6 Cara Mengatasi Penyimpanan Ponsel Tidak Cukup di OPPO

Penyimpanan Internal pada smartphone OPPO biasanya disiapkan untuk menyimpan file aplikasi dan data pengguna. Dan yang pasti media Internal pada setiap tipe OPPO hadir dengan kapasitas yang berbeda – beda, ada yang 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB.

Dan apabila pengguna sudah menyimpan banyak data hingga batas tertentu, maka biasanya akan muncul pesan notifikasi bertuliskan “Penyimpanan ponsel tidak cukup”, Tidak cukup ruang pada perangkat, Ruang penyimpanan hampir habis, “Not enough memory”, dan pesan error lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Perlu anda ketahui bahwa pesan notifikasi tersebut bukanlah pesan error, melainkan pesan peringatan untuk pengguna.

Mengingat space media penyimpanan pada Internal Card hampir habis atau sisa beberapa ratus MB saja. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips ke anda mengenai cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh tersebut. Penasaran? Simak ulasannya lebih lanjut.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti di OPPO

Mengatasi Penyimpanan Ponsel Tidak Cukup

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya anda harus menghapus sebagian file atau data dan memindahkan sebagian file ke memori eksternal (MicroSD). Dan untuk lebih jelasnya, simak beberapa metodenya berikut ini.

1. Bersihkan Cache Android

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan file sampah atau file cache pada aplikasi terinstall. Anda bisa gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan cache secara menyeluruh dan cepat.

Atau anda juga bisa melakukannya secara manual dengan rentan waktu yang lebih lama.

Hapus Cache Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

2. Bersihkan Inbox Pesan

Untuk yang kedua, anda bisa membersihkan inbox pesan atau pesan masuk (SMS) yang terlalu banyak. Terkadang ada sebagian pengguna yang menyimpan pesan masuk hingga ribuan.

Hal tersebut tentu dapat menguras banyak memori Internal. Maka dari itu sebaiknya anda hapus saja pesan masuk tersebut. Tidak hanya pada aplikasi SMS juga, tetapi juga pada WhatsApp, Telegram, dan LINE.

3. Hapus Sebagian Aplikasi

Aplikasi yang tidak anda pakai sebaiknya anda hapus, karena hal tersebut akan membuang memori anda secara sia – sia.

Seperti misalnya anda menginstall aplikasi Game, dan saat ini anda sudah tidak menggunakan Game tersebut maka sebaiknya anda uninstall saja game tersebut.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Lihat Juga : Cara Menghapus Aplikasi yang tidak bisa dihapus

4. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

Memindahkan aplikasi adalah solusi terbaik untuk menghemat memori Internal di HP OPPO yang anda miliki. Lebihnya lagi, jika anda menggunakan MicroSD berkapasitas cukup besar, maka tentunya anda bisa memindahkan banyak aplikasi ke SD Card.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Diinstall » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Pindahkan Ke SD Card”.

Lihat Juga : Cara Memindahkan Aplikasi di HP ASUS

5. Pindahkan Sebagian File ke SD Card

Tak hanya aplikasi saja, anda juga bisa memindahkan sebagian file di memori internal ke memori eksternal (microSD). Seperti misalnya jika anda menyimpan banyak foto, video, dan audio di memori Internal, maka anda bisa memindahkan sebagian file tersebut ke MicroSD.

Hal semacam ini sama dengan memindahkan aplikasi, yakni bisa membuat space memori Internal lebih lega dan bertambah lagi.

6. Reset Perangkat OPPO

Apabila semua solusi diatas tidak berhasil mengatasi notifikasi penyimpanan ponsel tidak cukup, maka secara terpaksa anda harus melakukan factory reset.

Namun sebelum anda melakukan factory reset, pastikan anda melakukan backup pada semu data atau file yang anda anggap penting.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP OPPO

Akhir kata,

Dengana adanya beberapa tips diatas, semoga notifikasi “Penyimpanan Ponsel Tidak Cukup” bisa hilang dan HP OPPO anda bisa normal kembali. Sebenarnya notifikasi semacam itu bukanlah masalah, notifikasi tersebut hanyalah peringatan karena memori anda hampir penuh atau telah mencapai batas.

Semua metode diatas dapat anda terapkan pada perangkat OPPO semua tipe seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, dan perangkat OPPO lainnya.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Mr Its berkata:

    Gabisa bang mindahin aplikasi ke kartu sd, gaada bacaannya pindahkan ke kartu Sd bang, mohon ajarannya bang

    • Dian Arifin berkata:

      Jika tidak bisa, cobalah untuk memindahkan data lain seperti foto, video, audio, dan dokumen ke SD Card aja mas. Insyallah bisa …