10 Cara Mengatasi Microsoft Word Has Stopped Working

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat populer hingga saat ini. Program yang…

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat populer hingga saat ini. Program yang dikembangkan oleh Microsoft ini merupakan paket dari Microsoft Office dan Microsoft 365. Microsoft Word tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, Android, dan iOS (iPhone). Dengan Microsoft Word, pengguna dapat dengan mudah membuat dan mengedit dokumen, entah itu surat, brosur, buku, artikel, jurnal, skripsi, laporan keuangan, dan sebagainya.

Meskipun memiliki segudang fitur dan kelebihannya, Microsoft Word terkadang juga mengalami masalah error ketika digunakan. Beberapa pengguna terkadang mendapati pesan error seperti not responding, couldn’t start, has stopped working, product activation failed, dan sebagainya. Bagi Anda yang mengalami masalah Microsoft Word yang bertuliskan “Microsoft Word Has Stopped Working”, simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip Windows

Penyebab Microsoft Word Has Stopped Working

Terjadinya masalah pada Microsoft Word tentunya membuat pengguna tidak optimal atau bahkan tidak bisa membuat ataupun mengedit dokumen. Hal ini membuat aktivitas ataupun pekerjaan menjadi terhambat. Pesan error pada Microsoft Word dapat disebabkan karena beberapa hal seperti kesalahan update sistem dan paket Office, kerusakan pada program, hingga masalah pada Add-ins. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Kesalahan update sistem dan paket Office – Beberapa pengguna mengalami masalah dengan program office setelah update Windows. Hal ini memang sangat normal, mengingat setelah update Windows, ada paket yang belum terinstall secara sempurna. Pengguna harus me-restart komputer/ laptop agar paket dapat terinstall sempurna dan program dapat digunakan kembali.
  • Kerusakan pada program – Kemungkinan Microsoft Office terdapat bugs atau kerusakan sehingga membuat program tidak bisa digunakan. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan update Windows dan paket Office, repair, dan re-install.
  • Bugs pada Add-ins – Jika Anda mengalami masalah error setelah memasang Add-ins maka kemungkinan Add-ins yang Anda pasang tersebut bermasalah, entah karena instalasi yang tidak sempurna, konflik, tidak kompatibel, atau karena bugs pada Add-ins. Anda perlu menghapus Add-ins tersebut agar Microsoft Word dapat normal kembali.
  • Konflik dengan aplikasi pihak ketiga – Ada kemungkinan Microsoft Word konflik dengan aplikasi lain, misalnya saja Add-ins yang diblokir oleh aplikasi Antivirus.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Local Disk Not Responding Windows

Mengatasi Microsoft Word Has Stopped Working

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan; mulai dari menonaktifkan atau menghapus Add-ins, memperbarui paket Windows dan Office, melakukan perbaikan dengan fitur repair, dan re-install Microsoft Office. Tutorial ini saya lakukan pada Windows 10 dengan versi Microsoft Office 2019 (klasik). Jika Anda masih menggunakan versi yang lebih rendah, silakan menyesuaikan.

1. Nonaktifkan Add-ins

Add-ins merupakan fitur tambahan yang diberikan Microsoft untuk memudahkan pengguna dalam membuat atau mengedit dokumen sesuai keinginan dan kebutuhan. Sederhananya, Add-ins seperti halnya ekstensi pada Google Chrome atau Firefox. Namun terkadang Add-ins yang terpasang terkadang terjadi error sehingga membuat Microsoft Word berjalan tidak optimal. Menonaktifkan atau menghapus Add-ins perlu dilakukan agar Microsoft Word dapat normal kembali.

Untuk melakukannya, Anda harus membuka program dalam mode aman (safe) yang mana Anda bisa melewati beberapa fungsi dan proses tertentu seperti XLStart, Add-ins, toolbars modifikasi, dan lainnya.

Step 1: Langkah pertama, buka Run dialog untuk membuka program Microsoft Word dalam mode aman (safe).

Buka Run winword safe
1. Buka Run dialog Windows. RUDI DIAN ARIFIN
winword /safe
  • Klik Start menu » Windows System » Run.
  • Kemudian ketik perintah membuka Office dalam mode Safe (ex. winword /safe)
  • Lalu klik OK.
For Wordwinword /safe

Step 2: Setelah membuka dan masuk Microsoft Word dalam mode safe. Coba pilih fitur Options.

Pilih Options Microsoft Word
2. Pilih Options. RUDI DIAN ARIFIN
  • Klik File » lihat bagian bawah, pilih Options.

Step 3: Setelah itu, Anda masuk pada fitur Word Options.

Pilih Add-ins Microsoft Word
3. Pilih fitur Add-ins Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN
  • Pilih Add-ins seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Pada kolom Manage, Anda pilih COM Add-ins. Lalu klik OK.

Step 4: Kemudian hilangkan centang pada Add-ins Available.

Hilangkan centang pada Add-in
4. Hilangkan centang Add-ins Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN
  • Anda bisa hilangkan centang lalu klik OK untuk menonaktifkan Add-in sementara.
  • Atau pilih Add-in dan klik Remove untuk menghapus Add-in secara permanen.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding

2. Coba Update Windows 10 Anda

Tips selanjutnya adalah memperbarui paket sistem dan Office. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki bugs pada sistem dan program terinstall (utamanya program bawaan dari Microsoft). Sebelum melakukan update, pastikan untuk mengaktifkan bagian “Receive updates for other Microsoft products when you update Windows”. Setelah itu, barulah melakukan pembaruan OS Windows.

Aktifkan pembaruan produk Microsoft

Aktifkan pembaruan Produk Microsoft
2. Aktifkan paket pembaruan produk Microsoft. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Klik Start » pilih ikon Settings.
  2. Pilih Update & Security » Windows Update.
  3. Pilih Advanced Options » aktifkan bagian “Receive updates for other Microsoft products when you update Windows”.
  4. Selesai.

Lakukan pembaruan sistem Windows

Update Windows 10
2. Perbarui Windows 10 Anda. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Masuk pada fitur Update & Security » Windows Update.
  2. Klik Check for updates untuk melihat versi update Windows terbaru.
  3. Jika tersedia, Anda bisa lakukan update.
  4. Selesai update, Anda bisa restart laptop/ komputer Anda.
  5. Selesai.

3. Lakukan Perbaikan dengan Fitur Repair

Repair Microsoft Office Windows
3. Lakukan perbaikan dengan fitur repair. RUDI DIAN ARIFIN

Jika dengan update tidak memperbaiki masalah error, cobalah untuk memperbaiki Microsoft Office menggunakan fitur Repair. Mungkin saja program terjadi kerusakan atau corrupt sehingga membuatnya tidak berjalan dengan baik. Microsoft Office menyediakan dua pilihan perbaikan, Quick Repair (tanpa koneksi internet) dan Online Repair (membutuhkan koneksi internet). Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik Start » pilih ikon Settings.
  2. Pilih Apps » Apps & features.
  3. Temukan dan pilih program Microsoft Office, pilih Modify.
  4. Ada dua opsi repair, Online dan Offline. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  5. Ikuti petunjuk repair sampai proses repair Microsoft Office berhasil.
  6. Selesai.
Quick RepairPerbaikan dilakukan tanpa koneksi internet.
Online RepairPerbaikan dilakukan dengan koneksi internet dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketimbang Quick Repair. Opsi ini bisa dipilih apabila Quick Repair tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada.

4. Coba Install Ulang Microsoft Office

Hapus Instalasi Microsoft Office 2019
4. Install Ulang Microsoft Office. RUDI DIAN ARIFIN

Jika perbaikan dan pembaruan juga tidak menyelesaikan masalah, coba re-install program. Anda bisa menghapus program melalui menu Settings, Control Panel, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda manfaatkan adalah iObit Uninstaller, CCleaner, Revo Uninstaller, dan lain sebagainya. Untuk menghapus program melalui menu Settings, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik Start » pilih ikon Settings.
  2. Pilih Apps » Apps & features.
  3. Temukan dan pilih program Microsoft Office, pilih Uninstall.
  4. Konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program hingga selesai.
  5. Selesai.

Setelah menghapus program, cobalah untuk membersihkan semua file sampah, cache, registry, log, dan sejenisnya. Setelah itu, restart komputer dan cobalah untuk menginstall kembali program Microsoft Office Anda.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Windows

5. Gunakan Alternatif Microsoft Word

Gunakan Microsoft Word Online
5. Gunakan program alternatif Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda tidak mau repot dalam melakukan perbaikan dan membutuhkan program untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, sementara Anda bisa gunakan program Microsoft Word alternatif. Ada beragam program office yang bisa Anda gunakan secara gratis seperti Apache OpenOffice, LibreOffice, SoftMaker FreeOffice, WPS Office, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga masih bisa menggunakan Microsoft Word versi Web App yang bisa Anda akses kapan pun Anda butuh kan.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi File Explorer Not Responding Windows

Penutup,

Microsoft Word yang bermasalah tentunya membuat banyak tugas atau pekerjaan menjadi terganggu. Namun dengan beberapa tips di atas, saat berharap semua masalah dapat teratasi dengan baik. Jika-pun masih bermasalah, Anda masih bisa menggunakan program Microsoft Word alternatif seperti yang saya sebutkan di atas.

Apa itu Microsoft 365?

Microsoft 356 merupakan produk berlangganan dari layanan Office Microsoft berbasis Cloud (bagian dari paket Microsoft Office).

Apa penyebab Microsoft Word Has Stopped Working?

Penyebabnya sering kali karena bugs pada program. Repair adalah pilihan terbaik dalam mengatasi masalah ini.

Apa penyebab Microsoft Word Not Responding?

Not Responding dapat disebabkan karena multitasking yang berlebihan atau kerusakan pada program sehingga membuat Microsoft Word hangs dan tidak respons.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memperbaiki Microsoft Word Has Stopped Working, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Apa itu Bitmap?

    Bitmap merupakan susunan dari pixel – pixel yang membentuk sebuah gambar / informasi.
  2. Spesifikasi PC / Laptop Untuk eFootball PES 2021

    eFootball PES 2021 adalah salah satu seri game liga pertandingan sepak bola yang dirilis Konami sejak…
  3. Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

    Multimedia adalah media teknologi dengan sistem integrasi antara suara, teks, animasi, audio dan video dengan bantuan…