15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Apabila Anda adalah seseorang yang jeli dan berhati-hati dalam menyimpan data, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Cloud Storage. Mungkin masih banyak yang belum tahu, namun Cloud Storage atau Digital Storage merupakan tempat penyimpanan serta pengolahan data komputer yang menyediakan akses kepada penggunanya melalui jaringan internet. Cloud Storage sendiri biasanya tersedia secara gratis dan berbayar dengan perbedaan layanan serta jumlah ruang penyimpanan yang digunakan oleh penggunanya.

Dikutip dari Forbes.com, menunjukkan bahwa terdapat 80% perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan Cloud Storage sebagai sistem pengolahan data mereka. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan laba yang signifikan dalam kurun waktu enam bulan. Bukan hanya itu saja, perusahaan-perusahaan ini juga lebih menghemat biaya pengeluaran, di mana biasanya dapat digunakan untuk merekam informasi ke dalam dokumen serta lampiran tertentu. Tentunya dengan kualitas serta keamanan yang terjamin dan tidak menyita tempat.

Selain fakta di atas masih banyak lagi kelebihan serta manfaat menarik yang dimiliki oleh Cloud Storage, seperti menjadi back-up andalan, file storage jangka panjang, keamanan data yang terjamin, akses yang kompatibel di segala jenis device dan lain sebagainya. Untuk pembahasan lengkap mengenai kelebihan serta kekurangan Cloud Storage, silakan simak pembahasan berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu YouTube Vanced?

Apa itu Cloud Storage?

Apa itu Cloud Storage
Sumber Gambar : hp.com

Secara sederhana Cloud Storage merupakan ruang penyimpanan terpisah dari server utama komputer yang hanya dapat diakses melalui jaringan internet. Cara kerja dari Cloud Storage cukup simpel, karena pada dasarnya sistem penyimpanan ini berada pada lokasi terpisah yang terhubung secara virtual melalui jaringan web dan di manajemen oleh pihak ketiga sebagai pemilik server. Fungsi utamanya sebagai sistem penyimpanan juga tidak berbeda jauh dengan Hard disk maupun flash disk yang terpasang pada komputer secara umum. Hanya saja untuk mengaksesnya, pengguna memerlukan koneksi internet yang stabil.

Lihat Juga : Apa itu Root Android? Mengenal Root beserta Fungsi dan Risikonya

Kelebihan Cloud Storage  

Sebagai sistem penyimpanan digital, Cloud Storage menawarkan beragam hal yang tidak dapat disediakan oleh ruang penyimpanan terpasang seperti Hard disk, flash disk dan sejenisnya. Kelebihan tersebut dapat Anda lihat pada poin berikut ini:

1. Transfer data yang mudah   

Beberapa dekade lalu, kita masih dibuat ribet dengan sistem penyimpanan manual melalui flash disk, Hard disk, SD Card dan sejenisnya. Namun sekarang ini kita telah dimanjakan dengan sistem Cloud Storage yang memudahkan pengguna untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui perantara Internet.

2. Lebih hemat biaya

Jika kita membahas Cloud Storage dalam bidang bisnis, maka sistem penyimpanan ini menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam menghemat biaya perusahaan. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya apabila suatu perusahaan menyortir maupun memanajemen datanya sendiri saja, tentu ada biaya tambahan pada segi hardware dan maintenance yang perlu dipikirkan.

Namun dengan Cloud Storage pengeluaran semacam ini tidak diperlukan. Bahkan penyewa jasa Cloud Storage sekarang telah banyak yang memberikan varian harga layanan mereka dengan sangat kompetitif dan terjangkau, sehingga dapat disewa oleh siapa pun bahkan secara personal sekalipun.

3. Keamanan data yang terpercaya  

Poin plus lain yang didapat oleh pengguna Cloud Storage ialah keamanan data mereka yang terjamin. Hal ini dikarenakan lokasi server Cloud Storage ditempatkan pada wilayah dengan tingkat penjagaan tinggi dan berlapis luar dalam, sehingga dapat meminimalisir ancaman data secara fisik. Bahkan apabila terjadi serangan atau malfungsi hardware sekalipun, data Anda akan tetap aman karena telah terback-up ke dalam banyak server di lokasi yang berbeda-beda sehingga potensi hilangnya data sangat kecil.

4. Media back-up yang dapat diandalkan   

Masalah kehilangan data merupakan suatu hal yang fatal, apabila pengguna tidak berhati-hati dan teledor dengan tidak melakukan pencadangan back up pada sistem maupun perangkat penyimpanan yang aman dan terjamin. Cloud Storage adalah salah satu alternatif terbaik sebagai opsi penyimpanan backup data yang terjamin keamanannya.

Pengguna sepenuhnya diberikan mobilitas akses dalam melakukan recovery data yang mereka inginkan di mana pun dan kapan pun. Bahkan sistem Cloud Storage dapat menjamin keamanan data penggunanya karena akan di back-up ulang ke dalam banyak server sehingga risiko terjadinya crash ataupun data terformat menjadi sangat minim.

5. Ukuran Penyimpanan Beragam  

Sebagai seseorang yang selalu berkecimpung di dunia teknologi, kita pastinya selalu membutuhkan ruang penyimpanan yang luas untuk data kita yang terus bertambah. Dan tentunya menggunakan media penyimpanan seperti Hard disk eksternal maupun flash disk juga tidak efisien untuk jangka panjang. Pasalnya selain boros juga menyita banyak tempat dan repot untuk dibawa ke mana pun, belum lagi jika barangnya hilang atau bad sector.

Namun hal tersebut tidak berlaku pada Cloud Storage, Anda dapat menyimpan banyak data sekaligus dalam jumlah penyimpanan beragam dengan fitur tambahan sesuai pilihan harga sewa yang cocok bagi Anda. Walaupun perlu mengeluarkan biaya namun efisiensi serta keamanan yang di tawarkan sepadan dengan harga yang dibayarkan.

6. Mudah di akses kapan pun & di mana pun  

Internet telah menjadi jalur akses kegiatan digital terbesar di seluruh dunia, tidak heran jika sebagian besar aktivitas manusia terlibat dengan media online dalam mengakses informasi sehari-hari. Hal ini juga berlaku pada pelayanan Cloud Storage yang mana mampu memberikan pengguna akses 24 jam dalam mengirim, mengunduh dan memanajemen data yang mereka miliki. Berkat hal ini pula lah kita sebagai pengguna dapat leluasa beraktivitas tanpa perlu khawatir. Hal ini dikarenakan, data Anda telah tersimpan dengan baik pada sistem Cloud Storage.

7. Dukungan multi pengguna

Cloud Storage bukan hanya mendukung pengguna dalam kebutuhan personal atau kebutuhan pribadi saja, namun juga mendukung sistem multiple user yang memungkinkan banyak pengguna untuk berpartisipasi dalam satu server layanan penyimpanan. Singkatnya Anda dapat memberikan otoritas kepada pengguna lain untuk mengelola ataupun memanajemen data yang Anda simpan. Jadi apabila Anda bekerja dalam suatu proyek maupun tugas yang melibatkan banyak pengguna, tentunya layanan ini termasuk poin plus dari Cloud Storage.

8. Operasional dalam segala jenis perangkat

Karena terhubung dengan koneksi internet, Cloud Storage memiliki akses serta dukungan penuh ke dalam berbagai jenis perangkat elektronik, seperti PC Desktop, Laptop, smartphone, Tablet dan sejenisnya. Berkat hal ini pula, pengguna lebih leluasa dalam memanajemen data. Mengingat pengguna tidak perlu memasang konektor atau alat tambahan sebagai penghubung antara dua jenis perangkat yang berbeda.

9. Mengurangi limbah elektronik

Seperti yang telah kita tahu bahwasanya masalah sampah di bumi dapat menjadi salah satu penyebab punahnya umat manusia di masa depan yang akan datang. Dan limbah elektronik menjadi salah satu penyumbang besar dalam kerusakan ekosistem dengan jumlah 48 ton di seluruh dunia setiap tahunnya. Dalam 48 ton tersebut terkandung racun seperti timbal, merkuri, serta kadmium larut ke dalam tanah dan air yang dapat menjalar terhadap ekosistem yang lebih buruk.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir masalah ini ialah dengan mengurangi pembelian barang elektronik. Misalnya seperti perangkat penyimpanan sejenis Flash disk, SD Card, Hard disk di mana penggunaan nya memiliki masa yang terbatas dan cepat dibuang karena faktor internal seperti Bad Sector dan sejenisnya.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

Kekurangan Cloud Storage  

Meski telah menawarkan dan membuktikan kelayakannya sebagai media penyimpanan paling bermutu dalam platform digital. Namun Cloud Storage masih memiliki beberapa kekurangan yang rasanya patut untuk dipertimbangkan oleh beberapa pengguna. Berikut beberapa kekurangan yang perlu Anda tahu:   

1. Keterbatasan bandwidth  

Bagi Anda yang suka menggunakan layanan di internet secara gratis sepertinya akan kecewa, apabila ingin menggunakan Cloud Storage dengan maksimal. Pasalnya beberapa perusahaan yang berkembang di bidang penyimpanan digital akan memberikan batasan bandwith bagi mereka yang menggunakan layanan storage pada mode gratis.

Tentunya hal ini menjadi masalah untuk Anda yang sering menyimpan dan mengunduh data serta informasi penting melalui layanan Cloud Storage pada platform website seperti Rapidgator, UptoCloud, Uptobox dan sejenisnya. Dengan jumlah bandwith yang terbatas, maka kecepatan data transfer yang disediakan pun menjadi lamban. Sehingga menyebabkan alokasi serta manajemen data juga terhambat.

2. Masalah teknis  

Meskipun kendala teknis jarang terjadi, namun ketika Anda mengalaminya pasti akan repot juga bukan? Misalnya saja, akun anda terblokir karena suatu hal. Mau tidak mau Anda harus menghubungi customer service terkait untuk menangani masalah ini. Namun tekadang customer service tidak selalu tersedia 7×24 jam, bahkan tak jarang untuk mendapatkan layanan bantuan dari customer service membebankan pengguna untuk membayar biaya tertentu.

3. Performa tergantung koneksi  

Dengan Cloud Storage mobilitas data Anda memang terjamin kemudahannya, namun tentunya hal tersebut juga mesti dibarengi dengan tersedianya koneksi internet yang lancar. Seperti yang kita tahu, setiap orang saat ini pasti memiliki device yang terkoneksi internet, namun tidak semua orang memiliki koneksi internet yang stabil. Apabila Anda memiliki kendala dengan koneksi internet yang lambat pastinya performa manajemen data pada Cloud Storage juga kurang maksimal.

4. Untuk fitur maksimal memerlukan biaya  

Cloud Storage tentunya dikelola oleh sebuah perusahaan. Tentu saja yang namanya perusahaan sudah pasti mencari keuntungan. Oleh karena itu banyak Cloud Storage yang selalu memancing penggunanya untuk beralih ke mode berbayar dengan banyak tujuan dan alasan. Misalnya saja bagi pengguna gratis memiliki keterbatasan ruang penyimpanan atau untuk pengunduhan data pada cloud dibatasi bandwidth, atau hanya boleh mentransfer beberapa file saja dalam 24 jam sekali. Hal-hal semacam ini lah yang pada akhirnya mendorong pengguna untuk beralih ke mode bayar agar dapat menikmati fitur dari Cloud Storage secara maksimal.

5. Berpeluang terkena cyber attack  

Cloud Storage sudah pasti memiliki mekanisme sistem enkripsi rumit yang sulit ditembus oleh oknum tertentu, namun mencuri data pengguna dari penyimpanan digital bukan mustahil untuk dilakukan. Keteledoran pengguna sering kali menjadi faktor utama dari permasalahan Cyber Attack. Misalnya Anda tanpa sengaja memberikan informasi pribadi akun Anda kepada sumber tidak dikenal dan sejenisnya. Jika sudah begini maka peluang cyber attack menjadi lebih besar terhadap data yang disimpan pada Cloud Storage.

6. Ada kemungkinan data hilang atau rusak

Pernahkah Anda mendengar istilah Overwriting data? Istilah ini digunakan apabila pengguna secara tidak sengaja menimpa data lama dengan data baru ketika memindahkan data. Masalahnya adalah ketika Anda menimpa dua data dengan format file yang sama meskipun dengan isi yang berbeda, maka hal tersebut dapat menjadi Overwriting pada data serta informasi penting Anda. Data yang telah ditimpa tersebut berkemungkinan menjadi corrupt atau rusak apabila proses transfer ke dalam sistem penyimpanan yang Anda tuju terganggu atau terputus di tengah jalan.

Lihat Juga : Apa itu IMEI? Mengenal IMEI dan Fungsinya pada Smartphone

Kesimpulan,

Pada akhirnya Cloud Storage menjadi sebuah media penyimpanan yang diminati oleh banyak pengguna di seluruh dunia karena banyak kelebihan yang ditawarkannya serta minim kekurangannya. Namun hal tersebut tidak menjadikan penyimpanan non digital seperti Hard disk maupun flash disk menjadi buruk. Karena tentunya ada kesempatan di mana Anda tidak dapat mengakses Cloud Storage oleh sebab tertentu sehingga hanya dapat mengandalkan media penyimpanan offline yang Anda miliki saat itu saja.

Apa itu Digital Storage?

Digital Storage adalah media penyimpanan data yang letaknya terpisah dari komputer pengguna, namun data yang tersimpan di dalamnya masih tetap dapat diakses dan terhubung kepada pengguna melalui perantara internet.

Dimana data Cloud Storage disimpan?

Data tersebut tersimpan di dalam gedung server yang lokasinya berada pada tempat yang tidak diketahui banyak orang. Hal tersebut dimaksudkan demi menjaga keamanan data pengguna yang memakai jasa layanan penyimpanan digital ini.

Bagaimana cara kerja Cloud Storage?

Cloud Storage bekerja dengan menggunakan setidaknya satu server data yang terhubung ke Internet. Saat pengguna mengirim file melalui Internet ke server data, Cloud Storage akan menyimpan salinannya. Hal ini dimungkinkan agar data pengguna tetap aman apabila terdapat ancaman tertentu. Kemudian ketika pengguna ingin mengambil kembali data tersebut, mereka harus mengakses server data melalui website maupun aplikasi yang berbasis antarmuka.

Apakah Cloud Storage aman?

Setidaknya dari semua media penyimpanan yang Anda miliki Cloud Storage merupakan pilihan teraman yang menjamin keamanan data pribadi penggunanya. Pasalnya data yang telah Anda simpan ke dalam Cloud Storage nantinya akan terbagi ke dalam beberapa server, sehingga apabila terjadi kerusakan data pada satu server maka data Anda akan tetap aman karena telah disalin dan disimpan pada server lainnya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.