19 Software Pemutar Musik PC & Mac Terbaik

Apakah anda adalah salah satu dari banyak orang yang suka mendengarkan musik? Musik memang punya kekuatan yang ampuh untuk mengubah emosi seseorang, hal itu sudah tidak bisa diragukan lagi.

Tidak sedikit orang yang selalu mendengarkan musik di setiap aktivitasnya, mungkin anda adalah salah satunya. Secara default, software pemutar video dan audio sudah terinstal pada sistem desktop, baik itu Windows, Linux, ataupun Mac.

Namun terkadang, beberapa pengguna merasa kurang maksimal ketika menggunakan software bawaan. Alih-alih ingin menginstal software pemutar musik lainnya.

Lihat Juga : 18 Software Perekam Layar PC Terbaik

Software Pemutar Musik PC & Mac

Saat ini, ada beragam software pemutar musik dengan fitur dan kebutuhan yang sangat up-to-date. Beberapa layanan streaming musik seperti Joox dan Sportify, juga mengembangkan software versi desktop dimana musik akan up-to-date mengikuti perkembangannya.

Di kesempatan kali ini, penulis akan menginformasikan beberapa software pemutar musik yang recommended untuk digunakan. Berikut daftarnya…

1. Winamp

Winamp
image source : non-indonesia-distribution.brta.in

Mungkin software yang satu ini merupakan software yang paling dikenal orang-orang. Selain bisa didapatkan secara gratis, software yang satu ini juga ringan saat digunakan.

Software yang dikembangkan oleh Nullsoft ini memiliki berbagai fitur unggulan, seperti equalizer, visualisasi, playlist editor, dan banyak lainnya. Anda juga dapat mengubah tampilan software ini menjadi lebih menarik dengan berbagai pilihan skin menarik yang disediakan.

Winamp juga mendukung berbagai OS jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan software ini. Bagi anda yang ingin mencoba software yang satu ini, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

2. Music Bee

Music Bee
image source : neowin.net

Software pemutar musik satu ini memiliki kemampuan yang sangat hebat. Selain dapat memutar music, Music Bee ini juga dapat menjadi libraries musik yang dapat menampung hingga 500.000 track lagu.

Dengan software ini, anda juga bisa mengatur berbagai file musik yang anda miliki, dan juga mendukung berbagai format lagu. Software ini juga memiliki fitur konversi yang dapat merubah format lagu yang tidak didukung menjadi format lagu yang didukung.

TIdak hanya itu, Music Bee juga memiliki berbagai fitur lain yang akan mempermudah dalam mengatur libraries musik. Beberapa diantaranya adalah pengelola tag, radio online, file audiobook, dan lainnya. Di software ini, anda juga dapat mengubah tampilan interfacenya dengan berbagai skin yang telah disediakan.

Jika itu semua masih belum cukup, keunggulan lain yakni anda bisa mengontrol Music Bee dengan menggunakan aplikasi android (Musicbee Remote). Dan anda juga bisa menambahkan plug-in Winamp ke software ini.

Unduh Musicbee melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

3. VLC Media Player

VLC Media Player

Selain dapat memutar video, VLC Media Player juga dapat menjadi salah satu pemutar musik di perangkat komputer atau laptop. Yang menarik dari VLC adalah, anda dapat memutar musik dari local network dan internet, termasuk mendengarkan radio online di internet, dan bisa membuat playlist untuk akses cepatnya.

Dengan VLC Media Player, anda akan merasakan mudahnya mengatur libraries lagu yang anda miliki, drag ke dalam libraries musik dan VLC akan mengaturnya sendiri ke dalam sebuah folder. Anda juga dapat mengatur urutannya melalui judul, genre, album, dan lainnya.

Unduh VLC Media Player melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 11 Software Download Manager PC Terbaik

4. Media Monkey

Media Monkey
image source : neowin.net

MediaMonkey adalah salah satu software pemutar musik yang dapat anda gunakan di komputer atau laptop selama itu ber-OS Windows. MediaMonkey dapat mengatur dan memutar video dan musik secara sekaligus. Software yang satu ini juga dapat menampung hingga 100.000 file lagu dan video.

Mendukung berbagai format musik dan video, meskipun ada format yang tidak didukungnya, software ini menyediakan fitur konversi untuk mengubah formatnya menjadi format yang didukung. Hal ini akan sangat membantu anda saat menemukan format yang jarang digunakan.

Salah satu kehebatannya yang jarang ada di musik player lain adalah salah satu fiturnya yang dapat menemukan duplikat lagu yang ada di libraries sehingga anda dapat menghapusnya.

*CATATAN : beberapa fitur hanya tersedia di versi berbayar.

Unduh MediaMonkey melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

5. GOM Audio

GOM Audio
image source : neowin.net

Masih dengan software pemutar musik, di urutan kelima ini ada software bernama GOM Audio. Mungkin anda semua sudah familiar dengan namanya, software yg cukup populer ini memang memiliki kemampuan yang hebat, salah satunya dalam kejernihan suaranya.

Tidak hanya itu, fitur-fitur software ini juga sangat berguna untuk para penggunanya. Mulai dari fitur equalizer, pengatur kecepatan musik, dan penyesuaian lirik.

Penyesuaian lirik adalah salah satu fitur yang penulis sangat sukai. Dengan fitur ini, anda dapat melihat lirik lagu yang diputar. Anda juga bisa menambahkan lirik lagu yang tidak ada di softwarenya lewat Sync Lyrics Editor.

Untuk anda yang tertarik dengan GOM Audio, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

6. AIMP

AIMP
image source : neowin.net

Sama seperti software pemutar musik lainnya, AIMP juga dapat membantu anda mengatur lagu-lagu dengan mudah. Dengan tampilan interface yang sederhana namun terlihat modern dan juga mudah digunakan.

AIMP mendukung berbagai format lagu untuk diputar, serta memiliki berbagai fitur yang dapat anda gunakan mulai dari equalizer, playlist, audio converter,dan berbagai fitur lainnya.

AIMP juga memiliki fitur untuk memutar radio secara online, anda juga bisa melakukan perubahan tampilan dengan skin-skin yang tersedia. Jika tertarik, anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Software Edit Video PC & Mac Terbaik

7. Spider Player

Spider Player
image source : portablefreeware.com

Jika anda adalah orang yang to-the-point sekali, maka software yang satu ini akan sangat cocok dengan anda. Spider Player, mungkin anda belum pernah mendengar nama ini sebelumnya, padahal software ini adalah salah satu dari banyak software pemutar musik yang tersedia untuk perangkat komputer dan laptop.

Spider Player sangat berfokus pada fitur utamanya, yakni sebagai pemutar musik dan tidak menambahkan embel-embel fitur lainnya. Di software ini, anda hanya akan menemukan fitur-fitur basic seperti pause, repeat, acak, dan lain-lain.

Spider Player bisa anda dapatkan secara gratis di situs resminya, ukurannya pun juga relatif kecil dan ringan. Anda bisa klik link yang telah disediakan di bawah ini untuk mengunduhnya.

[Windows] [Mac] [Linux]

8. Foobar 2000

Foobar 2000
image source : techradar.com

Memiliki tampilan yang sangat sederhana dan cukup tertinggal, software Foobar2000 ini menyembunyikan kemampuan sebenarnya sebagai pemutar musik.

Software yang satu ini memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya adalah fitur yang dapat merubah tampilan software ini menjadi lebih menarik dengan berbagai skin yang ada.

Selain itu software ini mendukung berbagai format lagu untuk diputar. Beberapa diantaranya adalah MP3, CD, WMA, Vorbis, dan lainnya. Untuk anda yang tertarik dengan Foobar2000,anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini

[Windows] [Mac] [Linux]

9. Songbird

Songbird
image source : wikimedia.org

Songbird merupakan software yang dapat dipasangkan di berbagai OS komputer atau laptop, mulai dari Windows, Linux, dan MacOS.  Sama halnya seperti software pemutar musik lain, Songbird juga hadirkan berbagai fitur yang akan membantu anda dalam banyak hal.

Menariknya, Songbird dapat ditambahkan berbagai add-on untuk memaksimalkan kenyamanan dalam memutar musik. Anda juga dapat mengganti tampilannya dengan skin-skin yang anda suka.

Software ini sangat dapat anda jadikan pilihan untuk memutar musik di komputer atau laptop anda. Jika tertarik, anda bisa klik link dibawah ini untuk mengunduhnya.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : Membuat Video SlideShow Foto & Musik di HP Android

10. Tomahawk

Tomahawk
image source : downloadcrew.com

Di urutan berikutnya ada Tomahawk, salah satu software pemutar musik yang cukup penulis rekomendasikan. Layaknya software pemutar musik lain, Tomahawk juga memiliki berbagai fitur yang diunggulkannya.

Salah satu fitur menariknya, dapat melakukan pencarian musik di berbagai platform yang ada di internet, seperti YouTube, Spotify, 4shared, dan platform musik lainnya, dengan catatan pengguna berada dalam posisi online.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Tomahawk anda bisa berbagi playlist dengan teman anda, atau melihat dan mendengarkan lagu di playlist teman anda. Anda juga bisa mendengarkan lagu yang sedang teman anda dengarkan.

Jika anda tertarik dengan Tomahawk, anda dapat mengunduhnya melalui link yang sudah disiapkan di bawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

11. Groove Music

Groove Music

Software yang kesebelas ini adalah software yang dikembangkan oleh microsoft sebagai pemutar musik yang sangat kompatibel dengan perangkat Windows. Banyak yang mengatakan kalau software ini ada untuk menggantikan posisi Windows Media Player yang ada di windows 7 dan 8.

Dengan mempertahankan tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan, ditambah dengan sedikit bumbu modernisasi untuk memperkeren dan tambahan fitur-fiturnya, software ini sangat saya rekomendasikan untuk menjadi pemutar musik di komputer atau laptop anda.

Hanya saja, Groove Music hanya dapat dinikmati oleh para pengguna Windows 10. Untuk anda yang masih menggunakan Windows 7 atau 8, anda bisa mencobanya dengan upgrade windows terlebih dahulu.

Jika tertarik, anda bisa unduh Groove Music melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

12. Clementine

Clementine
image source : clementine-player.github.io

Dikembangkan sebagai software open-source yang merupakan hasil kembangan Amarok 1.4.

Pada awalnya Clementine adalah software pemutar musik yang hanya ada di perangkat komputer atau laptop berOS Linux, namun dalam perjalanannya, juga mengembangkan untuk OS lain seperti Windows dan Mac OS.

Salah satu kemampuan Clementine yang jarang ditemukan di software pemutar musik lain adalah kualitas suaranya yang terbilang jernih serta memiliki tampilan yang cukup sederhana.

Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 15 Game Musik Android Terbaik

13. MusicZen

MusicZen
image source : downloadcrew.com

Software selanjutnya adalah MusicZen, software yang dikembangakan oleh beberapa orang yang tergabung dalam tim ini adalah salah satu software pemutar musik yang dapat anda gunakan untuk komputer atau laptop anda.

Software pemutar musik yang satu ini sangat cocok untuk anda yang mengoleksi banyak lagu namun berada dalam folder yang berbeda-beda alias terpecah belah.

Dengan menggunakan software MusicZen ini, anda dapat melakukan pemindaian file musik yang ada secara otomatis, lalu menaruhnya dalam satu folder berdasarkan judul, tag, artis, album, dan lainnya.

Software yang satu ini sangat cocok untuk mengorganisir lagu-lagu yang ada di berbagai folder. Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

14. Spotify

Spotify
image source : spotify.com

Adalah Spotify, software streaming musik yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan menggunakan Spotify, anda akan bisa mendengarkan lagu favoritmu dimana saja dan kapan saja, mau itu lagu lokal atau lagu non lokal.

Tidak hanya lagu, di Spotify anda juga bisa digunakan untuk mendengarkan podcast dari podcaster-podcaster kesukaan. Selain itu, anda juga bisa membuat daftar playlist yang dapat anda bagikan ke orang lain.

Untuk anda yang ingin mencoba Spotify, anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

15. JOOX

JOOX

Layaknya Spotify, software yang satu ini juga merupakan software pemutar musik yang dijalankan secara online. Dengan menggunakan JOOX ini anda bisa mendengarkan lagu-lagu kesukaan tanpa perlu mengunduhnya terlebih daulu.

Lagu seperti apa yang anda suka? Lagu lama, lagu baru, pop, rock? Semua bisa anda dapatkan disini. Anda juga mengunduh lagunya untuk diputar secara offline. JOOX juga menyediakan lirik lagu yang sedang diputar, jadi anda bisa berkaraoke sambil mendengarkan lagunya.

Untuk anda yang ingin mencoba JOOX, anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 6 Cara Mengecilkan Ukuran File Video

16. iTunes

iTunes
image source : apple.com

iTunes adalah software pemutar musik yang dikembangkan Apple untuk menjadi software pemutar musik bawaan MacOS. Pada awalnya iTunes hanya dikhususkan untuk pengguna MacOS, namun dalam masa perkembangannya, Apple juga mengembangkan untuk OS Windows.

Dengan menggunakan iTunes, anda akan bisa mengorganisir lagu-lagu yang ada di komputer atau laptop anda. Selain memiliki fitur untuk memutar lagu, iTunes juga memiliki fitur lain seperti iCloud, mini player, Podcast, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Untuk anda yang menggunakan komputer atau laptop bersistem MacOS, software yang satu ini sangat saya rekomendasikan untuk dicoba. Anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini

[Windows] [Mac] [Linux]

17. SoundCloud

SoundCloud
image source : jakpost.travel

Dari seluruh daftar ini, hanya SoundCloud yang merupakan program web app. SoundCloud ini adalah salah satu platform streaming lagu yang cukup populer.

Dengan menggunakan SoundCloud, anda akan bisa mendengarkan lagu yang diunggah oleh pengguna SoundCloud lain, anda juga bisa mengunggah lagu anda ke akun SoundCloud agar orang lain bisa mendengarkannya.

Tidak hanya lagu, anda juga bisa melakukan podcast disini, dan dapat juga memuat daftar playlist atau melihat playlist pengguna lain. Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa mengunjungi situsnya atau mengunduhnya di Android atau iOS.

[Web App] [Google Play] [App Store]

18. Musixmatch

Musixmatch
image source : os01.blogspot.com

Masih dengan rekomendasi musik player terbaik, di urutan kedelapan belas ini saya merekomendasikan software Musixmatch.

Dengan menggunakan software ini anda akan bisa mendengarkan lagu sekaligus melihat lirik lagu yang biasa dibuat oleh pengguna lain, anda juga bisa berkontribusi dalam lirik tersebut dengan mengeditnya jika ada kesalahan, seperti salah kata atau liriknya terlalu lambat.

Software yang satu ini juga mendeteksi lagu yang sedang anda dengarkan. Fitur yang satu ini akan sangat berguna jika anda ingin mengetahui judul dari lagu yang sedang diputar orang lain hanya dengan mengidentifikasi beberapa bagiannya saja.

Untuk anda yang ingin mencoba Musixmatch, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 5 Cara Membuat Video Slow Motion di HP Android

19. Amazon Music

Amazon Music
image source : techworld.com

Diurutan terakhir ini ada software hasil kembangan e-commerce terbesar di dunia, Amazon. Amazon Music dikembangkan sebagai software streaming musik gratis, anda juga membuat playlist disini.

Dengan tampilannya yang menarik, software yang satu ini bisa anda jadikan pilihan untuk menjadi pemutar musik di komputer atau laptop anda. Jika tertarik, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. ney20 berkata:

    makasih kak, sudah dibagikan artikelnya..lain kali coba di share kan aplikasi murattal gtu kak, bagus lagi klo offline. Music mungkin memnag berarti kehidupan dan hiburan bagi masyarakat. Namun aku sudah hijrah dari namanya music, hijrah bukan berarti tidak mendengar. karena dibeberapa tempat music selalu di play, terutama di mall, cafe dll. sharing aja sih kak, saya lebih suka kajian muslim, music quranni gtu, kalo aplikasi music sekarang banyak aliran west music, kpop, pop, rock, dangdut, dll. Jadi bagi aku sendiri ingin membatasi itu semua caranya ya satu terus mendengarkan dan mengganti musik dengan memutar, dan mendengarkan kajian agama, murattal qur’an. saya dulu pernah pengalaman sampai smk suka musik, bahkan teman saya smk dlu sampai sekarang masih tergila – gila sama kpop musik kdrama dll. Kehiduannya terbius dengan semua itu, dari baju, full usik kpop di hp, story, dll semua bau kpop. Lalu sampai segitunya dunianya penuh aliran kpop. Kalo wajar tidak apa – apa takutnya sampai kecanduan itu kan tidak baik. setidaknya seperti yang saya lakukan seiring tambah dewasa mulai mengerti mana yang harus diprioritaskan dan mana yang ngk faedah. semoga kakak juga membaikan pilihan aplikasi muslim, murottal, dan lainnya di sini. terimakasih.

    • Dian Arifin berkata:

      Terima kasih atas masukkannya, saya sebagai admin juga jarang mendengarkan musik. Software diatas hanya direkomendasikan sebagai pemutar, baik itu musik, audio, video, atau murrottall. Karena bagaimanapun, meskipun ingin mendengarkan murrotall, tetap saja harus menggunakan pemutar musik / audio seperti diatas.