Pengertian Smartphone | Sejarah, Perkembangan, Manfaat, Kelebihan

Sifat adiktif telah menjadi sesuatu yang melekat pada kehidupan sehari-hari umat manusia. Terlebih di masa digitalisasi seperti sekarang ini, semua orang bergantung pada perangkat mekanis atau elektronik yang praktis dibawa ke mana saja. Misalnya seperti perangkat smartphone. Meskipun kita sering menyebut smartphone dengan HP (Handphone), namun kedua istilah tersebut secara teknis mengacu pada perangkat yang berbeda.

Pada dasarnya handphone dan smartphone adalah sama-sama perangkat seluler yang dapat Anda gunakan untuk menelepon dan mengirim teks. Namun terdapat perbedaan antara keduanya yaitu, ponsel biasanya dideskripsikan dengan keyboard fisik atau papan tombol pada bagian bawah layarnya dan sedangkan keyboard yang dimiliki smartphone telah berbentuk virtual atau Touch Screen. Untuk memahami mengenai smartphone lebih lanjut, mari kita simak pengertian, sejarah, perkembangan, manfaat dan kelebihannya berikut ini berikut.

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Pengertian dan Definisi Smartphone  

Pengertian Smartphone
Sumber Gambar : unsplash.com

Smartphone merupakan gadget genggam elektronik yang mencakup fungsionalitas lanjutan selain melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks. Hal ini menjelaskan bahwasanya smartphone memiliki kelebihan tertentu dalam memberikan pelayanan terhadap penggunanya. Misalnya saja seperti iPhone atau ponsel berbasis Android lainnya, yang mana dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga dengan menyediakan fungsionalitas tanpa batas

Dalam jaringan komunikasi seperti Internet, smartphone sendiri bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio digital. Dalam hal ini yang membuatnya mampu menangani sejumlah informasi yang diterima dan dikirim melalui perangkat digital satu ke lainnya menggunakan teknologi yang disebut FSK (Frequency Shift Keying). 

Pada dasarnya smartphone Anda adalah radio mini yang terus-menerus menerima sinyal lain dari jaringan seluler terpisah ke dalam gelombang elektronik yang berbeda-beda. Masing-masing gelombang tersebut memiliki sinyal antena yang mengirimkan gelombang seluler terhadap perangkat elektronik pada area tertentu.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Sejarah dan Perkembangan Smartphone  

Sejarah Smartphone
Sumber Gambar : unsplash.com

Dengan perkembangan internet yang semakin maju, smartphone menjadi sebuah gadget praktis yang populer karena memiliki banyak fitur dan kemampuan yang membuatnya seperti sebuah ukuran mini dari komputer. Namun tahukah Anda bahwa awalnya smartphone hanya dapat digunakan sebagai media pengirim dan penerima pesan, untuk lebih jelasnya silakan simak perkembangan smartphone dari masa ke masa berikut ini.

  • Tahun 1992 – Sekitar 25 tahun lalu perusahaan teknologi IBM secara luas dikreditkan sebagai perusahaan yang mengembangkan smartphone pertama di dunia. Produk digital pertama ini diberi nama Simon dan mulai dijual secara global pada tahun 1994 dengan memberikan fitur layar sentuh kepada penggunanya.
  • Tahun 2001 – Barulah pada tahun 2000an smartphone mendukung Jaringan 3G yang memungkinkannya sebagai perangkat elektronik portabel pertama yang mampu mengakses Internet dengan sistem wireless. Namun tentunya akses internet pada sebuah ponsel pada masa itu masih tergolong mahal dan tidak sepadan dari kecepatan akses data yang diberikan apabila dibandingkan dengan masa sekarang.
  • Tahun 2007 – Revolusi smartphone modern baru benar-benar dimulai ketika Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama di tahun 2007. Apabila model ponsel sebelumnya mengandalkan keypad dan hanya dapat menavigasi versi internet yang sederhana dengan menggunakan papan tombol. Namun berbeda dengan iPhone yang memungkinkan pengguna untuk dapat memakai layar sentuh dengan sistem serta fitur yang paling mendekati komputer desktop di masanya.
  • Tahun 2010 – Smartphone telah menghadirkan fitur-fitur yang mulai dapat dijangkau oleh masyarakat menengah melalui Android dan menjadi populer dengan ketersediaan model dan merek yang bervariasi.
  • Tahun 2018 – Diperkirakan penggunaan smartphone akan melampaui lima miliar dan pengguna sudah mulai bertebaran dimana-mana serta menggunakan smartphone untuk lebih dari sekadar menelepon dan mengirim pesan, namun juga digunakan untuk belajar, mencari pekerjaan, membaca berita, menonton film, bersosialisasi dan masih banyak lagi. Pada tahap ini manusia sudah tidak mampu untuk hidup tanpa smartphone bahkan untuk sesaat.

Lihat Juga : Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya

Fungsi dan Manfaat Penggunaan Smartphone  

Manfaat Smartphone
Sumber Gambar : cnn.com

Hadirnya sebuah teknologi di masa sekarang ini, tentu akan memberikan sejumlah manfaat serta kemudahan bagi penggunanya. Hal ini juga berlaku pada perangkat smartphone, di mana pengguna dapat saling berinteraksi secara real-time kapan saja. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan smartphone.

1. Selalu Update

Smartphone dapat terhubung ke Internet, melalui jaringan data, broadband seluler, atau koneksi Wi-Fi. Hal Ini memungkinkan Anda untuk menerima pembaruan ke situs jejaring sosial terbaru serta umpan berita atau email. Sehingga Anda dapat terus mengetahui peristiwa terkini melalui layar ponsel yang dapat dipakai dan digunakan kapan pun, di mana pun Anda pergi.

2. Praktis & Nyaman

Smartphone mudah untuk di masukan ke dalam saku atau tas Anda dan tidak terlalu berat. Apabila smartphone Anda dalam kondisi baterai hampir habis, Anda dapat mengisinya di mobil atau menyambungkannya ke stopkontak yang tersedia di tempat – tempat umum. Sehingga Anda dapat selalu aktif dalam menggunakan smartphone.

3. Harga Terjangkau

Smartphone memiliki harga yang bervariasi, sehingga ada model-model murah yang tersedia bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki smartphone.

4. Sumber Hiburan

Selama memiliki smartphone yang terkoneksi Internet, tidak ada alasan bagi anda untuk merasa bosan. Dalam ponsel ada banyak sekali game dimainkan, Anda juga dapat membaca artikel online atau terlibat dengan media sosial untuk menghabiskan waktu luang. Smartphone juga memungkinkan menonton video, serta mendengarkan radio, podcast, atau musik sehingga hiburan Anda lebih berwarna.

5. Pengingat

Anda pasti sering kali susah untuk mengingat daftar belanjaan, password, atau serangkaian instruksi rumit yang sulit dihafal bukan?. Namun di masa sekarang Anda dapat menyimpan atau mencatatnya pada smartphone dalam bentuk foto, audio, atau video. Dengan tujuan untuk merekam informasi penting, sehingga dapat memudahkan Anda ketika akan di gunakan nantinya.   

6. Maps dan Navigasi

Smartphone mendukung fitur GPS untuk mengarahkan penggunanya ke arah yang tepat ketika sedang mengemudi, bersepeda, atau berjalan kaki. Anda bahkan dapat mengetahui informasi tentang fasilitas terdekat, seperti restoran, SPBU, dan hotel saat sedang bepergian jauh.  

7. Sumber Informasi

Mempunyai smartphone ibarat seperti memiliki perpustakaan informasi dan referensi terbesar di dunia. Di mana Anda dapat mencari apa saja kapan pun dan di mana pun selama Anda memiliki koneksi internet.

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain | Prinsip, Elemen, Tujuan, dan Manfaat

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone

Kelebihan Smartphone
Sumber Gambar : cnet.com

Memang pada dasarnya smartphone ini telah memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku pada pengguna yang memang benar-benar memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan bijak. Mengingat dalam beberapa kondisi tertentu di lapangan, ada sebagian pengguna yang tidak memanfaatkan smartphone secara maksimal. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone.

Kelebihan Smartphone  

  • Komunikasi PraktisSmartphone telah berevolusi dari perangkat komunikasi elektronik paling awal. Karenanya, gadget ini diciptakan untuk mengembangkan cara manusia dalam berkomunikasi satu sama lain. Seperti sekarang ini di mana sistem komunikasi modern telah membuka jalan jalan baru dalam bertukar informasi seperti lewat SMS, pesan teks, panggilan dan obrolan video serta aplikasi sejenis yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara instan dengan semua orang di seluruh dunia.
  • Gadget Multifungsi – Dengan adanya smartphone Anda telah menghemat uang Anda untuk tidak membeli Kamera, HandyCam, Perekam Suara, Radio, GPS dan alat elektronik lainnya. Hal inilah yang membuat smartphone menarik, karena seseorang dapat mengakses beragam fitur hanya dalam satu benda saja.
  • Memiliki Harga yang Bervariasi – Dalam sektor penjualan barang dagang elektronik, sebuah smartphone menempati urutan pertama sebagai benda paling dicari dan diincar oleh banyak konsumen. Dengan alasan inilah banyak perusahaan mulai berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan mulai dari menengah bawah sampai menengah ke atas. Namun tentunya dengan perbedaan kemampuan serta fitur yang digunakan, tergantung dari harga smartphone itu sendiri.
  • Mudah untuk DipelajariSmartphone telah didesain sedemikian rupa sehingga seluruh lapisan masyarakat mampu untuk mempelajarinya dalam waktu yang singkat. Jadi tidak heran di zaman sekarang banyak anak-anak pun mahir dalam menggunakan smartphone. Hal inilah yang menjadi daya tarik produk elektronik ini karena mudah untuk dipelajari.
  • Akses Instan – Komunikasi yang mudah menjadi salah satu fungsi utama dalam kepopuleran smartphone di seluruh dunia. Bayangkan saja, hanya dengan menggenggam sebuah ponsel saja Anda dapat mengetahui seluruh Informasi dari beragam sumber yang ada didunia. Apalagi adanya fitur notifikasi yang disediakan oleh smartphone, Anda dapat dengan mudah mendapat berita terhangat yang terjadi di dunia saat itu juga.

Kekurangan Smartphone  

  • Memberikan Anda Nomopobhia – Orang-orang menjadi begitu kecanduan smartphone sehingga mereka takut apabila tidak memegangnya dalam sesaat saja. Dalam medis hal Ini disebut Nomofobia (takut untuk jauh dari ponsel), dan penyakit ini menjadi semakin umum di seluruh dunia. Smartphone membuat penggunanya ketagihan sehingga seolah-lah bekerja seperti sebuah narkotika. Efeknya sendiri Anda akan terkena dopamin setiap kali Anda menerima pesan, panggilan, atau pemberitahuan dari smartphone.
  • Risiko target Cybercrime – Anda dapat terjerumus ke dalam masalah serius, apabila menggunakan Internet pada smartphone secara sembarangan. Misalnya saja jika Anda meng-klik sebuah Link yang salah, menyambung ke jaringan yang salah dan entah bagaimana Anda diminta untuk membagi password Anda dalam suatu situs mencurigakan. Sehingga merugikan pengguna dalam sebuah scam atau penipuan yang terstruktur.
  • Pengaruh terhadap HubunganSmartphone membuat seseorang menjadi mudah dalam membangun hubungan antar manusia, akan tetapi bukan dalam segala bentuk hubungan. Jika Anda terlalu terpaku terhadap ponsel Anda, justru yang ada hubungan dekat dengan orang yang Anda kenal menjadi korban dari apa yang Anda lakukan.  
  • Mengalihkan Konsentrasi – Bayangkan apabila Anda telah menjadi adiktif terhadap smartphone, dalam 7 hari 24 jam aktivitas yang Anda lakukan semuanya terpaku pada layar terpa sehingga mengalihkan konsentrasi serta menurunkan produktivitas Anda dalam melakukan berbagai hal seperti bekerja ataupun hal-hal lainnya.
  • Durabilitas yang rendah – Tidak dapat dipungkiri bahwasanya ponsel modern seperti smartphone memiliki ketahanan fisik yang jauh lebih rendah dari pendahulunya yang memang didesain begitu kompak dan padat. Ponsel jaman sekarang hanya karena sebuah tekanan ringan saja seperti terjatuh sudah dapat menggores ataupun melukai layar fisiknya sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra dalam membeli pelindung layar ataupun dalam melakukan service perbaikan.

Lihat Juga : Pengertian E-Money | Sejarah, Manfaat, Jenis, dst.

Kesimpulan,

Smartphone merupakan salah satu alat yang dibuat dan diciptakan untuk membuat kita semakin produktif dalam beraktivitas dan bekerja, serta memahami dunia yang semakin modern dengan berbagai kecanggihan teknologi digitalnya. Apabila Anda tidak mampu dalam mengontrol diri dalam menggunakan smartphone, maka dampaknya adalah adiktif dalam menggunakan smartphone yang mana hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

Apa saja contoh Smartphone?

iPhone, Android, Blackberry, Windows phone, Samsung Galaxy, Xperia, Xiaomi, Realme, Oppo, dan sebagainya.

Pentingkah saya memiliki Smartphone?

Sekarang ini smartphone menjadi kebutuhan dasar setiap orang karena membantu pengguna untuk terhubung satu sama lain dan membuat mereka sibuk dalam menjelajah informasi yang ada di Internet.

Bisakah saya hidup tanpa Smartphone?

Dalam perspektif ini, saat ini kita tidak bisa hidup tanpa smartphone. Salah satu alasannya adalah beberapa orang sudah muak dengan dunia nyata karena sangat bergantung pada smartphone. Namun alih-alih membuat hidupnya lebih nyaman dan lebih baik, justru teknologi smartphone malah memperbudak mereka.

Apa yang terjadi apabila smartphone tidak ada?

Tanpa smartphone maka perkembangan internet tidak akan pernah bisa secepat ini, kenapa? Karena satu-satu nya alat di mana setiap orang mampu ataupun tidak mampu dapat mengenal dan mengakses Internet secara terjangkau hilang dan tidak pernah diciptakan. Akibatnya hanya mereka yang ber uang saja yang bisa menikmati Internet.

Sekian ulasan singkat mengenai pengertian smartphone beserta sejarah, perkembangan, manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang Smartphone. Penggunaan dan manfaat Smartphone akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.