dan klik Add or Remove Program.
  2. Scroll kebawah dan temukan program Avast Free Antivirus.
  3. Klik program tersebut, lalu pilih Uninstall.
  4. Ikuti proses penghapusan proses hingga selesai.
  5. Restart komputer.

Setelah penghapusan selesai, cobalah untuk menginstall program Avast versi paling baru. Agar tidak terjadi masalah, silahkan download Avast di situs resminya.

Lihat Juga : 7 Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

Kemungkinan Lain!!

Selain beberapa hal diatas, ada kemungkinan lain yang membuat program Avast tidak bisa digunakan. Apa itu? Simak beberapa kemungkinannya berikut ini.

1. Antivirus anda terhalang oleh Virus

Bisa jadi Antivirus anda tidak dapat berfungsi dengan baik karena terhalangi oleh Virus. Memang sedikit aneh dan sulit dimengerti namun inilah kenyataanya bahwa ada beberapa program Windows yang tidak dapat berjalan dengan normal akibat virus dan malware yang merusak sistem.

Solusinya adalah, cobalah untuk menggunakan program AdwCleaner dari Malwarebytes. Program tersebut dapat anda fungsikan untuk membersihkan virus tanpa perlu menginstall. Setelah semua virus hilang, anda bisa install kembali program Avast.

2. Windows anda bermasalah

Kemungkinan lain adalah, Windows anda bermasalah atau error sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Solusinya adalah dengan melakukan repair pada sistem Windows anda. Error pada sistem biasanya juga ditandai dengan program atau software lain yang juga terjadi masalah.

Lebih baik lakukan pengecekan dan jika perlu install ulang sistem Windows anda. Ini adalah kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu terjadi pada Windows anda, karena setiap user memiliki masalah yang berbeda-beda.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Antivirus di Windows

Akhir kata,

Dari semua solusi yang penulis jelaskan diatas, anda bisa mencobanya satu per satu. Jika nantinya masih terjadi masalah, silahkan tulis keluhan anda melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.