10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang banyak menghadirkan varian dan tipe smartphone dengan harga murah dan terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Meskipun dibanderol dengan harga murah, smartphone Xiaomi memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Seri lama seperti Xiaomi Redmi Note hadir dengan memori internal 8 GB dan 16 GB yang mana pada saat itu sudah cukup besar untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menyimpan data.

Sementara Redmi Note 10 yang merupakan seri terbaru saat ini hadir dengan memori internal 64 GB dan 128 GB. Seiring berjalannya waktu, Xiaomi melakukan peningkatan kapasitas memori internal. Tidak hanya memori internal, Xiaomi juga menyediakan slot MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Hal ini membuktikan bahwa simpanan data pengguna dari waktu ke waktu semakin tinggi. Apalagi instalasi aplikasi dan game membutuhkan kapasitas penyimpanan yang relatif besar.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di HP Xiaomi

Penyebab Memori Internal Xiaomi Penuh

Meskipun menyediakan kapasitas memori yang cukup besar, sebagian pengguna masih merasa kurang puas dengan kapasitas tersebut. Alhasil pengguna mengalami masalah ketika menyimpan data baru. Beberapa masalah yang muncul bertuliskan “ruang penyimpanan hampir habis”, “insufficient storage”, “memori internal tidak cukup”, dan beragam pesan notifikasi lainnya. Untuk mengetahui penyebab dari penuhnya memori internal dapat Anda simak pada beberapa poin berikut ini.

  • Penumpukan file sampah – Penumpukan file sampah atau file cache juga dapat menyebabkan memori penuh. Efek jangka panjangnya juga dapat menyebabkan smartphone lemot dan masalah pada aplikasi tertentu.
  • Penumpukan file berkas dan media WhatsApp – Tanpa disadari, kiriman media WhatsApp juga menyebabkan memori internal penuh. Terutama grup atau komunitas yang aktif sekali mengirim gambar, video, foto, audio, dokumen, dan sebagainya.
  • Unduhan file offline YouTube yang cukup banyak – Video unduhan offline aplikasi YouTube juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Untuk menghemat ruang penyimpanan, Anda bisa ubah setelan unduhan video YouTube ke memori eksternal (MicroSD).
  • Instalasi aplikasi atau game dengan ukuran yang relatif besar –Game dengan grafis tinggi seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends, AOV, dan sejenisnya memiliki ukuran di atas 2 GB. Alasan tersebut yang menyebabkan memori internal cepat penuh. Apalagi instalasi aplikasi dan game tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal.
  • Tidak memanfaatkan cloud storage – Banyak dari pengguna tidak memanfaatkan cloud storage sebagai media penyimpanan alternatif. Padahal layanan cloud storage memudahkan pengguna untuk mengakses data di mana pun dan kapan pun dibutuhkan meskipun berbeda perangkat sekali pun.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Gboard Terus Berhenti di HP Xiaomi

Mengatasi Memori Internal Xiaomi Penuh

Memori penuh membuat Anda terbatas dalam menyimpan file baru. Selain itu, memori penuh juga menyebabkan penurunan performa pada ponsel Xiaomi. Apabila data-data pada memori internal tidak dibersihkan atau pindahkan, lama kelamaan pasti akan membuat HP Xiaomi lemot. Untuk memperluas dan menghemat penggunaan memori internal, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Bersihkan file junk dan cache

Bersihkan cache Xiaomi
1. Bersihkan file cache Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Tips pertama, cobalah untuk membersihkan file cache pada ponsel Xiaomi Anda. Cache merupakan file yang diproduksi oleh sistem dan aplikasi untuk mempercepat akses pengguna dalam menjalankan aktivitas di dalam aplikasi. Dalam kurun waktu tertentu, Anda perlu membersihkan file cache agar tidak menumpuk pada memori internal. Pada ponsel Xiaomi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan untuk membersihkan semua file sampah dan file sementara lainnya secara mudah dan cepat. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.  

  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

2. Bersihkan file yang tidak dibutuhkan

Tips berikutnya, cobalah untuk menghapus file berkas dan media seperti dokumen, apk, foto, gambar, video, audio, dan sejenisnya yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. File berkas dan media juga paling banyak memakan memori internal. Terutama kiriman file media WhatsApp yang tanpa disadari membuat memori internal penuh. Anda bisa memilih file mana yang perlu dihapus dan yang tidak perlu dihapus. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

Bersihkan file manager

Hapus file manager Xiaomi
2. Bersihkan file berkas melalui file manager. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Temukan dan pilih file-file yang ingin Anda hapus seperti gambar, video, dokumen, musik, APK, unduhan, dan lainnya.
  3. Anda bisa menandai file untuk mempercepat penghapusan.
  4. Tap Hapus untuk menghapus file yang Anda inginkan.
  5. Selesai.

Bersihkan file WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp
2. Bersihkan file berkas dan media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp » tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data » Kelola Penyimpanan.
  3. Pilih kontak yang Anda inginkan.
  4. Kemudian tandai file-file yang ingin dihapus.
  5. Tap ikon Hapus untuk menghapus file.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Aplikasi Pembersih WhatsApp Android Terbaik

Matikan unduhan otomatis WhatsApp

WhatsApp Tidak Menyimpan Gambar Otomatis
2. Matikan unduhan otomatis media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp, tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data.
  3. Pada fitur Saat menggunakan data seluler. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  4. Lakukan hal yang sama pada fitur Saat terhubung ke Wi-Fi. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  5. Tap OKE.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Secara Otomatis

3. Hapus aplikasi atau game yang tidak diperlukan

Menghapus Aplikasi Xiaomi
3. Hapus aplikasi atau game Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Selain file berkas dan media, cobalah untuk menghapus aplikasi ataupun game yang sekiranya tidak diperlukan lagi. Mengingat instalasi aplikasi dan game paling cepat membuat memori internal penuh, karena ukurannya yang relatif besar. Berbeda dengan file berkas dan media yang dapat dipindah ke memori eksternal, instalasi aplikasi tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Menghapus Aplikasi di HP Xiaomi

4. Tambahkan memori eksternal (MicroSD)

Jika Anda merasa membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, manfaatkan slot MicroSD untuk meningkatkan kapasitas memori penyimpanan. Hampir kebanyakan ponsel Xiaomi kelas mid-range dan low-end menyediakan slot MicroSD. Sedangkan seri ponsel Xiaomi kelas flagship seperti Mi 11 memang tidak menyediakan slot MicroSD. Apabila ponsel Xiaomi Anda tersedia slot MicroSD, maka Anda bisa memanfaatkannya.

Setelah memasang MicroSD, Anda bisa memindahkan semua file berkas dan media ke memori eksternal, sehingga memori internal Anda lebih lega. Cukup gunakan memori internal untuk instalasi aplikasi dan game. Anda juga bisa “setting” kamera Xiaomi, unduhan browser, video offline YouTube, dan aplikasi lainnya agar secara otomatis menyimpan berkas dan media ke memori eksternal (MicroSD).

5. Gunakan layanan cloud storage

Tips selanjutnya, cobalah untuk memanfaatkan layanan cloud storage untuk menghemat kapasitas memori internal Anda. Opsi ini juga dapat Anda jadikan alternatif apabila belum tersedia cukup dana untuk membeli MicroSD. Contoh nyata yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan hingga 15 GB. Anda juga dapat memanfaatkan layanan cloud storage lain seperti Dropbox, Box, OneDrive, dan lainnya.

Selain menghemat ruang penyimpanan, manfaat lain menggunakan cloud storage adalah integrasi dari satu perangkat dengan perangkat lain. Anda bisa mengakses file kapan pun Anda butuh kan, entah itu dari laptop, komputer, smartphone, ataupun tablet. Cukup gunakan satu akun Anda bisa terintegrasi dengan perangkat lain.

6. Reset ponsel Xiaomi

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan reset HP Xiaomi ke setelan awal / pabrikan. Cara ini akan menghapus semua aplikasi dan data pada ponsel secara permanen. Factory Reset / Wipe Data dapat Anda jadikan pilihan ketika Anda ingin mendapatkan performa ponsel yang optimal seperti baru beli. Tapi sebelum melakukannya, lakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Salin data-data Anda ke MicroSD atau komputer. Terdapat dua metode reset, pilih salah satu metode yang dirasa mudah untuk Anda lakukan.

Factory Reset Xiaomi

Factory Reset Xiaomi
6. Factory Reset Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Factory Reset HP Xiaomi

Hard Reset Xiaomi

6. Hard Reset Xiaomi. YouTube | HardReset.info

Selain melalui Setelan, Anda bisa melakukan reset melalui Recovery Mode (Mi Recovery), berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, matikan ponsel Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume up secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Pada menu Mi Recovery, Anda bisa pilih Wipe Data » Wipe All Data.
  4. Lanjutkan dengan memilih Confirm.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Bermasalah, Tidak Dapat Terhubung

Penutup,

Munculnya pesan notifikasi “memori internal tidak cukup”,  “memori internal penuh”, atau “memori internal hampir habis” memang sangat menyebalkan. Tetapi dengan beberapa tips di atas, setidaknya Anda bisa melegakan memori internal. Anda bisa menghemat penggunaan memori internal dengan menambahkan memori eksternal (MicroSD). Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan.

  • Bersihkan file sampah setidaknya dua minggu atau sebulan sekali.
  • Hapus aplikasi atau game yang tidak dibutuhkan.
  • Hindari mengunduh video YouTube apabila memori hampir habis.
  • Pindahkan file berkas dan media memori internal ke memori eksternal.
  • Manfaatkan layanan cloud storage gratis.
Apa faktor utama penyebab memori penuh?

Faktor utama penyebab memori penuh adalah file berkas dan instalasi game.

Mengapa memori penuh padahal tidak ada file?

Coba cek aplikasi / game yang sekiranya menggunakan ruang penyimpanan lebih banyak ketimbang lainnya. Misalnya seperti video offline YouTube yang jika cek melalui file manager memang tidak akan terlihat.

Mengapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal?

Secara default, Android tidak menyediakan opsi untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Alasannya karena hal ini dapat mengurangi kinerja aplikasi. Mengingat setiap jenis memori eksternal memiliki kecepatan baca yang berbeda-beda.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai tips mengatasi memori penuh di HP Xiaomi. Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.