Download Microsoft Office 2007

Office 12 merupakan versi Microsoft Office yang di rilis pada 30 Januari 2007
InfoKeterangan
DeveloperMicrosoft
VersionService Pack 3 (12.0.6612.1000)
File size352 MB
LisensiShareware

Office 12 atau lebih dikenal dengan sebutan Microsoft Office 2007, merupakan salah satu versi Microsoft Office untuk Windows yang dirilis perdana pada tanggal 30 Januari 2007. Produk ini bisa juga dikatakan sebagai versi lawas dari Microsoft yang masih digunakan hingga saat ini oleh sebagian masyarakat, utamanya untuk PC / Laptop dengan spesifikasi yang rendah. Melalui versi ini, Microsoft memperkenalkan user interface terbaru yang berbeda dan tidak sedikit pun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Perubahan inilah yang membuat Microsoft Office 2007 tampil jauh lebih modern dan juga tertata, namun tidak meninggalkan kesan kesederhanaannya.

Tidak hanya membawa perubahan pada segi tampilan, Microsoft Office 2007 juga telah menyediakan sejumlah fitur terbaru dan di samping itu juga, Microsoft juga mengenalkan format file Office Open XML sebagai format file default di Excel, PowerPoint, dan Word. Sayangnya pada tanggal 10 Oktober 2017, Microsoft secara resmi telah mengakhiri dukungan utama pada Office 2007 dan di tanggal 1 November 2021 tahun lalu, Microsoft juga mengumumkan bahwa Outlook 2007 akan terputus dari koneksi ke server Microsoft 365 Exchange.

Lihat Juga : Download Microsoft Office 2013 SP1

Fitur Microsoft Office 2007

Microsoft Office 2007 hadir dengan beragam peningkatan fitur dari versi sebelumnya (Office 2000 & Office 2003), di antaranya yaitu: SmartArt, Office button, Quick Access Toolbar Office Groove, dan masih banyak lagi. Selengkapnya, Anda bisa simak daftar fitur unggulan Microsoft Office 2007 beserta penjelasannya di bawah ini;

1. Tampilan aplikasi

Perubahan yang paling menonjol pada versi Microsoft Office 2007 ini yaitu dari segi tampilan aplikasi yang berbeda dengan sebelumnya. Misalnya seperti munculnya Office Button, Ribbon, Live Preview, Quick Access, Mini Toolbar, dan Contextual Tabs. Anda bisa melihat penjelasan lebih detailnya pada beberapa poin berikut ini;

  • Office Button – Tombol ini bisa Anda temukan pada bagian pojok kiri atas aplikasi. Secara fungsi, tombol ini hampir sama seperti menu “File” di versi Office sebelumnya, di mana Anda bisa mengakses fitur umum di semua aplikasi Office, misalnya seperti membuka, menyimpan, hingga mencetak file.
  • Ribbon – Sebuah konsep tampilan yang mengelompokkan item berdasarkan kegunaan dan konteksnya. Contoh di dalam menu Home yang memiliki item Clipboard, Font, Paragraph, hingga Styles.
  • Quick Access – Sejumlah menu yang terletak di sebelah kanan Office Button, yang berfungsi sebagai tools untuk mempercepat akses yang umum digunakan, seperti: Save, Cancel, Print dan Search.
  • Mini Toolbar – Menyediakan akses mudah ke perintah pemformatan yang paling umum digunakan. Tools ini bisa Anda temui ketika meng-klik kanan mouse pada halaman kerja.
  • Contextual Tabs – Menyediakan akses cepat ke opsi khusus untuk teks atau objek yang dipilih.

2. SmartArt

SmartArt memiliki fungsi utama sebagai tools untuk memperindah halaman kerja Anda agar lebih menarik. Fitur ini mempunyai kurang lebih sekitar 70 template yang siap Anda gunakan kapan pun sesuai kebutuhan dan juga dibekali dengan berbagai macam bentuk diagram, baik 2D maupun 3D. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memasukkan gambar dari PC / laptop pada proyek PowerPoint agar memberikan kesan profesional saat melakukan presentasi. Tools SmartArt tersebut bisa Anda akses melalui menu Insert » di bagian “Illustration”.

3. Format File

Open XML telah menjadi format file default pada Microsoft Office 2007. Penerapan format inilah yang membuat sejumlah format dokumen mengalami perubahan. Sebagai contohnya Word yang sebelumnya berformat DOC, kini telah berubah menjadi DOCX. Begitu pun juga pada Excel dan PowerPoint, yang awal mulanya berformat XLS dan PPT, berganti menjadi XLSX dan PPTX. Dari perubahan tersebut, ukuran yang dihasilkan saat ini 75% lebih kecil dari format Microsoft Office sebelumnya.

4. Fitur Kolaborasi

Dan yang lebih menariknya lagi, Microsoft Office 2007 juga diberikan fitur kolaborasi yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya berkolaborasi antar rekan untuk melakukan pengeditan dokumen pada ruang yang telah di kelola secara efektif dan efisien. Selain itu Anda juga bisa mengatur ruang kerja yang dibuat dengan serangkaian fitur tambahan, seperti: mengundang peserta, perpesanan secara real-time, hingga memantau aktivitas ruang dengan peringatan.

Lihat Juga : Download Google Chrome

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 2007

Pada dasarnya kelebihan dari adanya Microsoft Office 2007 ini mempermudah bagi pengguna PC / laptop dengan spesifikasi rendah agar tetap bisa merasakan layanan software perkantoran, baik untuk membuat dokumen di Word atau mungkin melakukan perhitungan di Excel. Namun dibalik banyaknya manfaat yang disediakan oleh Office 2007, tentu ada juga kekurangan yang mungkin tidak banyak pengguna mengetahuinya. Supaya lebih jelas, Anda bisa simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Fitur dan layanan lebih lengkap dibandingkan versi sebelumnya.
  • Perubahan tampilan pada sejumlah menu yang dibuat lebih menarik.
  • Munculnya menu “Reference” yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam membuat daftar pustaka, daftar isi, dsb.
  • Terdapat “Office Button” yang berada pada pojok kiri atas.
  • Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
  • Adanya penambahan Font lebih banyak.
  • Fitur SmartArt yang menyediakan sekumpulan template secara gratis untuk pengguna.

Kekurangan

  • Perubahan desain interface aplikasi yang membuat pengguna harus beradaptasi lagi dilingkungan baru.
  • Installer yang lebih besar.
  • Spesifikasi lebih berat dibandingkan versi sebelumnya.
  • Minimum OS yang digunakan Windows XP dengan SP 2.
  • Format file Office 2007 tidak bisa dieksekusi oleh Microsoft Office versi sebelumnya, jadi pengguna perlu menginstall converter.
  • Menyimpan file untuk web lebih kompleks dibandingkan versi sebelumnya.

Lihat Juga : Download Microsoft Office 2016

System Requirement Microsoft Office 2007

PerangkatSpesifikasi Minimum
CPU500MHz
RAM256 MB
Storage2 GB
MonitorResolusi 1024 x 768
Sistem operasiWindows XP Service Pack 2 atau yang lebih baru
BrowserInternet Explorer 6.0 atau yang lebih baru, browser 32-bit saja.

Untuk cara aktivasi Microsoft Office 2007, Anda bisa simak panduannya di sini.


Penulis : Wahyu Setia Bintara, Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 1 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. JAJANET berkata:

    OFFICE 2007

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!