5+ Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka & Error di HP VIVO

0

Dianisa.com – Mengatasi Instagram Error dan Tidak Bisa Dibuka di HP VIVO. Instagram merupakan salah satu aplikasi Sosial & Messenger yang paling digemari oleh para anak muda jaman sekarang.

Fitur berbagi foto dan video yang menarik dan unik, penggunanya yang begitu banyak, konten yang sangat beragam, serta penggunaannya yang begitu mudah menjadikan Instagram aplikasi popular hingga kini.

Di Indonesia sendiri lebih dari 55 Juta pengguna smartphone menginstal dan menggunakan aplikasi Instagram. Bahkan yang paling menarik, Instagram mampu hadirkan selebgram – selebgram baru seperti halnya Youtuber.

Hadirnya HP VIVO mampu memaksimalkan penggunaan aplikasi Instagram. Bagaimana tidak, kameranya yang super keren, baik depan maupun belakang menjadikan setiap momen apapun terlihat lebih menarik.

Dengan Instagram, semua momen yang anda abadikan dapat dilihat oleh teman teman anda.

Beberapa tipe HP VIVO yang hadir dengan kemara super kece seperti VIVO V9 dan V7 yang hadir dengan kemara depan 24 MP, VIVO X9s dengan resolusinya 20 MP, kemudian VIVO V11 dengan dukungan kameranya yang mencapai 25 MP.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka VIVO

Beberapa masalah yang biasa atau umum terjadi pada aplikasi Instagram seperti munculnya pesan error bertuliskan Sayangnya, Instagram Telah Berhenti, “Unfortunately, Instagram Has Stopped”, “Maaf, Instagram Tidak Menanggapi”,Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita, “Sayangnya, Instagram Terhenti”, “Sayangnya, Instagram Terus Berhenti”, dan beberapa pesan error lainnya yang mungkin sedikit berbeda.

Penyebab dari masalah tersebut dapat bermacam – macam, bisa karena Penumpkan File Cache, Koneksi Internet Yang Buruk, serta virus pada smartphone. Adapun untuk solusi sederhana dalam mengatasi masalah tersebut, silahkan simak beberapa metodenya dibawah ini.

1. Restart Smartphone VIVO

Yang pertama, anda bisa mencoba melakukan restart pada smartphone VIVO yang anda miliki.

Hal ini memang bersifat tidak pasti, namun tidak ada salahnya anda coba agar tahu hasilnya seperti apa. Jika masih tidak berhasil, cobalah metode berikutnya.

2. Bersihkan Cache Instagram VIVO

Keseringan membuka Instagram tentu akan Menghasilkan File Cache yang begitu banyak sehingga membuat memori penuh. Walaupun file cache bersifat baik, namun terkadang membuat aplikasi bermasalah karena terlalu banyak produksinya.

Sesekali, anda perlu membersihkan cache agar performa smartphone tetap maksimal, ada banyak Aplikasi Cleaner yang bisa anda gunakan seperti CCleaner, Clean Master, CM Securiry, atau aplikasi i Manager bawaan dari HP VIVO.

Hapus Cache Aplikasi VIVO

  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih “Instagram” » Penyimpanan » Kemudian tap “Bersihkan Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone VIVO V9 dengan sistem operasi Android Oreo v8.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Update Instagram VIVO

Ketika tersedia notifikasi update dari aplikasi Instagram, maka sangat disarankan untuk dilakukan update.

Hal ini tentu akan memaksimalkan performa dan fitur dari aplikasi tersebut. Umunya, developers memperbarui aplikasi untuk menghilangkan bugs, menambahkan fitur, serta meningkatkan performa.

Update Aplikasi Instagram

  • Buka Google Play Store, cari aplikasi “Instagram” kemudian tap “Update” dan “Terima” untuk melakukan update dan tunggu sampai proses update selesai.

4. Hapus Data Instagram VIVO

Data yang dimaksud disini bukanlah keseluruhan dari file instalasi Instagram, melainkan data yang bersifat sementara seperti basis data, data login, history, bookmark, cache, serta data – data lainnya.

Menghapus Data Aplikasi Instagram akan membuat Instagram kembali pada posisi default seperti baru terinstal. Biasanya dengan menghapus data, aplikasi yang bermasalah akan kembali normal.

Hapus Data Aplikasi VIVO

  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih “Instagram” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Bersihkan”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone VIVO V9 dengan sistem operasi Android Oreo v8.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

5. Instal Ulang Instagram VIVO

Dengan instal ulang maka tentunya aplikasi tersebut diharapkan dapat normal kembali. Pertama, lakukan penghapusan aplikasi, bersihkan file cache, dan kemudian lakukan restart.

Barulah nanti anda instal kembali langsung dari Google Play Store.

Hapus Aplikasi VIVO

  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone VIVO V9 dengan sistem operasi Android Oreo v8.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat VIVO seperti VIVO Xshot, VIVO Y67, VIVO Xplay 5, VIVO Xplay 5s, VIVO Xplay 5 Elite, VIVO Xplay 6, VIVO X9 Plus, VIVO X9, VIVO V5, VIVO X7, VIVO X7, VIVO X6S, VIVO X6S, VIVO Y51, VIVO Y69, VIVO Y65, VIVO Y71, VIVO Y83, VIVO Y55, VIVO V3, V3 MAX, VIVO V5, V5 Plus, V5 Lite, VIVO V7, V7 Plus, VIVO V9, V9 Plus, VIVO V11, V11 Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan, maka anda dapat menyesuaikannya.

Dengan adanya metode diatas, diharapkan semua Masalah Pada Error Pada Aplilikasi Instagram dapat teratasi dengan baik dan benar.

Jika ada yang perlu anda tanyakan terkait Masalah Pada Perangkat VIVO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here