10 Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip Windows

Monitor menjadi salah satu bagian terpenting ketika ingin mengoperasikan komputer. Tanpa adanya monitor, pengguna tidak bisa berinteraksi dengan sistem dan program yang ada di dalamnya. Teknologi monitor saat ini juga berkembang sangat pesat, dulunya mungkin kita mengenal monitor model CRT (tabung), namun saat ini kita dimudahkan dengan adanya monitor model LCD hingga LED dengan dimensi ukuran yang lebih tipis. Selain memudahkan, teknologi monitor saat ini juga hadir dengan resolusi tinggi dan warna yang lebih tajam.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi monitor juga tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah ketika digunakan. Beberapa pengguna Windows 10 ada yang mengalami error pada layar komputer/ laptop yang berkedip-kedip (screen flickering). Meskipun masih bisa digunakan untuk beraktivitas, namun tentu saja hal ini membuat pengguna tidak nyaman. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai masalah ini, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

Penyebab Layar Laptop Windows Berkedip

Masalah layar berkedip dapat terjadi pada jenis monitor mana pun dan versi Windows berapa pun, mulai dari Windows 10, Windows 8.1, Windows 7, hingga Windows XP. Ada beragam faktor yang menyebabkan layar komputer/ laptop berkedip, mulai dari driver yang bermasalah, program terinstall yang tidak kompatibel, hingga bugs pada sistem operasi.

  • Terdapat masalah pada driver tampilan (display adapter). Jika Anda mengalami masalah layar berkedip setelah update Windows, ada kemungkinan terjadi konflik pada driver tampilan. Anda bisa perbaiki dengan memperbarui atau uninstall driver.
  • Program tidak kompatibel. Kemungkinan lain, program terinstall tidak kompatibel dengan layar komputer/ laptop Anda (biasanya karena resolusi layar yang terlalu kecil atau refresh rate yang terlalu rendah).
  • Bugs pada sistem operasi Windows 10. Mungkin saja masalah ini terjadi karena kesalahan Windows 10. Jika dilihat pada halaman pembaruan Windows 10, Microsoft sering kali melakukan perbaikan pada driver dan program yang tidak kompatibel.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Setting Tidak Bisa Dibuka Windows

Mengatasi Layar Laptop Windows Berkedip

Setelah mengetahui beberapa penyebab layar berkedip di komputer/ laptop Anda, kini saatnya melakukan perbaikan. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan pemeriksaan dari Task Manager, mematikan beberapa services di System Configuration, hingga menghapus program yang tidak kompatibel. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti tips dan penjelasannya berikut ini.

1. Coba periksa dengan membuka Task Manager

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan apakah yang bermasalah adalah driver tampilan atau aplikasi yang tidak kompatibel. Untuk mengidentifikasi masalah, Anda bisa periksa dengan membuka Task Manager. Ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Tekan kombinasi tombol (shortcut key) Ctrl + Shift + ESC untuk mengakses Task Manager.
  • Jika Task Manager Anda ikut berkedip (flickering), kemungkinan driver tampilan memang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa perbaiki driver dengan update atau uninstall driver.
  • Namun apabila Task Manager tidak berkedip, sementara situasi di luar Task Manager berkedip maka kemungkinan ada aplikasi yang tidak kompatibel.

Lihat Juga : 4 Cara Mematikan Program Startup Windows

2. Matikan Service System Configuration

Matikan Services System Configuration
2. Matikan beberapa service System Configuration Windows. RUDI DIAN ARIFIN
msconfig

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang tidak kompatibel, ada bisa mencoba mematikan services Problem Reports and Solution Control Panel dan Windows Error Reporting Service melalui System Configuration (msconfig). Fitur tersebut sebenarnya berfungsi untuk melaporkan masalah error Windows kepada Microsoft. Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, cara ini dapat membantu memperbaiki masalah layar berkedip.

  1. Pertama, tekan Windows + R untuk masuk jendela Run.
  2. Ketik msconfig dan tekan Enter untuk masuk ke fitur System Configuration.
  3. Kemudian masuk pada tab Services. Temukan dan hapus centang pada servicesProblem Reports and Solution Control Panel” dan “Windows Error Reporting Service”.
  4. Klik OK lalu restart komputer/ laptop Anda.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi File Exe Tidak Bisa Dibuka Windows

3. Perbaiki masalah program tidak kompatibel

Jika Anda merasa bahwa penyebab layar berkedip adalah aplikasi/ program yang tidak kompatibel maka saatnya melakukan perbaikan. Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi saat dibuka berkedip; umumnya terjadi karena resolusi layar dan refresh rate yang rendah, hingga masalah error atau bugs pada program tersebut. Atau bisa jadi program yang Anda install tidak sesuai dengan System Requirements dan Anda paksakan untuk di install sehingga terjadilah layar berkedip (flickering).

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda bisa update atau uninstall lalu ganti dengan program yang kompatibel. Contoh perbaikan yang saya lakukan adalah pada program Microsoft Office. Alasannya karena saya pernah mengalami masalah layar berkedip ketika menggunakan Microsoft Office (khususnya Microsoft Word). Anda bisa sesuaikan dengan program penyebab layar berkedip pada komputer/ laptop Anda.

Update program yang bermasalah

Perbarui Microsoft Office Windows
3. Perbarui program yang tidak kompatibel. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka program Microsoft Office yang Anda gunakan.
  2. Klik File » Account, lihat bagian Office Updates.
  3. Klik Update Options » Update Now (Check for and apply updates for office).
  4. Silakan tunggu Checking for updates sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Setelah melakukan update, restart komputer/ laptop Anda.
  6. Selesai.

Selain update pada aplikasinya secara langsung, Anda juga dapat melakukannya melalui Microsoft Store. Ikuti petunjuknya di bawah ini.

Update Aplikasi Melalui Microsoft Store
3. Perbarui program dari Microsoft Store. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Klik Start menu » temukan dan pilih Microsoft Store.
  2. Klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas
  3. Pilih Download and Updates.
  4. Klik Get Updates untuk memperbarui aplikasi.
  5. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  6. Selesai.

Jika dengan update program tidak juga mengatasi masalah yang ada, cobalah untuk menghapus program dan menggantinya dengan program yang baru.

Uninstall program yang tidak kompatibel

Hapus Instalasi Microsoft Office 2019
3. Menghapus program yang tidak kompatibel. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Klik Start menu » Settings.
  2. Pilih Apps » Apps & features.
  3. Temukan dan pilih [program], pilih Uninstall.
  4. Konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program hingga selesai.
  5. Selesai.

Setelah menghapus program, cobalah untuk membersihkan semua file sampah, cache, registry, log, dan sejenisnya. Setelah itu, restart komputer dan cek kembali apakah layar masih berkedip atau tidak.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Windows

4. Coba update Windows ke versi terbaru

Update Windows 10
4. Update Windows ke versi terbaru. RUDI DIAN ARIFIN

Selain memperbarui program, Anda juga perlu memperbarui Windows ke versi paling baru saat ini. Kemungkinan error tidak hanya pada aplikasi dan driver, namun juga dapat terjadi pada sistem Windows itu sendiri. Jika dilihat pada halaman pembaruan Windows, Microsoft terus melakukan peningkatan performa, fitur, dan perbaikan pada program maupun driver Windows.

  1. Buka menu Settings » Update & Security » Windows Update.
  2. Klik Check for updates untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  3. Jika ada, silakan lakukan update sampai selesai.
  4. Setelah itu, restart komputer/ laptop Anda.
  5. Selesai.

5. Perbaiki masalah driver tampilan

Tips selanjutnya adalah dengan memperbarui atau menghapus driver display lalu menggantinya dengan yang baru. Ketika memperbarui sistem, Windows secara otomatis juga akan memperbarui driver yang sudah lama/ usang. Hal ini dilakukan agar sistem tetap stabil dan optimal ketika digunakan. Sayangnya, beberapa laptop terkadang tidak berjalan dengan baik dan harus memperbarui driver secara manual. Untuk mendapatkan driver terbaru, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari laptop yang Anda gunakan.

Tiga situs di atas dapat membantu Anda mendeteksi driver display yang Anda gunakan serta link download untuk driver terbaru sesuai dengan merek dan tipe laptop yang Anda gunakan. Untuk update atau menghapus driver, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Hapus Driver Tampilan Windows
5. Uninstall driver display Windows. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, klik kanan pada Start menu » pilih Device Manager.
  2. Kemudian lihat bagian Display Adapter.
  3. Klik kanan pada driver yang perlu di Update atau Uninstall.
  4. Jika memilih Update device, pilih Search automatically for drivers.
  5. Jika memilih Uninstall, konfirmasi dengan Uninstall.
  6. Jika sudah, Anda bisa klik Close.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi File Exe Tidak Bisa Dibuka Windows

Penutup,

Selain mengganggu, layar berkedip juga dapat menyebabkan mata sakit dan tidak nyaman. Apabila dengan semua tips di atas tidak juga menyelesaikan masalah, kemungkinan terjadi kerusakan pada kartu grafis, kabel, hingga monitor. Namun hal ini masih belum pasti, Anda bisa cek bagian port VGA yang mungkin berdebu/ kotor. Jika demikian, coba bersihkan dan hubungkan kembali. Semoga kerusakan tidak terjadi pada hardware komputer dan layar monitor dapat digunakan kembali.

Apa penyebab layar laptop berkedip?

Ada banyak faktor yang menyebabkan layar berkedip seperti aplikasi tidak kompatibel, driver yang sudah usang, hingga bugs pada sistem Windows.

Kenapa Microsoft Office berkedip?

Kemungkinan terjadi karena bugs pada Microsoft Office. Anda bisa update program untuk memperbaiki bugs tersebut.

Itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi layar laptop berkedip, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.