4+ Cara Menampilkan Kontak WhatsApp Hilang (Tidak Muncul)

Dianisa.com – Mengembalikan Kontak WhatsApp Android Yang Hilang. WhatsApp merupakan salah satu Aplikasi Messenger Gratis yang sering dan biasa digunakan oleh Pengguna Android, IOS, Windows Phone, dan Symbian.

WhatsApp sangatlah penting dalam membantu kehidupan sehari – hari sebagai alat atau media komunikasi paling mudah, cepat, dan simple. Dengan WhatsApp, Mengirim pesan dan telepon jauh lebih irit dibanding Pesan atau telepon secara langsung.

Jika anda mengalami atau mendapat Masalah Pada Aplikasi WhatsApp, terutama pada bagian kontak yang tidak mau muncul maka saya akan membantu dengan cara yang menurut saya paling ampuh dan paling jitu.

Terkadang WhatsApp Android Memang Sering Error, hal ini bukan karena WhatsApp sibuk atau semacamnya, tetapi karena Smartphone Android (WhatsApp) yang merasa kesulitan dalam membaca semua kontak di SIM Card dan Internal Card.

Banyaknya aplikasi yang diakses atau ijin yang tidak lengkap membuat WhatsApp tidak bisa membaca semua kontak yang ada di HP.

Pada dasarnya, WhatsApp memang membaca semua kontak yang ada di HP, tapi jika hal tersebut tidak tampil sama sekali atau tidak muncul (Hilang) mungkin Aplikasi Anda Sedang Mengalami Error atau bisa juga karena pengaturan yang salah (Kurang).

Masalah WhatsApp

Masalah Kontak Android

Mengembalikan Kontak WhatsApp Yang Hilang

Untuk mengatasi hal tersebut, saya merangkumnya dalam beberapa metode. Lebih jelasnya, silahkan anda simak dan ikuti metodenya berikut ini.

1. Cek Setelan “Kontak” WhatsApp

Perlu anda ketahui bahwa dalam Aplikasi WhatsApp ada beberapa pilihan yang bisa anda coba terapkan untuk menampilkan kontak WhatsApp. Jika anda tidak tahu atau bahkan tidak menerapkannya, mungkin inilah yang membuat Kontak Whatsapp Tidak Muncul Semua.

Nah, untuk melakukan cek, anda bisa masuk ke setelan dan pilih kontak. Lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Tampilkan Semua Kontak di WhatsApp

  • Buka Aplikasi WhatsApp, klik ikon pada bagian pojok kanan atas » Setelan » Kontak » kemudian centang pada bagian “Tampilkan Semua Kontak”. Secara otomatis Kontak WhatsApp akan tampil semuanya.

2. Ijinkan WhatsApp Untuk Mengakses Kontak

Dari beberapa smartphone Android yang sudah update ke versi Marsmallow 6.0, ada pengaturan tertentu mengenai hak akses aplikasi atau ijin aplikasi secara individual. Masalah ijin ini juga berhubungan dengan Smartphone OPPO, Lenovo, dan Xiaomi yang memang sering mengalami masalah pada kontak WhatsApp.

Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan cek pada Ijin tersebut apakah sudah benar atau belum. Untuk cek ijin Aplikasi, anda bisa masuk pada menu Settings » Apps » WhatsApp kemudian tap “App Permissions” dan aktifkan opsi “Contacts” dengan menggeserkan tombol hingga berwarna hijau dan aktif.

3. Paksa & Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Jika dengan dua cara diatas tidak berhasil dalam Mengatasi Kontak WhatsApp Yang Tidak Mau Tampil. Maka anda bisa mencoba untuk Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi WhatsApp. Cara ini saya rasa terbilang cukup ampuh dalam mengatasi kontak whatsapp yang hilang.

Nah, jika nantinya anda telah menghapus data WhatsApp, anda bisa mencoba untuk login kembali pada WhatsApp Android. Lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika dengan Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi WhatsApp tidak berhasil maka secara terpaksa anda harus menghapus Aplikas WhatsApp dan menggantinya dengan WhatsApp yang baru.

Setelah Menghapus Aplikasi WhatsApp, cobalah untuk membersihkan cache Android, kemudian anda reboot Smartphone anda dan barulah anda menginstall WhatsApp dari Google Play Store secara langsung. Untuk mencopot WhatsApp, anda bisa ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

Akhir Kata

Dengan mengikuti beberapa metode diatas semoga saja nantinya WhatsApp di Android anda bisa menampilkan kontak kembali.

Sebagai catatan tambahan, agar Android Anda Tidak Sering Error, terutama pada Aplikasi Messenger, cobalah untuk menginstall Aplikasi Cleaner supaya Android anda tetap optimal dan bersih dari file sampah.

Kontak WhatsApp yang tidak muncul bisa terjadi pada semua smartphone dan tablet android seperti SAMSUNG Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Jika nantinya ada berbedaan dalam mengikuti metode yang saya berikan, maka tentu anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat dari saya semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Show All Comments (7)