12+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Android

Dianisa.com – Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di HP Android. Kontak merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai tempat menyimpan semua nomor dan nama dari semua teman, keluarga, dan saudara yang sama – sama memiliki alat komunikasi baik itu smartphone, tablet, ataupun HP Jadul.

Kontak sangat bermanfaat saat kita ingin mengirim pesan atau melakukan panggilan tanpa harus mengingat nomor satu persatu.

Namun sayangnya, aplikasi kontak bawaan smartphone android terkadang juga bisa mengalami kerusakan/ error. Kerusakan dan error biasanya muncul pesan pop up bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, “Sayangnya, Kontak Terhenti”, Sayangnya, Kontak Tidak Menanggapi,Maaf, Kontak Telah Berhenti, “Sayangnya, Kontak Terus Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Telepon Telah Berhenti”, “Unfortunately, Contacts Has Stopped”, dan lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Hal seperti ini terjadi tidak hanya pada satu smartphone saja, bisa saja terjadi pada semua merek smartphone Android. Penyebab umum mengenai masalah tersebut biasanya karena file cache yang terus menumpuk dan akhirnya membuat beberapa aplikasi berhenti secara tiba – tiba, hal ini terjadi pada aplikasi ‘kontak’.

Tak hanya itu saja, Memori RAM Penuh juga bisa menjadi penyebab kenapa beberapa aplikasi mengalami macet dan Muncul Pesan Error. Tapi anda tenang saja, kali ini saya akan bantu dengan beberapa tips jitu yang saya ulas dibawah ini.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Kontak Terhenti di HP Android

Masalah kontak telepon yang Memunculkan Pesan Error bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, anda bisa atasi dengan beberapa cara simple dan mudah dibawah ini.

Tapi sebelum melakukan cara dibawah ini, pastikan anda telah membackup atau Memindah Semua Kontak Nomor Dari Memori Internal Ke SIM Card.

1. Restart Smartphone

Yang pertama, anda bisa mencoba untuk mematikan smartphone Android anda, kemudian lepaskan SIM Card dan juga SD Card. Diamkan selama beberapa saat kemudian pasang dan nyalakan kembali. Diharapkan masalah pada kontak nantinya terselesaikan dan dapat normal kembali.

Namun hal ini bersifat tidak pasti, adapun masih bermasalah silahkan coba metode berikutnya.

2. Ubah Format Tanggal & Waktu

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan penyetalan ulang format tanggal dan waktu di smartphone Android anda. Hal ini memang bersifat aneh, namun sebagian pengguna merasa ini bisa mengatasi Masalah Pada Aplikasi Kontak.

Anda bisa lihat langkah – langkahnya dibawah ini.

Setting Tanggal dan Waktu

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Tanggal dan Waktu » Kemudian anda bisa melalui untuk mengatur tanggal dan waktu di HP Android anda. Atur secara otomatis agar hasilnya bisa sesuai dengan jaringan operator anda.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Hapus File Cache Android

File Cache merupakan salah satu file yang harus anda perhatikan.

Hal ini berlaku tidak hanya pada kontak Android saja, melainkan semua aplikasi Android mulai dari aplikasi bawaan sampai aplikasi dari pihak ketiga seperti WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Facebook Lite, Google Chrome, Google Play Store, dan lainnya.

Untuk Membersihkan File Cache Android dengan hasil yang lebih baik, anda bisa gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CM Security.

Hapus Cache Kontak Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Gunakan Aplikasi Keamanan

Coba gunakan Aplikasi Keamanan yang ada di HP Android anda, tujuannya untuk membersihkan file cache, virus, serta melakukan boost pada RAM Android. Dengan metode ini diharapkan masalah kontak dapat terselesaikan dan normal kembali.

Sebagai contohnya, anda bisa lihat langkah – langkah yang saya lakukan pada perangkat Xiaomi berikut ini.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

5. Hapus Data Aplikasi Kontak

Menghapus Data Aplikasi Kontak akan mengembalikan aplikasi kontak berada pada posisi default. Ini artinya semua file dari basis data, cache, history panggilan, dan lainnya akan hilang secara permanen, termasuk semua nomor telepon yang telah anda simpan.

Maka dari itu sebelum melakukan cara ini, pastikan anda sudah Memindah Semua Nomor Ke Kartu SIM Atau SD Card. Anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Ekspor Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Sistem » Pilih “Kontak” » Selanjutnya tap Impor/Ekspor Kontak » Ekspor Ke Penyimpanan » Data Kontak akan diekspor dalam pada penyimpanan /mnt/sdcard/00002.vcf. Selanjutnya, tap “OKE”.

Setelah anda melakukan backup semua kontak, maka selanjutnya anda bisa Menghapus Data Aplikasi Kontak, untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kontak dan Pemanggil” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Setelah anda berhasil menghapus data aplikasi Kontak, anda Impor Kembali Kontak yang anda backup tersebut. Langkah – langkahnya sama seperti diatas, tetapi pilihannya adalah Impor dari Penyimpanan.

6. Update Aplikasi Kontak

Selanjutnya, cobalah untuk update aplikasi Kontak di smartphone Android anda. Anda bisa kunjungi Google Play Store atau market store bawaan yang ada di smartphone anda.

Hal ini sangat memungkinkan untuk menstabilkan semua fitur dan fungsi pada Aplikasi Kontak. Namun jika nantinya update terbaru tidak tersedia, maka anda bisa abaikan metode ini.

7. Uninstal Aplikasi Mencurigakan

Cobalah untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan atau yang sebelumnya pernah anda install dan akhirnya membuat aplikasi kontak bermasalah. Atau mungkin anda menginstal aplikasi selain dari Google Play Store atau market store lain yang tidak terpercaya.

Adapun jika anda tidak menginstal aplikasi mencurigakan, maka anda abaikan metode ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

8. Unroot Smartphone

Rooting merupakan proses yang biasa dilakukan oleh para pengguna android yang suka meng-otak atik sistem. Dan umumnya hal ini biasa dilakukan ketika pengguna ingin menginstal aplikasi tertentu namun tidak berhasil karena smartphone belum dilakukan rooting.

Hal ini sebenarnya tidak masalah, namun disisi lain ada dampak negatif terjadi pada sistem android, salah satunya aplikasi kontak terjadi error.

Nah, apabila anda sebelumnya melakukan root dan sekarang bermasalah, maka lebih baik unroot sekarang juga. Dan semoga masalahnya terselesaikan.

Namun jika anda tidak melakukan rooting sama sekali, maka anda bisa abaikan metode ini.

9. Update OS

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan Update OS Android anda. Hal ini memungkinkan untuk mengatasi masalah pada Aplikasi Kontak. Selain mendapatkan fitur dan tampilan, pasti nantinya juga akan mendapatkan stabilitas sistem.

Namun jika tidak tersedia update sama sekali, maka anda bisa abaikan metode ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

10. Gunakan Aplikasi Lain

Coba anda cari Aplikasi Kontak di Google Play Store atau market store di HP Android anda. Ada banyak opsi Aplikasi Kontak yang bisa anda gunakan secara gratis.

Hal ini tentu bisa menjadi pilihan ketika aplikasi bawaan bermasalah, dan anda membutuhkan aplikasi Kontak secepatnya.

11. Factory Reset Smartphone

Sama seperti tips sebelumnya, pastikan anda telah melakukan backup pada semua file di Android anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya.

Apabila backup sudah anda lakukan, barulah anda Melakukan Reset Pada Android anda.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

12. Flashing …

Flashing juga bisa menjadi opsi ketika aplikasi bawaan bermasalah dan tidak bisa digunakan. Sebelum melakukannya, pastikan untuk backup semua data penting yang tersimpan di Internal & eksternal Android anda. Anda bisa salin data tersebut ke PC, Laptop, Flashdisk, atau yang lainnya.

Selain itu, anda membutuhkan firmware, software flashing, dan USB untuk melakukannya. Anda bisa cari tahu metode flashing di Google, YouTube, atau Forum sesuai dengan tipe perangkat Android anda.

Kesimpulan,

Metod diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka tinggal menyesuaikannya saja.

Saran dari saya, supaya nanti tidak terjadi error pada kontak android atau aplikasi lain, cobalah untuk menginstall aplikasi pembersih seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, GO Speed, 1 Tap Cleaner, atau yang lainnya.

Aplikasi semacam itu dapat membersihkan Android dari file cache, temporary, History, dan malware jahat. Unduh gratis melalui Google Play Store.

Demikian ulasan singkat mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Kontak Terhenti, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Show All Comments (1)