10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Setiap perangkat Android, apapun mereknya pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada smartphone yang abadi, semuanya bisa mendapat masalah ataupun kerusakan.

Adapun setiap pengguna biasanya memiliki masalah pada perangkat yang berbeda – beda. Namun kebanyakan masalah terjadi pada Aplikasi yang terinstall, bisa karena macet, lemot, muncul pesan error, atau bisa pada sistem Android.

HP OPPO memang terkang juga sering terjadi masalah, bisa muncul pesan error bertuliskan Sayangnya, Aplikasi Telah Berhentiatau Smartphone mendadak mati sendiri.

Dan hal semacam ini terjadi tidak hanya pada OPPO saja, bisa juga terjadi pada perangkat lain seperti SAMSUNG, Lenovo, ASUS, VIVO, Motorola, Xiaomi, ADVAN, LUNA, dan lainnya. Penyebab mengenai masalah tersebut bisa bermacam-macam, simak beberapa faktor penyebabnya dibawah ini.

  • Tumpukan file sampah yang sangat banyak dan tidak pernah dibersihkan.
  • Kerusakan pada Aplikasi yang terpasang.
  • Kerusakan pada Sistem Android.
  • Panas berlebih pada Hardware Smartphone.
  • Overload pada Hardware, bisa RAM, CPU, GPU
  • Smartphone OPPO telah di Root
  • Kesalahan saat melakukan Costum ROM.
  • Dll.

Lihat Juga : 14 Cara Mengatasi HP Android Sering LAG / Macet

Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Dengan melihat beberapa faktor penyebab diatas, saatnya anda mulai mencoba untuk mengatasi HP OPPO yang suka mati sendiri tersebut. Ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan agar nantinya HP OPPO yang anda miliki bisa normal kembali. Metode yang saya berikan berlaku pada semua tipe OPPO, baik yang sudah jadul atau yang paling baru saat ini.

1. Bersihkan Cache OPPO

Untuk metode pertama yang bisa anda coba lakukan adalah membersihkan file cache pada memori android. Hal semacam ini sangat penting untuk anda lakukan. Mengapa? Karena biasanya file cache menghambat performa smartphone dan apabila performa smartphone menurun maka bisa jadi smartphone mengalami mati sendiri atau restart tiba-tiba.

Lebihnya lagi, jika pengguna tidak pernah membersihkan file sampah sampai berbulan-bulan, maka tentunya performa smartphone terasa sangat lambat.

Hapus Cache Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache OPPO

2. Hapus Data Aplikasi yang Error

Untuk metode kedua yang bisa anda coba adalah menghapus data aplikasi. Cara ini anda lakukan pada aplikasi yang memang sering mengalami masalah, error, dan macet. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan semua data yang bersifat sementara, seperti basis data, cache aplikasi, history, bookmark, dan lainnya.

Hapus Data Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi Android

3. Scan Android dengan Antivirus

Untuk hal ketiga yang bisa anda lakukan adalah melakukan scanning pada memori android anda. Bisa jadi smartphone Android anda kemasukan virus dari luar, entah dari Internet atau dari file punya orang.

Solusinya adalah scanning menggunakan Antivirus. Anda bisa mendapatkan dan mengunduh antivirus langsung dari Google Play Store. Dan pastinya semua antivirus bersifat gratis atau free.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache, Virus di OPPO A71

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Metode ke empat yang bisa anda lakukan adalah menghapus aplikasi yang memang tidak pernah anda pakai. Seperti misalnya aplikasi Game. Jika misalnya anda telah menghabiskan level dari Game itu sendiri maka pastinya anda tidak akan pernah memainkannya lagi.

Atau jika ada aplikasi lain yang sudah tidak anda gunakan maka sebaiknya anda hapus saja aplikasi tersebut. Kebanyakan menginstall aplikasi juga akan memberatkan ponsel Android itu sendiri.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Menghapus Aplikasi di OPPO

5. Hapus Aplikasi yang Mengganggu

Untuk metode kelima yang bisa anda coba yakni menghapus aplikasi yang menggangu setiap jalannya smartphone. Atau bisa juga pada aplikasi cracking yang di dalamnya terdapat virus yang merusak sistem Android.

Aplikasi semacam itu tidak baik untuk di Install pada smartphone Android. Takutnya adalah dapat merusak sistem Android, dan yang pasti sistem Android akan mengalami penurunan pada sisi performa.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Menghapus Aplikasi yang tidak bisa dihapus

6. Unroot Android

Hal keenam yang bisa anda lakukan adalah unroot smartphone android. Hal ini anda lakukan apabila sebelumnya anda pernah melakukan Root pada smartphone Android yang anda miliki.

Root terkadang membuat performa smartphone meningkat lebih baik. Namun disisi lain, ROOT juga dapat merusak sistem Android itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya HP OPPO yang telah anda ROOT, anda kembalikan seperti sedia kala.

7. Coba Cabut MicroSD

MicroSD atau SD Card android yang mengalami kerusakan biasanya memang dapat membuat performa smartphone mengalami menurunan.

Dan biasanya juga dapat membuat smartphone Android restart sendiri atau mati sendiri. Untuk itulah, pastikan Micro SD anda tidak bermasalah. Cabut Micro SD jika perlu, dan aktifkan kembali HP OPPO yang anda miliki.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

8. Update Sistem Android

Untuk metode ke delapan yang bisa anda coba lakukan adalah update sistem android. Cara ini akan membuat Smartphone lebih baik karena dari sisi software telah di Update ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, Update sistem juga akan membuat bugs atau kerusakan yang ada akan hilang.

9. Factory Reset

Untuk metode kesembilan yang bisa anda coba adalah dengan mengembalikan Android ke setelan pabrik. Cara ini ampuh dalam mengatasi semua error yang ada pada sistem dan aplikasi Android. Namun dengan cara ini, semua data pada aplikasi dan sistem akan hilang secara total.

Sementara untuk data yang tersimpan di memori Internal seperti foto, video, aplikasi, dokumen, dan musik bisa di backup terlebih dahulu.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Factory Reset HP OPPO

10. Install Ulang Sistem

Dan untuk yang terakhir, mengatasi HP OPPO Sering mati sendiri yakni dengan menginstall ulang sistem Android. Anda harus Download ROM atau Firmware sesuai dengan tipe HP OPPO yang anda miliki.

Dengan menginstall sistem, maka HP OPPO anda akan serasa baru, lebih fresh dan lebih cepat. Untuk langkah-langkah install ulang sistem, anda bisa cari dan temukan langsung dari Forum OPPO.

Penutup,

Dengan adanya tips-tips diatas, semoga HP OPPO yang anda miliki bisa normal kembali. Dan yang pasti, HP OPPO anda tidak lagi mengalami mati sendiri.

Semua metode diatas dapat anda ikuti pada semua tipe HP OPPO seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, OPPO F9, OPPO F9 Plus, OPPO Find X, dan perangkat OPPO lainnya. Jika ada sedikit perbedaan dari semua metode yang saya berikan, anda bisa menyesuaikannya.

Dan apabila ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Tips OPPO

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 63 Comment

  1. el berkata:

    Hp saya oppo neo 7 . saya bingung emng ia hp saya mati total dan ditambah tombol power ic pun rusak . cara perbaikan sendiri bisa ga ya

  2. HambaAllah berkata:

    Hp oppo a37f mati terus (kyk dimatikan daya,tapi ngga hidup”, gitu terus sampe hp nya panas, itupun baterai nya bisa habis)

  3. Ayuregita berkata:

    Hp oppo saya a37, suka panas gitu padahal baru bentar datanya dinyalain, itu pun cuma buka fb doang. Trus kadang suka ke restart sendiri gitu. Itu gimana kak?

    • Dian Arifin berkata:

      lebih baik, bersihkan file cache atau lakukan Factory reset agar terasa lebih ringan.. tapi data backup dulu supaya aman.

  4. syam berkata:

    Mas oppo joy 3 ane sering mati sendiri maen game bntr doang mati trus klo di kasih sim card mati sendiri

  5. Tyo berkata:

    Kalo oppo 3001 sering mati nyala sendiri kenapa kak penyebab nya?

  6. Rafi berkata:

    Mas ini th oppo1201/neo 5 kalo masih ada battre nya suka mati nyala mati nyala trus sampe capeun,hhi maaf mas minta solusinya,,

    • Dian Arifin berkata:

      Solusinya ganti baterai mas kalau baterai udah usang dan suka mati nyala. Datang aja ke service center OPPO nanti pasti dikasih solusi yang baik.

  7. Ella berkata:

    Saya baru beli hp oppo a33 baru 3 hari. Kan batre nya pul ko tiba tiba mati sendiri terus batrrenya panas kenapa ea. Tapi setelah batrrenya dingin kembali hidup lagi hp nya. Tapi sekarang masih suka mati terus hidup sendiri lagi kenapa ea

  8. Uheb berkata:

    Oppo a3s saya sering mati sndiri mas, tapi bisa nyala lagi, knapa ya?

  9. Aap mustopa berkata:

    Hp saya oppo neo 5,suka mati sendiri contoh nya kalo main game suka mati layar nya tapi suara ada,harus di kunci dulu trus di buka lagi kunci nya itu apa nya yah mas posisi hp udah rooting

    • Dian Arifin berkata:

      Game apa yang mas mainkan, bisa jadi Game-nya terlalu berat untuk perangkat mas, sehingga sering menutup sendiri dengan kondisi blank dan terkunci. Solusinya jangan banyak banyak instal dan game dan sesuaikan dengan kondisi perangkat.

  10. Nardi berkata:

    Hp oppo a37 sy kok nyala gmbar logo doang.ga bs nyala normal gmn solusiny..

  11. Ma'e De berkata:

    Oppo yoyoQ mati sendiri trus mas klw pake batre asli’a.
    Tp klw sya pakein batre dr blacbarry bisa than ampe 1/2jam lbh bru habis batre.
    Knpa yach?

  12. Dinita berkata:

    Hp sy kadang begitu, suka mati sendiri dan lama ngk mau dinyalakan padahal sy tekan tombol on terus…knp ya kak

  13. Away berkata:

    Bang hp saya oppo neo 5,kalo sedang main game itu suka mati sendiri gmna bang penjelasanya?

  14. jeen berkata:

    bang hp sy oppo F5 baru 2 hr dipakai kok sering mati sendiri knp ya Bang? mohon penjlsnya trimakasih.

  15. Gunawan berkata:

    Hp oppo f5 saya klo panas dikit pdhal gak terlalu panas suka mati hidup sendiri kalo posisi masih angat belom bisa nyala nunggu dingin terus dan batrenya gampang habis kondisi 50% pasti mati

  16. Sasumeh berkata:

    Mas hp oppo f1s yg ram 4 gb / rom 64gb saya suka mati sendiri setiap batre d bawah 50%. Kadang belum sampai 50% udah mati sendiri. Itu gimana mas

  17. Gunawan berkata:

    Saya sering mati kalo udah main game atau hp mulai anget pasti langsung mati nunggu dingin dllu baru bisa kalo masih anget mati nyala mati nyala terus. Hp saya oppo f5 . Cara di atas udah saya terapin masih ajja ttp .ini kendala nya apa ya .batre udh gak bagus 50 langsung mati. Apa bisa pengaruh dari batre . D tnggu jawabnya mas

  18. Rany berkata:

    Bang Ngape hp sy Klw cas ny dcabut mati sendiri yaa sn panas juga HP sy oppo a37

  19. Rany berkata:

    BATRAI saya BATRAI tanam bang

  20. Rany berkata:

    Sekire nya misal dbtul kn brpe duitlahh yee bang

  21. Rany berkata:

    Over bang makasihh ya

  22. Candra berkata:

    Sudah sya ikuti sampai ke setelan pabrik tapi masih mati mulu gimana tuh ada cara yang laen ??

  23. Santika berkata:

    Hp saya oppo joy, ketika main game online suka logout sendiri, padahal saya sering bersihkan cache dan hapus data game. Sekarang malah sering restart ulang…

    Barangkali mas bisa bantu..

    Trims panduannya ya…

    • Dian Arifin berkata:

      OPPO Joy smartphone yang cukup lama, untuk game yang dimainkan game apa ya mbak …. bisa jadi emng udah ngk kompatible

      • Syahrul berkata:

        Bang saya kan pake hp oppo f5 yang 4/32
        Sudah di setelan pabrik juga masih suka ngerstar sendiri,,, bisa normal jika keaadan HP di mode pesawat kan,, solusinya gimana ya bang

  24. alesio indraji berkata:

    mati karena maen game..yang rusak apa nya..trims

  25. Haidir ahmad berkata:

    Hp oppo a7
    Tadinya bisa cas dan kalau ngecas suka mati sndiri. Sekarang ngecas gak bisa mati total knpa ya . Tpi permasalah aw emg suka mati sndiri…
    Tiba tiba skarang matot

  26. Mahmud berkata:

    Hp saya oppo F9 ngerestad sendri wktu ngidupin flas

    • Dian Arifin berkata:

      Sekarang masih gitu atau udah normal, kalau masih gitu lakukan flashing aja mas.

      • Teguh berkata:

        Ini saya mau nanya. Kebetulan kan saya pengguna OPPO A1603 . Kenapa ya setiap saya pakai browsing dll suka mati sendiri. Tapi, ketika posisinya sambil di cas itu ga mati normal normal aja. Mhon bantuannya dong, thanks.

  27. moch arief w p berkata:

    saya punya oppo f9 tiba2 hp mati trus udh di charger tetep muncul tulisan oppo trus baru hidup mati lagi gimana solusinya gan

  28. Yunus alpindo berkata:

    Hp saya oppo… Kok pas daya nya tinggal 60% suka mati sendiri ya…. Dan pas dihidupkan lg daya nya tinggal 10% dan ngurangnya cpet banget….. Itu terjadi klo lg online

  29. Umar berkata:

    Mas ini saya punya hp Oppo Joy 3 klo di oprasikan tiba2 mati trus saya hidupkan lagi hp mau buka WiFi mati lagi kenapa ya

  30. Ozy berkata:

    Mas mau tnya hp sya oppo A71 sering restars mulu hidup mati tp pas wktu layar hidup bntr sprti tulisan pembaharuan perangkat… trus di plashing jg gk bisa gmn solusi nya…mksh

  31. Prayogi berkata:

    Bang kenapa ya hp oppo f5 sering mati sendiri

  32. Andy berkata:

    Bang hp oppo a9 2020 pembaruam sistem trs mati gk mau hidup lg knp ya

  33. Dani berkata:

    Hp saya oppo f9,prnah kmasukan air ,pas lcdnya diganti hpnya jadi sering mati sndiri(matot),
    Udh sering dibawa ketmpat ganti lcdnya itu ,udh bayar tapi masih gtu aja,.matot sndiri jadi mls bawanya ksitu ,ditanya msalahnya apaan ,dianya gktau,gtu juga sma bngkel yg lain ,kluar dari bngkel idup sih,.tapi gktahan ,paling lama sminggu ,.kira” msalahnya itu apaan ya??..manatau yg baca ada yg tau,mohon infonya:)

  34. Jasman berkata:

    Hp a37 mati sendiri sedangkan bateray 94 prosen. Kemudian kalau tidak disambungkan dengan carger tidak mau hidup. Tolong bantuannya.terima kasih.

  35. Aisyah berkata:

    Kak mau tanya, hp sy oppo a37, kalau menyalakan datanya tiba2 mati sendiri,kalau mau nyalakan tdk bisa harus ngecas baru bisa menyala,bagaimana cara mengatasinya,apa bisa di perbaiki