6+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Setelan Telah Berhenti” di HP Android

Dianisa.comMenu setelan atau pengaturan menjadi menu yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam melakukan kostumisasi pada tampilan, aplikasi, suara, SIM Card, dan lainnya.

Dan apabila fitur Pengaturan mengalami masalah maka tentunya pengguna tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Setiap kali membuka pengaturan pasti muncul pesan error Unfortunately, Setting Has Stopped, “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti”, “Unfortunately, com.android.settings Has Stopped”, “com.android.settings Telah Berhenti”, “Sayangnya, Setelan Telah Berhenti”, “Sayangnya, proses.com.android.setting Telah Berhenti”, Sayangnya, Setelan Tidak Menanggapi, “Maaf, Setelan Telah Berhenti”, “Setelan Terus Berhenti”, “Sayangnya, Setelan Terhenti”, dan lainnya yang mungkin bisa sedikit berbeda.

Masalah Pada Smartphone

Masalah Pengaturan Android

Penyebab masalah tersebut bisa bermacam – macam, mungkin saja karena virus, kerusakan pada sistem atau fitur pengaturan, dan juga banyaknya tumpukan temporary yang membuat sebagian fitur mengalami error.

Untuk solusinya, anda bisa mengikuti beberapa Metode Mangatasi Setelan Telah Berhenti di HP Android berikut ini.

#1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama, cobalah untuk Restart smartphone anda. Hal ini sangat memungkinkan untuk mengatasi masalah pada menu pengaturan di HP Android anda.

Namun hal ini bersifat tidak pasti, jika masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

#2. Gunakan Aplikasi Keamanan

Selanjutnya, cobalah untuk Membersihkan Cache dan virus dengan aplikasi Keamanan di HP Android anda. Jika anda menggunakan HP Xiaomi atau OPPO tentu terdapat aplikasi Keamanan.

Adapun untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X.

#3. Unroot Smartphone

Jika sebelumnya pengaturan di HP Android anda bermasalah setelah melakukan rooting, maka kemungkinan rooting tidak berhasil 100% dan menghasilkan bugs pada sistem atau aplikasi bawaan.

Untuk mengatasinya, tentu anda perlu melakukan unroot dan diharapkan aplikasi dapat normal kembali. Namun apabila anda tidak pernah melakukan akses root, maka anda bisa abaikan metode ini.

#4. Update OS

Selanjutnya, cobalah untuk Update OS di HP Android anda. Manfaatkan Jaringan Wifi untuk mengunduh firmware versi terbaru.

Dengan metode ini diharapkan smartphone dapat kembali normal. Adapun jika update terbaru tidak tersedia, maka anda bisa abaikan metode ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

#5. Hard Reset Smartphone

Cara ini anda lakukan bukan melalui pengaturan, tetapi melalui Recovery Mode Android. Untuk masuk Menu Recovery Mode, setiap Android memiliki cara yang berbeda – beda.

Tetapi biasanya Recovery Mode lebih banyak mengggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down. Sebagai contohnya, saya Melakukan Reset Pada HP OPPO berikut ini.

  1. Pertama, pastikan HP Android dalam kondisi mati atau tidak aktif.
  2. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk pada opsional “Recovery Mode”. Pilih Bahasa “English” untuk memudahkan memilih opsi.
  3. Tap pada “Wipe Data” dan di lanjutkan dengan “Wipe Data (Keep SMS, Contact, dan Photos)”. Kemudian tap “OK” untuk konfirmasi.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses reset Android berhasil 100%
  5. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

#6. Flashing Android

Untuk metode kali ini, pastikan anda memiliki firmware atau ROM sesuai dengan tipe HP Android anda.

Apabila belum punya, anda harus mengunduh terlebih dahulu. Cari firmware-nya di Google, ketikkan saja firmware sesuai dengan merek HP Android. Sebagai contohnya, anda bisa lihat contoh Install Ulang Sistem HP OPPO berikut ini.

  1. Download Stock ROM OPPO Smartphone di sini OPPO.com/id/downloads
  2. Copy Stock ROM OPPO ke Memori Eksternal (SD Card)
  3. Masuk ke menu recovery OPPO dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan sampai muncul dipojok bawah layar RECOVERY MODE dan lepas kedua tombol volume dan power, Tunggu beberapa saat OPPO akan masuk ke menu Recovery Mode.
  4. Pilh “Bahasa English”.
  5. Pilih “Wipe Data And Cache” » “Wipe Data And Cache” » konfirmasi pilih “Yes”.
  6. Pilih “Instal from SD”.
  7. Pilih “From SD”.
  8. Klik Stock ROM OPPO yang sudah anda masukan ke dalam SD Card dan Konfirmasi pilih YES.
  9. Proses Update OS OPPO akan berlangsung akam muncul Updating, Please wait tunggu proses update OS OPPO sampai selesai.
  10. Setelah proses upgrade sistem selesai, HP OPPO anda akan nyala dengan sendirinya.
  11. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

Kesimpulan,

Apabila anda tidak bisa melakukannya, sebaiknya bawa HP android anda ke service center atau counter agar di perbaiki dan bisa normal kembali.

Masalah mengenai menu pengaturan yang muncul pesan error memang bisa terjadi pada semua perangkat Android.

Dan untuk metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka tentu bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Masalah Pada Setelan Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (7)