8+ Cara Mengatasi LINE Tidak Bisa Dibuka, Error, Gagal Mengirim Pesan

12

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi LINE Yang Tidak Bisa Dibuka. LINE merupakan Aplikasi Chat yang memiliki ciri khas pada bagian Sticker dan Emoji. Dengan LINE anda bisa berbagi dan chatting bersama keluarga, teman, saudara, atau kekasih tercinta.

Aplikasi yang populer dengan Film “AADC” ini ternyata penggunanya semakin hari semakin meningkat. Bisa dibilang, berkat AADC lah, aplikasi LINE semakin populer dikalangan pengguna Gadget Indonesia.

Namun sayangnya, ada saja beberapa pengguna LINE yang mengalami Masalah Pada Saat Membuka ataupun Menjalankan Aplikasi. Penyebab mengenai LINE Mengalami Error, Force Close, ataupun tidak bisa dibuka sangatlah sederhana.

Pada umumnya hal tersebut terjadi akibat penumpukan cache, memori RAM yang penuh, terkena virus, atau bisa juga corrupt pada aplikasi LINE.

Pada umumnya LINE biasanya memunculkan pesan error bertuliskan Sayangnya LINE Telah Berhenti, “Unfortunately LINE Has Stopped”, atau mungkin ada masalah lain yang membuat LINE tidak bisa digunakan.

Masalah LINE

Cara Mengatasi LINE Android Macet

Mengenai Masalah Pada Aplikasi LINE sebenarnya sama dengan masalah pada aplikasi lain seperti BBM, Instagram, Facebook Messenger, WhatsApp, Path, WeChat, dan lainnya. Ada beberapa metode yang perlu anda lakukan supaya aplikasi LINE bisa normal kembali.

Simak metode dan langkah – langkah Mengatasi LINE Error berikut ini.

1. Hapus File Cache LINE

Selain menghilangkan error pada Aplikasi LINE, cara ini juga dapat mengoptimalkan Smartphone Android untuk dapat bekerja lebih cepat dan lebih ringan.

Tidak hanya pada Aplikasi LINE saja, terapkan cara ini pada aplikasi lain seperi Google Play Store, Instagram, LINE, WeChat, WhatsApp, Facebook, Google Chrome, dan lainnya. Untuk menghapus file cache, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Paksa & Hapus Data LINE

Menghentikan dan Menghapus Data LINE artinya menghapus keseluruhan data yang bersifat sementara secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, temporary, dan lainnya.

Dengan cara ini, aplikasi LINE akan kembali seperti dalam keadaan defaut dan akun anda akan keluar. Untuk melakukannya, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

Untuk masuk pada Aplikasi LINE, anda tinggal masukkan ID dan Password yang telah anda buat sebelumnya disaat LINE belum terjadi masalah.

3. Update LINE Android

Jika dengan cara diatas, LINE Android anda juga masih error maka cobalah dengan Update ke versi terbaru. Terkadang cara ini cukup membantu mengatasi masalah pada Aplikasi LINE Yang Corrupt atau kehilangan beberapa file program utama.

Untuk update aplikasi, anda bisa langsung masuk saja pada Google Play Store.

Update LINE Android
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “LINE” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

4. Install Ulang Aplikasi LINE

Dari semua metode yang saya berikan, tentunya Install Ulang merupakan cara terbaik Mengatasi LINE Android Tidak Bisa Dibuka. Caranya cukup simple, anda tinggal hapus saja aplikasi LINE, kemudian hapus cache dengan Aplikasi Cleaner, dan Restart.

Selanjutnya anda tinggal unduh aplikasi LINE langsung dari Google Play Store. Untuk menghapus Aplikasi LINE, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

Untuk mengunduh Aplikasi LINE, langsung saja masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi LINE, lalu pasang di Android anda.

5. Update OS Android

Hal lain yang perlu anda lakukan yakni dengan update sistem UI Android anda. Selain meningkatkan stabilitas sistem dan performa, aplikasi terinstal juga akan terasa lebih maksimal saat digunakan.

Sebagai catatan, metode ini hanya bisa anda lakukan ketika update sistem tersedia. Jika tidak, maka anda abaikan saja metode ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

6. Cek Konektivitas Internet

Perlu hal teknis diatas, anda juga perlu perhatikan koneksi Internet Android anda. Ini kadang diabaikan karena pengguna merasa aplikasi yang bermasalah, padahal yang terjadi ialah koneksi Internet yang lambat, entah itu menggunakan paket data ataupun Konektivitas WiFi.

Coba tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Facebook, Play Store, atau yang lainnya. Jika koneksi lambat maka anda perbaiki. Coba gunakan mode pesawat terbang selama beberapa saat untuk mencari dan mendapatkan sinyal baru.

7. Memori RAM Penuh

Aplikasi LINE saat ini minimal membutuhkan RAM 3 GB agar semua kebutuhan terasa ringan dan maksimal, baik untuk mengirim pesan, video, voice, ataupun melakukan panggilan. Jikapun terbatas, maka umumnya tetap bisa digunakan namun ada sedikit kelambatan, bahkan saat ada chat, notifikasi tidak tampil sama sekali.

Solusi mengenai Memori RAM Penuh karena space yang terbatas maka sering – seringlah membersihkan cache serta tutup aplikasi lain yang sekiranya tidak digunakan.

8. Matikan Android, Cabut Baterai, SIM Card, dan SD Card

Metode terakhir setelah metode ke empat anda lakukan, coba matikan Android anda kemudian cabut baterai, SIM Card, dan Memori Card. Diamkan selama beberapa menit supaya tidak ada daya yang masuk ke Smartphone.

Jika sudah, coba pasang dan nyalakan kembali Android anda.

Akhir Kata

Untuk hasil terbaik agar nantinya tidak terjadi masalah yang sama, cobalah untuk menginstall Aplikasi Pembersi / Cleaner seperti CM Security, Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, Go Speed, dan lainnya.

Aplikasi semacam itu mampu membersihkan Android dari serangan malware cahat dan file cache. Tertarik mencoba, unduh aplikasi dari Google Play Store.

Metode diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti SAMSUNG Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai masalah pada aplikasi LINE, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

12 KOMENTAR

  1. aku kan brusan uninstall line. trus aku mau install lagi. waktu login, kan suruh sinkronkan data. la itu, pdhal udh 99% tp katanya suruh periksa internet trus gabisa ngakses line. pdhal jringannya deres bgt. buat download aja cepet.

  2. saya sama kayak kak fitri, uninstall line dan mau install lagi gak bisa. Udah dicoba hapus data aplikasi line dari manajemen aplikasi tapi tetep aja gak bisa masuk dan tetep tulisannya “unable to access line, please make sure that you have network connectivity and try again”. Padahal jaringan udah stabil. Gimana itu ya kak solusinya? makasih sebelumnya.

    • Coba bersihkan cache dengan aplikasi keamanan kemudian restart, dan barulah instal LINE langsung dari Play Store …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here