11 Text Editor Terbaik untuk Programmer

Layaknya para mekanik yang membutuhkan tools atau kunci-kunci untuk bekerja, para progammer juga membutuhkan yang namanya Text Editor untuk bisa membangun baris kode sebuah program. Selain digunakan para programmer ataupun developer, text editor juga biasa digunakan para web designer untuk menciptakan halaman web.

Text editor sendiri memiliki banyak jenis, ada yang ringan dan sederhana, ada yang berat dan mempunyai fitur lengkap, ada yang dapat ditambahkan plug-in ada yang tidak. Disisi lain, anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi komputer anda, kemampuan bahasa text editor yang digunakan, dan fitur-fitur yang Anda butuhkan dan tidak anda butuhkan.

Di luar sana ada banyak sekali text editor yang bisa anda gunakan, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari fitur, penggunaan bahasa, dan minimum spesifikasi untuk dapat menggunakannya.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

Software Text Editor untuk Programmer

Di ulasan kali ini, penulis akan memberikan Anda beberapa rekomendasi text editor yang mungkin bisa cocok dengan apa yang Anda butuhkan. Berikut daftarnya…

1. ATOM

Atom

Yang pertama adalah Atom. Software yang satu ini merupakan salah satu software Text Editor open-sourceterbaik yang bisa anda gunakan dengan bebas. Atom ini bisa anda gunakan di Windows, MacOS, ataupun Linux.

Memiliki tampilan yang menarik dan elegan, tidak menjadi satu-satunya kelebihan software Text Editor yang satu ini. Keberagaman bahasa yang dimilikinya, serta fitur-fitur yang sangat banyak, merupakan poin utama dari Atom. Anda juga bisa menambahkan plug-in kedalamnya jika merasa ada fitur yang kurang.

Fitur-fitur yang dimilikinya mencakup teknologi web based, fuzzy finder, fast project-wide, file system browser, TextMate grammars, integrasi dengan Node.js, dan lain-lain yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Sublime Text

Sublime Text

Sublime Text merupakan software Text Editor lainnya yang sangat populer dikalangan Programmer. Selain karena fitur yang melimpan, Sublime Text juga memiliki tampilan yang sangat menarik, anda bahkan bisa memilih beberapa tema yang disediakan.

Sublime Text dapat anda gunakan di perangkat Windows, MacOS, dan Linux. Sedikit spesial untuk Linux, Sublime Text lebih kompitabel untuk OS ini. Untuk fitur sendiri, Sublime Text memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, dan fitur lainnya. Anda juga bisa menambahkan plug-in jika anda membutuhkannya.

Sublime Text ini tersedia secara gratis, namun jika Anda ingin mendapatkan licence penuh, Anda bisa membelinya dengan harga 70 US$. Untuk tutorial penggunaan Sublime Text, anda bisa belajar dari Web Programming Unpas secara lengkap dan detail.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC & Mac Terbaik

3. Notepad++

Notepad++

Mungkin Anda tidak asing dengan nama software yang satu ini. Ya, aplikasi yang sering anda jadikan tempat text sementara, atau untuk tulisan ringan yang segera dihapus, Notepad. Software yang satu ini merupakan software text editor yang dikembangkan dengan menggunakan dasar software Notepad, software ini bernama Notepad++.

Dengan tampilannya yang sederhana dan ringan, banyak fitur yang berguna, keberagaman bahasa pemprogramman, dan dukungan terhadap plug-in. Software yang satu ini sangat bisa untuk Anda jadikan teman seperjuangan Anda.

Beberapa fitur yang tersedia di Notepad++ adalah customization, text-shorteningmacro recordingauto-completion, dan masing banyak lagi. Secara default, tampilan Notepad++ memang putih, namun anda bisa mengubahnya ke warna lain jika menginginkannya.

Bagi para programmer, Notepad++ mungkin sudah mulai ditinggalkan, namun ini tetap jadi alternatif terbaik buat anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi terbatas. Unduh gratis Notepad++ melalui situs resminya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Visual Code Studio

Visual Studio Code

Masih satu jenis dengan software sebelum-sebelumnya, software yang merupakan hasil kembangan dari Microsoft ini memiliki kemampuan yang luar biasa.

Visual Code Studio, merupakan software text editor lain yang sangat penulis rekomendasikan untuk anda coba. Memiliki tampilan yang menarik dengan ciri khas ornament-ornamennya dibeberapa titik. Software yang satu ini sangat bisa untuk Anda jadikan teman kerja Anda.

Selain tampilannnya yang menarik, Visual Code Studio juga memiliki fitur yang Anda sukai. Salah satunya adalah fitur yang dapat melengkapi baris kode yang Anda tulis secara otomatis, lalu ada fitur Zen yang membuat anda fokus terhadap pekerjaan pengembangan.

Tidak hanya itu, Visual Code Studio juga memiliki fitur yang dapat memberitahu Anda kesalahan pada baris kode, tentu saja fitur ini akan sangat membantu Anda dalam proses pengembangana website ataupun perangkat lunak.

Secara umum, editor ini banyak dipakai Web Developer Indonesia, utamanya pada bahasa pemrograman PHP, Javascript, Go, Java, dan Node.JS. Gunakan ekstensi dari Web Programming Unpas sarankan untuk memaksimalkan penggunaan Visual Studio Code anda.

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. Vim

Vim

Merupakan software yang sudah ada sejak tahun 1991, Vim masih sangat eksis sampai sekarang. Software ini bahkan masih termasuk dalam kategori text editor terbaik.

Pada dasaranya Vim ini merupakan software text editor bawaan linux yang biasa digunakan untuk membuka dan mengedit baris kode pada file. Memiliki tampilan yang sangat on the point sekali, bagi pengguna awam mungkin tampilan ini akan sedikit membingungkan.

Untuk dukungan bahasa sendiri Vim mendukung ribuan bahasa pemprogramman, termasuk bash script, C, dan PHP. Berbeda dengan editor lain seperti VSCode atau Atom yang cukup menguras penggunaan memori, editor Vim sangat minim penggunaan memori.

Artinya, editor Vim sangat ringan dan bisa jadi pilihan buat anda yang masih menggunakan laptop atau komputer dengan spek terbatas.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 13 Software Slideshow Maker PC & Mac Terbaik

6. Bluefish

Bluefish

Software berikutnya adalah Bluefish, software yang satu ini merupakan software text editor yang juga cukup ringan digunakan dan dapat digunakan dibanyak OS, seperti Windows, MacOS, dan Linux. Utamanya, software ini sangat kompitabel di sistem operasi Linux.

Meskipun ringan, Bluefish ini tidak dapat diremehkan kemampuannya. Software yang satu ini dinilai sanggup membuka banyak file sekaligus, dan membuka file besar tanpa mengurangi kecepatan kinerjanya.

Selain itu, Bluefish ini juag memiliki kelebihan lain seperti kemampuan undo/redo yang tak terbatas, kemampuan pencarian yang canggih, format baris kode, snippet, dan berbagai fitur lainnya yang dapat Anda temukan di toolbar.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Emacs

Emacs

Masih dengan rekomendasi software Text Editor, diurutan ketujuh ini ada software yang dikembangkan oleh GNU Project, Emacs.

Software yang satu ini awalnya dibuat pada tahun 1975 oleh Richard Stallman dan Guy L. Steele, Jr. Namun setelah itu banyak bermunculan versi-versi Emacs, sampai saat ini yang paling populer adalah GNU Emacs yang juga dikembangkan oleh Richard Stallman.

Untuk fiturnya sendiri, Emacs memiliki fitur yang cukup banyak, salah satunya adalah tampilan debugger. Selain itu, Emacs juga memiliki tutorial build-in yang akan otomatis muncul saat Anda menulis perintah editing tanpa membuka file apapun.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. Brackets

Brackets

Sedikit berbeda dengan text editor sebelum-sebelumnya, software yang satu ini merupakan text editor yang dikembangkan untuk keperluan web design dan front-end development.

Bracketes merupakan software Text Editor yang khususkan untuk designer web, software ini dapat digunakan diberbagai OS, seperti Windows, MacOS, dan Linux. Dalam pengembangannya, editor ini hanya dikhususkan untuk bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript.

Dengan tampilan yang bersih dan modern, dan fitur-fitur menarik seperti highlighting, berbagai macam keyboards shortcut, dan mode no-distraction. Anda juga bisa melakukan split-screenuntuk mengedit beberapa dokumen sekaligus.

Menariknya lagi, anda bisa mengubah warna dari tampilan web yang anda buat dengan fitur quick edit color, tanpa repot harus menuliskan kode HEX, RGB / HUE.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 19 Software Desain Grafis PC & Mac Terbaik

9. Light Table

Light Table

Software berikutnya adalah Light Table, software ini merupakan software yang dikembangkan oleh Kodowa. Light Table bisa anda gunakan diberbagai perangkat seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Sama halnya dengan software sebelumnya, Light Table ini juga merupakan software text editor yang ditujukan kepada para programmer dan web designer. Pada dasarnya, Light Table ini memiliki kemampuan yang kurang lebih sama dengan software sebelum-sebelumnya.

Memiliki tampilan yang menarik, sederhana dan terlihat modern. Untuk fitur sendiri Light Table memiliki berbagai fitur, beberapa diantaranya adalah Inline Evalution, Malleable, Plugin Manager, dan berbagai fitur lainnya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

10. UltraEdit

UltraEdit

Berikutnya adalah UltraEdit, software yang satu ini merupakan salah satu dari banyaknya software text editor terbaik dan terpopuler. Software ini dapat anda pasang diberbagai perangkat, seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Layaknya software Text Editor lain, UltraEdit ini juga memiliki berbagai fitur yang tersedia didalamnya. Beberapa diantaranya adalah 64 bit file handlingunicode supportdisk based text editinglarge file handling, dan berbagai fitur lain.

UltraEdit ini tersedia secara gratis, namun untuk menggunakan seluruh fiturnya Anda diharuskan membeli lisensinya terlebih dahulu. Editor ini sangat cocok untuk para web development, system administration, dan desktop development.

[Windows] [MacOS] [Linux]

11. Geany

Geany

Berikutnya merupakan software terakhir direkomendasi kali ini. Geany merupakan software text editor lainnya yang bisa penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Geany merupakan software editor alternatif untuk pengguna Linux. Untuk menjalankannya-pun, Geany hanya membutuhkan GTK + runtime.

Dengan menggunakan Geany, anda akan bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia seperti syntax highlighting, code folding, autocompletion programming, code navigation, dan fitur-fitur lainnya.

Untuk dukukan bahasa sendiri, Geany memiliki banyak dukungan bahasa pemprogramman, seperti C, C++, C#, Java, PHP, HTML, Python, Pascal, Perl, dan bahasa program lainnya. Sedangkan tampilannya, anda bisa pilih dan download tema Geany dari beragam varian yang dihadirkan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.